Cara Mengatur Uang untuk Anak Sekolah

Cara Mengatur Uang untuk Anak Sekolah 49

Artikel ini diperuntukkan kepada anak sekolah yang sedang mencari cara mengatur uang sesuai dengan kebutuhannya. Apa aja sih caranya?

Cara Mengatur Uang untuk Anak Sekolah 50
Klik untuk menonton siaran ulang Zen15: Cara Mengatur Uang utuk Anak Sekolah secara gratis di aplikasi Zenius!

Pernah nggak sih orang tua kamu ragu untuk memberikan kamu uang? Atau mungkin tidak percaya pada kemampuan kamu untuk menabung? Zen punya tips untuk mengatur keuangan kamu agar kamu bisa hidup lebih hemat dan teratur, nih!

Bagaimana Membedakan Kebutuhan dan Keinginan Untuk Anak Sekolah?

1. Mengerti Kebutuhan dan Keinginan

  • Kebutuhan

Yang dimaksud dengan kebutuhan adalah hal-hal yang dapat membantu kamu terus hidup. Seperti kebutuhan makan, kebersihan, listrik, dan edukasi. Internet juga bisa dikategorikan sebagai kebutuhan, lho. Selama pandemi, kita lebih sering belajar daring daripada luring. Maka dari itu biasanya anak sekolah membutuhkan koneksi internet yang baik. Sebagai pelajar kamu harus memperhatikan kebutuhan utama kamu, ya.

  • Keinginan

Sekilas mirip dengan kebutuhan, bedanya keinginan adalah hal-hal yang membuat hidupmu lebih menyenangkan. Contoh, keinginan beli makanan mahal di restoran mewah bersama teman-teman, atau beli paket internet khusus gaming agar push rank tetap lancar. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan keinginan karena sebenarnya sebagai pelajar kamu nggak butuh hal-hal tersebut, tapi senang dong kalau bisa punya.

2. Punya Tujuan

Apa sih tujuan kamu menyimpan uang? Ada enggak barang yang bikin kamu tergiur? Berapa sih harga barang tersebut? Dengan tujuan, mengatur uang akan terasa lebih mudah karena kamu akan lebih was-was dengan uang yang kamu punya. Contoh, kamu mau banget beli PS5 terbaru, tapi malu dong kalo harus merengek ke ortu. Kamu bisa menjadikan PS5 sebagai tujuan akhir kamu. Dengan begitu, kamu bisa lebih cekatan dalam mengatur keuangan.

3. Tracking Pemasukan dan Pengeluaran.

Setelah kamu mendapatkan pemasukan, kamu harus mendata uang kamu dengan cermat. Setiap kamu melakukan pengeluaran, sebaiknya kamu catat dengan teliti. Kamu jadi tahu nih buat apa aja sih uang yang telah kamu keluarkan. Jadi enggak ada lagi deh pengeluaran ghoib.

4. Nabung Dulu, Senang Kemudian.

Menabung itu gak ada ruginya, lho. Yang rugi adalah saat kamu terkena hal yang tidak diinginkan dan kamu tidak punya uang untuk mengatasinya. Jangan sampai hal seperti itu kejadian, ya. Makanya, penting banget buat anak sekolah untuk memprioritaskan nabung ketimbang hiburan!

Tips Mengatur Uang Anti Kere Pasti Hore 

Cara untuk mengatur uang tidak cuma satu, guys. Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda. Maka dari itu cara berhematnya pun tergantung dengan preferensinya. Nah, berikut Zen sudah rangkum berbagai cara mengatur uang untuk anak sekolah!

Sebelum mulai, dicatat ya istilah dari rumusnya!

Ilustrasi Mengatur Uang
Mengatur uang itu mudah asal kamu tau caranya!

N (Need): Kebutuhan

W (Want): Keinginan

S (Save): Tabungan

1. Buat Yang Cari Aman

Cara Mengatur Uang untuk Anak Sekolah 51
Cara mengatur uang ini cocok untuk kebanyakan orang!

Kamu bisa membagi pemasukan kamu menggunakan konsep yang biasa disebut 50/30/20

N = 50.

50 persen uang kamu digunakan untuk kebutuhan penting yang kamu harus prioritaskan.

W = 30.

30 persen uang kamu disisihkan untuk keinginan kamu seperti kebutuhan sosial, hobi, hiburan, dan lain-lain. 

S = 20.

20 persen uang yang kamu punya dimpan untuk ditabung.

Ini cara yang mungkin paling sering ditemui untuk anak sekolah! Jadi bisa saja cara yang satu ini jodoh kamu juga!

Baca Juga: Cara Mudah Menghitung Persen

2. Buat Yang Pengen Hepi-Hepi

Cara Mengatur Uang untuk Anak Sekolah 52
Cara mengatur uang buat kau yang pengen hepi terus!

N = N.

Loh, kenapa cuma N? Karena yang N ini akan bergantung dengan jumlah kebutuhan kamu. Entah kamu ingin meminimalisir kebutuhan kamu, atau bahkan kamu bergantung kepada orang tua untuk memenuhi kebutuhan kamu. 

W = 90 – N.

Nah, setelah kamu  tahu jumlah kebutuhan kamu, kamu bisa mengurangi 90 persen dari kebutuhan mu dengan N. Jadinya, hampir keseluruhan uang yang kamu miliki akan digunakan untuk hiburan.

S = 10.

10 persen uang jajan kamu ditabung! Asumsinya, kamu tidak suka menabung karena kamu butuh uang agar bisa digunakan untuk membeli jasa atau barang yang membuat kamu hepi, nih.  Jadi kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung dengan jumlah yang paling sedikit.

3. Buat yang Berambisi Ke Depan

Cara Mengatur Uang untuk Anak Sekolah 53
Cara mengatur uang buat kamu yang fokus ke depan!

N = N.

Sama dengan tips sebelumnya, jumlah kebutuhan kamu tergantung pada kamu.

W = 10.

Berbeda dengan yang diatas, Zen berasumsi bahwa kamu tidak punya keinginan yang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang dalam waktu dekat. Jadi, kamu bisa menyisihkan sedikit uang untuk hiburan.

S = 90 – N.

Nah, karena kamu berpikir ke depan, kamu akan terdorong untuk mulai menyimpan uang yang dibutuhkan untuk masa yang akan datang. Kita tidak tahu kedepannya kita akan melalui rintangan apa saja, maka berjaga-jaga adalah langkah yang baik. Orang dengan pola pikir seperti kamu patut diacungkan dua jempol!

Itulah tiga cara mengatur uang yang cocok banget buat anak sekolah! Sobat Zenius sendiri pilih pakai cara yang mana?

Jangan lupa simak kelas Zen15 setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at. Gratis, lho!

Cara Mengatur Uang untuk Anak Sekolah 54
Segala informasi yang terkandung dalam artikel ini bersumber dari Zen15: Cara Mengatur Uang untuk Anak Sekolah.

Baca Juga:

Uang Kartal dan Giral: Pengertian, Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangannya

Penerapan Biaya Peluang (Opportunity Cost) Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kenapa nilai Rupiah merosot & Dolar naik terus sih?

 

Bagikan Artikel Ini!