Perbedaan Manusia Purba dan Manusia Modern zenius education

Perbedaan Manusia Purba dan Manusia Modern – Materi Biologi Kelas 12

Siapa nenek moyang manusia? Siapakah Lucy? Apa itu Homo sapiens? Ah, banyak sekali pertanyaan seputar evolusi. Supaya nggak penasaran lagi, langsung aja yuk kita bahas perbedaan manusia purba dan manusia modern dalam teori evolusi!

the march of progress filogeni hominin zenius education
Teori “The March of Progress”. (Arsip Zenius)

Elo bisa jawab pertanyaan pada gambar di atas nggak? Kira-kira ada yang salah nggak sih? Atau menurut elo gambar di atas udah benar dan nggak ada yang salah?

Kalau kita lihat dari sisi Biologi, gambar di atas kurang tepat, guys. Kenapa?

1. Proses evolusi bukan merupakan goal oriented

Artinya, evolusi hanya suatu proses yang terjadi, bukan menuju akhir tertentu.

2. Evolusi itu nggak linear

Evolusi nggak semudah yang dijelaskan pada gambar di atas. Melainkan, evolusi itu bercabang dan rumit, yang hasilnya merupakan varian berbeda.

3. Evolusi bukan merupakan progress, tetapi suatu perubahan

Evolusi nggak ngomongin tentang progress yang mengharuskan kesempurnaan, tetapi ngomongin tentang perubahan.

Nah, kalau gambar di atas salah, lalu yang merepresentasikan evolusi manusia itu yang seperti apa? Yang lebih tepat adalah pohon filogeni.

Baca juga: Charles Darwin: Pelopor Teori Evolusi oleh Seleksi Alam

Kladogram Pohon Filogeni

Pohon filogeni atau pohon evolusi merupakan diagram percabangan yang menunjukkan hubungan evolusi antara berbagai makhluk hidup berdasarkan kemiripan dan perbedaannya. Nggak perlu dihafalkan, intinya elo ingat aja pohon. Sebagaimana pohon, pohon filogeni juga punya batang dan saling bercabang.

kladogram pohon filogeni zenius education
Kladogram pohon filogeni. (Arsip Zenius)

Mereka semua yang ada di pohon filogeni hominin hidup pada skala waktu yang berbeda-beda. Elo bisa lihat skala waktunya di sebelah kiri ya (dalam mya atau million years ago). Hominin awal atau manusia purba muncul sekitar 6 juta tahun yang lalu, sedangkan yang paling akhir adalah Homo sapiens atau manusia modern seperti kita.

Di sini, elo juga bisa mengetahui perbedaan manusia purba dan manusia modern seperti kita. Manusia purba hidupnya masih transisi dari arboreal ke terrestrial. Jadi, mereka mayoritas hidupnya di atas pohon seperti siamang. Tapi, udah ada beberapa yang turun dari pohon dan menghabiskan hidupnya di daratan. Nah, manusia purba ini dikelompokkan dalam satu kelompok besar yang disebut Ardipithecus.

Kemudian, dari terrestrial membentuk cabang menjadi kelompok lain yang bipedal atau udah berjalan tegak dengan dua kaki. Kelompok bipedal awal adalah Australopithecus yang hidup sekitar 4-2 juta tahun yang lalu.

Setelah itu, ada percabangan lagi. Keturunannya ada yang menjadi genus Homo dan ada yang menjadi Paranthropus (hidup berdampingan dengan manusia). Sayangnya, genus Paranthropus nggak ada yang survive sampai saat ini. Jadi, sampai saat ini kita hanya punya satu genus aja, yaitu genus Homo yang udah eksis sejak 2 juta tahun yang lalu hingga saat ini.

Nah, genus Homo ini yang terus berkembang dan percabangannya udah rumit banget, mulai dari event Encephalization (meningkatnya kemampuan berpikir) hingga Sociality (meningkatnya kemampuan bersosialisasi). Bahkan, sampai saat ini belum diketahui pasti siapa nenek moyangnya siapa, karena terlalu rumit dan banyaknya percabangan.

