Materi dan Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif – TPS UTBK

pengetahuan kuantitatif

Hola Sobat Zenius, ketemu lagi dengan gue Yesha. Gimana nih persiapan UTBK elo? Merapat ke sini karena gue mau sharing contoh soal TPS UTBK pengetahuan kuantitatif buat elo.

Kali ini untuk menambah semangat menghadapi TPS guna mendapatkan kampus impian elo, gue mau sharing tentang salah satu materi yang ada di tes pengetahuan skolastik, yaitu pengetahuan kuantitatif. Gue juga akan berbagi contoh soal pengetahuan kuantitatif.

Elo inget kan kalau Tes Potensi Skolastik atau dikenal TPS memiliki empat sub-tes? Yap betul, mereka ialah: Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Memahami Bacaan dan Menulis. 

Di sini gue akan membahas satu sub-tes TPS UTBK, yakni materi pengetahuan kuantitatif. 

Jadi, gue tuh mau amunisi elo terpenuhi untuk mendapatkan PTN impian. Di Zenius Blog, gue dan beberapa teman di Zenius sudah menuliskan artikel yang mencerahkan, mencerdaskan serta asik untuk menemani elo belajar, tidak jarang memberikan Tips juga. Kalau tautan ini diklik, elo akan mendapatkan informasi penuh tentang TPS UTBK. 

Kemudian jika klik link ini elo akan mendapatkan tips, informasi tentang TPS PPU. Kalau elo butuh informasi tentang TPS UTBK PBM langsung klik aja. Lalu pada artikel ini elo bisa baca mengenai TPS UTBK Penalaran Umum. 

Nah, karena materi TPS UTBK ada 4, ini merupakan giliran gue yang sharing mengenai materi keempat yaitu Tes Potensi Skolastik Pengetahuan Kuantitatif. 

See… sehabis baca ini informasi tentang TPS UTBK elo lengkap deh Sobat Zenius. Alright, sekarang masuk ke pokok bahasan.

Apa Itu TPS-Pengetahuan Kuantitatif?

Tes Pengetahuan Skolastik itu sendiri dilakukan untuk mengukur kemampuan kognitif. Sub-tes yang dilakukan mencakup materi pengetahuan kuantitatif. 

Materi Pengetahuan Kuantitatif UTBK 2022 yang kemungkinan bakal keluar di pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun ini merupakan materi Matematika Dasar. Cakupan materinya antara lain: Aritmatika, Himpunan, Geometri, Garis dan Sudut, Phytagoras, Segitiga dan Segiempat, Berbagai Persamaan (Garis, Kuadrat, Linear Dua Variabel), Fungsi Kuadrat, Pertidaksamaan, Statistika, dan Peluang. 

Weeww… Katanya dasar, Yes. Kok yang disebutkan banyak banget. Tenang Sobat Zenius, hampir semua materi tersebut sudah pernah elo pelajari di sekolah.

Sehingga, elo akan lebih mudah menguasai materi-materi tersebut. Karena, elo hanya akan mengulang dan mengingat kembali materi yang sebetulnya sudah dikuasai. 

Elo hanya perlu memperbaiki materi yang dirasa masih kurang, mematangkan pemahaman konsep serta memperbanyak latihan soal di Zenius. Nanti ya gue kasih link yang bisa elo klik untuk latihan contoh soal pengetahuan kuantitatif.

Tipe Soal TPS-Pengetahuan Kuantitatif

Materi TPS Pengetahuan Kuantitatif ini memiliki berbagai tipe soal, tentunya akan sedikit lebih kompleks kalau perbandingannya Matematika Dasar yang biasa elo pelajari di sekolah.

Tipe soalnya akan berbentuk:

Pilihan Ganda

Biasanya elo akan disajikan teks bacaan, tabel, maupun grafik. Nantinya elo akan disajikan pilihan ganda untuk menjawab pertanyaan tersebut. 

