Arthropoda, Filum Terbesar dalam Animalia – Materi Biologi Kelas 10

Arthropoda, Filum Terbesar dalam Animalia - Materi Biologi Kelas 10 9

Memasuki kelas 10, Sobat Zenius sudah pasti nggak akan jauh dari materi yang satu ini. Nah, supaya elo semakin paham akan materi ini, gue mau ngajak elo semua buat membahas filum Arthropoda, mulai dari klasifikasi, ciri-ciri, hingga contoh hewannya.

Elo masih ingat pembahasan tentang kingdom Animalia, nggak? Itu lho kingdom yang membahas tentang dunia hewan, termasuk manusia juga di dalamnya. 

Nah, pada kingdom Animalia, terdapat dua kelompok besar hewan, yaitu invertebrata (tanpa tulang belakang) dan vertebrata (bertulang belakang).

Dalam artikel ini, gue akan membahas salah satu filum dalam kelompok invertebrata. Filum ini merupakan yang paling besar dibandingkan dengan filum lainnya dalam dunia hewan. 

Anggotanya mencakup serangga, lipan, udang, laba-laba, dll. Wah, kira-kira filum apa yang akan gue bahas? Hayo tebak! Yap betul sekali, filum Arthropoda. 

Tanpa berlama-lama lagi, yuk, kita masuk ke dalam artikelnya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Apa Itu Arthropoda?

Sebelum jauh mengenal seluk beluk Arthropoda, elo harus tau dasarnya dulu nih. Sebenarnya mereka itu siapa sih? Arthropoda berasal dari bahasa Yunani yaitu arthron yang berarti ruas, buku atau segmen, dan pous/podos yang berarti kaki.

Pada dasarnya, hewan berbuku-buku disebut juga dengan Arthropoda. Seperti yang udah gue sebutkan di awal, filum Arthropoda ini masuk ke dalam anggota kingdom Animalia.

arthropoda
Klasifikasi kingdom Animalia (sumber gambar: exploringnature.org)

Pelajari lebih lanjut
Masih ingatkah kamu kalau Arthropoda masuk dalam pembahasan Kingdom Animalia? Buat baca materinya, klik link berikut: Arthropoda, Filum Terbesar dalam Animalia – Materi Biologi Kelas 10.

Dari pengertian tersebut, udah jelas bahwa yang membedakan anggota filum ini dengan filum lainnya terletak pada tubuhnya yang bersegmen/berbuku-buku.

Menurut Yulipriyanto dalam buku Biologi Tanah dan Strategi Pengolahannya tahun 2010, Arthropoda memiliki tubuh yang beruas-ruas, simetri bilateral dan tersusun atas zat kitin.

Yap, sehingga mereka masuk dalam kategori hewan eksoskeleton, yaitu memiliki kerangka untuk melindungi tubuhnya. Selain itu, filum ini termasuk yang paling besar lho, contohnya ada serangga, laba-laba dan udang.

Jadi, anggota dari Arthropoda ini ada yang hidup di daratan dan juga di perairan.


Materi Video Apa Itu Arthropoda

Kenapa Arthropoda bisa disebut sebagai filum copy-paste-edit? Kenapa manusia juga sering takut sama hewan Arthropoda, khususnya kecoa? Nah, buat yang udah langganan paket belajar Zenius, cari tau semuanya di video materinya Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Ciri-ciri Arthropoda

Wah, anggota filum Arthropoda banyak juga ya, ada laba-laba, udang, lipan dan serangga. Kira-kira ciri-ciri umum dari mereka itu apa ya, guys? Baiklah, ayo kita bahas bersama-sama supaya elo makin paham mengenai filum ini.

Ciri-ciri hewan yang termasuk ke dalam filum Arthropoda adalah:

  • Memiliki tubuh dan kaki yang berbuku-buku, bersegmen atau beruas-ruas.
  • Tubuhnya simetri bilateral.
  • Merupakan hewan triploblastik selomata, yaitu memiliki tiga lapisan tubuh dan rongga tubuh yang sejati.
  • Merupakan hewan eksoskeleton yang terbuat dari senyawa protein dan kitin untuk melindungi dan membentuk kerangka tubuhnya.
  • Struktur tubuh terdiri dari kepala (caput), dada (toraks) dan perut (abdomen).
  • Sudah memiliki sistem tubuh seperti saraf, pencernaan, ekskresi, peredaran darah, dan indera.
  • Alat respirasi bervariasi tergantung kelasnya, ada yang menggunakan trakea, insang, permukaan tubuh, atau paru-paru.
  • Hewan berumah dua, yaitu alat kelamin terpisah antara jantan dan betina pada suatu individunya.
  • Reproduksi dilakukan secara seksual dan aseksual.

