Info lengkap Jurusan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Info Kuliah dan Jurusan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Mau kuliah di bidang bisnis? Yuk, simak informasi lengkap Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM (FEB UGM) mulai dari perkuliahan, akreditasi, hingga jalur masuknya!

Kalau ngomongin soal jurusan kuliah yang menjanjikan, pastinya semua jurusan punya peluang ngasih prospek kerja yang oke. Tapi, kalau sudah menyangkut soal bisnis dan ekonomi, jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis jadi salah satu pilihan paling tepat, nih. Termasuk Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM (Universitas Gadjah Mada).

Pilihan jurusan FEB UGM lumayan lengkap, lho. Patut banget buat elo pertimbangkan, nih. 

Apalagi, dengan semakin menjamurnya bisnis baru, tentunya kebutuhan akan ahli di bidang ini juga besar. 

Yuk, langsung simak aja info-info penting seputar FEB UGM!

Kenalan dengan FEB UGM

Elo tahu nggak nih, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM sudah berdiri sejak tahun 1958. Karena itu, FEB jadi fakultas di bidang ekonomi ke-3 di Indonesia. 

Awalnya, fakultas ini berdiri sebagai jurusan di Fakultas Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik UGM (Fakultas HESP). Tapi, untuk pengerucutan ilmu secara spesifik, Fakultas HESP dipecah menjadi tiga fakultas.

Ada Fakultas Hukum, Fakultas Sosial dan Politik, serta Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Di artikel kali ini, kita akan kupas tuntas Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dulu, ya!

Fakultas yang satu ini menawarkan tiga jurusan yang bisa elo pilih saat mendaftar nanti, nih. Jurusannya sendiri bisa elo liat di bawah ini!

Daftar Program Studi FEB UGM
Daftar Program Studi FEB UGM

Eits, nggak cuma itu saja jenjang pendidikannya, lho. Selain program sarjana, ada juga program magister dan doktoral buat elo yang mau belajar ke jenjang lebih tinggi.

Atau elo kepikiran untuk belajar ke luar negeri, tapi belum menemukan peluangnya? Nggak usah khawatir, soalnya di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM juga ada Program Sarjana Internasional (IUP) nih.

Wah, apa tuh? Seperti namanya, program IUP FEB UGM ini menggunakan standar sekolah bisnis internasional. Yap, seluruh pembelajarannya akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Nggak cuma itu aja, elo juga punya kesempatan untuk ikut program double degree atau bahkan student exchange, lho!

Menarik banget, ya? Sekarang, kita lanjut kenalan sama program studi/jurusannya buat memantapkan pilihan elo, ya!

Baca Juga: Program Studi dan Syarat Masuk Fakultas Kehutanan UGM

Program Studi Akuntansi

Tanpa sadar, secara nggak langsung kita sudah menerapkan ilmu akuntansi dalam keseharian, lho. Coba nih, ketika mendapatkan uang jajan, ada saatnya elo nggak langsung menghabiskannya begitu saja, kan? Apalagi kalau nominalnya lumayan besar. Bakal hati-hati banget nih, sebelum membelanjakannya.

Pasti ada perencanaan untuk apa uang tersebut akan digunakan. Mungkin elo juga bikin perhitungan keluar-masuknya uang jajan yang akan elo terima.

Jurusan Akuntansi FEB UGM
Ilustrasi Akuntansi FEB UGM (Ilustrasi arsip Zenius)

Nah, kurang lebih ilmu akuntansi seperti itu. Bedanya, di akuntansi dunia bisnis skalanya lebih besar. Selain mencatat pengeluaran dan pemasukan, elo juga akan belajar seputar penulisan laporan keuangan, mengontrol dan menganalisa laporan keuangan, sampai belajar cara audit, lho. 

Jadi, kalau ada yang bilang akuntansi itu mudah, wah, salah banget!

Eits, tapi biarpun terdengar kompleks, elo nggak perlu overthinking. Soalnya, di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, elo akan diajarkan mulai dari teori, konsep, prinsip, hingga rumus-rumusnya!

Program Studi Ilmu Ekonomi

Misalnya, setiap minggu elo mendapatkan uang jajan sebesar Rp100.000 untuk ongkos sekolah serta jajan di kantin. Dengan uang yang dimiliki, kira-kira bagaimana elo akan mengelolanya supaya bisa mendapatkan keuntungan atau memaksimalkan penggunaan uang tersebut? 

