Pengertian dan Contoh Teks Biografi – Materi Bahasa Indonesia Kelas 10

teks biografi

Di materi Bahasa Indonesia Kelas 10 ini, kita bakal membahas apa yang dimaksud dengan teks biografi. Selain itu, materi ini juga akan dipelajari lewat contoh teks biografi. Yuk, kita mulai pembahasan!

“Aku ingin mengenal Kumala,” ucap Kurniawan, “andai saja ada tulisan yang dapat menjelaskan perihal kehidupan perempuan itu.”

Kurniawan lalu tersenyum, “Baiklah, kalau begitu, biar aku saja yang menulis tentang Kumala.”

Berdasarkan cuplikan di atas, tulisan seperti apa, sih, yang dimaksud oleh Kurniawan? Jadi, Kurniawan ini kayaknya sudah jadi bucin, guys, bahkan sebelum beneran jadian sama Kumala. Nah, Kurniawan ingin tahu banyak hal tentang Kumala, dan tulisan yang Kurniawan maksud adalah teks biografi.

Iya, biografi kehidupan Kumala. Dia emang sebucin itu. Pengin banget tahu banyak hal tentang Kumala, alias kepo. Mulai dari tempat dan tanggal lahir, nama ayah dan ibu, gimana masa kecilnya, prestasi yang pernah diraih, dan lain-lain.

Oke, kalau begitu, apa yang dimaksud dengan teks biografi?

📌 Artikel ini merupakan bagian dari ragam teks dalam Bahasa Indonesia. Untuk mempelajari jenis teks yang lain, baca artikel berikut: Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasannya.

Pengertian Teks Biografi

Ilustrasi apa itu teks biografi
Ilustrasi apa itu teks biografi (Arsip Zenius 2022).

Biografi adalah tulisan atau teks yang isinya tentang kisah hidup seseorang dan dibuat atau dituliskan oleh orang lain. Biografi bisa berbentuk artikel atau buku. Nah, memang biasanya biografi itu isinya adalah cerita tokoh-tokoh yang dianggap penting atau berpengaruh. Oleh karena itu, biografi yang mungkin familiar sama elo, biasanya membahas tokoh pahlawan, atlet, ilmuwan, dan lain sebagainya.

Ilustrasi tokoh-tokoh yang dianggap penting atau berpengaruh
Ilustrasi tokoh-tokoh yang dianggap penting atau berpengaruh (Arsip Zenius 2022).

Memang, penting atau berpengaruhnya seorang tokoh itu sifatnya relatif. Oleh karena itu, boleh-boleh saja kalau Kurniawan ingin menulis teks biografi tentang Kumala. Biarlah, setidaknya Kumala adalah tokoh yang penting dan berpengaruh bagi hidup Kurniawan.

Setelah elo tahu, nih, perihal definisi dari teks biografi, sekarang kita bakal bahas tujuan dari teks biografi. Markibas, mari kita bahas!

Tujuan Teks Biografi

Tujuan teks biografi
Tujuan teks biografi (Arsip Zenius 2022).

1. Mengetahui Kisah Hidup Seorang Tokoh

Manusia itu makhluk yang kepo terhadap manusia lainnya, dan ini hal yang bermanfaat, selama kisah hidup yang dituliskan dirasa penting untuk diketahui pembaca. Ada banyak tokoh-tokoh di dunia ini yang memiliki kehidupan yang menarik, sehingga kita pengin untuk baca perjalanan hidupnya. Itulah tujuan pertama dari teks biografi.

2. Mengambil Pelajaran

Setelah tahu tentang kisah hidupnya, tentu kita bisa mengambil pelajaran dari kehidupan tokoh tersebut. Pelajaran ini penting karena berkaitan dengan tujuan selanjutnya, yaitu mencontoh keberhasilan.

3. Mencontoh Keberhasilan

Biografi bisa menjadi sumber inspirasi atau motivasi kepada pembacanya, salah satunya, yaitu dengan mencontoh keberhasilan yang diraih oleh tokoh tersebut. 

Selanjutnya, supaya elo makin mantap pemahamannya tentang topik ini, kita bakal lanjutin ke contoh dari teks biografi.

materi teks biografi

Contoh Teks Biografi

Isi dari teks biografi itu bisa memuat latar belakang keluarga, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, prestasi yang pernah diraih, dan pelbagai informasi yang mendukung isi biografi. Ini adalah substansi yang bisa digunakan dalam membuat teks biografi.

Oke, kabar baiknya, di blog Zenius, ada banyak banget contoh teks biografi yang bisa elo akses dan baca.

teks biografi
Biografi berbagai tokoh di blog Zenius. (Arsip Zenius)

Mungkin ke depannya, bakal ada lebih banyak lagi artikel di blog Zenius yang membahas biografi tokoh. Dari banyaknya biografi yang sudah ditulis, berikut ini beberapa judul yang bisa elo jadikan referensi atau contoh teks biografi.

  1. Tan Malaka: Bapak Republik Indonesia yang Terlupakan
  2. Archimedes: Pemikir Jenius yang Mengangkat Dunia
  3. Soe Hok Gie: Pemuda Indonesia yang Merdeka

Baiklah, setelah kita selesai bahas contoh-contoh teks biografi, ada beberapa contoh soal yang bisa dikerjain, semoga pemahaman elo makin oke setelah jawab soal-soal ini, ya.

Contoh Soal Teks Biografi

  1. Teks yang mengisahkan suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya secara fakta disebut .…

a. Teks observasi

b. Teks eksposisi

c. Teks biografi

d. Teks negosiasi

e. Teks berita

2. Di bawah ini, manakah yang termasuk tujuan teks biografi?

a. Memamerkan keahlian tokoh

b. Agar publik tahu mengenai kekurangan tokoh

c. Menginformasikan sisi pencitraan tokoh

d. Memberikan informasi mengenai tokoh secara faktual

d. Mengedukasi tentang skill tokoh

Pembahasan

  1. Teks biografi merupakan cerita dari riwayat hidup seseorang secara fakta yang diwujudkan melalui tulisan.

Jawaban: c

  1. Teks biografi memiliki tujuan menyampaikan informasi yang sifatnya faktual.

Jawaban: d

***

Sip, kayaknya untuk artikel kali ini, kita cukupkan sampai di sini, ya. Biarlah Kurniawan terus berusaha menulis perihal Kumala. Nah, apakah sekarang elo semakin mantap pemahaman tentang materi teks biografi? Elo bisa akses materi lainnya di Zenius!

Selain Bahasa Indonesia, ada banyak pelajaran lainnya, seperti Matematika, Biologi, Sejarah, Geografi, pokoknya banyak, deh! Elo bisa akses semua pelajaran itu lewat video belajar Zenius di sini secara GRATIS dengan akun yang sudah elo daftarin di website atau bisa cek langsung di aplikasi Zenius. Selamat belajar!

Bagikan Artikel Ini!