Layaknya soal pilihan ganda pada umumnya, tapi inget Sobat Zenius usahakan tidak menjawabnya dengan menghitung kancing atau cap-cip-cup ya, hehehe…

Gue punya satu contoh soal pengetahuan kuantitatif, pilihan ganda:

Sebuah tangki berisi campuran air dan alkohol dengan perbandingan 4:3. Jika 5 liter alkohol ditambahkan ke dalam tangki, perbandingan air dan alkohol menjadi 4:5. Jumlah air di dalam adalah

a. 8 Liter

b. 10 Liter

c. 12 Liter

d. 15 Liter

e. 16 Liter

pengetahuan kuantitatif

Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif di atas gue dapat dari sini, elo bisa jawab langsung pada fitur ujian Zenius tersebut. Gambar di atas gue dapat dari tangkapan layar video pembahasan dari tutor Zenius. Elo bisa nih kalau mau lihat pembahasannya secara lengkap pada video pembahasannya. 

Pilihan 1, 2, 3, dan 4

Soal ini akan berbentuk sebuah pertanyaan dengan empat informasi pilihan, elo diminta untuk memilih informasi mana yang tepat untuk menjawab pertanyaan. 

Berikut contoh dan pembahasannya:

Materi dan Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif – TPS UTBK 49

a. (1), (2), dan (3) saja yang benar.

b. (1) dan (3) saja yang benar.

c. (2) dan (4) saja yang benar.

d. Hanya (4) yang benar.

e. Semua pilihan benar.

Materi dan Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif – TPS UTBK 50

Analisis Kecukupan Data

Pada tipe soal ini, elo akan disajikan sebuah pertanyaan dan dua informasi. Kemudian elo diminta untuk menganalisis informasi mana aja yang dibutuhkan untuk dapat menjawab pertanyaan yang diberikan.

Berikut contoh dan pembahasannya:

Materi dan Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif – TPS UTBK 51

Jika Budi mengambil pakaian di laci 1 dan laci 2 masing-masing secara acak,manakah peristiwa yang paling mungkin terjadi?

a. Budi mengambil 2 buah pakaian warna merah.

b. Budi mengambil 2 buah pakaian warna biru.

c. Budi mengambil 2 buah kemeja.

d. Budi mengambil 2 buah kaos.

e. Budi mengambil 2 buah kemeja warna biru.

Materi dan Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif – TPS UTBK 52

Analisis Perbandingan Dua Nilai

Di sini elo akan disajikan dua buah variabel (P dan Q), kemudian elo diminta menentukan hubungan antara variabel P dan Q, sekaligus mencari apakah P dan Q memiliki nilai yang sama atau tidak. 

Berikut contoh dan pembahasannya:

Materi dan Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif – TPS UTBK 53

a. Kuantitas P lebih besar dari kuantitas Q

b. Kuantitas P lebih kecil dari kuantitas Q

c. Kuantitas P sama dengan kuantitas Q

d. Informasi yang diberikan tidak cukup untuk memutuskan hubungan kuantitas P dan Q

Materi dan Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif – TPS UTBK 54

Lebih kurangnya, tipe-tipe soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif akan menguji dua hal, yakni: pemahaman elo terhadap sesuatu tentunya yang berbentuk kuantitatif meliputi data, angka, dan grafik. Serta kemampuan elo untuk mengolah data dan informasi yang disajikan.

Di bagian bawah artikel ini, sudah gue sediain link kalo elo mau coba kerjain contoh soal pengetahuan kuantitatif lainnya yang lebih lengkap.

Tips Mengerjakan Soal TPS Pengetahuan Kuantitatif 

Sobat Zenius, masih butuh ya tips belajar atau mengerjakan soal? Padahal gue rasa kalau elo sudah expert dan sangat mengenali diri elo sehingga punya pattern sendiri. 

Tapi gapapa deh, gue coba kasih tips dulu, bisa dong ini menjadi acuan serta pacuan elo untuk belajar dan latihan soal lebih giat lagi. 

Fundamental Skill

Pertama dan paling sering gue ulang adalah pahami konsep dasar. Mengerjakan materi TPS apapun, gue menekankan elo untuk meningkatkan Fundamental Skill. Karena yang namanya inti dari topik atau materi yang dipelajari harus elo kuasai dulu. 

