hewan reptil

Ciri dan Klasifikasi Hewan Reptil – Materi Biologi Kelas 10

Hi, Sobat Zenius! Kali ini gue akan membahas tentang klasifikasi reptil, ciri-ciri beserta contohnya. 

Reptil merupakan salah satu kelas di dalam subfilum Vertebrata. Anggota kelas ini adalah hewan reptil yang bergerak melata atau merayap dan memiliki sisik di tubuhnya. Gue akan membahas hewan reptil ini secara lengkap mulai dari pengertian, jenis-jenis hewan reptil hingga klasifikasinya.

Selain itu gue juga akan membahas berbagai hal tentang hewan reptil, seperti buaya, ular, dan kura-kura. Hmm… Kira-kira reptil itu apa ya? Lalu, ciri-ciri reptilia dan klasifikasinya bagaimana? Supaya semua pertanyaan elo terjawab, langsung aja yuk simak pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Hewan Reptil?

Sebelum jauh membahas reptil, alangkah baiknya elo paham dulu tentang dasarnya, yaitu pengertian hewan reptil. Reptil merupakan salah satu kelas yang terdapat dalam filum Chordata di kingdom Animalia.

Reptil berasal dari bahasa Latin yaitu reptans yang artinya melata atau merayap. Itulah mengapa anggota kelas ini berisi hewan-hewan yang merayap, seperti ular, buaya, dan kura-kura.

Menurut Taylor dan O’Shea, penulis buku The Great Big Book of Snakes & Reptiles tahun 2004, reptil merupakan hewan vertebrata poikiloterm (berdarah dingin), sehingga mereka dapat menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitarnya.

Tidak seperti hewan berdarah panas yang dapat mengatur suhu internal tubuhnya, hewan poikiloterm sangat bergantung pada suhu lingkungan untuk dapat mengatur suhu tubuhnya dengan baik. Misalnya, dengan cara berjemur di bawah sinar matahari atau berada dekat wilayah perairan.

Salah satu contoh reptil yang sering kita jumpai adalah buaya. Elo pernah melihat buaya sedang berjemur gak? Nah, itu adalah salah satu cara untuk mengatur suhu tubuh mereka, sehingga mereka akan menjadi lebih hangat dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Ketika mereka merasa perlu untuk mendinginkan suhu tubuhnya, maka mereka akan menuju perairan atau ke tempat teduh.

Pelajari lebih lanjut
Masih ingat, nggak, kalau Hewan Reptil masuk dalam pembahasan Kingdom Animalia? Buat yang mau inget-inget lagi soal Animalia, klik link berikut: Klasifikasi Lengkap Kingdom Animalia – Materi Biologi Kelas 10.

Ciri-ciri Hewan Reptil

Setelah elo mengetahui sedikit gambaran tentang reptil, tentu kurang rasanya kalau belum mengetahui ciri ciri dari anggota kelas tersebut, iya ‘kan? Nah, berikut ini merupakan ciri-ciri reptilia.

sisik ular krait
Memiliki sisik adalah salah satu ciri-ciri hewan reptil (Sumber: Wikipedia)
  • Merupakan hewan vertebrata berdarah dingin (poikiloterm).
  • Memiliki sisik yang menutupi tubuhnya.
  • Tetrapoda, yaitu hewan yang memiliki empat tungkai/kaki, kecuali ular.
  • Menghasilkan keturunan dengan cara bertelur (ovipar), penyu bertelur dan melahirkan (ovovivipar).
  • Bernapas menggunakan paru-paru.
  • Tubuh terdiri dari kepala, leher, badan dan ekor.
  • Jantung terdiri dari 4 ruang.

Materi Video Struktur Dasar Hewan Reptil

Tonton gratis materi Struktur Dasar dan Karakteristik Hewan Reptil di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Klasifikasi Hewan Reptil

Dari tadi kita udah tau kalau contoh hewan reptil adalah ular, buaya dan kura-kura. Nah, sebenarnya ada gak sih klasifikasi tertentu yang membuat mereka mudah untuk dikenali? Tentu saja ada. Reptil terbagi menjadi 4 ordo, yaitu Crocodilia, Sphenodontia, Squamata dan Testudinata.

klasifikasi hewan reptil
Contoh hewan reptil berdasarkan klasifikasinya

Crocodilia

Dari namanya aja udah bisa menebak kalau ordo Crocodilia adalah milik bangsa buaya. Anggota ordo ini memiliki sisik yang tebal dan terbuat dari keratin. Gak hanya itu, sisik tebal tersebut diperkuat dengan lempengan tulang sebagai pelindung yang disebut skuta. Bagian kepala buaya terdapat gigi yang runcing.

Contoh binatang reptil Crocodilia: Buaya dan Aligator.

Sphenodontia

Sphenodontia juga biasa dikenal dengan Rhynchocephalia, yaitu ordo yang mirip kadal. Satu-satunya spesies yang terdapat dalam ordo ini adalah Tuatara.

Kabarnya, Tuatara ini udah hidup sejak zaman dinosaurus lho, Sobat Zenius. Mereka memiliki duri di sepanjang tulang belakangnya, selain itu terdapat mata ketiga yang fungsinya untuk membedakan antara gelap dan terang.

Contoh hewan reptil Sphenodontia: Tuatara.

Squamata

deskripsi ekor cicak
Cicak, yang kita tahu bisa melakukan autotomi, termasuk dalam kategori reptil squamata.

Kalau ada yang bertanya, ordo mana yang memiliki anggota terbanyak di kelas Reptil, jawabannya adalah Squamata. Yap, anggota ordo ini ditandai dengan bagian tubuh yang tertutup sisik.

Contoh binatang reptil Squamata: Bunglon, Cicak, Ular, dan Worm lizard. 

Testudinata

Kalau ada yang bertanya, apakah kura-kura termasuk reptil? Ini jawabannya.

Testudinata atau Chelonia merupakan satu-satunya ordo yang anggotanya memiliki cangkang. Yap, mereka adalah bangsa kura-kura. Bentuk tubuh yang dimiliki yaitu pendek dan lebar.

Cangkangnya terletak pada bagian tulang belakang dan merupakan modifikasi dari tulang rusuk. Fungsi cangkang tersebut digunakan untuk pertahanan dan perlindungan dari predator.

Contoh hewan reptil Testudinata: Kura-kura dan Penyu.


Materi Video Klasifikasi Hewan Reptil

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton video materi Klasifikasi Reptil dan yang lainnya seperti Reproduksi, Respirasi, dan Sirkulasinya hanya di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Itu dia informasi mengenai kelas Reptil. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Ternyata, ada banyak jenis hewan yang tergabung dalam kelas ini ya, Sobat Zenius. Seringkali kita hanya mengetahui bahwa reptil itu hanya ular dan buaya, kan? Sekarang tentunya elo udah bisa dong sebutkan 10 hewan reptil, bahkan pasti bisa lebih deh. 

Nah, kalau elo mau uji pemahaman tentang hewan reptil, elo bisa kerjain soal-soal berkualitas dari Zenius dengan klik banner di bawah ini.

klasifikasi hewan reptil

Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa menemani proses belajar lo, tinggal pilih aja sesuai kebutuhan. Klik banner dibawah ini untuk lebih lengkapnya!

SKU-BELI-PAKET-BLJR-1

Originally Published: March 30, 2021
Updated By: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!