skala waktu geologi zenius education

Mengenal Skala Waktu Geologi – Materi Biologi Kelas 12

Elo penasaran nggak sama peristiwa yang terjadi sejak awal Bumi terbentuk hingga saat ini? Oke, langsung aja yuk kita telusuri skala waktu geologi di bawah ini!

Halo Sobat Zenius! Pernah nggak sih elo kepikiran berapa tahun usia Bumi saat ini? Iya gue tahu, pertanyaan seperti ini memang nggak muncul di pelajaran sekolah, tapi ini cukup menarik untuk diketahui, dan tentunya nyambung sama materi yang akan kita bahas kali ini.

Awal keberadaan Bumi itu udah lama banget, diperkirakan berumur ± 4,6 miliar tahun. Tapi, muncul kehidupan di Bumi itu baru sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu. Yap, ada jeda dari terbentuknya Bumi hingga muncul kehidupan. Lho, tahu dari mana? Hal itu diketahui dari usia fosil yang ditemukan dan diperkirakan udah ada sejak 3,5 miliar tahun yang lalu.

Nah, berhubung usia Bumi udah tua banget, untuk mempermudah kita mengetahui apa yang terjadi selama Bumi ada, kita buat kurun waktu atau rentang skala waktu geologi di Bumi dalam timeline berikut ini ya.

Timeline Skala Waktu Geologi (Zenius)
Rentang atau timeline skala waktu geologi sejak Bumi terbentuk hingga saat ini (Dok. Arsip Zenius)

Baca Juga: Penemuan Fosil Lucy, Pengubah Sejarah Evolusi Manusia (24 November 1974)

Eon Hadean

karakteristik hadean eon zenius education
Karakteristik Eon Hadean (Dok. Earth How)

Hadean merupakan eon geologi yang dimulai sejak awal terbentuknya Bumi (± 4,6ー4 miliar tahun lalu). Pada saat ini, kondisi Bumi masih belum stabil, karena seringnya bertabrakan dengan planet lain dan benda luar angkasa lainnya. Jadi, pada eon geologi ini belum ada kehidupan di Bumi.

Eon Archaean

karakteristik archaean eon zenius education
Karakteristik Eon Archaean (Dok. Earth How)

Eon Archaean ini muncul sekitar ± 4ー2,5 miliar tahun yang lalu. Nah, pada rentang ini udah muncul bentuk kehidupan awal berupa sel prokariotik, seperti Archaebacteria. Selain itu, kandungan oksigen di Bumi juga udah mulai meningkat nih akibat fotosintesis yang dilakukan oleh bakteri. Di sini juga awal adanya pembagian habitat antara bakteri aerob dan anaerob.

Eon Proterozoic

karakteristik proteozoic eon zenius education
Karakteristik proteozoic eon zenius education (Dok. Earth How)

Eon geologi ini muncul ± 2,5 miliarー541 juta tahun yang lalu. Pada rentang ini mulai muncul kehidupan yang lebih kompleks, seperti munculnya sel eukariotik pertama. Beberapa sel eukariotik tersebut membentuk suatu koloni, sehingga muncul eukariotik multiseluler pertama.

Nah, di akhir masa eon Proterozoic atau disebut juga Ediacaran period (± 653ー541 juta tahun yang lalu) terjadi diversifikasi biota, yaitu alga dan invertebrata bertubuh lunak.

Eon Phanerozoic

Memasuki eon Phanerozoic sekitar ± 541 juta tahun laluーsaat ini), makhluk hidupnya udah mulai berbentuk dan jelas mana yang tumbuhan dan mana yang hewan. Pada eon ini terbagi lagi menjadi rentang waktu tertentu, yaitu era Paleozoic, Mesozoic, dan Cenozoic. Kalau elo tanya, kehidupan saat ini masuk dalam skala waktu geologi yang mana sih? Jawabannya adalah era Cenozoic.

Oke, kita langsung bahas satu per satu ya.

Era Paleozoic (± 541ー252 juta tahun yang lalu)

karakteristik paleozoic eon
Karakter era Paleozoic (Dok. Earth How)

Ciri ciri zaman Paleozoikum yaitu berlangsung sekitar 541ー252 juta tahun yang lalu, terjadi penurunan temperatur Bumi hingga terbentuk ice age atau zaman es, adanya kehidupan di laut dan daratan, terjadi ekspansi hutan, serta muncul Gymnospermae pertama.

Era ini terbagi menjadi beberapa periode, yaitu:

  • Periode Cambrian

Era ini diawali dengan periode Cambrian (± 541ー485 juta tahun lalu). Ditandai dengan meningkatnya diversitas filum animalia (cambrian explosion) seperti Hallucigenia, Anomalocaris, Opabinia, dan Pikaia yang termasuk chordata pertama.