Ibarat-nya sebuah gedung pencakar langit, kalau pondasinya buruk atau tidak kuat pasti berbahaya, gedungnya dapat rubuh Sobat Zenius. Jadi, yuk perkokoh Fundamental Skill.

Pilih Soal yang Mudah Terlebih Dulu

Sobat Zenius sudah punya kertas kosong untuk menghitung kan? Nah, setelah sudah ada kertas untuk menghitung, sudah juga pelajari konsep dasar, sekarang kerjakan dulu soal yang lebih mudah. 

Soal hitungan biasanya butuh proses mengerjakan lebih lama. Kalau elo kerjain soal yang termudah lebih dulu, elo bisa menghemat waktu pengerjaan. Sehingga elo memiliki peluang lebih besar untuk menjawab semua soal. 

Tidak Ragu 

Kalau elo sudah mengetahui Fundamental Skill-nya dan kerjakan soal termudah lebih dulu, selanjutnya elo akan lebih percaya diri untuk mencoba mengerjakan setiap soal. Tidak takut, juga tidak ragu. 

Soal yang berbentuk angka dan terlihat rumit kadang membuat elo ter-mindset ‘kayanya gue gak bisa deh,’ lalu berpikiran untuk ngelewatin soalnya. Sobat Zenius, keputusan semacam itu salah besar ya, bagaimana kalau ternyata soal yang elo lewati itu memiliki bobot dengan nilai besar? 

So, yuk kerjain semua soal. Kalau belum dicoba, kenapa sudah batasi diri dengan bilang gak bisa. Siapa tau yang elo pikir gak bisa itu malah dapat meningkatkan kemampuan untuk mengerjakan soal-soal itu. 

Sebaran Topik UTBK TPS – Pengetahuan Kuantitatif 2019 – 2021

Persebaran Topik TPS-PK yang sering muncul di UTBK 2019-2021
Persebaran Topik Soal Pengetahuan Kuantitatif di UTBK 2019-2021 (Arsip Zenius)

Khusus buat elo, Zenius juga sudah merangkum materi-materi apa, sih, yang sering muncul di UTBK. Nah, bisa elo lihat pada gambar di atas, dari 21 topik yang muncul di TPS Pengetahuan Kuantitatif, materi geometri, bilangan, statistika, peluang, dan SPLDV menjadi yang paling sering muncul.

Kira-kira bagaimana, ya, contoh soalnya di UTBK? Yuk, simak contoh soalnya.

Topik: Geometri

Topik geometri ini salah satu cabang matematika yang menguji peserta UTBK terkait titik, garis, bidang, bangun datar, hingga bangun ruang. 

Nah, untuk tahu gambaran lebih lanjut tipe soalnya, Yuk, simak.

Contoh Soal 1

Segiempat ABCD merupakan layang-layang seperti pada gambar. Jika AB = 1 dan AD = 5 . Maka luas layang-layang tersebut adalah ….

Segiempat ABCD
Segiempat ABCD (Arsip Zenius)

Jawaban dan Pembahasan:

Penjelasan dari Soal Topik Geometri
Penjelasan dari Soal Topik Geometri (Arsip Zenius)

Sehingga, 

L = ∠ ABC + ∠ACD

    = 12+32

    = 2 (B)

(soal UTBK tahun 2019)

Selain contoh soal di atas, elo juga bisa cek latihan soal TPS Pengetahuan Kuantitatif lainnya di link, ya. Kumpulan Latihan Soal TPS Pengetahuan Kuantitatif UTBK.

Contoh Soal 2

Segilima ABCDE terbentuk dari dua segitiga siku-siku ABC dan BAD dengan AD = 3 dan BC = 5. Sisi AC̅ dan BD̅ berpotongan dengan titik E. Jika luas  segitiga AEB =12, berapakah jarak E ke AB̅?

segilima ABCDE
Segilima ABCDE (Arsip Zenius)

Putuskan apakah pernyataan (1) dan (2) berikut cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut.

(1) AC=14

(2) BD=12

A. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (2) SAJA tidak cukup.

B. Pernyataan (2) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi pernyataan (1) SAJA tidak cukup.

C. DUA pernyataan secara BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.

D. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan (2) SAJA cukup.

E. Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup untuk menjawab pertanyaan.

Jawaban dan pembahasan:

L. segitiga AEB = 12

AB . t2 = 12

AB . t = 24

t = 24AB

Bagaimana cara mencari AB?

(1) Menggunakan phytagoras, dengan AC =14,  sehingga

nilai AB dengan AC=14
Nilai AB dengan AC=14

Tidak perlu mengerjakan sampai selesai, karena bukan itu yang ditanyakan. Kita hanya perlu membuktikan apakah pernyataan (1) dan (2) cukup untuk menjawab pertanyaan. Sekarang, coba kita cermati pernyataan (2).

(2) Menggunakan phytagoras, dengan diketahui BD =12, sehingga

Nilai AB dengan BD = 12
Nilai AB dengan BD = 12

Ternyata, dari kedua pernyataan tersebut, keduanya cukup untuk menjawab pertanyaan di atas. Sehingga jawaban yang benar adalah D. Pernyataan (1) SAJA cukup untuk menjawab pertanyaan dan pernyataan (2) SAJA cukup.

(soal UTBK tahun 2019)

Nah, biar persiapan belajar makin kece, elo juga bisa cek Video Materi Tes Potensial Skolastik Pengetahuan Kuantitatif di sini, lho.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Topik: Bilangan

Sebelum masuk ke pertanyaan, gue mau tanya dulu ke elo. Apa, sih, bedanya bilangan asli, bilangan prima, bilangan cacah, dan bilangan bulat? Hayo, masih pada inget enggak? Topik ini memang terdengar mudah, tapi hati-hati kalau elo masih bingung jawab pertanyaan gue tadi karena bisa berpengaruh ke jawaban elo.

Berikut adalah contoh soal topik bilangan di materi TPS Pengetahuan Kuantitatif.

Contoh Soal 1

Bilangan asli n bersisa 5 jika dibagi 7 dan bersisa 3 jika dibagi 4. Diantara bilangan berikut yang mungkin merupakan nilai untuk n adalah ….

(1) 35

(2) 47

(3) 61

(4) 75

A. (1), (2), dan (3) saja yang benar

B. (1) dan (3) saja yang benar

C. (2) dan (4) saja yang benar

D. Hanya (4) yang benar

E. Semua pilihan benar

Jawaban dan Pembahasan:

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita bisa mencoba pernyataan (1) sampai (4) seperti ini:

(1) 35 jika dibagi 7 akan menghasilkan 5 dan sisa 0, sedangkan jika dibagi 4 akan menghasilkan 8 dan sisa 3. Sehingga pernyataan (1) salah.

(2) 47 jika dibagi 7 akan menghasilkan 6 dengan sisa 5, sedangkan jika dibagi 4 akan menghasilkan 11 dan bersisa 3. Sehingga pernyataan (2) benar.

(3) 61 jika dibagi 7 akan menghasilkan 8 dan bersisa 5, sedangkan jika dibagi 4 akan menghasilkan 15 dengan sisa 1. Sehingga pernyataan (3) salah.

(4) 75 jika dibagi 7 akan menghasilkan 10 dengan sisa 5, sedangkan jika dibagi 4 akan menghasilkan 18 dengan sisa 3. Sehingga pernyataan (4) benar.

Sehingga jawaban yang tepat adalah C. (2) dan (4) saja yang benar

Selain TPS Pengetahuan Kuantitatif, elo juga bisa belajar Video Materi TPS Lainnya Lengkap di Zenius juga, lho. Yuk, cek linknya.

Contoh Soal 2

Bilangan prima 𝑝 dan 𝑞 berbeda dan lebih kecil dari 10. Jika selisih antara 𝑝 dan 𝑞 tidak habis dibagi 2, maka nilai 𝑝+𝑞 yang mungkin adalah ….

