Kuliah di Luar Negeri, Mulai Dari Mana? | KTTJ

Kuliah di Luar Negeri

Apakah lo ada keinginan ambil kuliah di luar negeri? Mau ambil sarjana (S1) di luar negeri? Atau target lo dapetin Magister (S2) di luar negeri? Bingung banget mulai dari mana? Artikel ini cocok banget buat lo!!

Kuliah di Luar Negeri, Mulai Dari Mana? | KTTJ 41
Klik untuk menonotn siaran ulang KTTJ: Kuliah di Luar Negeri, Mulai Dari Mana? bareng Rea di aplikasi Zenius!

Sebelum lanjut, jawab poll ini dulu yuk!

Kalian mau nggak kuliah di luar negeri?

View Results

Loading ... Loading ...

Kuliah di luar negeri itu banyak banget manfaatnya, lho. Apa aja sih kegiatan yang cuma bisa lo dapetin di luar negeri? 

Keuntungan Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di Luar Negeri, Mulai Dari Mana? | KTTJ 42
Kuliah di luar negeri banyak untungnya! (Foto: Lifestock).
  1. Interaksi dengan dosen internasional
  2. Sistem edukasi yang berbeda
  3. Memperluas networking
  4. Belajar sambil wisata!

Itu hanya sebagian dari berbagai manfaat lainnya. Kebayang kan seberapa untungnya lo kalau bisa kuliah di luar negeri? Tapi jangan ngiler dulu! Apakah lo yakin kuliah di luar negeri merupakan jalan yang terbaik buat lo? Catat hal berikut! 

Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan?

Kuliah di Luar Negeri, Mulai Dari Mana? | KTTJ 43
Rencana kuliah di luar negeri harus dipikirin dengan benar, apa saja yang harus diperhatikan? (Foto: Jecapix)

1. Kemampuan bahasa lo sudah sampai mana?

Kemampuan bahasa itu sangatlah penting, guys. Paling tidak pelajari bahasa percakapan sehari-hari, dijamin ngebantu banget!

2. Apakah jurusan lo cuma ada di luar negeri?

Kenapa sih mau di luar negeri? Emangnya di Indonesia jurusannya nggak ada? Apakah jurusan di universitas tersebut akreditasinya sudah pasti lebih bagus dibandingkan di Indonesia? Lo juga harus mempertimbangkan ini dengan hati-hati!

3. Biaya kuliah di luar negeri

Sarjana maupun Magister, biayanya sama-sama mahal! Selain uang kuliah dan uang kehidupan sehari-hari, akan ada berbagai pengeluaran lainnya yang tidak akan lo duga. Lo harus perhatikan budget, agar nggak sengsara di luar sana. Karena hal ini juga banyak orang yang berlomba-lomba mencari beasiswa.

4. Administrasi persiapan kuliah

Sebelum lo menginjakkan kaki sebagai mahasiswa pun sudah banyak persyaratan yang harus lo penuhi dulu! Tiap universitas memiliki regulasi yang berbeda-beda, maka dari itu perhatikan alur pendaftarannya, jangan sampai keliru!

5. Bagaimana dengan lingkungannya?

Apakah mental lo sudah sekeras baja untuk menghadapi culture shock? Apakah kuliner di sana pas dengan lidah Indonesia lo yang kentel? Bagaimana dengan cuacanya, lebih panas atau lebih dingin? Namanya juga ke negara orang, rasanya tidak akan sama seperti saat lo berada di kampung halaman. Jadi, riset tentang negara tujuan lo penting banget!

Jika hal-hal diatas tidak membuat lo goyah untuk kuliah di luar negeri, waktunya Zen memberi tahu apa saja yang harus lo siapkan kalau mau kuliah di luar negeri. Banyak banget nih, jadi pastikan lo perhatikan dengan baik, ya!

Persiapan Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di Luar Negeri, Mulai Dari Mana? | KTTJ 44
Apa saja nih yang harus disiapkan? Jangan lupa dicatat! (Foto: andresr).

