Informasi Perkuliahan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Informasi Perkuliahan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Tertarik mendaftar ke Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB)? Cari tahu info lengkapnya dari akreditasi, prospek kerja, peminatan, hingga daya tampung.

Sobat Zenius, elo pernah bertanya-tanya nggak kenapa Jurusan Hukum nggak pernah sepi peminat? Soalnya, setiap tahun jurusan ini selalu ramai pendaftar. Bahkan, peminatnya itu nggak cuma anak IPS aja, lho, tapi banyak juga yang lintas jurusan seperti anak IPA. 

Nggak terkecuali pendaftar jurusan di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB), nih. Pada tahun 2021, pendaftar Jurusan Ilmu Hukum di FH UB mencapai 3.623 orang!

Kalau dipikir-pikir, nyaris semua kehidupan kita memang nggak terlepas dari urusan hukum. Dari naik-turunnya harga cabe yang elo biasa beli di pasar sampai subsidi biaya SPP di sekolah. Semua itu adalah bagian dari produk hukum. 

Makanya, wajar banget ya, kalau lulusan Jurusan Hukum banyak dibutuhkan. Semakin banyak deh, yang mengincar jurusan ini. 

Nah, apakah hukum itu hanya soal membuat aturan kebijakan? Gimana kalau target karier elo di masa depan menjadi pengacara, yang berarti harus tahu cara membela diri di depan hukum? 

Wih, tenang. Gue mau mengajak elo berkenalan dengan, FH UB lebih jauh. Fakultas ini salah satu Fakultas Hukum terbaik di Indonesia, lho. Yuk, langsung aja simak info selengkapnya!

Mengenal Sejarah Fakultas Hukum UB

Fakultas Hukum UB telah berdiri sejak 1 Juli 1957 nih, guys. Tapi, saat itu namanya masih Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM). 

Kemudian pada 1 Juli 1960, PTHPM secara resmi telah menjadi bagian dari Universitas Kotapraja Malang. 

Nah, Universitas Kotapraja Malang inilah yang menjadi cikal bakal Universitas Brawijaya yang kita kenal sekarang. Sebab, pada tahun 1961, Universitas Kotapraja Malang berganti nama menjadi Universitas Brawijaya. 

Seiring perkembangan zaman, saat ini FH UB sudah memiliki lima program studi, yaitu:

  • Program Studi Sarjana Ilmu Hukum (S1)
  • Magister Ilmu Hukum (S2)
  • Magister Kenotariatan (S2)
  • Doktor Ilmu Hukum (S3)
  • Doktor Ilmu Hukum (S3) yang berada di kampus UB Jakarta. 

Jurusan S1 di Fakultas Hukum UB

Sesuai dengan namanya, di Jurusan Hukum pastinya elo akan belajar berbagai aspek hukum. Mulai dari dasar-dasar ilmu hukum, hingga belajar cara menyelesaikan kasus. 

Sebagai contoh, elo pasti sering dengar tentang hukum pidana atau hukum perdata, kan? Nah, nanti elo akan belajar tuh kenapa sih, seseorang bisa dipidanakan atau kenapa bisa diperdatakan.

Yang sering menjadi pertanyaan kebanyakan orang, Jurusan Hukum tuh harus hafal semua pasal nggak, sih? Jawabannya, nggak, ya! 

Tapi, seiring berjalannya waktu perkuliahan, lama kelamaan elo pasti hafal dengan sendirinya. Karena, elo akan terpapar materi pasal-pasal hukum setiap hari selama jadwal kuliah. 

Jadi, buat elo yang takut disuruh hafalin pasal kalau masuk ke Jurusan Hukum, nggak perlu khawatir lagi, ya!

Meskipun cuma ada jurusan S1 di Fakultas Hukum UB, pilihan konsentrasinya nggak main-main, lho! Mahasiswa bisa memilih salah satu dari 9 konsentrasi yang ada di Jurusan Ilmu Hukum FH UB. 

Setelah itu, tiap mahasiswa bakal dapetin mata kuliah yang berbeda-beda sesuai pilihan konsentrasi. Nah, gue udah merangkum 9 mata kuliah konsentrasi yang bisa elo pilih apabila sudah masuk ke Fakultas Hukum UB.