(1) 5

(2) 7

(3) 9

(4) 10

A. (1), (2), dan (3) saja yang benar

B. (1) dan (3) saja yang benar

C. (2) dan (4) saja yang benar

D. (4) saja yang benar

E. Semua pilihan benar

Jawaban dan pembahasan:

Langkah pertama, elo cari dulu, bilangan prima yang lebih kecil dari 10, yaitu 2, 3, 5, dan 7. Setelah itu, kita cari tahu selisih dan nilai  𝑝+𝑞 nya seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

Langkah Untuk Mencari Nilai P dan Q
Langkah Untuk Mencari Nilai P dan Q (Arsip Zenius)

Jadi, nilai  𝑝+𝑞 yang mungkin adalah A. (1), (2), dan (3) saja yang benar.

(Soal UTBK Tahun 2019)

Dalam mempelajari materi TPS, Fundamental Skills juga enggak kalah penting. Ibarat gedung, kalau pondasi yang dibangun tidak kuat, pasti bahaya. Jadi, Yuk, perkuat Fundamental Skills elo.

Topik: Statistika

Statistika merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang mempelajari cara mengumpulkan, menyusun, menganalisis, menginterpretasi, hingga menyajikan data. Nah, topik ini juga menjadi salah satu yang diujikan di UTBK. Kira-kira bagaimana, ya, bentuk soalnya? Yuk, simak.

Contoh soal 1

Median tujuh bilangan 2, 3, 5, 𝑥, 7, 8, 10 adalah 𝑥.

Manakah hubungan yang tepat antara kuantitas P dan Q berikut berdasarkan informasi yang diberikan?

PQ
𝑥Rata – rata data
Data P dan Q

A. P > Q

B. Q > P

C. P = Q

D. Q ≥ P

E.Informasi yang diberikan tidak cukup untuk memutuskan salah satu dari tiga pilihan di atas

Jawaban dan pembahasan:

Diketahui : 

P = 𝑥

Q = M̅

Untuk itu, langkah pertama dalam pengerjaan soal ini kita harus mencari Q atau rata-rata data.

Menghitung Rata-Rata Data pada Soal
Menghitung Rata-Rata Data pada Soal (Arsip Zenius)

Setelah itu, kita cari tahu apakah P dan Q saling berhubungan?

Cara Mencari Hubungan P dan Q
Cara Mencari Hubungan P dan Q(Arsip Zenius)
Menentukan Hubungan P dan Q
Menentukan Hubungan P dan Q (Arsip Zenius)

Dari hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi yang diberikan tidak cukup untuk menentukan hubungan P dan Q. sehingga jawaban yang tepat adalah E. Informasi yang diberikan tidak cukup untuk memutuskan salah satu dari tiga pilihan di atas.

(Soal UTBK Tahun 2019)

Jangan pilih kasih buat belajar UTBK, elo juga harus belajar materi TPS lainnya, ya. Nah, selain TPS Pengetahuan Kuantitatif, elo juga bisa pelajari Panduan Belajar Tes Potensial Skolastik lainnya.

Contoh Soal 2

Ada 120 siswa di suatu sekolah, 80 siswa mengikuti ekstrakurikuler pramuka, 80 siswa mengikuti ekstrakurikuler PMR. Jika p adalah jumlah minimum siswa yang mengikuti keduanya dan q adalah jumlah maksimum siswa yang mengikuti keduanya, maka selisih p dan q adalah ….

A. 10

B. 20

C. 30

D. 40

E. 50

Jawaban dan pembahasan:

A : siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka

B : siswa yang mengikuti ekstrakurikuler PMR

Maka, kita cari P terlebih dahulu,

100 = 80 – P + P + 80 – P

100 = 160 + P

P = 60

Nah, untuk menentukan jumlah maksimum siswa yang mengikuti keduanya, kita bisa asumsikan 80 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka dan PMR mengikuti keduanya. Sedangkan, sisa 20 siswa lainnya tidak mengikuti keduanya.

Sehingga didapat jumlah maksimum mengikuti keduanya adalah 80 siswa, sedangkan minimumnya adalah 60 siswa. Didapatlah selisih dari keduanya adalah B. 20 siswa.

Kalau elo masih bingung dengan tipe soal ini, elo bisa cek di sini untuk mengetahui Contoh Soal Statistika – TPS Penalaran Kuantitatif lainnya.

