Info lengkap perkuliahan di Jurusan Kesejahteraan Sosial UI

Info Perkuliahan di Jurusan Kesejahteraan Sosial UI

Apa saja yang akan elo pelajari di Jurusan Kesejahteraan Sosial UI?

Sobat Zenius, kalau elo tipe orang yang berjiwa sosial dan senang terjun ke kegiatan-kegiatan di tengah masyarakat, boleh banget nih coba pertimbangkan masuk Jurusan Kesejahteraan Sosial UI!

Beberapa waktu lalu, gue sempat bertemu dengan teman-teman dari Jurusan Kesejahteraan Sosial salah satu universitas di Indonesia. Ternyata, mereka berencana untuk mengadakan observasi di tengah masyarakat suatu desa supaya nantinya bisa membuat program yang sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Katanya, kegiatan ini ada hubungannya dengan apa yang mereka pelajari di jurusan mereka. Karena gue juga suka kegiatan sosial kayak gini, gue jadi tertarik banget, dong. Keren banget, apa sih yang mereka pelajari sampai bisa melaksanakan kegiatan seperti ini?

Sama seperti elo yang sekarang lagi baca artikel ini, gue juga ingin tahu, kayak gimana ya, perkuliahan di jurusan ini? Lalu, saat sedang mencari-cari, gue ketemu deh sama Jurusan Kesejahteraan Universitas Indonesia (UI).

Sekarang, gue mau berbagi info aja yang berhasil gue dapet mengenai jurusan ini. Check it out!

Tentang Jurusan Kesejahteraan Sosial UI

Jurusan Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Jurusan ini telah secara resmi berdiri dari tahun 1962 bersama dengan 5 jurusan lainnya di FISIP-UI.

Mata Kuliah Jurusan Kesejahteraan Sosial UI

Apa saja yang bakal dipelajari di Jurusan Kesejahteraan Sosial UI?
Apa yang akan elo pelajari di jurusan ini? (Arsip Zenius)

Di jurusan ini, elo akan mendapat mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Elo akan belajar tentang kesejahteraan mulai dari konsep-konsep dasarnya hingga bagaimana cara mengimplementasikannya.

Dalam deretan mata kuliah wajib yang diberikan, ada Praktikum I dan Praktikum II. Gue mau bahas sedikit lebih dalam untuk kedua mata kuliah yang kedengarannya seru banget ini.

Di Praktikum I, elo akan mencoba menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah elo dapat dari perkuliahan untuk menangani masalah-masalah sosial dari tingkat individu hingga kelompok. Elo akan mulai dari membangun relasi dengan pihak ‘sasaran’ elo hingga merancang pemecahan masalah (intervensi sosial).

Kemudian di Praktikum II, elo juga akan memulai dari tahapan yang sama, yaitu mengenali permasalahan dengan membangun relasi terlebih dahulu. Tapi bedanya, di sini elo nggak akan berhenti di tahap perencanaan aja, tapi juga pelaksanaan hingga evaluasinya.

Mirip-mirip kayak program yang gue ceritakan di awal tadi, kan?

Nah, di samping mata kuliah wajib, elo juga bisa memiliki beberapa mata kuliah pilihan yang ditawarkan oleh jurusan ini, antara lain:

  • Kesejahteraaan Sosial Bagi Manusia Lanjut Usia
  • Manajemen Penanggulangan Bencana
  • Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Pelayanan Kemanusiaan
  • Kesejahteraan Sosial dan Isu Lingkungan
  • Dimensi Sosial Ekonomi Bagi Kesejahteraan Sosial
  • Kesehatan Jiwa Berbasis Komunitas
  • Kesejahteraan Anak dan Perlindungan Anak


Kira-kira, mata kuliah pilihan mana yang paling menarik minat elo?

Baca Juga: SIMAK UI 2022 – Jadwal, Kuota, Keketatan SIMAK UI & Daya Tampung

Daya Tampung Jurusan Kesejahteraan Sosial UI

Hingga tahun 2022, jurusan ini telah terakreditasi A. Karena peringkatnya udah bagus, peminat dari Jurusan Kesejahteraan UI juga jadi banyak. Coba perhatikan tabel di bawah ini yang memuat informasi tentang daya tampung jurusan ini.

Daya tampung Jurusan Kesejahteraan Sosial UI

Gimana, elo juga termasuk peminat jurusan ini, nggak?

Lulusan dari jurusan ini bakal punya banyak skill yang akan terpakai banget di dunia kerja nanti. Gue sebutkan beberapa aja, ya. 

