klasifikasi hewan reptil

Hewan Reptil Itu Apa Aja Sih?

Artikel ini akan membahas tentang serba serbi hewan reptil, mulai dari pengertian, ciri ciri, hingga klasifikasinya.

Hi, guys! Kali ini aku akan membahas tentang salah satu kelas di dalam subfilum Vertebrata. Anggota kelas ini adalah hewan melata atau merayap. Mereka memiliki sisik juga lho ditubuhnya. Kira-kira kelas apakah yang akan aku bahas? Yap, kelas Reptil. Nah, di sini aku akan membahas berbagai hal tentang hewan reptil, seperti buaya, ular, dan kura-kura. Hmm… Kira-kira reptil itu apa ya? Lalu, ciri ciri dan klasifikasinya bagaimana? Supaya semua pertanyaan kamu terjawab, langsung aja yuk simak pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Hewan Reptil?

Sebelum jauh membahas reptil, alangkah baiknya kamu paham dulu tentang dasarnya, yaitu pengertian reptil. Reptil merupakan salah satu kelas yang terdapat dalam filum Chordata di kingdom Animalia. Reptil berasal dari bahasa Latin yaitu reptans yang artinya melata atau merayap. Itulah mengapa anggota kelas ini berisi hewan-hewan yang merayap, seperti ular, buaya, dan kura-kura.

Menurut Taylor dan O’shea, penulis buku The Great Big Book of Snakes & Reptiles tahun 2004, reptil adalah hewan vertebrata poikiloterm (berdarah dingin), sehingga mereka dapat menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitarnya. Tidak seperti hewan berdarah panas yang dapat mengatur suhu internal tubuhnya, hewan poikiloterm sangat bergantung pada suhu lingkungan untuk dapat mengatur suhu tubuhnya dengan baik. Misalnya, dengan cara berjemur di bawah sinar matahari atau berada dekat wilayah perairan.

Kamu pernah melihat buaya sedang berjemur gak? Nah, itu adalah salah satu cara untuk mengatur suhu tubuh mereka, sehingga mereka akan menjadi lebih hangat dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika mereka merasa perlu untuk mendinginkan suhu tubuhnya, maka mereka akan menuju perairan atau ke tempat teduh.

Ciri ciri Hewan Reptil

Setelah kamu mengetahui sedikit gambaran tentang reptil, tentu kurang rasanya kalau belum mengetahui ciri ciri dari anggota kelas tersebut, iya ‘kan? Nah, berikut ini merupakan ciri ciri dari hewan reptil.

  • Merupakan hewan vertebrata berdarah dingin (poikiloterm).
  • Memiliki sisik yang menutupi tubuhnya.
  • Tetrapoda, yaitu hewan yang memiliki empat tungkai/kaki, kecuali ular.
  • Menghasilkan keturunan dengan cara bertelur (ovipar), penyu bertelur dan melahirkan (ovovivipar).
  • Bernapas menggunakan paru-paru.
  • Tubuh terdiri dari kepala, leher, badan dan ekor.
  • Jantung terdiri dari 4 ruang.

Klasifikasi Hewan Reptil

Dari tadi kita udah tau kalau contoh hewan reptil adalah ular, buaya dan kura-kura. Nah, sebenarnya ada gak sih klasifikasi tertentu yang membuat mereka mudah untuk dikenali? Tentu saja ada. Reptil terbagi menjadi 4 ordo, yaitu Crocodilia, Sphenodontia, Squamata dan Testudinata.

klasifikasi hewan reptil
Contoh hewan reptil berdasarkan klasifikasinya

Crocodilia

Dari namanya aja kita udah bisa menebak kalau ordo Crocodilia adalah milik bangsa buaya. Anggota ordo ini memiliki sisik yang tebal dan terbuat dari keratin. Gak hanya itu, sisik tebal tersebut diperkuat dengan lempengan tulang sebagai pelindung yang disebut skuta. Bagian kepala buaya terdapat gigi yang runcing

Contoh hewan Crocodilia: Buaya dan Aligator.

Sphenodontia

Sphenodontia juga biasa dikenal dengan Rhynchocephalia, yaitu ordi yang mirip kadal. Satu-satunya spesies yang terdapat dalam ordo ini adalah Tuatara. Kabarnya, Tuatara ini udah hidup sejak zaman dinosaurus lho, guys. Mereka memiliki duri di sepanjang tulang belakangnya, selain itu terdapat mata ketiga yang fungsinya untuk membedakan antara gelap dan terang.

Contoh hewan Sphenodontia: Tuatara.

Squamata

Kalau ada yang bertanya, ordo mana yang memiliki anggota terbanyak di kelas Reptil, jawabannya adalah Squamata. Yap, anggota ordo ini ditandai dengan bagian tubuh yang tertutup sisik.

Contoh hewan Squamata: Bunglon, Cicak, Ular, dan Worm lizard. 

Testudinata

Testudinata atau Chelonia merupakan satu-satunya ordo yang anggotanya memiliki cangkang. Yap, mereka adalah bangsa kura-kura. Bentuk tubuh yang dimiliki yaitu pendek dan lebar. Cangkangnya terletak pada bagian tulang belakang dan merupakan modifikasi dari tulang rusuk. Fungsi cangkang tersebut digunakan untuk pertahanan dan perlindungan dari predator.

Contoh hewan Testudinata: Kura-kura dan Penyu.

Itu dia informasi mengenai kelas Reptil. Seringkali kita hanya mengetahui bahwa reptil itu hanya ular dan buaya. Ternyata, ada banyak jenis hewan yang tergabung dalam kelas ini ya, guys. Semoga informasi di atas bermanfaat ya buat kamu. Have a nice day!

Baca Juga Artikel Lainnya

Hewan Echinodermata Itu Apa Sih?

Berkenalan dengan Hewan Coelenterata, Yuk!

Mengenal Mollusca (Hewan Lunak)