Jurusan Sosiologi: Memahami Masyarakat dan Interaksinya 33

Jurusan Sosiologi: Memahami Masyarakat dan Interaksinya

Sobat Zenius, coba elo baca-baca berita di media sosial, deh. Elo penasaran nggak, kenapa suatu masalah bisa jadi berkepanjangan di masyarakat kita?

Atau, elo pernah penasaran nggak, gimana orang-orang bisa saling berinteraksi dan membentuk masyarakat yang sekarang? Kalau iya, jurusan sosiologi mungkin bisa jadi pilihan yang menarik buat elo!

Memahami Masalah Masyarakat dalam Jurusan Sosiologi

Kadang-kadang orang menganggap sosiologi itu sebatas mengamati masyarakat dan menganalisis data. Padahal, sosiologi itu adalah bidang yang mendalami berbagai aspek tentang masyarakat yang terus berkembang.

Ilmu sosiologi ini berguna banget untuk membantu menganalisis dan memecahkan masalah sosial yang dihadapi masyarakat, seperti kemiskinan, rasisme, ketidaksetaraan gender, dan konflik sosial.

Makanya, pembelajaran dalam jurusan sosiologi akan memberikan wawasan yang mendalam tentang akar masalah dan solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam masyarakat.

Nggak hanya ngomongin masyarakat dan interaksinya, di jurusan sosiologi elo juga bisa belajar berbagai aspek lain yang mempengaruhi masyarakat, seperti politik, budaya, dan ekonomi.

Nah, buat tahu lebih banyak tentang jurusan sosiologi ini, lanjut baca artikel ini, ya!

Baca juga:

Belajar tentang Manusia dalam Jurusan Antropologi

Lebih Lanjut Tentang Jurusan Sosiologi

Supaya elo makin kebayang tentang jurusan sosiologi, gue mau jelasin dulu tentang berbagai bidang studi sosiologi.

Secara umum jurusan sosiologi itu fokus pada penyelidikan, analisis, dan interpretasi tentang berbagai aspek dan fenomena sosial dalam masyarakat.

Nah, untuk memahami masyarakat, tentu elo akan ketemu dengan berbagai teori sosiologi terkait masyarakat. Teori-teori ini membahas spesifik suatu bidang, misalnya sosiologi keluarga, sosiologi ekonomi, hingga sosiologi politik.

Nah, seperti yang gue bilang tadi, salah satu fokus dari sosiologi adalah analisis. Nah, sebagai alat analisis, elo akan mempelajari metode penelitian sosial, keterampilan analisis kritis, dan kemampuan untuk merumuskan teori sosial yang kohesif.

Dengan pemahaman teori dan kemampuan analisis mendalam, elo nggak hanya memahami bagaimana dan mengapa fenomena sosial terjadi, tapi juga mampu menganalisis dampaknya terhadap masyarakat.

Baca juga:

Info Perkuliahan di Jurusan Kesejahteraan Sosial UI

Mata Kuliah Jurusan Sosiologi

mata kuliah jurusan sosiologi
Mata Kuliah Jurusan Sosiologi. (Arsip Zenius)

Di jurusan sosiologi, kita akan menemui berbagai mata kuliah menarik! Pada awal masa perkuliahan, elo akan mempelajari mata kuliah dasar seperti Pengantar Sosiologi, Metode Penelitian Sosial, Teori Sosiologi Klasik, Teori Sosiologi Modern, dan Struktur dan Perubahan pada Masyarakat Indonesia.

Menguasai dan memahami materi-materi di mata kuliah dasar ini penting banget. Soalnya, materi-materi ini akan jadi dasar pengetahuan kita untuk memahami mata kuliah yang lebih kompleks dan rumit di tahun-tahun berikutnya.

Memasuki semester-semester lebih lanjut, elo akan ketemu dengan mata kuliah yang lebih advance seperti Sosiologi Politik, Sosiologi Budaya, Perubahan Sosial, Teori Gender, dan masih banyak lagi.

Nah, supaya elo lebih paham tentang mata kuliah di jurusan sosiologi, gue akan jelaskan beberapa mata kuliah ini dengan lebih dalam.

Teori Sosiologi Klasik & Modern

Waktu elo belajar sosiologi, pasti elo pernah denger nama Emile Durkheim, Max Weber, dan Karl Marx, kan? Nah, dalam mata kuliah Teori Sosiologi Klasik, elo bakal belajar lebih dalam tentang berbagai teori dari tokoh-tokoh klasik dari tradisi pemikiran barat (Eropa dan Amerika) maupun timur (Asia).

