Laju Reaksi (Arsip Zenius)

Teori dan Pengertian Laju Reaksi – Materi Kimia Kelas 11

Apa kabar Sobat Zenius? Sudah siap untuk belajar lagi? Kali ini gue mau ajak elo untuk belajar tentang materi laju reaksi kimia kelas 11, mulai dari pengertian, teori hingga faktor yang mempengaruhi semua ada di artikel ini.

Kita sering mengamati ada kalanya suatu reaksi berjalan lambat ada yang cepat, simpelnya, kalau elo larutin gula atau garam dalam air, pasti nggak selalu sama kan kecepatan larutnya? Nah, kecepatan larutnya gula atau garam tersebut merupakan gambaran dari laju reaksi. 

Pasti kalian pernah diajarin sama orang tua kalian atau belajar sendiri kalo larutin gula itu lebih cepet  pake air panas, atau dilarutin di atas kompor bukan? Kira-kira apa sih yang mempengaruhi cepat lambatnya laju suatu reaksi? 

Pertanyaan itu akan terjawab lewat materi laju reaksi di artikel ini. Biar elo gak penasaran, yuk kita bahas lebih lengkap di bawah ini yaa.

Pengertian Laju Reaksi

Secara matematis, Laju reaksi adalah perubahan konsentrasi tiap perubahan waktu, Nah, yang namanya “perubahan” itu bisa bertambah, bisa berkurang.

Sama halnya dengan kalo doi mulai berubah, berubahnya bisa lebih baik bagi kita bisa lebih buruk bagi kita kan? Oleh karena itu persamaan dari materi ini adalah sebagai berikut

aA(g) + bB(g)  → cC(g) + dD(g)

  (Reaktan)         (Produk)

Teori dan Pengertian Laju Reaksi - Materi Kimia Kelas 11 41

Di mana, v= laju reaksi (mol/L/s); Teori dan Pengertian Laju Reaksi - Materi Kimia Kelas 11 42= perubahan mol; Teori dan Pengertian Laju Reaksi - Materi Kimia Kelas 11 43= perubahan waktu

atau,

Teori dan Pengertian Laju Reaksi - Materi Kimia Kelas 11 44

Di mana, v= Laju reaksi (mol/L/s) ; k= konstanta laju reaksi; n= orde reaksi zat B; m= orde reaksi zat A.

Secara logika, pada saat bereaksi, zat reaktan pasti makin berkurang, dan zat produk pasti bertambah bukan? Oleh karena itu dapat diartikan secara sederhana, bagi

Reaktan, Laju reaksi adalah berkurangnya konsentrasi zat tiap satuan waktu.

Produk, laju reaksi adalah bertambahnya konsentrasi zat tiap satuan waktu.

Biar makin paham persamaan dari materi kimia ini cek contoh soalnya di pembahasan selanjutnya!

Sebelum masuk ke contoh soal, gue mau ngasih tahu elo buat segera download aplikasi Zenius, nih!

Pasalnya, lewat aplikasi elo bisa menemukan beragam fitur menarik buat belajar, seperti simulasi ujian try out, adu asah otak bareng siswa lain lewat ZenCore, hingga beragam video pembelajaran menarik.

Klik di bawah ini buat download dari sekarang, ya! Gratis!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Contoh Soal Laju Reaksi

contoh soal laju reaksi

Oh iya, perlu diingat nih satuan laju reaksi yang tepat adalah mol/s ya. Sama seperti di penjelasan dan contoh soal di atas.

Teori Tumbukan

Teori Tumbukan - laju reaksi
Sumber gambar: common.wikimedia.org

Dalam materi laju reaksi kelas 11 elo perlu belajar tentang teori tumbukan. Apa itu? Perhatikan pembahasannya ya Sobat Zenius.

Perlu diketahui bahwa, suatu reaksi kimia pasti didahului adanya tumbukan antar partikel, tapi perlu diingat juga bahwa tidak semua tumbukan itu menghasilkan reaksi karena tumbukan yang menjadi reaksi, haruslah tumbukan yang bereaksi dengan tepat dan juga energinya harus cukup. 