  • Konsentrasi Hukum Internasional
  • Konsentrasi Hukum Tata Negara
  • Konsentrasi Hukum Administrasi Negara
  • Konsentrasi Hukum Pidana
  • Konsentrasi Hukum Keperdataan
  • Konsentrasi Hukum Perdata Bisnis
  • Konsentrasi Hukum Agraria
  • Konsentrasi Hukum Perburuhan
  • Konsentrasi Hukum Islam
Mata kuliah konsentrasi program S1 FH UB.
Mata kuliah konsentrasi program S1 FH UB. (Arsip Zenius)

Baca Juga: Syarat Masuk, Akreditasi, dan Peminatan di Fakultas Hukum UI

Daya Tampung Fakultas Hukum UB

Yang paling penting ketika memilih fakultas, yaitu elo harus tahu dulu daya tampung dari tiap jurusan di fakultas tersebut. Nah, buat elo yang berminat masuk ke Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum UB, berikut ini kuota penerimaan buat mahasiswa baru, ya.

Daya tampung Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB)
Daya tampung Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. (Arsip Zenius)

Akreditasi Fakultas Hukum UB

Lalu, bagaimanakah dengan akreditasi Fakultas Hukum UB? Saat ini, FH UB sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT. 

Nggak cuma itu aja, FH UB juga telah mendapat sertifikasi AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance). Gimana? Keren banget, kan?

Baca Juga: Jalur Seleksi & Info Jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Jalur Penerimaan Fakultas Hukum UB

Sama dengan kampus-kampus lainnya, Fakultas Hukum UB juga membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu SNMPTN (jalur undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), Seleksi Mandiri (SMUB), dan Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas (SMPD).

jalur seleksi mahasiswa baru FH UB
Jalur penerimaan mahasiswa baru FH UB. (Arsip Zenius)

Gelar dari Fakultas Hukum UB

Untuk mendapatkan gelar sarjana hukum dari Fakultas Hukum UB, elo perlu menyelesaikan beban studi sebanyak 144-160 SKS. 

Ya, kalau dihitung-hitung sih, elo membutuhkan sekitar 7 sampai 14 semester untuk lulus. 

Nah, ketika elo udah menyelesaikan studi S1 ilmu Hukum di UB, maka elo akan mendapat gelar sarjana hukum (S.H.) 

Prospek Karier Lulusan Fakultas Hukum UB

Terus gimana nih, dengan prospek karier lulusan Fakultas Hukum UB? 

Nah, kalau ngomongin peluang kerja lulusan hukum, pastinya banyak banget nih, guys. Misalnya saja, elo bisa kerja di instansi pemerintahan sebagai aparatur sipil negara atau sebagai karyawan BUMN.

Bagi elo yang punya cita-cita jadi hakim atau jaksa juga bisa nih, bekerja sebagai hakim atau jaksa ketika sudah lulus nanti. 

Satu profesi lagi yang juga jadi banyak tujuan utama mahasiswa Jurusan Hukum, yakni advokat atau pengacara. Yap, profesi ini memberi elo kesempatan untuk membantu orang-orang yang tersangkut kasus hukum. Ranah pekerjaannya pun sangat luas. Elo bisa berpraktik sebagai pengacara kasus pidana maupun perdata. 

Hanya saja, untuk mendapat izin praktik sebagai pengacara, elo masih harus menjalani Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA). Setelahnya, elo juga harus lulus ujian advokat, nih.  

Baca Juga: Info Kuliah dan Jurusan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Oke, segitu dulu ya, informasi tentang Fakultas Hukum UB yang bisa gue kasih. 

Sekarang, tinggal elo belajar seserius mungkin, ya. Apalagi, pelaksanaan UTBK tinggal sebentar lagi, nih! atih kemampuan elo dengan menonton video-video pembelajaran yang ada di Zenius. 

Persiapan UTBK bareng Zenius

Selain itu, bersiap juga buat ujian mandiri, ya. Karena nggak ada yang menjamin seseorang bisa langsung lolos diterima PTN dalam sekali percobaan. Mau nggak mau, ya, harus ikut jalur lainnya. Tenang, Zenius udah sediain soal-soal try out ujian masuk universitas yang bisa elo kerjakan secara online. Langsung klik aja banner di bawah ini!

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Referensi:

Pedoman Pendidikan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya – hukum.ub.ac.id

SELMA UB – selma.ub.ac.id

Bagikan Artikel Ini!