Pengertian Zaman Mesozoikum, Ciri-Ciri, dan Peninggalannya - Materi Biologi Kelas 12

Pengertian Zaman Mesozoikum, Ciri-Ciri, dan Peninggalannya – Materi Biologi Kelas 12

Hai, Sobat Zenius! Elo pasti pernah nonton film Jurassic Park, kan? Itu lho film yang menceritakan tentang dinosaurus. Ternyata, film Jurassic Park itu mengambil latar pada zaman mesozoikum, lho. 

Tapi kenapa ya, film Jurassic Park mengambil latar zaman mesozoikum? Memangnya apa itu zaman mesozoikum? 

Nah, pada artikel kali ini gue akan coba jelasin ke elo ciri kehidupan zaman mesozoikum dan juga peninggalannya. Yuk, simak penjelasannya!

Pengertian dan Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum

Zaman mesozoikum merupakan era yang terjadi kurang lebih 252-66 juta tahun lalu. Nah, zaman mesozoikum ini dapat dikatakan sebagai era keemasan reptil nih, guys. Sebab, keadaan bumi pada zaman mesozoikum banyak didominasi oleh reptil. Selain itu, ciri-ciri zaman mesozoikum juga ditandai oleh dua kepunahan massal yakni pada periode Triassic dan Cretaceous. 

Ciri-ciri zaman mesozoikum lainnya yakni zaman ini terbagi menjadi tiga periode, yakni periode Triassic, Jurassic, dan Cretaceous

Pengertian dan Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum
Pembagian zaman mesozoikum. (Arsip Zenius)

1. Periode Triassic

Zaman mesozoikum diawali oleh periode Triassic yang terjadi kurang lebih 252-201 juta tahun lalu. Pada periode ini banyak dihuni oleh berbagai macam reptil yang unik-unik nih, guys. Misalnya, Lystrosaurus yang bentuknya mirip tikus tanah. 

Berikut gambar Lystrosaurus pada zaman mesozoikum. 

zaman mesozoikum Lystrosaurus
Lystrosaurus (Dok. Wikimedia Commons)

Selain Lystrosaurus, ada juga jenis dinosaurus awal seperti Coelophysis. Berbeda dari dinosaurus yang elo kenal, Coelophysis ukurannya tidak besar yakni hanya beberapa cm saja. 

Meskipun periode Triassic menandai awal dominasi dinosaurus, tapi dinosaurus pada periode ini tidak banyak yang besar. Kenapa begitu? Karena, pada periode Triassic yang menjadi predator utama itu bukan dinosaurus, melainkan reptil lain seperti Postosuchus. Nah, Postosuchus ini merupakan kerabat dari buaya purba nih, guys. Jadi, bentuknya sedikit mirip dengan buaya. Nggak hanya itu, periode Triassic juga ditandai juga dengan kemunculan mamalia pertama. 

Sayangnya, periode Triassic harus berakhir karena adanya kepunahan massal. Kepunahan massal terjadi karena superkontinen Pangea terpecah menjadi Laurasia dan Gondwana. Sehingga, terjadi peningkatan aktivitas erupsi dan perubahan iklim global yang berujung kepunahan massal.

2. Periode Jurassic

Setelah periode Triassic berakhir, kemudian dilanjutkan oleh periode Jurassic yang terjadi terjadi kurang lebih 201-145 juta tahun lalu. Nah, elo pasti udah sering denger nih tentang periode satu ini. 

Era Jurassic sendiri didominasi oleh reptil. Jadi kalau elo tinggal di zaman ini, pasti akan sering melihat reptil yang berukuran besar di mana-mana. Misalnya, di darat banyak didominasi oleh dinosaurus, di laut ada Ichthyosaurus, dan di angkasa dipenuhi oleh Pterosaurus. So, itulah mengapa masa mesozoikum disebut masa dinosaurus.

Nah, intinya sih, pada periode Jurassic ini banyak ditemukan dinosaurus baik itu dinosaurus herbivora, omnivora, atau karnivora.

