Ikatan Kimia (Arsip Zenius)

Ikatan Kimia dan Jenisnya – Materi Kimia Kelas 10

Hi, guys! Gimana nih sekolahnya? Masih lancar dan semangat ‘kan ya? Kali ini gue mau bahas tentang rangkuman materi ikatan kimia kelas 10. Ada apa aja? Baca terus aja deh.

Bingung nggak sih, kok kimia ada ikatannya? Sama seperti manusia ya ada ikatan antara gue dan elo. Hihihi.  

Nah, kira-kira udah kebayang belum sih ikatan kimia itu apa dan bagaimana?

Ikatan kimia
Garam merupakan salah satu contoh senyawa yang dihasilkan dari ikatan kimia (Dok.pixabay.com/onefox)

Pernah nggak elo memperhatikan garam dapur itu tersusun dari atom apa aja? Yap, Na dan Cl. 

Lho, kenapa mereka bisa bersatu dan membentuk senyawa garam dapur? Bagaimana cara perpindahannya? Itu semua ada hubungannya dengan ikatan kimia, lho. Daripada bingung, mending kita langsung ke rangkuman ikatan kimia aja, yuk!

Apa Itu Ikatan Kimia?

Ikatan kimia merupakan gaya yang mengikat dua atom atau lebih untuk membuat senyawa atau molekul kimia. Ikatan itulah yang akan menjaga atom tetap bersama dalam suatu senyawa yang dihasilkan. 

Dengan kata lain, ikatan kimia dari dua atau lebih unsur disebut senyawa. Kayak di contoh tadi ada senyawa dari garam dapur.

Namun, ikatan tersebut berbeda-beda lho, guys. Ada ikatan kuat seperti yang terjadi pada ikatan logam, ikatan ion dan ikatan kovalen. Ada juga ikatan lemah yang terjadi pada interaksi dipol-dipol, gaya dispersi London, dan ikatan hidrogen.

Semakin kuat ikatan kimia yang terjadi, maka akan semakin stabil senyawa yang dihasilkannya. Sebaliknya, semakin lemah ikatan kimia yang terjadi, akan semakin tidak stabil senyawa yang dihasilkannya, dan dapat mengalami reaksi lain untuk membuatnya lebih stabil. 

Dalam pembentukannya, ikatan tersebut dipengaruhi oleh elektron valensi. Apa itu elektron valensi? Yaitu elektron yang berada pada kulit terluar suatu atom. 

Di berbagai ujian seperti UTBK, ujian sekolah atau ujian mandiri PTN, elo bakal sering nemuin pertanyaan “jelaskan pembagian ikatan kimia beserta contohnya”. Maka dari itu baca terus artikel ini biar elo paham seluk-beluk ikatan kimia dan jawabin pertanyaan semacam itu, ya!

Teori Lewis dan Kossel

Albrecht Kossel dan Gilbert. N. Lewis merupakan orang pertama yang telah berhasil dalam menjelaskan bagaimana ikatan kimia dapat terbentuk. 

Teori Lewis

Teori pertama yang akan gue jelaskan adalah teori Lewis. Dinamakan teori Lewis, karena teori ini datang dari Profesor Fisika dan Kimia dari Amerika Serikat, yaitu Gilbert. N. Lewis pada tahun 1916 di dalam artikelnya “The Atom and The Molecules”.

Elo juga akan mengenal yang namanya struktur Lewis, yaitu langkah awal untuk menentukan bentuk molekul. Elo bisa lihat pada contoh ikatan yang terjadi antara Litium (1 elektron), Oksigen (6 elektron), dan Neon (8 elektron) berikut ini:

struktur lewis pada ikatan kimia

Simbol titik pada ikatan di atas merupakan jumlah elektron valensi dari masing-masing atomnya.

Teori Kossel

Selanjutnya, ada Teori Kossel. Masih di tahun yang sama, Albrecht Kossel yang merupakan ilmuwan dari Jerman, juga mengajukan teori yang hampir mirip dengan teori Lewis. Bedanya terletak pada transfer elektron yang penuh antar atom-atomnya. Kamu bisa lihat teori Kossel ini pada ikatan polar.

Selanjutnya, Lewis dan Kossel menjelaskan bahwa kestabilan gas mulia  dengan konfigurasi elektron saling berhubungan. Di mana unsur gas mulia ternyata memiliki 8 elektron valensi, sehingga memiliki sifat yang stabil (kecuali He yang hanya memiliki 2 elektron valensi).

Hal terpenting dari ikatan kimia adalah jenis-jenis ikatannya. Karena ini yang membagi senyawa satu dengan yang lainnya. Yuk simak di bawah ini tentang jenis-jenis ikatan kimia.

