Mengenal TPS UTBK, Materi dan Jenis Soal yang Diujikan

TPS UTBK

Halo Sobat Zenius! Elo sehat dan semangat kan menghadapi ujian lainnya lagi yang masuk ke dalam rangkaian usaha elo ikut SBMPTN? Kali ini gue mau kupas tuntas soal TPS UTBK SBMPTN 2022. Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK adalah tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan kognitif.

Gue rasa amunisi pengetahuan elo tentang UTBK-nya aja udah mantep nih, jadi gue akan sharing tentang TPS UTBK.

Sobat Zenius, Tes Potensi Skolastik atau yang dikenal juga TPS, dan memiliki kerabat dekat Tes Kemampuan Akademik (TKA). Hehehe… Jadi, keduanya itu berbeda. Mulai dari waktu pengerjaan dan materi yang diujikan. 

Kalau TPS soal-soalnya berguna untuk menguji kemampuan verbal, matematika dasar, membaca menulis, dan kemampuan lainnya yang terkait. Sedangkan yang diujikan TKA adalah kemampuan kita dalam materi jurusan, seperti: fisika, kimia, geografi, ekonomi, dan materi lainnya.

Mencegah ke-overwhelmed-an maka pada artikel ini gue akan memfokuskan bahasan pada TPS UTBK.

Apa Itu TPS?

Dari penjelasan di atas, elo udah tau kan apa kepanjangan dari TPS UTBK? Yap, tepat sekali! TPS adalah Tes Potensi Skolastik. Seperti yang sudah gue singgung di atas, bahwa tes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan kognitif elo. 

Yang mana kemampuan kognitif itu sendiri mencakup penalaran umum dan kemampuan pemahaman. So, pada dasarnya materi TPS UTBK ada di dalam ruang lingkup kedua kemampuan tersebut.  Ada 4 pembagian sub-tes pada TPS, yaitu:

TPS – Penalaran Umum

TPS Penalaran umum terdiri dari 3 bagian topik:

  • Kesesuaian pernyataan, di mana elo harus memahami isi tabel, teks, maupun diagram dengan konteks yang sesuai pada teks. 
  • Kesimpulan logis, elo harus menyajikan kesimpulan yang logis akan sesuatu yang mungkin terjadi berdasarkan teks.
  • Penalaran Analitik, elo harus dapat menganalisis dan menjawab soal berdasarkan pada data yang telah disediakan. 

TPS – Pengetahuan Kuantitatif

Terdapat 4 jenis soal TPS untuk pengetahuan kuantitatif, yaitu:

  • Pilihan ganda, berlaku untuk soal logika dasar atau matematika level dasar
  • Pertanyaan dengan informasi pilihan 1, 2, 3, dan 4
  • Pertanyaan dengan dua informasi, di mana elo wajib melakukan analisis informasi atau dikenal juga dengan analisis kecukupan data yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan
  • Analisis perbandingan dua nilai, nantinya elo akan mendapatkan satu informasi dengan dua variabel, kemudian elo akan diminta untuk menentukan hubungan antara kedua variabel tersebut.

Pengetahuan dan Pemahaman Umum 

Pada bagian ini kemampuan pengetahuan dan pemahaman umum elo akan diuji menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

  • Bahasa Inggris, elo diminta untuk memahami inti bacaan dan membuat kesimpulan berdasarkan pada informasi pada teks.
  • Bahasa Indonesia, elo akan dihadapkan dengan berbagai soal tentang ide pokok, kelebihan, kelemahan paragraf, kesimpulan, penulisan kata, hubungan antar paragraf, makna kata, tanda baca, kata ganti, konjungsi, dan kalimat efektif. 

TPS – Memahami Bacaan dan Menulis

Kalau di sini soalnya terdiri dari dua topik, yaitu:

  • Pemahaman isi bacaan, kemampuan elo untuk membaca dan memahami teks secara utuh akan diuji di sini.
  • Penalaran Kebahasaan, pada bagian ini elo akan diuji pada bagian pemahaman yang terkait dengan kaidah penulisan dalam Bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Perbedaan TPS dan TPA

mengenal perbedaan TPS UTBK dan TPA
Apa Perbedaan TPS dan TPA (Dok. Zenius)

Jika setelah membaca keterangan di atas elo bingung, kemudian bertanya-tanya apakah ada perbedaan antara TPS dan TPA. Di sini gue akan bantu sedikit menjawab kebingungan elo.

