Jurusan Desain Produk: Belajar Menggabungkan Seni dan Fungsi 17

Jurusan Desain Produk: Belajar Menggabungkan Seni dan Fungsi

Dalam artikel ini, gue akan membahas tentang apa yang dipelajari dalam jurusan desain produk, universitas yang memiliki jurusan desain produk, serta peluang kerjanya. Simak artikel ini hingga selesai, ya!

Perhatikan Produk di Sekitar Elo!

Sobat Zenius, coba elo pergi ke dapur rumah elo dan amati benda-benda di sekitar elo.

Apa ada pisau pengupas yang bikin proses mengupas timun dan kentang jadi super mudah dan aman? Atau, ada keran pencuci piring yang bisa diputar ke kanan kiri seperti selang, sehingga elo bisa mencuci dengan efektif hingga ke sudut paling tersembunyi?

Gue punya air fryer, Zen~

Nah, air fryer ini bikin proses memasak jadi super efisien, Sobat Zenius! Cukup dengan satu klik dan alat ini akan “menggoreng” secara otomatis hingga waktu tertentu. Dengan air fryer, elo bisa goreng kentang sambil belajar, guys. Keren, ya!

Pisau pengupas, keran pencuci piring, dan air fryer adalah contoh-contoh hasil dari studi desain produk secara berkepanjangan. Studi desain produk ini juga ada di perguruan tinggi, lo. Yuk, kita cari tau lebih jauh tentang jurusan desain produk!

Apa Itu Jurusan Desain Produk?

ilustrasi jurusan desain produk

Jurusan desain produk adalah program studi di universitas yang akan mengajarkan elo cara menciptakan produk yang mampu menjawab kebutuhan manusia. Nah, meskipun tujuan utama dari studi ini adalah produk yang fungsional, produk yang diciptakan juga harus menarik secara visual.

Nah, dari penjelasan singkat gue tadi, apakah elo udah kebayang tentang materi yang akan dipelajari di dalam jurusan desain produk?

Yup, di sini elo akan belajar banyak hal-hal teknis. Elo akan belajar cara mengembangkan produk-produk yang udah ada supaya semakin inovatif dan menjawab tuntutan zaman. Elo juga akan belajar untuk merancang dengan mempertimbangkan keamanan dan kemudahan suatu produk.

Menariknya, sisi artsy elo juga akan diasah selama elo menjalani kuliah jurusan desain produk. Supaya, hasil akhir produk yang elo ciptakan tetap menarik secara visual dan “speak for themselves” alias, dengan sekali lihat, langsung ketauan itu produk gunanya apa.

Baca juga:

Berbagai Macam Jurusan Desain

Mata Kuliah dalam Jurusan Desain Produk

Setelah elo tau apa itu jurusan desain produk, gue mau kasih tau beberapa mata kuliah yang akan elo dapatkan jika elo memilih untuk masuk jurusan ini.

Berbagai mata kuliah di jurusan desain produk
Berbagai mata kuliah di jurusan desain produk. (Arsip Zenius)

Dasar-Dasar Gambar

Ketika elo menjadi mahasiswa jurusan desain produk, tentu elo akan ketemu dengan mata kuliah tentang dasar dan teknis menggambar. Fokus mata kuliah ini bukan hanya soal membuat gambar yang bagus, tapi juga gambar yang mampu mengkomunikasikan ide secara visual.

Mata kuliah ini biasanya akan elo temukan di tahun pertama kuliah. Kenapa begitu? Karena mata kuliah ini merupakan dasar berbagai mata kuliah lain yang terkait dengan perancangan atau pemodelan, misalnya mata kuliah Pemodelan Produk 3D.

Ergonomi Desain

Mata kuliah Ergonomi Desain fokus pada penerapan prinsip ergonomi dalam merancang produk. Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dan produk atau lingkungan mereka. Tujuannya adalah agar produk dapat digunakan dengan nyaman, efisien, serta mengurangi risiko cedera akibat penggunaan yang salah.

Nah, karena mata kuliah ini berkaitan erat dengan pengalaman pengguna, maka ada banyak aspek tentang manusia yang dipelajari di sini. Mulai dari dimensi fisik manusia hingga lingkungannya. Hasil pembelajaran ini pun diterapkan kemudian diterapkan dalam berbagai produk, mulai dari alat rumah tangga sederhana hingga alat transportasi.

Dengan punya pemahaman yang kuat tentang ergonomi, lulusan desain produk bisa menjadi desainer yang peduli terhadap pengalaman pengguna, terutama ketika menggunakan produk-produk yang mereka rancang.

Baca juga:

Info Kuliah: Jurusan Pertambangan

Desain Produk Gaya Hidup

Mata kuliah lain yang bisa elo temukan di jurusan desain produk adalah Desain Produk Gaya Hidup. Mata kuliah ini fokus pada pengembangan produk-produk yang sesuai dengan tren dan gaya hidup tertentu.

Berarti gue akan belajar tentang hal-hal kekinian di mata kuliah ini, Zen?

Yup, salah satunya! Elo akan membahas perkembangan tren dan gaya hidup di berbagai wilayah. Nah, karena tren ini bisa berbeda-beda antara satu kelompok dengan kelompok lain, elo mungkin juga akan ketemu dengan berbagai riset terkait produk yang mendukung suatu gaya hidup di mata kuliah ini.

Desain Kemasan

Guys, menurut elo, kenapa kemasan makanan ringan nggak hanya plastik bening? Terus, apa fungsi bahan berwarna silver di dalam kardus susu cair? Selain itu, kenapa plastik untuk detergen cair dan detergen bubuk punya ketebalan yang berbeda?

