Ciri dan Klasifikasi Hewan Mamalia – Materi Biologi Kelas 10

Ciri-ciri hewan mamalia (Arsip Zenius)

Hi, guys! Kali ini gue akan secara khusus membahas hewan yang memiliki kemampuan untuk menyusui. Kira-kira hewan apakah itu? Yap, apalagi kalau bukan mamalia. Di artikel ini gue ajak elo kenalan dengan klasifikasi hewan mamalia, ciri-ciri serta contohnya.

Hewan mamalia termasuk ke dalam filum Chordata. Anggotanya mencakup sapi, monyet, kucing dan masih banyak lagi.

Namun, apakah semua hewan mamalia itu berada di darat? Lalu, sebenarnya apa itu hewan mamalia? 

Agar elo semua tercerahkan dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan tepat, alangkah baiknya kita pelajari kelas mamalia dan mencoba lebih dekat dengan kehidupan mereka.

Apa Itu Hewan Mamalia?

Langsung aja yuk cus kita masuk ke pembahasan pertama, yaitu tentang pengertian hewan mamalia.

 Mamalia adalah kelas hewan menyusui yang terdapat dalam sub filum vertebrata atau bertulang belakang. Karena merupakan hewan yang menyusui, sehingga mereka memiliki kelenjar mamae atau susu sebagai sumber makanan anaknya. Oh iya, mereka melahirkan anaknya ya, guys.

Mamalia juga memiliki ciri unik lainnya lho, menurut Ensiklopedia Britannica, ciri khas dari kelas mamalia adalah berupa rambut. 

Mamalia berbeda dari semua kelompok vertebrata yang lain karena rambut di tubuhnya ini. Berbeda dengan aves yang memiliki bulu yang menutupi tubuhnya, sedangkan mamalia berupa rambut.

Meskipun ada mamalia laut yang gak punya rambut saat dewasa. Lho, mamalia gak hanya hidup di darat, kak? Yap, mamalia juga diklasifikasikan lagi, guys. Tenang, elo juga akan mengetahui klasifikasinya di artikel ini kok.

Pelajari lebih lanjut
Masih ingat nggak, kalau hewan Mamalia itu bagian dari Kingdom Animalia? Kalau mau ngulang baca materi Animalia, klik link berikut: Klasifikasi Lengkap Kingdom Animalia – Materi Biologi Kelas 10.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Ciri-ciri Hewan Mamalia

Selain ciri ciri mamalia yang udah disebutkan di poin sebelumnya, kira-kira ada ciri apalagi ya, guys? Ini dia ciri ciri hewan mamalia:

  • Merupakan hewan homoiterm atau berdarah panas.
  • Termasuk hewan bertulang belakang atau vertebrata.
  • Tubuhnya memiliki sistem organ yang lengkap dan bisa dibedakan anggota tubuhnya (kepala, leher, badan, dan ekor).
  • Memiliki glandula mammae atau kelenjar susu yang berfungsi sebagai sumber energi anaknya.
  • Memiliki rambut.
  • Bernapas menggunakan paru-paru.
  • Memiliki alat indera, yaitu mata, telinga, lidah, kulit dan hidung.
  • Alat kelamin terpisah antara jantan dan betina dalam satu individu.
  • Memiliki otak yang berukuran besar dan berkembang dengan baik.

Oh iya, vertebrata yang termasuk ke dalam kelas mamalia memiliki ciri-ciri utama lainnya yaitu memiliki kelenjar susu, sehingga mereka termasuk hewan menyusui ya.


Materi Video Karakteristik Hewan Mamalia

Tonton gratis video materi Karakteristik Mamalia yang membahas tentang rambut, kelenjar kulit, dan pola giginya di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Klasifikasi Hewan Mamalia

Nah, memasuki pembahasan yang ditunggu-tunggu, yaitu klasifikasi hewan mamalia. Menurut Mammal Species of the World, kelas mamalia terbagi menjadi 29 ordo. Berikut ini merupakan beberapa ordo yang umum dan penting untuk elo ketahui.

Klasifikasi hewan mamalia
Contoh hewan Mamalia berdasarkan klasifikasinya (Dok.wikimedia)

Artiodactyla

Hewan mamalia pertama datang dari ordo Artiodactyla. Umumnya, anggotanya merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan dan memiliki kuku yang jumlahnya genap. Mereka juga memiliki perut yang besar dan kompleks.

Contoh: Jerapah, Babi, Unta, Sapi, Kambing, dll.

Proboscidea

Selanjutnya, ada ordo Proboscidea yang anggotanya ditandai dengan proboscis atau belalai dengan dua lubang hidung. Wah, udah terbayang belum contoh hewannya siapa?

Contoh: Gajah.

Carnivora

singa mamalia
Singa termasuk dalam hewan karnivora atau pemakan daging (Dok. Pixabay).