1. Riset dulu Program dan Universitasnya

Sebelum lo keluar negeri tentunya lo harus tahu dulu tujuan lo mau kemana, jangan sampai nyasar. Selain riset tentang negara yang ingin dituju, lo juga harus apa yang ditawarkan program dan universitas tersebut. Apakah program tersebut eksklusif hanya bisa lo dapatkan di luar negeri? Lo juga harus perhatikan akreditasi program dan kampusnya ya guys. Manfaat apa saja yang akan lo dapat dari program tersebut? Apakah universitas tersebut memiliki networking yang baik untuk karir? Apa aja sih syarat-syaratnya? Duh, memang banyak sekali yang harus lo ketahui, tapi riset dengan detail wajib banget lo lakukan!

2. Biaya kuliah dibayar siapa?

Setelah lo yakin dengan pilihan universitas dan jurusan lo, waktunya lo mencari bantuan dana. Seperti yang udah Zen singgung, kuliah di luar negeri nggak murah! Tidak cuma beasiswa dari dalam negeri seperti LPDP saja yang bisa kita ambil, banyak juga universitas yang menyediakan beasiswa bagi non-resident (bukan warga)! 

Pakai biaya orang tua juga tidak masalah kok, yang penting bisa memperlancar kuliah kamu!

3. Dokumen apa saja yang harus disiapkan?

Zen telah merangkum dokumen persyaratan yang paling sering muncul di laman pendaftaran, kuy dicatet!

  • Toefl/IELTS dan Tes Kemampuan Bahasa Lain

Zen, lebih baik TOEFL atau IELTS ya? Cek persyaratan dari universitas yang dituju, ya! Karena masing-masing berbeda. Ada pula yang mengharuskan sertifikat kemampuan bahasa asing lainnya seperti Bahasa Jepang, Bahasa Prancis dan lain-lain.

  • Legalisir Ijazah/Rapor

Yang ini penting untuk menunjukkan kemampuan lo di instansi sebelumnya, jangan sampai lupa!

  • Passport

Sudahkah lo memperpanjang passport? Atau jangan-jangan belom punya? Jangan berleha-leha, ayo cepat urusin!

  • CV/Resume

CV/Resume dan portofolio gak cuma penting untuk yang cari kerja aja! Jika lo masih duduk di bangku sekolah, CV bisa lo isi dengan kegiatan yang lo lakukan selama lo bersekolah.

Baca juga: Panduan Membuat CV

  • Nilai tes SAT/GMAT/GRE, dll.

SAT merupakan salah satu dari banyaknya ujian tes standarisasi yang digunakan sebagai syarat masuk universitas. Masing-masing negara memiliki tes standarisasi yang berbeda-beda. Ada juga universitas yang memiliki ujian standarisasi sendiri seperti University of Philippines yang menggunakan UPCAT. 

  • Aplikasi Beasiswa

Beberapa universitas mengharuskan lo transparan dengan dana yang lo dapatkan. Jadi, persiapkan bukti beasiswa, ya!

  • Personal Statement/Essay

Ini sering menjadi kewajiban dari berbagai kampus. Tidak semua essay itu sama, lo harus jeli dengan permintaan essay oleh universitasnya.

  • Recommendation letters

Ini merupakan dokumen yang nggak kalah penting, bos! Surat rekomendasi ini menunjukkan bahwa institusi pendidikan sebelumnya menilai lo pantas untuk melanjutkan studi ke luar negeri! 

Selain hal-hal diatas, mungkin saja universitas yang lo tuju punya persyaratan tambahan, lho! Memang kuliah di luar negeri itu tidak mudah, tapi kalau lo berhasil, rasanya akan sangat membanggakan. Nggak cuma buat diri lo sendiri, tapi juga orang tua lo, teman, dan juga negara!

Mau konsultasi langsung dengan tutor Zenius secara GRATIS? Simak terus KTTJ setiap hari sabtu jam 19.00!

Kuliah di Luar Negeri, Mulai Dari Mana? | KTTJ 45

Baca juga:

Takut Salah Pilih Jurusan? Hindari dengan 6 Tips Ini!

Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2021/2022 Terlengkap

Gap Year: Nunda Kuliah Setahun yang Bisa Sangat Berfaedah

Bagikan Artikel Ini!