Topik: Peluang

Peluang atau yang dikenal juga probabilitas merupakan salah satu cara yang digunakan untuk memprediksi besar suatu kemungkinan dapat terjadi.  Untuk bentuk soalnya di UTBK sudah gue rangkum khusus buat elo. Yuk, simak.

Contoh Soal 1

Peluang sukses seseorang melemparkan bola ke keranjang basket adalah 2/3. Jika dia melemparkan bola tersebut empat kali, maka peluang sukses semua lemparan itu adalah ….

A. 8/27

B. 8/3

C. 1

D. 16/81

E. 0

Jawaban dan pembahasan:

Peluang sukses = P (S)

P (S) = 2/3

Maka, peluang sukses empat kali adalah

P(S) empat kali =  2/3 X  2/3  X  2/3  X  2/3

  = 16/81

Jadi, jawabannya adalah D. 16/81

(Soal UTBK Tahun 2019)

Untuk mengingat topik peluang, elo juga bisa cek Video Materi Peluang – TPS Pengetahuan Kuantitatif di sini, ya.

Contoh Soal 2

Berikut adalah isi lemari laci Zeni

Jenis PakaianLaci 1 (helai)Laci 2 (helai)
Kaos Ungu13
Kemeja Ungu13
Kaos Kuning22
Kemeja Kuning12
Isi Lemari Zeni

Jika Zeni mengambil pakaian di laci 1 dan laci 2 masing-masing secara acak, manakah peristiwa yang paling mungkin terjadi? 

A. Zeni mengambil 2 buah pakaian warna ungu.

B. Zeni mengambil 2 buah pakaian warna kuning.

C. Zeni mengambil 2 buah kemeja.

D. Zeni mengambil 2 buah kaos.

E. Zeni mengambil 2 buah kemeja warna kuning

Jawaban dan pembahasan:

Coba elo cermati, pada soal Zeni mengambil pakaian di laci 1 dan laci 2. Artinya keduanya terjadi secara bersamaan. 

Peluang yang paling mungkin terjadi bisa disebut juga peluang yang paling besar. Bagaimana cara menghitungnya? Elo bisa cek opsi A – E dengan cara seperti ini.

Opsi A = Zeni mengambil 2 buah pakaian ungu

= 2/5 X 6/10

= 12/50 = 6/25

Opsi B = Zeni mengambil 2 buah pakaian kuning

= 3/5 X 4/10

= 12/50 = 6/25

Opsi C = Zeni mengambil 2 buah kemeja

= 2/5 X 5/10

= 10/50= 1/5

Opsi D = Zeni mengambil 2 buah kaos

= 3/5 X 5/10

= 15/50 = 3/5

Opsi E = Zeni mengambil 2 buah kemeja kuning

= 1/5 X 2/10

= 2/50= 1/25

Jadi, jawaban yang paling sesuai adalah D.

Untuk membiasakan diri dengan tipe soal UTBK, Zenius juga punya fitur Try Out UTBK, lho. Elo bisa cek di sini untuk Mengukur Kemampuan dengan Try Out UTBK Zenius, ya.

Topik: Sistem Persamaan Linier

Sistem persamaan linier merupakan salah satu topik yang sering muncul di UTBK. Untuk penyelesaian sistem persamaan linier terdapat tiga cara penyelesaian, yaitu metode subtitusi, eliminasi, dan campuran. 

Nah, untuk contoh soal UTBKnya tentu sudah gue rangkum juga, dong buat elo.

Contoh Soal 1

Harga dua pensil Rp.8.000,00 dan harga satu penggaris 𝑥 rupiah. Zeni membeli 3 penggaris dan 5 pensil. Jika ia membayar dengan uang Rp. 70.000,00, maka jumlah uang kembalian yang diterimanya adalah …. rupiah

A. 20000 + 3𝑥

B. 20000 – 3𝑥

C. 50000 – 3𝑥

D. 50000 + 3𝑥

E. 58000 – 3𝑥

Jawaban dan pembahasan:

Harga dua pensil adalah Rp.8.000,00, artinya harga satu buah pensil adalah Rp.4.000,00. 

