Salinitas Air Laut dan Faktor yang Mempengaruhinya

Salinitas Air Laut dan Faktor yang Mempengaruhinya – Materi Geografi Kelas 10

Halo, Sobat Zenius! Pernah nggak sih terlintas di benak elo, kenapa air laut bisa asin? Well, pastinya banyak dari elo semua yang penasaran dengan pertanyaan ini. Maka dari itu, gue akan coba jelasin ke elo semua, apa saja sih faktor-faktor yang memengaruhi salinitas (kadar garam) air laut. Yuk, simak sampai habis!

Apa Itu Salinitas Air Laut?

salinitas air laut adalah tingkat kadar garam terlarut dalam air
Salinitas air laut. (Dok. Pixabay)

Salinitas air laut merupakan tingkat kadar garam terlarut dalam air. Jenis garam yang terdapat di dalamnya antara lain 55% klorida, 31% natrium, 8% sulfat, 4% magnesium, dan 2% garam lainnya. Nah, kelima jenis garam tersebutlah yang menyebabkan air laut menjadi asin nih, guys! 

Tapi, elo heran gak sih, kenapa bisa ada garam di air laut? Eitss, tenang nggak usah bingung, karena sebenarnya garam-garam ini berasal dari pelapukan batuan di darat dan juga dari gas-gas vulkanik. 

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Baca Juga: Pola Aliran Sungai dan Klasifikasinya – Materi Geografi Kelas 10

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Salinitas Air Laut

Berikut ini adalah faktor-faktor yang memengaruhi salinitas air laut:

1. Kadar Penguapan

Salah satu faktor yang memengaruhi salinitas air laut adalah kadar penguapan air laut. Maksudnya gimana? Sekarang coba deh elo bayangkan ada lautan luas yang sedang mengalami penguapan. 

Nah, adanya penguapan air laut, pastinya akan mengurangi volume air laut bukan? Meski mengurangi volume air laut, tapi kadar garam yang ada di laut ternyata tidak ikut menguap nih, guys. Sehingga pada saat penguapan tinggi, maka salinitas (kadar garam) juga ikut tinggi. 

2. Curah Hujan 

Curah hujan Faktor yang Mempengaruhi Salinitas Air Laut
Curah hujan dapat memengaruhi salinitas air laut. (Dok. Pixabay)

Curah hujan juga menjadi faktor yang memengaruhi salinitas air laut, lho! Pada saat curah hujan tinggi, maka salinitas (kadar garam) akan rendah. Hal ini mirip dengan teh manis yang ditambahkan air nih, guys. Semakin banyak air yang elo tuang ke gelas maka tingkat kemanisan teh tersebut akan semakin berkurang. 

3. Arus Laut

Siapa sangka arus laut bisa menjadi faktor yang memengaruhi tingkat keasinan air laut. Tapi, memang begitulah adanya. Pasalnya, arus laut ini memungkinkan kadar garam untuk menyebar sehingga memengaruhi konsentrasi kadar garam.

4. Banyak Sedikitnya Air Tawar/Es yang Masuk ke Laut

air tawar es dapat memengaruhi nilai salinitas air laut
Banyaknya air tawar/es dapat memengaruhi salinitas air laut. (Dok. Pixabay)

Selanjutnya, banyak sedikitnya air tawar/es yang masuk ke laut dapat memengaruhi tingkat keasinan air laut. Konsep ini sebenarnya mirip dengan curah hujan. Jadi, semakin banyak air tawar yang masuk ke laut maka salinitas (kadar garam) akan semakin rendah. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Siklon Tropis dan Penyebabnya – Materi Geografi Kelas 10

Contoh Soal Salinitas Air Laut

  1. Air laut rasanya asin. Hal ini disebabkan banyak mengandung garam-garaman. Senyawa yang paling banyak terkandung dalam air laut adalah ….

A. KCl

B. Na2CO4

C. NaCl

D. MgCl2

E. CaCl2

Jawaban:

Menurut Lyman dan Fleming, garam-garam yang terdapat di dalam laut dan kadar jumlahnya adalah sebagai berikut:

  • NaCl = 68,1%
  • MgCl2 = 14,4%
  • CaCl2 = 3,2% KBr3 = 0,3%
  • KCl = 1,9%
  • NaSO4 = 11,4%
  • Na2CO3 = 0,6%

Maka, jawaban yang tepat adalah C. 

Baca Juga: Konsep Air Tanah dan Perbedaannya dengan Air Permukaan – Materi Geografi Kelas 10

Nah, itu dia guys pembahasan tentang salinitas air laut. Kalau elo mau tahu lebih banyak lagi mengenai materi ini, yuk download aplikasi Zenius atau bisa juga klik banner di bawah ini, ya! So, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

belajar materi pelajaran geografi di zenius
Bagikan Artikel Ini!