Elo juga bisa membahas penerapan konsep dan perspektif dari tokoh-tokoh klasik ini dalam masyarakat. Selain itu, elo juga bisa belajar gimana perkembangan teori ini, apakah teori ini masih relevan hingga saat ini atau nggak.

Selanjutnya, elo akan ketemu dengan mata kuliah Teori Sosiologi Modern. Yup, teori sosiologi masih berkembang hingga saat ini. Dalam mata kuliah ini, elo akan fokus pada perkembangan teori sosiologi setelah tahun 1900-an hingga saat ini.

Dengan dua mata kuliah ini, elo akan paham gimana evolusi pemikiran sosiologi dari masa lalu hingga masa kini. Elo juga jadi akan semakin paham relevansi setiap teori sosiologi dan penerapannya dalam menganalisis masalah-masalah sosial.

Baca juga:

Apa Harus Bisa Public Speaking untuk Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi?

Kriminalitas dan Masyarakat di Era Digital

Dalam mata kuliah Kriminalitas dan Masyarakat di Era Digital elo akan belajar gimana teknologi dan media sosial mengubah dinamika kriminalitas di tengah masyarakat.

Elo akan diajak untuk menganalisis peran individu, kelompok, dan struktur sosial dalam masyarakat digital. Terus, elo akan diajak untuk mengeksplorasi kriminalitas dalam dunia digital, misalnya cybercrime, cyberbullying, dan data trafficking.

Selain isunya yang kekinian, mata kuliah ini juga penting banget. Elo jadi paham gimana kompleksnya kriminalitas modern dan solusi yang relevan untuk memecahkan isu di dunia digital ini.

Sosiologi Masyarakat Pasca Kolonial

Studi Sosiologi Masyarakat Pasca Kolonial mengintegrasikan kajian pascakolonial dengan disiplin sosiologi. Fokus utama studi ini adalah pemahaman dampak kolonialisme di Indonesia dan wilayah bekas jajahan lainnya.

Dalam studi ini, elo punya kesempatan untuk mengeksplorasi sejauh mana aspek-aspek kolonial (seperti eksploitasi hak asasi manusia, ketidaksetaraan kelas, rasisme, dan politik identitas) memengaruhi masyarakat modern.

Elo juga akan belajar konsep dekolonialisasi dan pemberdayaan sebagai alat untuk membangun masyarakat yang lebih adil. Dengan mata kuliah ini, elo akan memahami dinamika unik dalam proses dekolonisasi di negara ini.

Baca juga:

Belajar Apa Aja di Jurusan Hubungan Internasional? Yuk, Cari Tau!

Universitas yang Punya Jurusan Sosiologi

Sobat Zenius, apa elo mulai tertarik dan pertimbangin jurusan sosiologi sebagai jurusan untuk melanjutkan studi elo?

Kalau iya, elo kudu mulai cari tau kampus mana aja yang punya jurusan sosiologi. Umumnya, jurusan sosiologi ini tergabung di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kampus yang memiliki jurusan sosiologi juga cukup banyak jumlahnya.

Nah, berikut adalah beberapa kampus yang punya jurusan sosiologi.

Jurusan Sosiologi: Memahami Masyarakat dan Interaksinya 34
Perguruan Tinggi yang Punya Jurusan Sosiologi. (Arsip Zenius)

Selain perguruan tinggi yang gue sebutkan, masih ada perguruan tinggi lain punya jurusan sosiologi. Sebelum mendaftar, jangan lupa untuk cari info selengkap-lengkapnya tentang perguruan tinggi yang elo tuju!

Prospek Karir Lulusan Jurusan Sosiologi

Zen, gue mulai tertarik untuk masuk jurusan sosiologi! Tapi, kira-kira prospek karir dari jurusan ini apa, ya?

Nah, bagian ini akan menjawab pertanyaan elo. Lulusan dari jurusan sosiologi punya kesempatan karir yang banyak. Yuk, kita cari tau apa aja prospek karirnya!

Jurusan Sosiologi: Memahami Masyarakat dan Interaksinya 35
Prospek Karir Lulusan Jurusan Sosiologi. (Arsip Zenius)

Researcher atau Peneliti

Seperti yang kita bahas berkali-kali di atas, selama kuliah sosiologi berkaitan erat dengan analisis masyarakat. Dengan kata lain, penelitian itu udah kaya makanan sehari-hari buat anak sosiologi. Makanya, nggak heran kalau lulusan sosiologi punya keterampilan analitis yang baik dan pemahaman mendalam tentang dinamika sosial.

