Kenali 3 Jenis Obat Tradisional yang Aman Dikonsumsi! 65

Kenali 3 Jenis Obat Tradisional yang Aman Dikonsumsi!

Kalian pernah tergiur dengan khasiat obat tradisional yang beredar di marketplace online? Atau bahkan kalian salah satu orang yang mengkonsumsi obat tradisional? Tahu nggak sih kalau kalian sering konsumsi obat tradisional? Simak artikel ini agar tahu keamanannya.

Kenali 3 Jenis Obat Tradisional yang Aman Dikonsumsi! 66
Klik untuk menonton siaran ulang Zen15: Perkembangan Kesehatan di Indonesia di aplikasi Zenius!

 

Sebelum lanjut ke artikelnya, jawab dulu pertnayaan Zen!

Apakah obat tradisional lebih baik dari obat modern?

View Results

Loading ... Loading ...

Obat tradisional pada dasarnya adalah obat yang diracik menggunakan bahan herbal. Lantas, termasuk apakah obat tradisional, dan kenapa banyak yang menggunakannya?

Apa itu pengobatan alternatif?

Mengutip dari kompasiana, pengobatan alternatif adalah pengobatan yang menggunakan metode yang tidak termasuk dalam standar pengobatan medis atau non konvensional.

Selain pengobatan alternatif, ada juga yang melakukan pengobatan dengan cara CAM (Complementary and Alternative Medicine). Dengan cara ini, seseorang tidak menggunakan pengobatan alternatif sebagai pengobatan utamanya, melainkan hanya sebagai pendukung dari pengobatan konvensional.

Kenapa pengobatan alternatif banyak menjadi pilihan?

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang memilih pengobatan tradisional sebagai pengobatan utama mereka. Kenapa mereka bisa sangat percaya pada pengobatan alternatif, ya?

  • Lebih terjangkau
  • Herbal dianggap bebas efek samping
  • Rekomendasi dari orang terdekat

Obat tradisional adalah salah satu jenis pengobatan alternatif. Banyak stigma kurang baik dikalangan anak muda saat mendengar kata obat yang diracik dengan bahan tradisional sampai disangkut pautkan dengan kepercayaan lama. Tapi, apakah kalian sadar kalau banyak obat tradisional yang ternyata sering kita gunakan?

Obat tradisional, apakah aman?

Di Indonesia, obat tradisional yang aman adalah obat yang telah diawasi oleh BPOM dan telah mendapatkan sertifikat dari BPOM. Obat tradisional yang beredar di umum dan aman dikonsumsi pasti sudah melalui uji klinis terlebih dahulu. Lalu, bagaimana caranya mengenali obat tradisional yang aman?

3 jenis obat tradisional yang sudah pasti aman!

Jamu termasuk obat tradisional
Label jamu sebagai obat tradisional yang aman dikonsumsi (Dok: klikfarmasi)

Jamu

Mengutip istanaumkm, Jamu adalah salah satu bentuk obat-obatan tradisional, lho! Jamu yang beredar di umum dan aman digunakan adalah jamu dengan logo yang tertera di atas. Jamu sendiri termasuk golongan aman dikonsumsi karena menggunakan bahan-bahan herbal yang telah lulus uji standarisasi. Jika ada jamu dengan label seperti itu, artinya aman dipakai!

Salah satu produk berlabel yang pernah kamu konsumsi adalah jamu anak sehat produksi sidomuncul, mungkin saat kamu hobi menyeduh ini saat kecil!

Kenali 3 Jenis Obat Tradisional yang Aman Dikonsumsi! 67
Produk “Anak Sehat” termasuk Jamu (Foto: Sidomuncul)

Obat Herbal Terstandar

Kenali 3 Jenis Obat Tradisional yang Aman Dikonsumsi! 68
Logo obat herbal terstandar (Dok: Jamupedia)

Mengutip hellosehat, obat herbal terstandar (OHT) memiliki bahan alami berupa tanaman obat, sari bintang, dan bahan-bahan mineral. Berbeda dengan jamu yang diracik secara tradisional, pembuatan OHT sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih.

Tolak angin termasuk obat herbal terstandar, frens. Kamu yang sering masuk angin pasti langganan beli obat-obat ini di toko terdekat, ya.

Kenali 3 Jenis Obat Tradisional yang Aman Dikonsumsi! 69
Tolak angin sebagai produk dengan label OHT (Dok: Watsons)

Fitofarmaka

Kenali 3 Jenis Obat Tradisional yang Aman Dikonsumsi! 70
Fitofarmaka sebagai obat tradisional yang aman dikonsumsi (Dok: Bodrex)

Menurut Media Indonesia, label fitofarmaka menandakan bahwa produk tersebut telah lulus uji praklinik dan klinik, serta telah terbuktikan khasiatnya. Bisa dibilang fitofarmaka bisa dibandingkan dengan obat konvensional atau modern.

Contoh produk berlabel fitofarmaka adalah obat herbal Stimuno. Salah satu rasanya sangat khas di mulut, sampai-sampai melihat gambarnya saja sudah terngiang-ngiang manisnya!

Kenali 3 Jenis Obat Tradisional yang Aman Dikonsumsi! 71
Stimuno sebagai produk fitofarmaka (Dok: apotek_bionikfarma)

 

Adakah obat tradisional yang berbahaya? Ada! yaitu obat dengan bahan-bahan yang tidak lulus uji standarisasi. Produk-produk seperti ini banyak sekali ditemukan di berbagai marketplace online, kamu harus hati-hati! Lantas, bagaimana menghindari diri kita dari bahaya?

Ada berbagai tips agar kamu terhindari pengobatan tradisional bodong menurut dr. M. Tasrif Mansur, Sp. PD

  1. Pastikan informasi yang kamu dapat bukan hoax!
  2. Jangan terkecoh testimoni!
  3. Jangan jadikan pengobatan alternatif pengganti pengobatan mainstream!

Itu dia tiga jenis obat tradisional yang aman dikonsumsi dan mudah ditemui! Mau tahu lebih banyak tentang berbagai hal? Mau diskusi dengan tutor zenius secara GRATIS? Ada Zen15 yang hadir setiap hari Senin, Rabu, dan Jum’at pukul 15.00 WIB! Jangan sampai ketinggalan!

Kenali 3 Jenis Obat Tradisional yang Aman Dikonsumsi! 72
Tonton terus Zen15 setiap hari Senin, Rabu, dan Jum’at!

Baca juga:

Apa Sih Bedanya Susu UHT, Susu Beruang, dan Jenis Susu Lainnya?

Promo Tanggal Kembar, Kenapa Ada Setiap Bulan?

Asal Muasal Tanaman Kopi