Fakultas Ilmu Administrasi UB

Tips Masuk dan Jurusan di Fakultas Ilmu Administrasi UB

Tertarik berkuliah di Fakultas Ilmu Administrasi UB? Kalau iya, yuk, kita kulik bareng info jurusan, mata kuliah, akreditasi, sampai daya tampungnya!

Sobat Zenius, gue pengen tahu cerita elo yang punya kakak dan lagi cari-cari kerja. Coba deh, elo perhatiin. Tiap ada pembukaan rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), orang tua elo minta kakak elo daftar nggak, nih? Alasannya, masa depan kakak elo bakal terjamin lebih aman dan sejahtera jika menjadi seorang PNS.

Tapi, jalan menjadi seorang PNS tuh, nggak mudah. Seleksinya aja ketat banget, kan. Apalagi yang bekerja di instansi-instansi pemerintahan dapet tuntutan untuk lebih gesit terutama dalam melayani masyarakat.

Buat bisa survive di profesi tersebut, punya ilmu administrasi jadi modal penting, lho. Ilmu yang sudah ada sejak lama ini sangat membantu peradaban manusia. Contoh, dari hal kecil seperti sistem pendaftaran pasien di rumah sakit, sampai sistem pembukuan keuangan negara.  

Di Indonesia sendiri, sudah banyak kampus-kampus yang membuka program studi terkait ilmu Administrasi, salah satunya bisa elo temukan di Fakultas Ilmu Administrasi UB (Universitas Brawijaya).

Kira-kira elo penasaran nggak nih, sama fakultasnya? Kayak apa aja daftar jurusan di Fakultas Ilmu Administrasi UB atau UNBRAW dan gimana daya tampungnya? Daripada berlama-lama, langsung aja yuk, kita obrolin fakultas ini.

Tapi sebelum itu, lebih enak kalau kita kilas balik dulu sejarah dari Fakultas Ilmu Administrasi UB ini. Yuk, mari kita bahas dari awal!

Sejarah Fakultas Ilmu Administrasi UB

Kalau kita tarik dari sejarahnya, semua berangkat dari dibukanya Fakultas Administrasi Niaga (FAN) pada tanggal 15 September 1960 yang merupakan cikal bakal dari Fakultas Ilmu Administrasi UB.

Seiring berjalannya waktu, setahun kemudian tepatnya pada tanggal 11 Juli 1961, FAN bermetamorfosis menjadi Universitas Brawijaya yang terdiri dari 4 fakultas:

  • Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM)
  • Fakultas Ekonomi (FE)
  • Fakultas Administrasi Niaga (FAN)
  • Fakultas Pertanian (FP)

Sebelumnya pada tanggal 30 September 1962, Fakultas Administrasi Niaga sudah lebih dulu berganti nama menjadi Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan (FKK).

20 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1982, Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan lagi-lagi berganti nama untuk kedua kalinya.

Akhirnya, Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan pun secara resmi berganti nama menjadi Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) seperti yang kita kenal saat ini.

Map Kampus UB
Suasana kampus Universitas Brawijaya. (Dok. Universitas Brawijaya)

Baca Juga: UMPTN, SBMPTN, dan Nama Seleksi Masuk PTN dari Masa ke Masa

Daftar Jurusan Fakultas Ilmu Administrasi UB

Elo udah bisa lihat kan, panjangnya sejarah yang udah dilewati FIA UB? Setelah banyak ngelewatin perombakan di dalam institusi, bertambah juga jumlah program studi yang ditawarkan calon mahasiswa.

Kalau dijumlah, total ada 10 macam program studi di FIA UB yang tersebar di tiap jenjang mulai dari sarjana (S1), magister (S2), dan juga doktoral (S3).

Jurusan-jurusan di FIA UB
Total jurusan yang ada di FIA UB. (Arsip Zenius)

Tapi, karena elo masih akan berhadapan dengan UTBK, jadi gue bakal bahas yang di jenjang sarjana aja. Kalau elo udah sarjana, baru deh kita bisa ngobrol lagi tentang pascasarjana FIA UB, oke?

Jurusan Ilmu Administrasi Negara/Publik

Kayaknya, tiap denger kata “birokrasi”, banyak yang refleks mikir rumitnya regulasi di negara kita. Hal ini udah pernah diakui sendiri sama presiden kita, Pak Jokowi, sebagaimana dikutip dari laporan Tempo pada tahun 2020.

Pernyataan itu berdasarkan Global Complexity Index yang menempatkan Indonesia di urutan nomor satu! Artinya, regulasi dan birokrasi di Indonesia ditempatkan sebagai yang paling rumit di dunia. 