  • Periode Ordovician

Nah, periode Cambrian digantikan oleh periode Ordovician (± 485ー444 juta yang lalu). Di periode ini, bentuk alga mulai beragam atau bisa disebut juga dengan diversifikasi alga. Sebelumnya, alga itu bersifat uniseluler. Pada periode ini udah mulai multiseluler. 

Selain itu, fungi dan tumbuhan awal mulai merambah ke daratanーsebelumnya ada di lautan atau perairan. Contoh makhluk hidup yang muncul pada periode ini adalah Phaeophyceae (rumput laut), Ostracoderm, Glomerales, dan Hepatophyta (lumut hati). Sayangnya, di akhir periode ini ada mass extinction atau kepunahan massal, karena kandungan karbon dioksida di atmosfer menurun, sehingga suhu Bumi menurun (ice age atau zaman es).

  • Periode Silurian

Selanjutnya, masuk ke periode Silurian (± 444ー419 juta tahun yang lalu). Pada periode ini muncul tumbuhan vaskuler pertama atau tumbuhan dengan pembuluh (tumbuhan sejati). Pada periode ini juga untuk pertama kalinya animalia naik ke daratanーsebelumnya hanya tumbuhan yang naik ke daratan. Contoh makhluk hidup yang muncul atau berevolusi pada periode ini adalah Cooksonia, Diplopoda (kaki seribu), dan Eurypterid (kalajengking laut)ーkalau ini masih tetap berada di lautan.

  • Periode Devonian

Periode ini berlangsung sekitar tahun 419ー359 juta tahun yang lalu. Pada periode ini, tumbuhan awal semakin beragam dan lautan dipenuhi dengan placodermi dan hiu purba. Contoh makhluk hidup yang muncul pada periode ini adalah Archaeopteris (pakis purba), Dunkleosteus (jenis placodermi), Tiktaalik (amfibi), dan Cladoselache (hiu purba).

  • Periode Carboniferous

Periode ini berlangsung pada ± 359ー299 juta tahun yang lalu. Pada periode ini terjadi ekspansi hutan, sehingga membuat kandungan oksigen di Bumi meningkat. Selain itu, muncul juga arthropoda raksasa dan amfibi yang semakin beragam. 

Nah, kalau elo tanya kapan sih reptil pertama muncul? Jawabannya ya pada periode ini. Contoh makhluk hidup yang muncul pada periode ini adalah Arthropleura (arthropoda raksasa), Diplocaulus (amfibi), Hylonomus (reptil pertama), dan Lepidodendron (pepohonan tinggi).

  • Periode Permian

Ini adalah periode akhir di era Paleozoic yang berlangsung sekitar 299ー252 juta tahun yang lalu. Periode ini ditandai dengan semakin beragamnya amfibi dan reptil yang meningkat pesat. Kemudian, muncul juga Gymnospermae pertama atau tumbuhan berbiji terbuka dan Synapsid (ancestor mamalia). 

Contoh makhluk hidup yang muncul dan mendominasi periode ini adalah Prionosuchus (amfibi mirip buaya), Dimetrodon, dan Gorgonops. Sayangnya, pada akhir periode ini terjadi kepunahan massal akibat peningkatan aktivitas erupsi vulkanik dan pembentukan pangea (benua yang awalnya terpisah menjadi satu), sehingga suhu naik sebesar 5℃.

Baca Juga: Mengapa Dinosaurus Bisa Berukuran Raksasa?

Era Mesozoic (± 252ー66 juta tahun yang lalu)

Ciri ciri zaman Mesozoikum antara lain berlangsung antara 252ー66 juta tahun yang lalu, merupakan era keemasan reptil raksasa dan dinosaurus, benua mulai terpisah lagi menjadi beberapa daratan, serta terjadi mass extinction yang menyebabkan hilangnya dinosaurus.

Era ini terbagi menjadi beberapa periode, yaitu:

  • Periode Triassic

Era Mesozoikum di awali dengan periode Triassic, di mana pada masa ini banyak gurun pasir yang merupakan hasil pembentukan Pangea dan mass extinction. Di zaman ini juga terjadi diversifikasi dan awal dominasi dinosaurus yang bentuknya aneh-aneh, seperti Lystrosaurus yang bentuknya mirip tikus tanah. Ada juga nih dinosaurus awal, yaitu Coelophysis.

Tapi, elo jangan membayangkan kalau dinosaurus pada masa ini ukurannya raksasa ya. Dinosaurus pada masa ini ukurannya kecil-kecil, ya itu tadi contohnya yang mirip tikus tanah. Hal itu karena masa ini didominasi reptil lain seperti Postosuchus yang merupakan kerabat buaya, tapi jalannya tegakーnggak kayak buaya seperti saat ini. Di zaman ini juga muncul mammalia pertama. Sayangnya, ada kepunahan massal akibat terpisahnya benua Laurasia dan Gondwana.

  • Periode Jurassic

Periode ini udah terkenal banget kan ya sampai ada film “Jurassic Park”. Nah, pada zaman ini kehidupan didominasi oleh reptilia, dinosaurus di darat, Ichthyosaurus di laut, dan Pterosaurs di angkasa.

