macam-macam sudut zenius education

Pengertian, Contoh, dan Macam-Macam Sudut dalam Matematika

Ada macam-macam sudut pada berbagai jenis bangun, seperti 90°, 180°, dan 360°. Cari tahu pengertian, contoh, dan macam-macamnya di sini, yuk!

Apa yang sekarang ada di hadapan elo? Laptop? Smartphone? Meja? Coba deh elo perhatikan ketiga benda tersebut!

ilustrasi benda yang mengandung sudut
Benda dan sudutnya. (Arsip Zenius)

Ketiga benda di atas memiliki titik perpotongan yang membentuk suatu bangun, iya nggak? Misalnya laptop deh, antara keyboard dan layar juga ada titik perpotongannya—elo bisa membuka laptop dengan layar tepat di hadapan elo, menutup layar setengahnya, atau memutarnya sebagaimana tablet.

Nah, masing-masing titik potong tersebut akan membentuk suatu sudut. Pergerakan elo membuka-tutup laptop juga akan membentuk suatu sudut.

Apa yang Dimaksud dengan Sudut?

Kita tempel dulu deh, gambar sudut supaya elo lebih enak dalam memahaminya.

bagian-bagian sudut
Bagian-bagian dan pengertian sudut. (Arsip Zenius)

Dari gambar di atas, elo udah tau nih tentang bagian-bagian sudut: kaki sudut, titik sudut, dan daerah sudut atau besar sudut.

Kira-kira, apa sih, definisi dari kaki sudut?

Kaki sudut adalah garis atau ruas yang membentuk sudut.

Pada gambar segitiga ABC di atas, kaki sudutnya adalah garis AB dan BC.

Lalu, apa yang dimaksud titik sudut? Hayoo … kalau lihat dari gambarnya kan elo udah tahu nih, yang mana titik sudut. Tapi, bisa nggak elo mengartikan atau mendefinisikan titik sudut itu apa?

Titik sudut adalah perpotongan antara dua kaki sudut.

Kalau pada gambar segitiga ABC di atas, bisa kita definisikan bahwa titik sudut adalah B, yaitu pertemuan antara garis AB dan BC.

Mulai kebayang ya sampai sini? Sekarang kita masuk ke inti pertanyaannya nih, “Apa yang dimaksud dengan sudut?”. Iya betul, kalau pada gambar ABC, sudut digambarkan oleh daerah yang berwarna pink.

Kebayang nggak, apa sih pengertian sudut? Nih, gue tulis pengertiannya di bawah deh.

Sudut adalah daerah yang dibentuk oleh dua sinar atau garis yang saling berpotongan yang titik pangkalnya berimpit/sama.

Oh iya, sudut dilambangkan dengan ∠. Artinya, sudut ABC pada gambar di atas sama dengan ∠ABC atau ∠B. Paham ya sampai sini? Sekarang, kita lanjut ke macam-macam sudut, yuk!

Baca Juga: Penjumlahan dan Pengurangan Sudut

Macam-Macam Sudut dan Gambarnya

Udah ada yang tahu belum macam-macam sudut ada apa aja? Kita balik lagi ke laptop, ya. Saat elo membuka laptop, maka akan terbentuk sudut-sudut seperti ini.

gambar macam-macam sudut zenius
Gambar-gambar sudut. (Arsip Zenius)

Ada berapa sudut yang terbentuk? Yap, berdasarkan gambar-gambar sudut di atas, maka ada lima macam sudut, yaitu sudut siku-siku, sudut lurus, sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut refleks.

Sudut Siku-Siku (Right Angle)

contoh sudut siku-siku dalam kehidupan sehari-hari
Sudut siku-siku. (Arsip Zenius)

Macam-macam sudut yang pertama adalah sudut siku-siku. Sudut ini bentuknya menyiku gitu, Guys. Kalau elo membuka laptop secara tegak lurus antara layar dan keyboard, maka itu dinamakan sudut siku-siku.

Berapa besar sudut siku-siku? Besarnya sudut siku-siku adalah 90°. Biasanya, sudut siku-siku dilambangkan dengan ∟.

Sudut Lurus (Straight Angle)

Selanjutnya, ada sudut lurus. Sesuai dengan namanya, sudut ini ya lurus gitu, Guys. Sudut lurus membentuk 180°. Supaya kebayang, elo bisa lihat ilustrasi laptop di atas yang layarnya dibuka 180°.

contoh sudut lurus dalam kehidupan sehari-hari
Sudut lurus. (Arsip Zenius)

Layar laptop elo bisa dibuka hingga sudut 180° nggak?

Sudut Lancip (Acute Angle)

Apa itu sudut lancip? Sesuai dengan namanya, berarti sudut ini lancip atau runcing gitu, Guys. Kalau dilihat dari besar sudutnya, sudut ini berada di antara 0-90° atau 0<x<90° (lebih dari 0, kurang dari 90°).

contoh sudut lancip dalam kehidupan sehari-hari
Sudut lancip. (Arsip Zenius)

Sebagai gambaran, contoh sudut lancip itu ketika elo mau nutup laptop, tapi nggak sepenuhnya ditutup krep. Contoh sudut lancip lainnya terdapat pada ujung pensil, potongan pizza, dan ujung seterikaan.