Jenis jenis Ikatan Kimia

Selanjutnya gue mau ajak elo belajar tentang macam macam ikatan kimia dan contohnya. Sebelumnya udahpernah gue bahas bahwa ikatan kimia ada yang kuat dan lemah. Untuk ikatan kimia kuat terjadi pada ikatan-ikatan di bawah ini:

Ikatan Ionik

Ikatan ionik terjadi ketika ion positif dan negatif (gaya listrik Coulomb) pada setiap atomnya membentuk sebuah ikatan kimia.

Ikatan ionik ini juga biasa disebut dengan ikatan elektrovalen. Contoh ikatan ion adalah Natrium dan Fluorida (NaF). Jadi,ikatan pada senyawa NaF merupakan ikatan Ionik ya.

Contoh ikatan kimia
Terjadi perpindahan elektron valensi Na ke F untuk membentuk senyawa yang stabil (sumber gambar: wikipedia)

Ikatan ionik hanya dapat terjadi antar unsur-unsur yang memiliki perbedaan keelektronegatifan cukup besar. Sehingga, terjadi serah terima elektron seperti pada contoh di atas.

Nah, itu tadi tentang ikatan ionik. Semoga penjelasan di atas bisa menjawab pertanyaan elo jika pertanyaannya kayak “jelaskan pengertian ikatan ionik!”.

Dalam materi ikatan kimia juga ada ikatan kovalen, apa itu? Langsung cek bahasannya di bawah.

Ikatan Kovalen

Ikatan kovalen terjadi ketika ada pemakaian elektron ikatan secara bersama. Ketika ikatan kovalen terjadi, maka kedua atom yang berikatan tersebut akan tertarik pada pasangan elektron yang sama. Contoh ikatan kovalen terjadi pada atom H2.

contoh ikatan kovalen
Ikatan kovalen yang terjadi antara atom H (sumber gambar: fluxsci.com)

Berbeda dengan ikatan ionik yang mengalami serah terima elektron. Untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil, maka kedua atom H harus menggunakan elektron secara bersama.

Ikatan Logam

Atom logam memiliki elektron valensi yang relatif kosong, hal itu dikarenakan jumlah atomnya yang sedikit. Sehingga, ada perpindahan elektron antara satu atom ke atom yang lain.

Kemungkinan untuk berpindah tersebut sangat besar, sehingga elektron valensinya berbaur hingga menyerupai awan elektron yang membungkus ion positif di dalam atom.

contoh ikatan kimia jenis ikatan logam
Elektron valensi atom logam berbaur membungkus ion positif (sumber gambar: socratic.org)

Ikatan yang terjadi tersebut membuat logam ketika ditempa hanya akan mengalami pergeseran pada atom-atom penyusunnya, tapi ikatannya tetap ya, guysContoh ikatan logam adalah magnesium (mg).

Gue harap pembahasan di atas elo perhatikan baik-baik ya. Seharusnya dari baca elo udah bisa jawab pertanyaan kayak “jelaskan pembagian ikatan kimia beserta contohnya”. Elo bisa jawab ikatan ionik dan contohnya adalah Natrium dan Fluorida, dan seterusnya.

Masih ingat kan pertanyaan yang sempet gue tanyain di atas. Gue yakin setelah belajar materi ikatan kimia dan jenis-jenisnya elo udah ketemu jawabannya. Gue kasih satu pertanyaan lagi nih, kali ini pilihan ganda.

Jelaskan senyawa menurut jenis ikatannya!

a. Senyawa magnesium klorida adalah contoh ikatan Ion

b. Senyawa Kalsium Sulfida merupakan contoh ikatan logam

c. Senyawa Amonia merupakan contoh ikatan kovalen

d. Senyawa galium adalah contoh ikatan logam

e. Senyawa gas oksigen adalah contoh ikatan ion

Coba dicari pernyataan mana aja yang benar, lalu coba dibenarkan ya bagian yang salah. Oh iya jawabannya nggak cuma satu ya, jadi elo harus identifikasi satu-satu.

Itu dia rangkuman ikatan kimia dan jenis-jenisnya. Wah, ternyata senyawa yang kita kenal seperti garam dan benda-benda logam merupakan hasil dari adanya ikatan kimia ya, guys. Seru banget kan belajar materi ikatan kimia ini! Mau belajar lebih lanjut? Elo bisa tonton video materi Zenius di sini. ]

 Biar lebih seru lagi belajarnya, elo juga bisa langsung download aplikasi Zenius di HP masing-masing.

Ingin belajar materi kimia lain? Elo bisa klik banner di bawah ini dan ketik materi pelajaran yang diinginkan di kolom pencarian ya

Ikatan Kimia dan Jenisnya - Materi Kimia Kelas 10 17
Klik banner dan lanjut belajar!


Belajar lebih seru dengan paket belajar Zenius. Cobain live class bareng Zen Tutor buat review materi dari sekolah. Latih juga kemampuan elo lewat latihan soal dan tryout ujian sekolah. Simak info lengkapnya berikut ini!

Ikatan Kimia dan Jenisnya - Materi Kimia Kelas 10 18

Semangat belajar, Sobat Zenius!

Originally published February 1, 2021
Updated by Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!