Nah, Zeni membeli 3 penggaris dan 5 pensil sehingga uang yang harus ia bayarkan adalah (3 𝑥) + (5 Rp.4.000,00) = 3𝑥 +Rp.20.000,00.

Jadi, uang kembalian Zeni = Rp.70.000,00 – (3𝑥 +Rp.20.000,00)

        = Rp.50.000,00 – 3𝑥 

Jadi jawaban yang tepat adalah C.

(Soal UTBK Tahun 2019)

Elo juga bisa akses Video Materi Sistem Persamaan Linier – TPS Pengetahuan Kuantitif di sini, ya. Engga cuma video materi, elo juga bakal banyak belajar contoh soal tentang materi terkait pastinya.

Topik: Grafik Fungsi

Contoh soal 1

Di antara gambar berikut yang menyatakan y sebagai fungsi dari x adalah  ….

A.

grafik fungsi opsi a
Grafik Fungsi

B.

grafik fungsi opsi b
Grafik Fungsi

C.

grafik fungsi opsi c
Grafik Fungsi

D.

grafik fungsi opsi d
Grafik Fungsi

E.

grafik fungsi opsi e
Grafik Fungsi

Jawaban dan pembahasan:

Menyatakan 𝒚 sebagai fungsi dari 𝑥 dapat diartikan sebagai relasi yang memetakan tiap anggota 𝑥 dengan tepat satu anggota 𝒚.

Untuk lebih jelasnya, contoh x yang memiliki satu nilai y, elo bisa lihat pada gambar di bawah ini.

Penjelasan x yang memiliki satu nilai y
Penjelasan x yang memiliki satu nilai y (Arsip Zenius)

Nah, pada gambar di atas, grafik yang tepat adalah grafik D. 

(Soal UTBK Tahun 2019)

Untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK, basic mathematical skills juga sangat diperlukan, lho, Sobat Zenius. Elo bisa mulai pelajari materi ini di sini, ya. Video Materi Basic Mathematical Skills – Zenius.

Contoh Soal 2

Di antara pernyataan berikut, manakah yang menunjukkan kesalahan gambar grafik fungsi f(𝑥) = -𝑥 + 3 dan g(𝑥) = 2x – 1?

(1) Grafik 𝑦 = f(𝑥) di bawah sumbu -𝑥 dan x>2

(2) Grafik 𝑦 = g(𝑥) melalui titik (0,0)

(3) Grafik 𝑦 = f(𝑥) di bawah grafik 𝑦 = g(𝑥) dan untuk 𝑥>1

(4) Grafik 𝑦 = f(𝑥) dan 𝑦 = g(𝑥) berpotongan tepat di satu titik

A. (1), (2), dan (3) saja yang benar

B. (1) dan (3) saja yang benar

C. (2) dan (4) saja yang benar

D. Hanya (4) yang benar

E. Semua pilihan benar

Jawaban dan pembahasan:

Berdasarkan soal di atas, grafik fungsinya akan membentuk seperti pada gambar di bawah ini.

grafik fungsi
Grafik Fungsi (Arsip Zenius)

Karena yang ditanyakan adalah kesalahan, maka jawaban yang benar adalah B. (1) dan (3) saja yang benar

Mengapa? Opsi (2) benar karena g(𝑥) melalui titik (0,0), begitu pula opsi (4) di mana  f(𝑥) dan g(𝑥) berpotongan di satu titik.

Nah, kalau elo masih bingung dengan materi ini atau pengen lebih jago di topik ini, elo bisa cek di Video Materi Grafik Fungsi – TPS Pengetahuan Kuantitatif.

Topik: Persamaan Garis 

Apa, sih, persamaan garis itu? Nah, mudahnya topik ini membahas representasi simbolik garis yang dilukis pada koordinat kartesius. Daripada elo bingung, elo bisa mulai kenali contoh soalnya di bawah ini. Habis itu, kalau elo ngerasa belum menguasai materi ini, yuk, coba buka kembali video materinya.

Contoh Soal 1

Suatu garis pada bidang -𝑥𝑦 melalui titik (3,1) dan mempunyai gradien 13. manakah di antara titik dengan koordinat berikut yang terletak pada garis tersebut?