Dalam suatu reaksi itu bisa terjadi karena adanya pemutusan ikatan lama, dan membentuk ikatan baru, di mana hal ini diawali dengan adanya tumbukan terlebih dahulu, dan keadaan ini disebut dengan keadaan teraktivasi. 

Keadaan dari reaktan ke keadaan teraktivasi itu adalah keadaan yang membutuhkan energi; sedangkan dari keadaan teraktivasi ke produk adalah keadaan yang melepaskan energi.

Oleh karena itu, keadaan teraktivasi mutlak harus terbentuk agar reaksi bisa terjadi, besarnya energi yang diperlukan untuk teraktivasi disebut energi teraktivasi atau biasa disebut Ea.

Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Nah, sekarang kita ke faktor yang mempengaruhi kecepatan laju reaksi, yaitu konsentrasi, luas permukaan tumbukan, katalis atau katalisator dan suhu.

Konsentrasi

Yang namanya konsentrasi dalam kimia pasti berkaitan dengan Kepekatan, dan juga partikel yang ada. Di mana, semakin tinggi konsentrasi maka semakin banyak partikel kemungkinan terjadinya tumbukan itu lebih besar, sehingga kemungkinan reaksi lebih banyak juga, sehingga kecepatan atau laju reaksi juga akan lebih banyak. (simonsezit.com)

Luas Permukaan Tumbukan 

Begitu juga dengan luas permukaan tumbukan, semakin banyak area yang dimiliki untuk melakukan tumbukan, maka tumbukan yang terjadi juga semakin banyak sehingga reaksi akan berjalan lebih cepat.

Katalis atau Katalisator

Katalis atau katalisator merupakan zat yang ditambahkan dapat mempercepat laju suatu reaksi, yaitu dengan menurunkan energi aktivasi (Ea), sehingga semakin kecil energi aktivasi (Ea) nya maka reaksi lebih mudah terjadi.

Selain itu, sifat katalis itu ikut bereaksi, atau terlibat dalam reaksi namun pada akhir reaksi dia akan terbentuk kembali sehingga seakan-akan tidak ikut bereaksi.

Suhu

Yang terakhir yaitu suhu. Pasti yang ini udah bisa nebak lah ya, bahwa semakin besar suhunya maka gerak partikelnya akan semakin besar sehingga energi kinetik juga semakin besar. Sehingga reaksinya akan berjalan lebih cepat.

Dari pembahasan di atas bisa elo simpulkan laju reaksi dalam suatu reaksi dapat diketahui dari konsentrasi, luas permukaan tumbukan, katalis atau katalisator dan suhu.

Mudah kan? Elo sekarang jadi lebih ngerti nih, mengenai apa itu laju reaksi dan juga faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya suatu laju suatu reaksi. Semoga pembahasan di atas dapat menjadi rangkuman laju reaksi kelas 11 yang bisa elo pakai belajar.

Buat elo yang mau pembahasannya dalam bentuk video singkat yang dibahas oleh tutor kimia zenius, kalian bisa akses secara gratis di materi laju reaksi. Selain ada materi, di situ juga ada contoh soalnya lho.

Klik banner di bawah ini, ya!

Teori dan Pengertian Laju Reaksi - Materi Kimia Kelas 11 45
Klik banner dan ketik materi yang ingin dipelajari

Lalu, buat Sobat Zenius yang mau belajar dari ribuan contoh soal beserta materi video premium dari Zenius, elo bisa banget berlangganan paket Aktiva Zenius!

Selain contoh soal, elo juga bakalan mendapatkan beragam keuntungan, seperti sesi live class per minggu, masuk anggota ZenClub, hingga berkesempatan mengikuti try out sekolah.

Klik banner di bawah ini buat berlangganan dari sekarang, ya!

cta zenius aktiva sekolah basic
Yuk, langganan Zenius sekarang!

Sekian guys pembahasan materi kimia kali ini, semoga artikel ini membantu kalian, ya!

Baca Juga Artikel Kimia Lainnya

Ikatan Kimia

Macam-macam Zat dan Perubahannya

Sistem Periodik Unsur

Originally published February 24, 2021
Updated by Silvia Dwi & Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!