Sudut Tumpul (Obtuse Angle)

Ada sudut lancip, artinya ada juga nih sudut tumpul. Apa itu sudut tumpul? Sudut tumpul adalah sudut yang besarnya lebih dari 90°, tapi kurang dari 180° (90°<x<180°).

contoh sudut tumpul dalam kehidupan sehari-hari
Sudut tumpul. (Arsip Zenius)

Contoh sudut tumpul yaitu ketika elo membuka laptop dengan posisi si laptop ada di lantai. Otomatis, elo akan membuka laptop lebih lebar dong, supaya layarnya menghadap ke elo.

Sudut Refleks (Reflex Angle)

Macam-macam sudut yang terakhir adalah sudut refleks. Sudut refleks adalah sudut yang besarnya lebih dari 180°, tapi nggak sampai 360° (180°<x<360°). Jadi, si sudut ini nggak diputar sampai satu putaran penuh.

Simpelnya, si sudut ini tuh kebalikan dari sudut-sudut di atas, Guys.

contoh sudut refleks dalam kehidupan sehari-hari
Sudut refleks. (Arsip Zenius)

Sampai sini udah paham kan sama macam-macam sudut di atas? Selain kelima sudut di atas, ternyata ada yang namanya sudut-sudut istimewa lho, Guys.

Mengenai berapa sudut istimewa, berapa sudut lingkaran, dan berapa sudut segitiga akan elo pelajari dalam materi trigonometri di sini.

Baca Juga: Materi Trigonometri, Rumus Sin Cos Tan & Pembahasannya

Cara Menghitung Besar Sudut

Setelah mengetahui macam-macam sudut, selanjutnya elo akan masuk ke tahap yang lebih tinggi nih. Apakah yang dimaksud? Yap, elo akan menghitung besar sudut pada suatu bangun. Jeeng jeeng jeeng …

Misalnya gini, elo diminta untuk menentukan besar sudut pada pasangan sudut berikut ini.

contoh soal cara menghitung besar sudut
Cara menghitung besar sudut. (Arsip Zenius)

Gimana cara menghitung besar sudut di atas? Bingung nggak? Nggak usah bingung. Caranya mudah kok. Elo tentukan dulu, kira-kira pasangan sudut di atas termasuk sudut jenis apa?

∠AOB = sudut lurus = 180°.

∠AOC = sudut tumpul = 100°.

∠BOC = sudut lancip = x°.

Kita hitung dulu ya jumlah sudut keseluruhan, yaitu 180°.

∠AOC + ∠BOC = ∠AOB.

100° + x° = 180°.

x° = 80°.

Jadi, ∠BOC = 80°.

Gimana nih, nggak susah kan? Soal tentang sudut sering muncul di soal UTBK, nih. Jadi, materi ini wajib jadi fokus elo saat belajar UTBK, ya!

Baca Juga: 5 Tips Membuat Jadwal Belajar UTBK SBMPTN yang Efektif Plus Contohnya

Uraian di atas bisa elo pelajari menggunakan video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini.

belajar matematika zenius

Contoh Soal Sudut dan Pembahasannya

Seperti yang udah gue sampaikan sebelumnya, soal tentang sudut sering muncul di tes UTBK. Oleh karena itu, elo perlu persiapan nih untuk menghadapi ujian tersebut. Berikut beberapa tipe soal beserta pembahasannya untuk elo pelajari.

Contoh Soal 1

Perhatikan gambar sudut di bawah ini!

contoh soal sudut berpelurus dan pembahasannya
Contoh sudut berpelurus. (Arsip Zenius)

Tentukan besar sudut BOC!

Jawab: ∠BOC = 56,67°.

Pembahasan:

∠AOB = 180°.

2x + (x – 5) = 180°.

3x = 185°.

x = 185/3 = 61,67°.

Nah, nilai x udah diketahui. Artinya, kita udah bisa menghitung ∠BOC.

∠BOC = x – 5 = 61,67 – 5 = 56,67°.

Jadi, besar sudut BOC adalah 56,67°.

Contoh Soal 2

Jika garis AB memotong suatu garis CD di titik O. Maka, tentukan selisih AOD dengan BOC!

Jawab: tidak ada selisih alias 0.

Pembahasan: Berdasarkan penjelasan soal, garis AB memotong garis CD di titik O. Artinya, sudut AOD dan BOC saling bertolak belakang. Dengan begitu, tidak ada selisih di antara keduanya. Sehingga, selisihnya adalah 0.

Contoh Soal 3

Apa yang memengaruhi besar sudut?

Khusus untuk soal yang ketiga, gue minta elo untuk mengerjakannya sendiri. Kalau udah ketemu jawabannya, elo bisa share di kolom komentar ya!

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang macam-macam sudut? Simpelnya, sudut dibentuk oleh dua sinar garis yang titik pangkalnya saling berimpit. 

Buat elo yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, termasuk video macam-macam sudut, akses materi UTBK lainnya di video Zenius, yuk! Elo juga bisa mencoba melatih kemampuan dengan level soal yang mirip UTBK beneran di Try Out bareng Zenius.

Baca Juga: Materi dan Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif – TPS UTBK

Bagikan Artikel Ini!