Nah, kedua skill tadi bisa elo terapkan dalam penelitian. Sebagai researcher, elo biasanya fokus pada bidang penelitian tertentu, misalnya penelitian pasar, kebijakan, kesehatan masyarakat, atau bidang lain lagi.

Kalau elo bekerja sebagai researcher, elo akan turun ke lapangan, menganalisis data, dan menyusun laporan penelitian. Hasil penelitian elo ini bisa jadi dasar untuk pembuatan kebijakan baru bagi masyarakat.

Researcher bisa bekerja di proyek penelitian untuk organisasi riset, lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga swadaya masyarakat, atau perusahaan.

CSR Consultant & Specialist

Guys, elo pernah dengar tentang CSR? CSR (corporate social responsibility) adalah upaya perusahaan untuk melakukan tindakan positif yang sustainable bagi lingkungan dan sosial di sekitar lingkungan bisnis suatu perusahaan.

Contoh kegiatan CSR misalnya pemberdayaan masyarakat untuk daerah yang wilayahnya terdampak bisnis dari suatu perusahaan, donasi pendidikan, atau perbaikan lingkungan di wilayah operasi pabrik suatu perusahaan.

Nah, dengan pemahaman elo tentang masyarakat, lulusan sosiologi bisa banget menekuni bidang ini. Elo bisa meneliti dampak dari operasi bisnis terhadap suatu kelompok masyarakat atau lingkungan, kemudian merancang strategi program yang tepat untuk pelaksanaan CSR.

Baca juga:

Kenal Lebih Jauh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) UGM

Social Worker

Karir selanjutnya yang bisa elo kejar sebagai lulusan sosiologi adalah menjadi social worker atau pekerja sosial. Social worker bertugas membantu individu, keluarga, dan kelompok yang mengalami kesulitan sosial, emosional, atau ekonomi.

Kalau elo bekerja sebagai social worker, elo bertugas untuk memberikan pendampingan dan konseling ke klien elo. Elo bisa bekerja di lembaga kesejahteraan sosial, rumah sakit, sekolah, atau NGO (non-governmental organization).

Salah satu contoh dari pekerjaan ini adalah menjadi pendamping untuk anak-anak korban kekerasan domestik di suatu NGO. Elo akan bertugas untuk mendampingi dan memberikan berbagai resources untuk membantu anak ini hingga pulih.

Analis Kebijakan

Kemampuan analisis dan pemahaman tentang fenomena sosial yang elo miliki sebagai lulusan sosiologi bisa jadi dasar yang penting ketika elo memutuskan untuk menjadi analis kebijakan.

Analis kebijakan bertugas untuk meneliti isu-isu yang memengaruhi masyarakat, lalu merumuskan rekomendasi kebijakan berdasarkan hasil penelitian itu. Rekomendasi ini bisa disampaikan ke lembaga pembuat kebijakan seperti dinas atau kementerian.

Nggak hanya itu, analis kebijakan juga bertugas untuk mengevaluasi dampak kebijakan saat ini atau proposisi kebijakan baru. Kemampuan analisis yang super handal terhadap kelompok masyarakat dibutuhkan untuk pekerjaan ini.

Baca juga:

Info Perkuliahan & Prospek Karir Jurusan Ilmu Politik

Apa Ini Jurusan yang Tepat untuk Elo?

Sobat Zenius, gimana pendapat elo setelah baca penjelasan tentang jurusan sosiologi? Apa ini jadi membulatkan tekad elo untuk mempersiapkan diri masuk jurusan sosiologi? 

Atau elo justru makin bimbang? Nggak masalah, Sobat Zenius!

Zenius akan tetep bantu elo sampe elo punya tujuan. Elo bisa cari tau dan explore berbagai jurusan kuliah dengan Kampus 101 dari Zenius.

Klik banner di bawah ini untuk download Kampus 101 gratis!

Jurusan Sosiologi: Memahami Masyarakat dan Interaksinya 36

Kalau elo masih nggak yakin dengan pilihan elo, jangan ragu untuk diskusi dengan guru, keluarga, dan juga Zenius! Yup, Zenius menyediakan layanan konsultasi jurusan supaya elo membuat keputusan yang tepat!

Segera cek produk konsultasi jurusan ini, ya!

Penulis: Bintang Akbar

Bagikan Artikel Ini!