Penjelasan lengkap dari tutor Biologi yang disertai ilustrasi bisa elo tonton di sini.

Baca juga: Apa Betul Hewan Purba itu Moyangnya Hewan Sekarang? Tahu dari Mana?

Perbedaan Manusia Purba dan Manusia Modern

Perbedaan manusia purba dan manusia modern bisa dilihat dari dua sisi, yaitu fisik dan non-fisik. Nah, elo bisa lihat perbedaan dan anatomi perbandingan mendukung teori evolusi dari gambar infografis di bawah ini.

Perbedaan manusia purba dan manusia modern zenius education
Perbedaan manusia purba dan manusia modern. (Arsip Zenius)

Kalau elo bertanya apa itu homo sapiens dan gimana sih ciri-ciri homo sapiens? Maka, kurang lebih elo udah menemukan jawabannya pada gambar di atas. Jadi, genus Homo itu terbagi lagi menjadi tiga, yaitu Homo erectus, Homo neanderthalensis, dan Homo sapiens. Untuk yang paling awal muncul di genus Homo adalah Homo erectus, selanjutnya Homo neanderthalensis, dan terakhir adalah Homo sapiens yang merupakan manusia modern seperti kita.

Ciri-ciri Homo sapiens yang paling mencolok, yaitu:

  1. Ukuran tengkorak atasnya besar, sehingga volume otaknya besar.
  2. Ukuran rahang bawah dan tulang pipi kecil. Termasuk gigi yang ukurannya paling kecil dibandingkan dengan Homo lainnya.

Supaya infografis di atas bisa semakin elo pahami, maka elo perlu menonton video Zenius untuk mendapatkan penjelasan langsung dari tutor Biologi. Yuk, langsung klik banner di bawah ini!

belajar materi pelajaran biologi di zenius

Gimana, udah paham kan sama perbedaan manusia purba dan manusia modern dari uraian di atas? Kalau masih bingung, jangan sungkan buat tonton video belajar Zenius yang bakal bantu kamu memahami materi tersebut ya. Nah, setelah paham, sekarang muncul lagi pertanyaan:

“Mengapa Australopithecus afarensis atau Lucy dijuluki sebagai ibu kemanusiaan?”

Hmmm … kira-kira kenapa ya? Pertanyaan tersebut udah dijawab di artikel Zenius: Penemuan Fosil Lucy, Pengubah Sejarah Evolusi Manusia (24 November 1974).

Contoh Soal Perbedaan Manusia Purba dan Manusia Modern

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai perbedaan manusia purba dan manusia modern, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Soal 1

Pola makan hominim dapat diketahui lewat fitur ….

a. Ukuran tengkorak dan rahang.

b. Ukuran tengkorak dan rahang, serta bentuk tulang rusuk.

c. Ukuran tengkorak dan rahang, serta letak foramen magnum.

d. Ukuran tengkorak dan rahang, bentuk tulang rusuk, serta letak foramen magnum.

e. Nggak bisa ditentukan.

Jawab: b. Ukuran tengkorak dan rahang, serta bentuk tulang rusuk.

Pembahasan: Ukuran tengkorak, rahang, pola, dan bentuk gigi menentukan makanan apa yang dimakan. Sedangkan, bentuk rusuk yang mirip kerucut menentukan bagaimana saluran pencernaan yang dimiliki oleh spesimen tersebut.

Contoh Soal 2

Berikut ini, manakah yang bukan kelompok besar hominim?

a. Kelompok Australopithecus.

b. Kelompok Homo.

c. Kelompok Paranthropus.

d. Kelompok Meganthropus.

e. Kelompok Ardipithecus.

Jawab: d. Kelompok Meganthropus.

Pembahasan: Meganthropus statusnya masih diperdebatkan, karena fosilnya yang hanya berupa fragmen-fragmen nggak utuh. Beberapa paleontolog mengelompokkan sebagian fosil meganthropus sebagai Homo erectus.

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang perbedaan manusia purba dan manusia modern? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

Baca juga: Determinasi Seks dan Penentuan Jenis Kelamin Makhluk Hidup – Materi Biologi Kelas 12

Bagikan Artikel Ini!