Latar Belakang dan Tujuan Dibentuknya OPEC – Materi Sejarah Kelas 12

OPEC

Di materi Sejarah Kelas 12 ini, OPEC adalah salah satu tema pembahasan dari bab organisasi internasional. Selain itu, Tujuan OPEC akan dijabarkan bersama dengan latar belakang OPEC. Ayo kita mulai!

Di dalam sejarah dunia, terdapat organisasi-organisasi yang memiliki pengaruh yang besar di  tingkat global. Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) adalah salah satu organisasi tersebut. Walaupun hanya memiliki segelintir negara anggota saja di awal terbentuknya, tetapi OPEC menjadi salah satu organisasi dunia yang memiliki pengaruh besar.

latar belakang OPEC
Apa itu OPEC? (Arsip Zenius)

Jadi, apa itu OPEC? Oke, daripada terlalu banyak fafifu wasweswos, mari langsung masuk ke pembahasan!

Latar Belakang OPEC

Kita perlu melihat konteks global sebelum terbentuknya OPEC. Pada Februari 1959, harga minyak dunia mengalami kemerosotan akibat monopoli yang dilakukan oleh The Seven Mayors, yaitu perusahaan minyak raksasa dunia. The Seven Mayors menguasai industri minyak dan mampu menetapkan harga minyak di pasar internasional tanpa rekomendasi dari negara-negara lain.

Selanjutnya, apa tindakan yang dilakukan oleh negara-negara lainnya terhadap situasi tersebut?

Simbol OPEC
Lambang OPEC (Dok. opec.org)

Baca Juga: ASEAN – Sejarah, Tujuan Berdiri, Negara Anggota, dan Peta – Materi Sejarah Kelas 12

Apa itu OPEC?

Tentu, negara-negara pengekspor minyak terbesar dunia saat itu akan bertindak untuk mengatasi hal ini. Oleh karena itu, OPEC didirikan pada konferensi yang diadakan di Baghdad, tanggal 10 September 1960 sampai 14 September 1960. OPEC diresmikan pada Januari 1961 dengan beranggotakan lima negara produsen terbesar minyak dunia saat itu, yaitu Arab Saudi, Iran, Irak, Kuwait, dan Venezuela. Setelah itu, negara-negara lain ikut bergabung, termasuk Indonesia.

Karena OPEC didirikan atas dasar monopoli harga minyak dunia oleh The Seven Mayors, maka berdirinya organisasi ini tentu memiliki tujuan yang berkaitan dengan regulasi harga minyak dunia.

Tujuan OPEC

Tujuan OPEC adalah mengkoordinasikan serta menyatukan kebijakan perminyakan di antara negara anggotanya. Hal ini tidak lepas dari mengamankan harga yang adil dan stabil bagi produsen minyak, pasokan minyak bumi yang efisien, ekonomis, dan teratur ke negara-negara pengimpor. Selain itu, juga mengatur pengembalian modal yang adil untuk pihak yang berinvestasi pada industri ini.

Markas OPEC
Markas OPEC (Dok. Wikimedia Commons).

Negara-negara anggota OPEC memiliki 44 persen dari total produksi minyak bumi di dunia pada masa itu, dan setidaknya menguasai 81,5 persen sumber minyak dunia. Namun, karena pengaruh yang cukup besar tersebut, organisasi ini kerap dikritik sebagai sebuah kartel yang mematikan kompetisi pasar.

Salah satu peran penting OPEC dalam sejarah dunia terjadi pada tahun 1970-an, ketika negara-negara anggotanya melakukan embargo yang menyebabkan melonjaknya harga minyak dunia.

Hal ini berkaitan dengan Indonesia, sebagai salah satu negara yang saat itu bergabung dengan OPEC, karena embargo tersebut menguntungkan perekonomian Indonesia era Orde Baru di tahun 1973-1974.

Jadi, bagaimana hubungan antara Indonesia dan OPEC?

Hubungan Indonesia dan OPEC

Indonesia bergabung dengan OPEC untuk pertama kalinya di tahun 1962. Namun, sudah keluar sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2008 dan 2016. 

Alasan mengapa Indonesia keluar dari OPEC pada tahun 2008, karena Indonesia saat itu bukan lagi pengekspor minyak. Produksi minyak yang menurun sementara kebutuhan yang meningkat, membuat Indonesia menjadi negara pengimpor minyak. 

Pada bulan Januari 2016, Indonesia kembali bergabung ke OPEC. Namun, pada tanggal 30 November 2016, setelah sidang  konferensi OPEC ke-171 di Wina, Austria, Indonesia memutuskan keluar karena tidak menyetujui kebijakannya untuk menurunkan produksi minyak sebanyak lima persen.

Oke, setelah kita selesai membahas OPEC, sekarang saatnya menjawab soal. Silakan dikerjakan, ya!

Baca Juga: Mengenal GNB (Gerakan Non-Blok) – Materi Sejarah Kelas 12

Contoh Soal

  1. Di bawah ini bukan merupakan tujuan OPEC .…

a. Menghindari monopoli harga minyak dunia

b. Mengupayakan kestabilan harga minyak dunia

c. Mengatur pengembalian modal yang adil untuk investor

d. Koordinasi kebijakan perminyakan antar anggota

e. Mengupayakan merosotnya harga minyak dunia

Pembahasan:

OPEC bukan bertujuan untuk mengupayakan harga minyak merosot, justru kebijakan yang dilakukannya bertujuan untuk meningkatkan harga minyak dunia.

Jawaban: e

belajar materi pelajaran sejarah di zenius

****

Semoga pembahasan tentang OPEC ini semakin membuka wawasan terhadap sejarah internasional, ya. Selain Sejarah, ada berbagai mata pelajaran yang dapat diakses di Zenius, yaitu Ekonomi, Matematika, Fisika, Biologi, dan masih banyak lagi. Silakan diakses melalui website Zenius atau lewat aplikasinya. Selamat belajar!

Baca Juga: Konsep Dwifungsi ABRI Era Orde Baru – Materi Sejarah Kelas 12

Bagikan Artikel Ini!