cara membuat mind mapping

5 Cara Membuat Mind Mapping Simple yang Menarik dan Unik

Sobat Zenius, menjelang ujian kadang otak suka mendadak ngeblank, ya karena grogi. Akhirnya, materi belajar yang sudah dihafal semalaman mendadak lupa juga, deh. Untuk mengatasi hal ini, elo bisa, lho, menerapkan cara membuat mind mapping sebagai ringkasan. 

Ha? Apa, tuh, mind mapping? Jadi, mind mapping atau peta pikiran adalah salah satu cara untuk mencatat dengan menghubungkan beberapa kata kunci. 

Tapi, bagaimana cara membuat mind mapping itu? Tenang saja, guys, gue udah menyiapkan 5 cara membuat mind mapping simple, nih, buat elo. Simak, ya! 

Manfaat Menggunakan Mind Mapping

cara membuat mind mapping
Ilustrasi Mind Mapping (Arsip Zenius)

Sebelum kita membahas mengenai cara membuat mind mapping, ada baiknya elo tahu dulu keuntungan menggunakan mind mapping

Mind mapping sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Tony Buzan pada akhir tahun 1960-an. Menurut Buzan, mind mapping memiliki 4 fungsi utama, yaitu recall atau menjadi pengingat, bisa dianalisis, kreatif, dan interaktif. Kita kupas tuntas, yuk, keempat fungsi mind mapping ini. 

1. Pengingat

Penelitian Farrand, Hussain, and Hennessey (2002) mengatakan bahwa mind mapping mampu meningkatkan kemampuan mengingat sebanyak 10%, lho. Kemudian, mereka juga mengatakan bahwa mind mapping mendorong tingkat pemrosesan yang lebih dalam sehingga memori pembelajaran tersimpan lebih baik. 

2. Mudah Dipelajari

Saat membuat mind mapping, elo nggak cuma menuliskan materi saja tetapi juga membuat alur hubungan antar materi. Kemudian, mind mapping juga membantu kita dalam memecah informasi yang kompleks sehingga lebih mudah dipahami. Hal ini, nih, yang akan membuat elo lebih mudah mengingat materi yang sedang dipelajari. 

3. Kreatif

Nah, salah satu pembeda antara catatan biasa dengan mind mapping adalah kekreatifan saat membuatnya. Metode mind mapping ini memancing rasa kreatif para pembuatnya, lho. 

Elo bisa banget berkreasi dengan menggunakan warna-warna yang berbeda untuk tiap sub materi atau menambahkan gambar-gambar pendukung lainnya. Cara ini bisa membuat otak kita lebih mudah mengingat materi. 

4. Interaktif

Fungsi mind mapping lainnya adalah menjadi metode pencatatan yang interaktif. Misalnya pada saat elo harus presentasi, penggunaan kata kunci dalam mind mapping akan membuat elo lebih interaktif dengan pendengar. 

Elo dan audience jadi nggak terus terfokus pada layar presentasi karena materi sudah dipahami dan diingat dalam bentuk kata kunci. Dengan begitu, kontak mata dan interaksi pun jadi lebih banyak terjadi. 

5 Cara Membuat Mind Mapping Simple sekaligus Menarik dan Unik

Nah, setelah memahami manfaat menggunakan mind mapping, jadi nggak sabar ya buat mencoba membuat mind mapping. Berikut 5 cara membuat mind mapping simple yang bisa elo ikuti. 

5 Cara Membuat Mind Mapping Simple yang Menarik dan Unik 9
Infografis Cara Membuat Mind Mapping (Arsip Zenius)

1. Brainstorm Ide Utama

Cara membuat mind mapping simple yang pertama adalah elo perlu menentukan topik utama terlebih dahulu. Topik utama ini bisa elo pilih berdasarkan nama bab yang sedang elo pelajari. Setelah itu, posisikan kertas berbentuk landscape dan tuliskan ide utama tersebut di tengah kertas. 

2. Hubungkan Tiap Informasi

Menghubungkan tiap informasi dengan topik utama merupakan cara membuat mind mapping selanjutnya, nih. Elo bisa menggunakan garis atau bubble berbentuk awan yang mengakar dari topik utama. 

Garis penghubung ini menjadi jembatan untuk elo memahami keseluruhan materi pelajaran, ya. Makanya, elo perlu untuk memahami konteks materinya dulu sebelum mulai menghubungkan garis dalam mind mapping

Jika elo kesulitan memahami konteks materi pembelajaran, elo bisa coba mengikuti Live Class Zenius atau menggunakan materi ajar dalam berbagai Paket Belajar Zenius yang simple dan mudah dipahami, lho. 

3. Gambar Jalur dengan Cepat

Nah, ini penting untuk diingat, ya. Pada saat membuat mind mapping, elo harus menggambar dengan cepat tanpa jeda. 

Cara membuat mind mapping ini perlu diingat karena jika elo berhenti di tengah pengerjaan atau menghapus yang sudah elo kerjakan, bisa jadi ide awal elo berubah dan keseluruhan konsep dalam mapping pun jadi berantakan. 

4. Gunakan Warna Berbeda untuk Tiap Sub Topik

Cara membuat mind mapping selanjutnya adalah dengan menggunakan warna dan gambar berbeda untuk tiap sub topik. Tak jarang percabangan ide dalam mind mapping terlihat cukup penuh dan sulit untuk dibaca. 

Makanya, coba buat mind mapping dengan warna yang berbeda, ya. Misalnya untuk topik A garis dan gambar berwarna pink, lalu untuk topik B berwarna biru, dan sebagainya. 

5. Sisakan Ruang Kosong di Kertas

Terakhir, sisakan ruang kosong di kertas mind mapping elo, ya. Cara membuat mind mapping ini dilakukan supaya saat elo mendapatkan ide atau informasi lainnya, elo jadi tetap bisa menambahkannya di kertas yang sama.

Itu dia, Sobat Zenius, cara membuat mind mapping yang bisa elo ikuti. Dengan mind mapping elo jadi bisa mencatat lebih cepat dan simple, deh. Proses belajar pun jadi lebih efektif dan mengasyikkan. Yuk, coba buat mind mapping elo sendiri dan ceritakan proses pembuatannya di kolom komentar, ya!

Baca juga:

Mind Mapping untuk Belajar yang Lebih Efektif dan Kreatif

10 Langkah Efektif dan Strategis Untuk Belajar UTBK 2022

Bagikan Artikel Ini!