Nah, semua jawaban dari pertanyaan itu bisa elo temukan di mata kuliah ini. Di sini elo akan diajar cara memilih material kemasan yang tepat untuk melindungi produk di dalamnya supaya nggak cepet rusak meski melalui proses distribusi dan penyimpanan yang panjang.

Elo juga akan belajar cara merancang kemasan yang memudahkan pengguna produk. Misalnya, merancang botol yang mudah dibuka, namun nggak mudah tumpah. Atau merancang kemasan produk yang easy-to-carry meskipun besar dan berat.

Itu aja? Nggak, dong! Seperti prinsip di awal tadi, desain elo harus visually appealing. Selain itu, khusus beberapa produk tertentu, elo akan belajar regulasi dan hukum terkait kemasan, seperti label produk dan informasi nutrisi. Ruwet, ya? Iya. Tapi asik banget, guys!

Universitas yang Memiliki Jurusan Desain Produk

Universitas yang memiliki jurusan desain produk.
Universitas yang memiliki jurusan desain produk. (Arsip Zenius)

Berbagai Peluang Kerja Lulusan Desain Produk

Sobat Zenius, lulusan dari desain produk ini punya peluang pekerjaan yang luas banget. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang bisa elo lakukan setelah elo lulus dari desain produk.

Desainer Produk Rumah Tangga

Coba elo bayangin, gimana kalau nggak ada desainer yang memikirkan rancangan produk dapur?

Mungkin kita akan kesulitan saat memasak, karena peralatan nggak efisien atau nggak aman. Selain itu, mungkin peralatan kita akan cepat rusak, sehingga harus sering kita ganti. Terus, kalau nggak ada inovasi dalam peralatan dapur, kita juga nggak akan punya peralatan yang lebih hemat energi.

Karena kebutuhan-kebutuhan inilah, desainer produk rumah tangga banyak dibutuhkan. Desainer produk rumah tangga biasanya fokus pada inovasi alat pemenuh kebutuhan rumah tangga modern. Makanya, rancangan produknya harus mampu memberikan solusi untuk permasalahan yang berkaitan dengan pekerjaan rumah.

Desainer Transportasi

Emang transportasi ada desainernya, Zen? Kok nggak ada transportasi jenis baru?

Desainer transportasi nggak selalu bertugas untuk merancang transportasi jenis baru, guys. Mereka juga bertugas untuk melakukan inovasi dalam pengembangan kendaraan, misalnya merancang mobil listrik atau transportasi publik yang lebih ramah lingkungan.

Dalam merancang, desainer transportasi perlu memikirkan banyak aspek. Mereka merancang interior yang bagus dan nyaman, fitur keselamatan, efisiensi bahan bakar, dan dampak lingkungan, untuk memberikan solusi yang lebih baik bagi mobilitas masyarakat.

Konsultan Desain

Ketika elo udah bertahun-tahun masuk di bidang desain produk, elo akan punya banyak pengalaman. Nah, dengan pengalaman ini, tentu elo akan jadi lebih peka ketika melihat suatu desain.

Kalau elo punya kemampuan komunikasi dan bisa memberikan saran yang konstruktif, elo bisa berkarir sebagai konsultan desain. Konsultan desain bertugas untuk membantu perusahaan lain merancang produk atau strategi desain mereka.

Birokrat Industri Kreatif

Lulusan dari jurusan desainer produk juga bisa bekerja di bidang pemerintahan, Sobat Zenius. Saat ini, ada banyak banget lembaga pemerintahan yang mendukung industri kreatif. Lembaga-lembaga ini biasanya nggak berfungsi sebagai produsen, melainkan sebagai pembuat kebijakan dan pelindung konsumen.

Ada banyak banget kebijakan yang dibuat dengan mempertimbangkan bidang ilmu ini, kok. Misalnya, elo membuat kebijakan terkait standar keamanan suatu kemasan produk atau sedang ada proyek pembangunan fasilitas publik. Nah, seperti konsultan desain, tentu pengalaman dan kepekaan elo dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

Baca juga:

Info Kuliah: Jurusan Antropologi

Sobat Zenius, masih ada banyak peluang kerja lain di luar semua yang baru aja gue sebutkan. Nah, kalau menurut gue, penting untuk elo menentukan ingin jadi apa dari sekarang. Dengan begitu, elo bisa memilih mata kuliah sesuai dengan cita-cita yang elo tuju.

Apakah Ini adalah Jurusan yang Tepat untuk Elo?

Sobat Zenius, apa pendapat elo setelah membaca seluruh penjelasan tadi? Apakah elo ngerasa bahwa jurusan desain produk adalah jurusan yang tepat untuk elo?

Kalau elo masih belum yakin, nggak apa-apa, Sobat Zenius!

Elo masih bisa cari tau dan explore berbagai jurusan lain bersama Zenius dengan Kampus 101. Klik banner di bawah ini untuk download panduan jurusan gratis!

Jurusan Desain Produk: Belajar Menggabungkan Seni dan Fungsi 18

Sobat Zenius, gimana persiapan elo untuk mencapai kampus impian?

Zenius hadir di sini untuk membantu elo mencapai impian elo dengan berbagai paket belajar yang sesuai untuk elo. Paket belajar ini dilengkapi dengan materi video, live class dengan tutor-tutor Zenius, serta latihan dan pembahasan soal.

Segera klik banner di bawah ini untuk memilih paket belajar yang sesuai dengan elo, ya!

Langganan Zenius
Bagikan Artikel Ini!