  • Periode Cretaceous

Pada zaman ini udah muncul dinosaurus yang terkenal seperti Tyrannosaurus (Tyrex). Selain itu muncul tumbuhan berbunga (Angiospermae) dan burung. Pada akhir periode ini juga terjadi kepunahan massal akibat chicxulub impact atau asteroid yang menabrak Bumi dan menyebabkan punahnya dinosaurus.

Baca Juga: Pengertian Kloning Organisme – Materi Biologi Kelas 12

Era Cenozoic (± 66 juta tahun yang laluーsaat ini)

Pengertian zaman Kenozoikum, Cenozoic, Senozoikum, atau Neozoikum adalah era terakhir dari skala waktu geologi yang udah kita bahas di atas. Era ini berlangsung sekitar 66 juta tahun yang lalu sampai saat ini. Yap, kita hidup pada era Kenozoikum, guys.

Era ini terbagi menjadi beberapa periode dan epoch. Nah, untuk epoch ini jaraknya hanya beberapa ribu tahun di setiap periodenya. Tapi, gue nggak akan bahas secara detail tiap epochnya, kalau elo mau lebih detail bisa langsung meluncur ke video belajar Zenius di sini. Jadi, gue hanya akan menjelaskan tiap periodenya aja, yaitu:

  • Periode Paleogene

Sebelumnya kita udah membahas era Mesozoikum, di mana ada kepunahan massal yang menyebabkan punahnya dinosaurus. Ternyata nggak semua makhluk hidup punah kok, masih ada sisa-sisa makhluk hidup yang tersisa hingga saat ini, seperti burung dan mamalia yang berukuran kecil. Contohnya Gastornis dan Plesiadapis.

Pada periode ini juga ada kenaikan suhu global dan merupakan awal dominasi mamalia. Selain itu, muncul juga ordo mamalia modern baru yang masih eksis hingga saat ini seperti kelelawar dan paus.

  • Periode Neogene

Pada periode ini ditandai dengan adanya ekspansi padang rumput, sehingga dominasi mamalia pemakan rumput mendominasi. Kemudian, pada periode ini juga ada peristiwa penting yaitu bergabungnya Amerika Utara dan Amerika Selatan, serta munculnya hominin awal, yaitu Australopithecus di Afrika.

  • Periode Quaternary

Periode ini berlangsung sampai saat ini, di mana munculnya diversifikasi genus Homo. Pada periode ini juga terjadi ice age terakhir yang kurang lebih sama seperti di film “Ice Age” (2002). Nah, yang terbaru adalah munculnya peradaban manusia sekitar 10 ribu tahun yang lalu hingga saat ini.

Kalau elo mau lihat ilustrasi dari contoh-contoh hewan di setiap zamannya bisa langsung klik banner di bawah ini menggunakan akun yang udah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya.

materi pelajaran sejarah zenius

Contoh Soal dan Pembahasan Skala Waktu Geologi

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi skala waktu geologi, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi. Sembari mengingat lagi materi di atas dari awal terbentuknya Bumi hingga munculnya peradaban manusia modern.

Contoh Soal 1

Bagaimana urutan skala waktu geologi yang tepat disusun dari yang paling kecil?

a. Epoch, Era, Eon, Period

b. Epoch, Eon, Era, Period

c. Epoch, Period, Era, Eon

d. Epoch, Period, Eon, Era

e. Epoch, Era, Period, Eon

Jawab: c. Epoch, Period, Era, Eon

Pembahasan: Epoch memiliki rentang ribuan tahun, Period puluhan hingga ratusan ribu tahun, Era puluhan hingga ratusan juta tahun, dan Eon miliaran tahun.

Contoh Soal 2

Pada akhir Periode Triassic, ada kepunahan massal yang dipicu oleh ….

a. Adanya asteroid yang menabrak Bumi dan memicu perubahan iklim global secara cepat

b. Peningkatan aktivitas erupsi vulkanik akibat pergeseran lempeng benua

c. Penurunan kadar karbon dioksida di atmosfer sehingga memicu penurunan suhu global secara drastis

d. Peningkatan kadar oksigen secara cepat hingga bersifat toksik bagi organisme akuatik

e. Adanya over eksploitasi sumber daya alam sehingga banyak organisme mengalami kepunahan

Jawab: b. Peningkatan aktivitas erupsi vulkanik akibat pergeseran lempeng benua

Pembahasan: Kepunahan massal pada akhir Periode Permian terjadi gara-gara pergerakan lempeng benua saat pembentukan Pangea. Nah, di akhir Periode Triassic ini, Pangea terpisah lagi menjadi Laurasia dan Gondwana. Hal itu memicu aktivitas erupsi dan perubahan iklim global.

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang skala waktu geologi? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius dengan di sini menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

Bagikan Artikel Ini!