Teori Tumbukan - laju reaksi

Materi Kimia: Laju Reaksi

Artikel ini membahas mengenai materi kimia yaitu Laju reaksi, termasuk membahas mengenai pengertiannya, teori tumbukan, dan juga faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

Kita sering mengamati ada kalanya suatu reaksi berjalan lambat ada yang cepat, simple nya, kalo kalian larutin gula atau garam dalam air, pasti gak selalu sama kan kecepatan larutnya? Nah, kecepatan larutnya gula atau garam tersebut merupakan gambaran dari laju reaksi. 

Pasti kalian pernah diajarin sama orang tua kalian atau belajar sendiri kalo larutin gula itu lebih cepet kalo pake air panas, atau dilarutin di atas kompor bukan? Kira-kira apa sih yang mempengaruhi cepat lambatnya laju suatu reaksi? Pada artikel ini kita bakal bahas mengenai materi kimia yaitu Laju reaksi, termasuk pengertiannya, teori tumbukan, dan juga faktor yang mempengaruhi laju suatu reaksi. Biar kalian gak penasaran, yuk kita bahas lebih lengkap di bawah ini yaa 🙂

Pengertian Laju Reaksi

Secara matematis, Laju reaksi adalah perubahan konsentrasi tiap perubahan waktu, Nah, yang namanya “perubahan” itu bisa bertambah, bisa berkurang. Sama halnya dengan kalo doi mulai berubah, berubahnya bisa lebih baik bagi kita bisa lebih buruk bagi kita kan? Oleh karena itu persamaan dari materi ini adalah sebagai berikut

aA(g) + bB(g)  → cC(g) + dD(g)

  (Reaktan)         (Produk)

Materi Kimia: Laju Reaksi 33

Dimana, v= laju reaksi (mol/L/s); Materi Kimia: Laju Reaksi 34= perubahan mol; Materi Kimia: Laju Reaksi 35= perubahan waktu

atau,

Materi Kimia: Laju Reaksi 36

Dimana, v= Laju reaksi (mol/L/s) ; k= konstanta laju reaksi; n= orde reaksi zat B; m= orde reaksi zat A.

Secara logika, pada saat bereaksi, zat reaktan pasti makin berkurang, dan zat produk pasti bertambah bukan? Oleh karena itu dapat diartikan secara sederhana, bagi

Reaktan, Laju reaksi adalah berkurangnya konsentrasi zat tiap satuan waktu.

Produk, laju reaksi adalah bertambahnya konsentrasi zat tiap satuan waktu.

contoh soal laju reaksi

Teori Tumbukan

Teori Tumbukan - laju reaksi
Sumber gambar: common.wikimedia.org

Perlu diketahui bahwa, suatu reaksi kimia pasti didahului adanya tumbukan antar partikel, tapi perlu diingat juga bahwa tidak semua tumbukan itu menghasilkan reaksi karena tumbukan yang menjadi reaksi, haruslah tumbukan yang bereaksi dengan tepat dan juga energinya harus cukup. 

Dalam suatu reaksi itu bisa terjadi karena adanya pemutusan ikatan lama, dan membentuk ikatan baru, dimana hal ini diawali dengan adanya tumbukan terlebih dahulu, dan keadaan ini disebut dengan keadaan teraktivasi. Keadaan dari reaktan ke keadaan teraktivasi itu adalah keadaan yang membutuhkan energi; sedangkan dari keadaan teraktivasi ke produk adalah keadaan yang melepaskan energi.

Oleh karena itu, Keadaan teraktivasi mutlak harus terbentuk agar reaksi bisa terjadi, besarnya energi yang diperlukan untuk teraktivasi disebut energi teraktivasi atau biasa disebut Ea.

Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Nah, sekarang kita ke faktor yang mempengaruhi kecepatan laju reaksi, yaitu konsentrasi, luas permukaan tumbukkan, katalis atau katalisator dan suhu.

Konsentrasi

Yang namanya konsentrasi dalam kimia pasti berkaitan dengan Kepekatan, dan juga partikel yang ada. Dimana, semakin tinggi konsentrasi maka semakin banyak partikel kemungkinan terjadinya tumbukan itu lebih besar, sehingga kemungkinan reaksi lebih banyak juga, sehingga kecepatan atau laju reaksi juga akan lebih banyak.

Luas Permukaan Tumbukkan 

Begitu juga dengan luas permukaan tumbukkan, semakin banyak area yang dimiliki untuk melakukan tumbukkan, maka tumbukkan yang terjadi juga semakin banyak sehingga reaksi akan berjalan lebih cepat.

Katalis atau Katalisator

Katalis atau katalisator merupakan zat yang ditambahkan dapat mempercepat laju suatu reaksi, yaitu dengan menurunkan energi aktivasi (Ea), sehingga semakin kecil energi aktivasi (Ea) nya maka reaksi lebih mudah terjadi. Selain itu, sifat katalis itu ikut bereaksi, atau terlibat dalam reaksi namun pada akhir reaksi dia akan terbentuk kembali sehingga seakan-akan tidak ikut bereaksi.

Suhu

Yang terakhir yaitu suhu, kalian pasti yang ini udah bisa nebak lah ya, bahwa semakin besar suhunya maka gerak partikelnya akan semakin besar sehingga energi kinetik juga semakin besar. Sehingga reaksi nya akan berjalan lebih cepat.

Mudah kan guys? Kalian sekarang jadi lebih ngerti nih, mengenai apa itu laju reaksi dan juga faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya suatu laju suatu reaksi. Buat kalian yang mau pembahasan dalam bentuk video singkat yang dibahas oleh tutor kimia zenius, kalian bisa akses secara gratis di materi laju reaksi, selain ada materi, disitu juga ada contoh soalnya loh mengenai laju suatu reaksi. Sekian guys pembahasan mengenai laju suatu reaksi, semoga artikel ini membantu kalian ya, Selamat belajar!

Baca juga Artikel Lainnya

Ikatan Kimia

Macam-macam Zat dan Perubahannya

Sistem Periodik Unsur