  • menganalisis isu-isu kesejahteraan sosial,
  • melakukan penelitian sosial,
  • mampu berkontribusi dalam organisasi pelayanan kemanusiaan,
  • mampu membuat perencanaan sosial,
  • mampu melaksanakan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat,
  • dan mampu melakukan intervensi sosial.

Gelar Lulusan Jurusan Kesejahteraan Sosial UI

Duh, belum juga lulus udah ngomongin gelar aja, nih. Nggak apa-apa, dong, supaya elo kebayang gimana nama elo di ijazah nanti. Nah, setelah lulus dari Jurusan Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia, elo bakal mendapat gelar S. Kesos.

Baca Juga: Profil Lengkap dan Jurusan Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI (FISIP UI)

Cara dan Syarat Masuk Jurusan Kesejahteraan Sosial UI

Untuk masuk ke Jurusan Kesejahteraan Sosial UI, ada tiga jalur yang bisa elo lewati, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK-UI).

Persyaratan umum untuk bergabung dengan program Sarjana (S1) reguler di UI adalah elo merupakan lulusan SMA/sederajat maksimal 3 tahun yang lalu pada tahun pendaftaran. Jadi, misalnya elo daftar di tahun 2022, maka elo harus merupakan lulusan 2022, 2021, atau 2020.

Kalau misalnya elo lulusnya udah lebih lama dari tiga tahun, elo bisa coba cek program S1 Paralel di UI, ya!

Nah, kalau SNMPTN seleksinya menggunakan nilai rapor dan SBMPTN menggunakan nilai hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), gimana dengan SIMAK-UI?

syarat masuk Jurusan Kesejahteraan Sosial UI

Nah, SIMAK-UI merupakan jalur terakhir buat elo yang belum lolos melalui jalur SBMPTN. Ini adalah seleksi mandiri yang dibuka oleh UI. Untuk bisa mengikuti jalur SIMAK-UI, elo harus punya nilai SBMPTN di tahun pendaftarannya. Misal elo mau daftar di tahun 2022, berarti elo harus ikut SBMPTN di 2022 juga.

Tapi ingat, nilainya harus sesuai rumpun dari jurusannya, jadi kalau mau daftar untuk Jurusan kesejahteraan Sosial, nilai UTBK elo harus dari rumpun Soshum.

Setelah mendaftar, elo akan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia.

Selain melalui ujian, tahun ini juga telah dibuka jalur baru seleksi mandiri UI, yaitu seleksi jalur prestasi khusus untuk S1 Reguler. Jalur ini dibuka untuk lulusan di tahun pendaftarannya dan prestasi yang dipertimbangkan adalah minimal juara tiga atau medali perunggu di kompetensi tingkat nasional dan internasional selama masa SMA/sederajat.

Bidang prestasinya juga jadi penentu jurusan mana yang bisa elo pilih. Kalau Jurusan Kesejahteraan Sosial, prestasi elo bisa di bidang seni, bahasa, literasi, dan keagamaan.

Baca Juga: Seluk-beluk Dunia Perkuliahan Universitas Indonesia

Penutup

Gimana, Sobat Zenius, udah siap pakai almamater kuning dan belajar tentang kesejahteraan sosial di Universitas Indonesia, belum?

Buat elo yang belum lolos SNMPTN dan SBMPTN, tenang, masih ada SIMAK-UI! Jadi, yuk mulai persiapkan diri!

Elo bisa mulai gali informasi seputar SIMAK UI mulai dari persyaratan hingga pelaksanaannya dengan klik tautan berikut ini:

Panduan Lengkap SIMAK UI

Jangan lupa belajar dan coba kerjakan latihan soal SIMAK UI juga!

Latihan Soal SIMAK UI

Cari-cari info udah, latihan soal juga nggak ketinggalan. Udah oke banget nih, persiapannya! Sekarang, cobain Try Out SIMAK UI dengan klik banner di bawah ini, yuk!

Info Perkuliahan di Jurusan Kesejahteraan Sosial UI 9

Semoga berhasil ya, Sobat Zenius!

Referensi

Deskripsi Program Studi Kesejahteraan Sosial UI – https://www.ui.ac.id/program-studi/ilmu-kesejahteraan-sosial/

Daya Tampung SIMAK UI untuk Prodi Kesejahteraan Sosial UI – https://simak.ui.ac.id/reguler.html/

Bagikan Artikel Ini!