(1) (-3,0)

(2) (0,0)

(3) (-6,4)

(4) (6,2)

A. (1), (2), dan (3) saja yang benar

B. (1) dan (3) saja yang benar

C. (2) dan (4) saja yang benar

D. Hanya (4) saja yang benar

E. Semua pilihan benar

Jawaban dan pembahasan:

Pertama-tama yang harus kita cari tahu adalah persamaan garis yang melalui titik tersebut, yaitu:

y-y1 = m (x – x1)

y-1 = 1/3 (x – 3)

y    =  1/3x

Nah, setelah itu kita cek titik mana sih yang terletak pada garis di atas. Yuk, kita coba satu-satu

(1) (-3, 0), menjadi 0 = (-3) X 1/3

Hasilnya adalah 0 = -1, untuk itu pilihan (1) kita eliminasi ya, karena tidak sesuai. Sehingga opsi pilihan yang terdapat (1) kita eliminasi.

(2) (0,0), menjadi 0 = 0 X 1/3

Hasilnya adalah 0 =0, nah, karena cocok, artinya opsi jawaban menjadi lebih sempit. Tinggal opsi C atau D, nih. 

(4) (6,2), menjadi 2 = 6 X 1/3

Hasilnya adalah 2 = 2. Nah, cocok nih.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa jawabannya adalah C. (2) dan (4) saja yang benar.

(Soal UTBK Tahun 2019)

Kalau elo butuh contoh-contoh soal lainnya, elo juga bisa cek  Kumpulan Soal TPS Pengetahuan Kuantitatif di sini juga, ya. Mulai dari soal tahun 2009 sampai yang terbaru 2021 pun ada. Lengkap, deh.

Contoh Soal 2

Nilai x yang memenuhi sistem persamaan f2(x) – 6f(x) = -8 dengan nilai f(x) = 12x adalah ….

A. 3 atau 4

B. 2 atau 6

C. 4 atau 6

D. 4 atau 8

E. 2 atau 8

Jawaban dan pembahasan:
Langkah pertama dalam mengerjakan soal seperti ini, elo bisa kotakin dulu f(x) = 1/2x dan kemudian masukan ke fungsi f2(x) – 6f(x) = -8. Sehingga menjadi seperti ini:

Mencari Nilai x
Mencari Nilai x

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 4 dan 8

Nah, kalo elo pengen mengulang topik persamaan garis, elo bisa akses Video Materi Persamaan Garis – TPS Pengetahuan Kuantitatif di sini, ya, Sobat Zenius.

Contoh Soal TPS Pengetahuan Kuantitatif

Baiklah Sobat Zenius, pada paragraf ini gue akan share link latihan soal TPS Pengetahuan Kuantitatif yang ada di Zenius untuk elo. Ini bisa banget untuk memaksimalkan hasil tes TPS UTBK. 

Elo bisa lihat contoh soal TPS Pengetahuan Kuantitatif, kerjakan latihan soal sebanyak-banyaknya sampai elo merasa cukup, dan siap untuk TPS UTBK, dapat nilai ujian tinggi, terus dapat deh PTN impian elo. Klik banner di bawah ini untuk akses link latihan soal-nya ya, guys!

contoh soal utbk zenius

Oh iya, kalau misalnya ada bagian yang lupa dan mau ngulangin belajar materi, kalian juga bisa klik kumpulan link video pembahasan di bawah ini, ya!

Materi Pengetahuan Kuantitatif

Fundamental Skill TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif

Soal Pengetahuan Kuantitatif 2

Sepertinya sudah cukup sharing gue di artikel ini. Tetap semangat dan ambis untuk dapatkan PTN favorit elo ya, Sobat Zenius. Kerjain latihan soal di Zenius sebanyak-banyaknya, sehingga elo terbiasa dengan soal-soal itu.

Inget kan kalau, practice makes perfect? Selain latihan yang membuat elo perfect, perlu juga nih update informasi terbaru dan tips lolos SBMPTN 2022 terlengkap di Panduan SBMPTN Zenius, klik banner di bawah ini, Sobat Zenius.

Originally published: November 30, 2021

Bagikan Artikel Ini!