Cerita Alumni Zenius Mengejar Jurusan Farmasi di ITB

testimoni alumni zenius

Halo Sobat Zenius! Udah masuk pertengahan Juli aja nih! Nyicil belajar dari sekarang bisa banget jadi awal yang baik untuk mengawali persiapan diri kamu menghadapi UTBK tahun depan. Biar makin semangat belajar kita denger yuk cerita seru dari Anthony Ruben Piyong yang baru aja masuk fakultas Farmasi di ITB!

Kita pengen tahu gimana sih kisah awal kamu kenalan sama jurusan farmasi?

Dari kelas 10 pas masuk IPA saya udah suka sama kimia tapi sebenernya saat itu saya belum mikirin jurusan, masih asik santai nikmatin hidup sama temen. Bahkan sebenernya di awal pun orang tua sempet pengen saya masuknya IT atau akuntansi. 

Tapi karena saya tahu saya emang tertarik kimia akhirnya saya cari tau soal jurusan yang berhubungan dengan kimia. Awalnya teknik kimia, tapi setelah eksplor dan ngeliat farmasi banyak banget prospek kerjanya kayak pengajar dan apoteker saya pun makin interested

Jadilah di kelas 11 saya makin yakin ingin masuk Farmasi. Ada jurusan farmasi di Bandung yang bikin saya tertarik, ITB dan UNPAD.

Terus gimana ceritanya Ruben bisa ketemu dan pilih untuk belajar bareng Zenius?

Waktu kelas 10 ada temen yang ngenalin saya sama Zenius sebagai platform belajar. Tapi saya sendiri baru aktif pakai saat merasakan kesulitan belajar di masa pandemi. Saat itu guru kimia ganti dan cara belajarnya nggak enak, alhasil saya coba cari tau alternatif belajar lainnya kayak bimbel online, baru saya kembali ke Zenius lagi.

Nah di kelas 11 saya coba free live class matematika wajib dan langsung suka. Saya coba Zenius Aktiva dan dari sana saya ngerasain kok bisa beda dan enak banget cara ngajar tutor Zenius dibanding yang lain.  

Parahnya dulu saya hampir nggak pernah nyatet selama live class, mood belajar suka naik turun dan kebanyakan mikir hingga akhirnya saya pun ditelepon CS Zenius buat coba Zenius Ultima Intensif. Mulai dari sana saya gaspol terus buat persiapan UTBK.

Hal yang bikin saya suka Zenius itu karena materi-materi Zenius enak mudah dimengerti. Kita diajarin dari akar-akarnya, belajar soal konsep juga bikin saya lebih paham sama pelajarannya. Selain itu, UI UX nya yang nggak berat makin bikin saya nyaman belajar di Zenius.

Nah selama belajar bareng Zenius gimana cara kamu membagi waktu, Ben?

Pertama saya cari tahu dulu materi apa yang saya sukai, saya pastikan saya bisa menguasai materinya sewaktu UTBK. Terus sebisa mungkin meskipun jadwal penuh saya selalu mengusahakan bisa mengikuti live class 2x seminggu. 

40 hari sebelum test saya juga mengejar materi lewat playlist, live class dan latihan soal. Sebenernya waktu itu juga saya sempet nyesel kenapa nggak belajar dari dulu biar nggak keteteran. Tapi untungnya ada bimbingan dari tutor Zenius yang bikin saya paham sama hal-hal dasar yang menurut saya penting untuk diajarin biar mengerti bagaimana sebuah konsep bisa terjadi.

Mau tau dong tutor favorit kamu siapa Ben?

Tutor favorit saya tutor Biologi Bang Pras, dan untuk live class ada Kak Rafid. A lot of thanks untuk tutor yang ngajarin saya dari dasar-dasar, karena banyak ajaran tutor yang ternyata masuk di soal. Saya juga suka cara ngajarnya yang santai, enak didenger dan tetep nyambung.

Proses belajar pasti mengalami naik-turun ya, ada nggak tuh titik terendah dalam hidup yang pernah kamu alami saat belajar?

Waktu itu orang tua pengen banget saya masuk kampus tertentu karena beasiswanya 100% prestasi, tapi karena saya engga suka sistem beasiswa kuliah kampus tersebut saya menolak. Kita pun konflik dan masa-masa itu juga saya mengalami burnout.

Nah akhirnya Ruben keterima di kampus impian gimana nih ceritanya?

Sejujurnya pas tanggal pengumuman saya nggak berani buka buat ngecek, baru setelah ditelepon tante saya pun memberanikan diri untuk mengecek pengumuman bahwa saya keterima farmasi ITB.

Share dong Ben, pesan buat teman-teman yang masih berjuang untuk UTBK.

Selalu ada banyak jalan dan pilihan yang bisa kita ambil. Saya pun mikirin rasanya gagal tapi bisa jadi itu terjadi karena memang itu bukan jalan yang tepat buat kita, juga pengingat dari Tuhan untuk kita terus belajar. 

Pokoknya selalu pede sama apa yang kita bisa dan bekerja sekuat yang kamu bisa!

Nah buat Sobat Zenius yang juga punya mimpi kayak Ruben buat ngejar jurusan impian, kamu bisa berlangganan Zenius Aktiva sebagai temen belajar persiapan ujian. Kalau penasaran klik aja button di bawah ini, ya!

“Selalu pede sama apa yang kita bisa dan bekerja sekuat yang kamu bisa!”

 

Anthony Ruben Piyong, Alumni Zenius

Bagikan Artikel Ini!