Setelah elo tahu ini, gimana reaksi elo? Angkat tangan atau justru pengin banget bisa bikin perubahan? Nah, ada jurusan kuliah yang cocok banget buat elo, yakni Jurusan Ilmu Administrasi Negara/Publik UB.

Di Universitas Brawijaya, jurusan ini terbagi lagi menjadi 3 program studi:

  • Program Studi Ilmu Administrasi Publik

Di prodi ini, elo bakal mendalami seluk beluk tentang pemerintahan, masyarakat, serta kebijakan publik. Simpelnya, elo akan mempelajari tentang sistem pemerintahan, pembuatan dan evaluasi dari kebijakan, pelayanan terhadap masyarakat, serta segala hal yang berkaitan dengan birokrasi.

Program studi ini terbagi lagi ke dalam 2 peminatan: 

1. Perencanaan Pembangunan 

2. Ilmu Administrasi Pemerintahan 

  • Program Studi Ilmu Perpustakaan

Elo suka baca buku? Tertarik merancang perpustakaan dari awal sampai akhir? Kalau iya, prodi ini cocok buat elo. Di prodi Ilmu Perpustakaan, elo akan dapat pendidikan manajerial di lingkup perpustakaan.

Nggak cuma itu, elo juga akan belajar gimana cara mengelola berbagai jenis lembaga informasi seperti pusat informasi, pusat dokumentasi, bahkan museum.

Soalnya, di sini elo akan mempelajari kompetensi buat mengelola berbagai macam sumber daya informasi seperti bahan pustaka, arsip, data, dokumen, pengetahuan, dan berbagai jenis informasi lainnya.

  • Program Studi Administrasi Pendidikan

Kalau elo tertarik terjun ke dunia pendidkan tapi nggak mau jadi pengajar atau guru, mungkin prodi ini bisa elo jadikan opsi.

Di prodi ini, elo akan mempelajari seluruh proses dalam industri pendidikan mulai dari perencanaan, pengarahan, pengawasan, hingga pembiayaan. Semua itu dilakukan dengan memanfaatkan SDM yang ada agar pendidikan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Contoh gampangnya adalah para ibu dan bapak yang bekerja di ruang TU (Tata Usaha) suatu sekolah. 

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis/Niaga

Kedua, ada Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis/Niaga UB. Jurusan ini cocok buat elo yang mau berkecimpung di dunia bisnis atau yang berhubungan dengan cuan, nih

Sama seperti Jurusan Ilmu Administrasi Publik/Negara, jurusan ini pun terbagi lagi menjadi 3 program studi:

  • Program Studi Administrasi Bisnis

Prodi ini tepat untuk elo yang bercita-cita menjadi businessman atau entrepreneur. Di sini, elo bakal diajarin segala hal yang berhubungan dengan kegiatan operasional suatu bisnis atau perusahaan.

Elo bakal diajarkan untuk mengelola pemasaran, produksi, sumber daya manusia, hingga keuangan.

Prodi ini memiliki hingga 5 peminatan, lho. Ada apa saja?

1. Manajemen Sistem Informasi

2. Manajemen Sumber Daya Manusia

3. Manajemen Keuangan

4. Manajemen Pemasaran

5. Bisnis Internasional

  • Program Studi Perpajakan

Kalau elo termasuk orang yang suka hitung-hitungan, prodi ini barangkali bisa elo jadikan pilihan.

Sesuai dengan namanya, di prodi ini elo bakal banyak belajar tentang pajak dan peraturannya, mulai dari Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Penghasilan, hingga Pajak Pertambahan Nilai. Untungnya nggak belajar tentang Pajak Jadian ya? hehe.

Selain itu, elo juga bakal belajar tentang cara ngitungnya lewat ilmu Akuntansi. Jadi, siap-siap aja, ya!

  • Program Studi Pariwisata

Ini sih, udah jelas prodi yang cocok buat elo yang suka jalan-jalan!

Akan tetapi, kuliah di prodi ini isinya bukan cuma jalan-jalan lho, ya. Banyak hal yang perlu elo pelajari mulai dari aspek perhotelan, manajemen destinasi wisata, hingga tour and travel.

Selain yang berhubungan dengan destinasi wisata, di prodi ini juga elo bakal banyak belajar banyak bahasa. Ditambah aspek-aspek lain yang menunjang pariwisata seperti hukum pariwisata dan juga ekonomi pariwisata.

Jadi, udah nentuin belum mau masuk jurusan yang mana? Kalau udah, sekarang kita liat passing grade-nya, yuk!