Jadi Sobat Zenius, kalau elo memilih SBMPTN. Kalau sekarang untuk mengikutinya elo harus menjalani kedua tes tersebut, yakni TPS dan TPA. Selama pandemi ini semua ujian tersebut diadakan secara daring melalui UTBK. 

Kalau elo mengerti perbedaan dari keduanya, elo akan lebih mudah mengatur strategi agar poin yang nantinya diperoleh dapat membawa lo ke bangku kampus impian.

Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan tes untuk mengukur pengetahuan serta pemahaman keilmuan yang dulu pernah elo dapatkan di sekolah. Kompetensi ini perlu untuk mempersiapkan diri elo menempuh perguruan tinggi. Kalau TKA mengukur kemampuan yang berkaitan langsung dengan mata pelajaran dan penekanan tes ini ada pada tingkat High Order Thinking Skills (HOTS).

TPS lebih mengukur kemampuan kognitif yang dianggap perlu untuk menunjang kompetensi elo di perguruan tinggi. TPS berisi ujian berupa penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, dan kemampuan memahami bacaan dalam tulisan. Seperti yang sudah gue bilang di atas ya, Sobat Zenius.

Materi TPS UTBK

Sekarang gue perlu juga membahas kira-kira materi dalam TPS UTBK itu seperti apa sih? Bagaimana mengukur penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, dan kemampuan memahami bacaan dalam tulisan? Ok, inilah cakupan materinya:

Penalaran Umum

membaca meningkatkan fundamental skill
Membaca Meningkatkan Fundamental Skill (Dok. Zenius)

Materi ini mengukur kemampuan penalaran dan kecakapan elo dalam memilih dan menggunakan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah secara logis. Kalo baca ini, gue inget Zenius selalu menekankan Fundamental Skill

Gue jamin sih penalaran umum elo akan optimal dengan fundamental skill yang baik. Nanti elo akan diminta untuk memahami dan memperoleh informasi bukan hanya dari teks, tapi juga kurva, grafik, dan tabel.

Kemampuan Kuantitatif

Di sini elo akan diukur kemampuan matematis sederhana serta pemahaman konsep matematika, terutama dalam kerangka pemikiran yang terstruktur, dan logis matematis. Materi kuantitatif mencakup aljabar, logika, peluang, statistika, dan geometri. Kalau gini, Zenius punya ZenPractice untuk membantu elo membuat kerangka berpikir.

Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Karena ini dalam Bahasa Inggris dan Indonesia, elo perlu nih memperluas wawasan dengan banyak membaca. Dengan banyak membaca, elo akan memperkaya diksi, antonim, sinonim, idiom, dan PUEBI.

Memahami Bacaan dan Menulis

Materi ini mengukur kemampuan elo di bidang bahasa dan logika verbal. Elo diwajibkan memahami inti paragraf, pesan tersirat, kesimpulan, dan menulis dengan bahasa yang baik dan benar serta sesuai dengan EYD.

Kumpulan Soal TPS UTBK

Sobat Zenius, gue ngerti elo itu memang ambis banget mau dapat nilai bagus di UTBK, dan benar-benar ingin masuk ke PTN impian. Jadi, kalau kalian butuh tips untuk menghadapi TPS UTBK lo bisa baca di sini

Kalau elo butuh motivasi dan semangat belajar bisa banget nih download Zenius App terus ajakin temen-temen yang sama ambis-nya dengan elo untuk push rank di ZenCore. Penasaran kan lo? Buruan download Zenius App!

Tapi karena gue mau elo semua sukses dengan TPS UTBK, gue sharing soal-soal yang bisa elo gunakan untuk latihan. Sobat Zenius bisa klik link di bawah ini untuk mempelajari contoh soal TPS UTBK. 

Sinonim

Soal TPS

Penalaran Umum

Pengetahuan Kuantitatif

Penalaran Verbal PBM dan PPU

Sobat Zenius, sepertinya info yang gue kasih tentang TPS UTBK sudah cukup nih. Tetap jaga stamina dan kesehatan ya agar elo bisa mikir lebih detail dan belajar lebih fokus kalau badan sehat. Kalau ada kesulitan dalam hal belajar lain bisa banget nih cari keperluan elo di Zenius, Zenius App.

Terus kalau elo butuh update informasi terbaru dan tips lolos SBMPTN 2022 terlengkap di Panduan SBMPTN Zenius, klik banner di bawah ini.

Originally published: November 26, 2021

Mengenal TPS UTBK, Materi dan Jenis Soal yang Diujikan 9
Bagikan Artikel Ini!