Ordo carnivora merupakan ordo yang anggotanya merupakan pemakan daging. Langsung kepikiran lah ya contoh hewannya apa.

Contoh: Kucing, Singa, Anjing, Beruang, dll.

Rodentia

kelinci mamalia
Hewan rodentia memiliki gigi depan untuk menggerogoti sesuatu ( Sumber: Pixabay).

Rodentia atau hewan pengerat merupakan salah satu jenis hewan mamalia yang memiliki gigi depan aktif atau selalu tumbuh. Sehingga, mereka harus menggerogoti sesuatu untuk mengasahnya.

Contoh: Tikus, Hamster, dan Marmut.

Perissodactyla

Ordo ini juga seringkali disebut dengan hewan berkuku ganjil. Umumnya, hewan yang termasuk dalam ordo ini berukuran besar, namun kuku yang dimilikinya berjumlah ganjil. Hewan ini mencerna selulosa tumbuhan di usus, bukan lambung seperti pada kerabatnya yaitu Artiodactyla.

Contoh: Zebra.

Cetacea

Mulai masuk ke mamalia laut nih. Cetacea merupakan ordo yang anggotanya berupa hewan laut besar. Berasal dari bahasa latin, yaitu cetus yang berarti paus atau binatang laut besar. 

Di ciri ciri hewan mamalia, kita tau bahwa salah satu ciri mamalia adalah memiliki rambut. Nah, rambut pada paus atau mamalia laut pada umumnya berkurang bahkan menghilang, karena adaptasi di lautan agar tidak menghambat pergerakannya.

Contoh: Paus.

Jangan terkecoh ya kalau ada pertanyaan “berikut yang termasuk dalam kelas mamalia ialah..” dan ada pilihan paus di jawabannya. 

Lagomorpha

Ordo mamalia selanjutnya adalah Lagomorpha, yang berasal dari bahasa Yunani yaitu lagos yang berarti arnab dan morphe yang berarti bentuk. Ordo ini seringkali dianggap sebagai Rodentia yang secara penampilan memang mirip.

Contoh: Kelinci.

Chiroptera

Ordo chiroptera memiliki selaput terbang dan berpola hidup nokturnal. Nggak heran ordo ini jadi satu-satunya mamalia yang bisa terbang.

Chiroptera termasuk dalam hewan mamalia yang memiliki kemampuan khusus ekolokasi atau kemampuan menemukan sesuatu pada jarak yang jauh dengan mendengarkan pantulan bunyi.

Contoh: Kelelawar

Sirenia

Sirenia merupakan ordo yang anggotanya memiliki ukuran tubuh besar. Selain itu, mereka gak punya kaki belakang, ekor yang dimiliki anggota ini juga berbentuk pipih layaknya daun. Mereka merupakan hewan herbivora akuatik lho, yaitu pemakan tumbuhan.

Contoh: Dugong atau Dayung dan Sapi Laut.

Monotremata

Monotremata berasal dari bahasa Latin, yaitu monos yang berarti tunggal dan trema yang berarti lubang. 

Anggotanya merupakan mamalia yang menghasilkan anak dengan cara bertelur, namun menyusui. Mereka sama seperti mamalia lain, yaitu berdarah panas, berambut, memiliki tulang tunggal di rahang bawahnya.

Contoh: Platipus dan Echnida.

Primata

simpanse mamalia
Simpanse termasuk dalam hewan ordo primata (Sumber: Pixabay).

Terakhir, ada ordo Primata. Mungkin udah gak asing lagi ya di telinga kita. Secara bahasa, primata berasal dari kata primates yang berarti yang pertama, terbaik, dan mulia. Mereka memiliki jari berjumlah lima.

Contoh: Kera dan Simpanse.


Materi Video Hewan Mamalia Lainnya

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton video materi Mamalia mulai dari Anatomi, Sistem Organ, dan Klasifikasi, dan Contoh Hewannya di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Itu dia penjelasan mengenai kelas Mamalia. Sekarang, elo udah paham donk kalau ternyata manusia juga tergabung dalam kelas ini?

Oh iya, kalau mau menguji seberapa jauh pemahaman tentang hewan mamalia, elo bisa klik banner di bawah ini ya, buat ngerjain kumpulan contoh soal berkualitas dari tutor Zenius!

Ciri dan Klasifikasi Hewan Mamalia - Materi Biologi Kelas 10 9
Klik dan langsung belajar!

Lo juga bisa mempelajari materi dasar dari pembahasan ini, yakni Klasifikasi Makhluk Hidup, lewat video YouTube di bawah. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat ya Sobat Zenius. Have a nice day, guys!

Elo juga bisa menonton penjelasan mengenai klasifikasi mahluk hidup lainnya di Youtube Channel Zenius ya:

Originally published: March 29, 2021
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!