Baca Juga: Seleksi Mandiri: Jalur Alternatif Masuk PTN

Daya Tampung Fakultas Ilmu Administrasi UB

Sebagai salah satu kampus favorit di Indonesia, UNBRAW atau UB  tentunya menjadi tujuan dari banyak calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya.

Untuk menjadi mahasiswa di sana, setidaknya ada 3 jalur nih yang bisa elo lalui, yaitu melalui SNMPTN (undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan Seleksi Mandiri (Selma) UB.

Tapi sebelum itu, elo harus tau dulu nih, kira-kira  tingkat persaingan jurusan yang elo mau itu seketat apa? Terus, cara taunya gimana?

Elo bisa cek daya tampung dan juga jumlah peminat di jurusan itu pada tahun-tahun sebelumnya. Khusus untuk jurusan di Fakultas Ilmu Administrasi UB, gue udah bikin  tabelnya di bawah ini:

Daya tampung jurusan di Fakultas Ilmu Administrasi UB
Tingkat persaingan jurusan di Fakultas Ilmu Administrasi UB. (Arsip Zenius)

Nah, terus perihal passing grade gimana?

Jadi gini, sebenarnya universitas itu nggak pernah lho, ngasih data-data terkait passing grade buat masuk ke fakultas atau jurusan yang mereka punya.

Makanya, kalau elo tiba-tiba dikasih atau dapet data terkait passing grade, jangan langsung percaya dan menjadikan itu sebagai patokan, ya. Bisa jadi data-data tersebut palsu dan malah merugikan perjuangan elo.

Lagi pula, data peminat dan jumlah yang diterima di sebuah jurusan itu udah lumayan membantu kok, buat elo ngebayangin seketat apa fakultas atau jurusan yang elo mau. Jadi, elo tinggal fokus belajar aja deh buat ujiannya nanti.

Baca Juga: Informasi Perkuliahan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Tips Masuk Fakultas Ilmu Administrasi UB

Setelah semua seluk beluk tentang FIA UB elo ketahui, sekarang tinggal gimana caranya supaya elo bisa keterima jadi mahasiswa di sana.

Untuk itu, gue udah menyiapkan beberapa tips dan trik nih biar elo bisa keterima. Elo bisa maksimalin peluang elo dengan cara-cara ini.

  1. Up to date dengan segala informasi tentang Universitas Brawijaya

Hal ini supaya elo nggak ketinggalan info apapun terkait penerimaan mahasiswa baru. Mulai dari pendaftaran, jadwal tes, lokasi tes, jumlah yang diterima, dan lain-lain. Dengan begitu, elo sudah selangkah lebih maju dibanding saingan elo yang lain.

  1. Atur strategi

Jika ujian diibaratkan adalah sebuah perang, maka menganalisis medan pertempuran sangatlah penting untuk memenangkan perang tersebut.

Bentuk analisis bisa berupa seperti menganalisis apa contoh soal yang sering ditanyakan. Hal itu kemudian dapat membuat strategimu menjadi lebih efektif dan juga efisien.

  1. Belajar dan banyak latihan

Kalau informasi sudah kekumpul, terus strategi juga sudah tersusun, langkah selanjutnya yang harus elo lakuin adalah belajar!

Pelajari semua yang sudah elo persiapkan, nggak lupa juga dibarengi dengan banyak-banyak latihan soal. Karena percuma kan, belajar mulu tapi nggak pernah dites?

Nah, berhubung UTBK sebentar lagi, gue udah siapin playlist belajar buat elo, nih. Manasin otak mepet hari H nggak ada salahnya kan, ya. Langsung tonton aja video pembelajaran yang ada di Zenius melalui link di bawah ini.

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Nah, kalau elo bingung mau latihan soal di mana atau elo udah kehabisan soal-soal, elo bisa nih ikut try out bareng Zenius dengan klik banner di bawah. Yuk ah, buruan!

Tips Masuk dan Jurusan di Fakultas Ilmu Administrasi UB 9

Baca Juga: Selma UB 2021: Ingin Masuk Universitas Brawijaya? Yuk Ikut Seleksi Mandiri SMUB 2021!

Oke, jadi segitu dulu yang bisa gue obrolin sama elo terkait Fakultas Ilmu Administrasi UB, semoga setelah baca ini elo jadi makin semangat belajar supaya bisa jadi mahasiswa Universitas Brawijaya. Aamiin!

Referensi:

Akui Birokrasi Rumit, Jokowi Serukan Reformasi Struktural untuk Sokong UMKM – Tempo (2020)

Informasi Fakultas Ilmu Administrasi UB

Bagikan Artikel Ini!