Promo Tanggal Kembar, Kenapa Ada Setiap Bulan?

Promo Tanggal Kembar, Kenapa Ada Setiap Bulan? 49

 

Promo Tanggal Kembar, Kenapa Ada Setiap Bulan? 50
Klik untuk menonton langsung siaran ulang Zen15: Fenomena 7.7 di aplikasi Zenius!

Lo pasti sering lihat promo tanggal kembar seperti “8.8 Flash Sale”, “11.11 Big Sale”, “7.7 Heboh Murmer”, “12.12 Harbolnas”, dan lain-lain. Mengapa tanggal kembar digunakan sebagai bentuk promosi diskon? Apakah ada yang spesial dari kombinasi angka tersebut?

Promo Tanggal Kembar, Kenapa Ada Setiap Bulan? 51
Banyak diskon, Indonesia hobi belanja secara daring. (Dok: Scanrail)

Semenjak lockdown dimulai pada tahun 2020 lalu, ketergantungan konsumen untuk membeli berbagai kebutuhan rumah tangga secara daring meningkat. Yah, hal tersebut sangat dimaklumi karena belanja secara daring lebih mudah. Kamu hanya perlu berbaring di kasur sambil scrolling untuk beli kebutuhan kamu. Selain itu, harga barang-barang di toko online diduga lebih murah dibandingkan barang yang dijual secara offline. Namun, bagaimana awal mula kebiasaan orang Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli secara online?

 

Berawal dari Kesuksesan Hari Belanja Online Nasional 

Promo Tanggal Kembar, Kenapa Ada Setiap Bulan? 52
Promo tanggal kembar berawal dari HarBolNas (Dok: ardaguldogan).

Pada tanggal 12 Desember 2012, Indonesia pertama kali merayakan Hari Belanja Nasional (HarBolNas). Perayaan tersebut diselenggarakan guna meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara online atau daring. Salah satu pelopor pertama HarBolNas allah LAZADA yang memberikan diskon yang sangat menggiurkan pada HarBolNas pertama tersebut. Kampanye tersebut ternyata membuahkan hasil yang memuaskan, HarBolNas berhasil meyakinkan orang Indonesia untuk melakukan jual-beli di berbagai marketplace pilihan. Semenjak hari itu, HarBolNas terus dirayakan setiap tahunnya. Lalu, bagaimana dengan promo tanggal kembar yang diadakan tiap bulan?

Promo Tanggal Kembar, HarBolNas Bulanan?

Mengutip CNN, HarBolNas merupakan hari yang dimanfaatkan oleh e-commerce untuk mendongkrak traffic kunjungan mereka. Menurut Soeprapto Tan selaku Managing Director Lembaga Riset Ipsos, HarBolNas merupakan salah satu hari yang ditunggu-tunggu pengguna.

Beliau juga mengatakan bahwa HarBolNas bukanlah lagi diselenggarakan di tanggal 12.12 saja, namun juga tanggal 10.10, 9.9., dan lain-lain. Soeprapto juga menyampaikan bahwa adanya HarBolNas dengan tanggal cantik setiap bulannya ini lama-lama akan membuat konsumen bosan.

Promo Tanggal Kembar Menguntungkan

Promo Tanggal Kembar, Kenapa Ada Setiap Bulan? 53
Promo tanggal kembar dengan diskon besar sangat menguntungkan (Dok: ckstockphoto).

Meskipun promo tanggal kembar sangat sering dilakukan, antusias pengguna terhadap diskon besar-besaran ini sangatlah tinggi. Mengutip Ekonomi.Bisnis, pada tahun 2020 promo tanggal kembar menyebabkan kenaikan 66 persen pada bulan Agustus di promo “8.8”! Karena tingkat konsumsi yang tinggi, berbagai marketplace melihat promo tanggal kembar sebagai peluang yang besar untuk mendongkrak kuantitas penjual dan pembeli. 

Dengan diskon yang luar biasa, promo tanggal kembar tidak hanya menguntungkan bagi pihak marketplace yang ingin menaikkan traffic saja, tetapi juga bagi para pengguna setianya yang ingin berbelanja dengan harga yang lebih hemat di kantong.

Trend ini ternyata tidak hanya ada di Indonesia saja, lho! Di negara lain seperti Malaysia dan Vietnam, promo tanggal cantik lebih familiar disebut Double Day dan Singles’ Day di China dan Singapura. Menurut Frontier Enterprise, adanya perayaan tersebut mendorong aktivitas jual-beli secara online menjadi ramai di berbagai negara di benua Asia terutama Asia Tenggara.

Apa Pentingnya Promo Tanggal Kembar?

Kita sudah tahu nih kenapa promo tanggal kembar dilaksanakan setiap bulannya. Akan tetapi, apakah promo seperti itu penting? Terlepas dari promosi yang diadakan pada tanggal kembar, meningkatkan minat orang Indonesia untuk melakukan jual beli itu penting, lho!

 

Lihat gambar di bawah nih, Sahabat Zen!

Promo Tanggal Kembar dan Dampaknya
Prediksi yang akan terjadi jika konsumsi menurun (Dok: Zenius).

Jika tingkat konsumsi masyarakat Indonesia rendah, maka dampaknya akan mempengaruhi tingkat produksi barang. Ketika tingkat produksi barang rendah, maka modal yang dikeluarkan harus lebih sedikit. Saat hal tersebut terjadi, maka pilihannya adalah memotong kualitas barang, atau memotong sumber daya manusia! 

Untuk menghindari hal tersebut, masyarakat Indonesia terus dianjurkan untuk membelanjakan uang mereka agar tingkat konsumsi masyarakat pun semakin tinggi. Eits, jangan beli di sembarang toko, ya. Utamakan belanja barang-barang hasil buatan negeri!

Apakah lo salah satu orang yang tergiur dengan promo meriah di tanggal kembar? Atau bahkan lo pelanggan setia promo tersebut? Leave a comment below, guys!

Promo Tanggal Kembar, Kenapa Ada Setiap Bulan? 54
Tonton terus Zen15 setiap hari Senin, Rabu, dan Jum’at!

Baca Juga:

Cara Mengatur Uang untuk Anak Sekolah

Coba Ngertiin Ilmu Ekonomi dari Jenis-jenisnya Deh!

Inflasi: Materi Ekonomi Kelas 11

Bagikan Artikel Ini!