3. Periode Cretaceous 

Lanjut, ke periode Cretaceous yang merupakan periode terakhir dari zaman mesozoikum. Periode Cretaceous terjadi kurang lebih 145-66 juta tahun lalu. 

Pada periode ini banyak hidup dinosaurus yang namanya pasti udah sering elo dengar, yakni Tyrannosaurus (Tyrex). Selain itu, periode Cretaceous juga ditandai munculnya tumbuhan berbunga (angiosperm) dan burung. 

Nah, periode Cretaceous ini berakhir karena adanya kepunahan massal yang disebabkan oleh asteroid yang menabrak bumi.

Baca Juga: Pohon Silsilah Keluarga dan Kelainan Genetik di Dalamnya

Peninggalan Zaman Mesozoikum

Adapun peninggalan zaman mesozoikum yang tersebar di beberapa wilayah nih, guys.

1. Peninggalan Periode Triassic (Trias)

Salah satu peninggalan zaman mesozoikum pada periode Triassic yaitu jejak dan tulang vertebrata yang ditemukan di Formasi Chinle di Glen Canyon NRA. 

2. Peninggalan Periode Jurassic (Jura)

Adapun beberapa peninggalan zaman mesozoikum pada periode Jurassic, antara lain jejak Theropoda (dinosaurus karnivora besar) yang ditemukan di Batu Pasir Wingate, Formasi Kayenta, dan Batu Pasir Navajo. 

Selain itu, jejak kaki dan jejak kulit dari Sauropoda juga ditemukan di Formasi Summerville dan Formasi Morrison dekat Danau Powell. 

mesozoikum jurassic Jejak kaki theropoda di Batu Pasir Navajo
Jejak kaki theropoda di Batu Pasir Navajo. (Dok. Wikimedia Commons)

3. Peninggalan Periode Cretacous (Kapur)

Kalau peninggalan mesozoikum pada periode Cretaceous yakni fosil tiram dan moluska bivalvia yang ditemukan di Formasi Dakota di kawasan Glen Canyon. Selain itu, kerangka Plesiosaurus (reptil air karnivora) juga ditemukan di Tropic Shale. 

Baca Juga: Perbedaan Manusia Purba dan Manusia Modern

Contoh Soal Zaman Mesozoikum

Untuk menguji pemahaman elo, coba deh kerjakan satu contoh soal di bawah ini!

  1. Kepunahan yang terjadi pada akhir periode Triassic dipicu oleh ….

A. penurunan kadar karbon dioksida di atmosfer sehingga memicu penurunan suhu global secara drastis

B. peningkatan kadar oksigen secara cepat sehingga bersifat toksik bagi organisme akuatik

C. peningkatan aktivitas erupsi vulkanik akibat pergeseran lempeng benua

D. adanya asteroid yang menabrak bumi dan memicu perubahan iklim global secara cepat

E. adanya over eksploitasi sumber daya alam sehingga banyak organisme mengalami kepunahan

Jawaban dan Pembahasan:

Di akhir periode Triassic ini, superkontinen Pangea terpecah lagi jadi Laurasia dan Gondwana. Hasilnya, terjadi peningkatan aktivitas erupsi dan perubahan iklim global yang berujung kepunahan massal.

2. Kapan berlangsungnya zaman mesozoikum ….

A. 252-66 juta tahun lalu

B. 500-100 juta tahun lali

C. 600-300 juta tahun lalu

D. 100-10 juta tahun lalu

E. Tidak ada yang benar

Jawaban dan Pembahasan:

Zaman mesozoikum terjadi kurang lebih 252-66 juta tahun lalu. Sehingga jawaban yang tepat adalah A. 

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Kloning Organisme

So, itu dia guys, ciri-ciri zaman mesozoikum dan juga pembagian periodenya. Selain zaman mesozoikum, masih ada zaman paleozoic, zaman cenozoic, dan lainnya yang bisa elo tonton videonya di aplikasi Zenius, lho. Caranya tinggal klik aja banner di bawah ini!

Referensi:

Mesozoic Fossils – National Park Service (2018)

Belajar sejarah di video materi Zenius
Bagikan Artikel Ini!