Materi Video Karakteristik Arthropoda

Tonton gratis video materi Struktur Tubuh, Ciri, dan Karakteristik Arthropoda di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk belajar mandiri.


Klasifikasi Arthropoda

Setelah Sobat Zenius mengetahui pengertian dan ciri-cirinya, berarti sekarang udah siap dong masuk ke pembahasan klasifikasinya?

Di sini elo bakal mengenal lebih dalam mengenai ciri-ciri Arthropoda berdasarkan klasifikasi kelasnya. Berikut ini merupakan klasifikasinya.

Arthropoda
Contoh anggota Arthropoda berdasarkan klasifikasinya

Arachnoidea

laba-laba
Laba-laba termasuk dalam kelas Arachnoidea.

Kelas pertama dari filum Arthropoda adalah Arachnoidea atau biasa juga disebut dengan Arachida, berasal dari bahasa Yunani yaitu arachne yang berarti laba-laba.

Nah, mulai kebayang ‘kan seperti apa anggota dari Arthropoda? Yap, anggota kelas ini adalah laba-laba, kalajengking, dan tungau.

Mereka memiliki tubuh yang terdiri atas sefalotoraks (kepala yang menyatu dengan dada) dan perut (abdomen). Selain itu, mereka juga memiliki 4 pasang kaki yang terdapat pada bagian sefalotoraks dan dua pasang mulut.

Jadi, bisa disimpulkan kalau salah satu anggota filum Arthropoda yang memiliki 4 pasang kaki adalah Arachnoidea.

Contoh hewan Arachnoidea: laba-laba.

Crustacea

Selanjutnya, ada kelas Crustacea. Coba tebak, kira-kira anggota kelas ini siapa aja ya? Crustacea atau udang-udangan juga terdiri dari sefalotoraks dan abdomen.

Bagian sefalotoraks dilindungi oleh kulit keras yang disebut karapas, mereka punya lima pasang kaki dengan satu pasang kaki capit dan empat pasang kaki jalan.

Contoh hewan Crustacea: udang, lobster, dan kepiting.

Myriapoda

Kelas laba-laba udah, udang-udangan juga udah dibahas, nah sekarang kita bahas kelas kelabang, yaitu Myriapoda.

Berbeda dengan kelas sebelumnya, anggota Myriapoda hanya terdiri dari kepala dan bada, yap mereka gak punya dada.

Di setiap ruas badannya terdapat kaki yang berpasangan. Itulah mengapa anggota kelas ini memiliki kaki yang banyak.

Contoh hewan Myriapoda: kaki seribu dan kelabang.

Insecta

Insekta atau serangga merupakan kelas terakhir dari filum Arthropoda yang akan gue bahas di sini. Kalau kelas ini sih elo juga udah nggak asing lagi ya, guys. Tubuhnya terdiri atas kepala, dada, dan abdomen.

Di bagian kepala ada mulut, antena, mata tunggal dan mata majemuk. Oh iya, mereka punya empat tipe mulut lho, yaitu tipe dipteran (penjilat dan penghisap), tipe lepidoptera (penghisap), tipe hemipteran (penusuk dan pengisap), dan tipe orthopteran (penggigit).

Selain itu, mereka juga termasuk hewan yang mengalami metamorfosis, yaitu perubahan bentuk dari telur hingga menjadi dewasa.

Contoh hewan Insecta: kupu-kupu, belalang, dan jangkrik.


Materi Video Insecta dan Klasifikasi Arthropoda Lainnya

Buat yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton video materi tentang Insecta dan Klasifikasi Arthropoda lainnya di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Demikian informasi mengenai filum terbanyak di dalam kingdom Animalia ini, ya. Semoga, setelah membaca artikel ini, Sobat Zenius jadi semakin memahami filum yang satu ini!

Nggak cuman dari artikel ini dan video, elo sebenarnya masih bisa, lho, belajar lewat kumpulan contoh soal Arthropoda dari Zenius.

Bagaimana caranya? Elo tinggal klik banner di bawah ini, ya! Nantinya, akan ada berbagai macam soal yang bisa elo kerjain beserta pembahasannya juga. Let’s go!

arthropoda

Terumbu Karang (Porifera), Hewan atau Tumbuhan?

Originally published: March 26, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!