Nah, kalau elo suka akan hal-hal teoritis dan menganalisis masalah, program studi yang satu ini bakalan pas banget. Soalnya, di Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, elo akan banyak belajar soal bagaimana memecahkan masalah ekonomi makro dan mikro. Serta memanfaatkan sumber daya yang minim, semaksimal mungkin kayak perihal jajan tadi.

Selain itu, di Program Studi Ilmu Ekonomi FEB UGM ada banyak turunan ilmu ekonomi yang jadi cakupannya. Di antaranya ekonomi pembangunan, ekonomi bisnis, ekonomi moneter, ekonomi publik, dan ekonomi internasional.

Baca Juga: Fakultas Geografi UGM – Daftar Jurusan dan Daya Tampungnya

Program Studi Manajemen

Yang pernah menjadi sekretaris kelas, mungkin bisa relate dengan jurusan yang satu ini, nih. Kalau di kelas biasanya mengelola kegiatan dan perlengkapan kelas, ilmu manajemen di perkuliahan skalanya akan jauh lebih besar, lho. 

Tapi, apa yang dipelajari di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, ya? Di Program Studi Manajemen, elo nggak cuma belajar soal mengelola bisnis, tapi juga mengatur strategi bisnis, menerapkan manajemen keuangan, pemasaran, operasi, dan manajemen strategis, sampai sumber daya manusia.

Wah, paket lengkap banget ya, jurusan yang satu ini? Elo akan belajar juga soal akuntansi dan ilmu ekonomi meskipun hanya dasar-dasarnya. Makanya, elo bisa pertimbangkan jurusan ini kalau pengin belajar ilmu bisnis dan ekonomi secara luas.

Akreditasi FEB UGM

Soal kualitas, fakultas yang satu ini bisa dibilang salah satu yang terbaik, deh. Ketiga jurusan FEB UGM sudah terakreditasi Unggul dari BAN-PT, lho. 

Nggak cuma sampai situ, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM juga sudah diakui  secara internasional. Hal ini didukung dengan akreditasi AACSB atau the Association to Advance Collegiate Schools of Business.

Lembaga ini merupakan lembaga akreditasi sekolah bisnis tertua di dunia berbasis di Amerika Serikat. Saat ini hanya sekitar 5% dari ribuan sekolah bisnis di seluruh dunia yang berhasil mendapatkan akreditasi AACSB dan FEB UGM salah satunya!

Baca Juga: 25 Urutan PTN Terbaik di Indonesia Versi Unirank, UGM Peringkat Satu!

Daya Tampung FEB UGM

Gue yakin banget deh, pasti makin nggak sabar kan buat jadi mahasiswa di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM? Tenang, tenang, makanya mulai sekarang mending elo mulai siapin strategi belajar untuk kelompok ujian soshum, ya. Yap, fakultas ini berada di ranah soshum, ya.

Selain itu, gue juga udah siapin infografis daya tampung tiap jurusan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Elo langsung cek aja, ya.

Daya Tampung FEB UGM
Daya Tampung FEB UGM

Jangan lupa juga untuk kenalin seluk-beluk pendaftaran masuknya, kayak syarat, jadwal pendaftaran, sampai materi ujian. Zenius punya panduan lengkap UM UGM di link berikut.

Panduan Lengkap UM UGM

Tambah lagi persiapan elo dengan mengerjakan latihan-latihan soal asli UM UGM tahun lalu. Elo bisa download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, dan tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Ikutan try out Zenius juga, yuk! Banyak keuntungan yang elo dapet dari ikutan try out, mulai dari menguji pemahaman sampai membiasakan diri sama atmosfer ujian yang semirip aslinya. Langsung klik banner di bawah ini, ya!

Info Kuliah dan Jurusan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM 9

Referensi:

Sejarah Pendirian FEB UGM

(https://feb.ugm.ac.id/id/profil/sejarah-pendirian)

Program Sarjana FEB UGM (https://feb.ugm.ac.id/id/pendidikan/program-studi/program-sarjana)

Akreditasi FEB UGM

(https://feb.ugm.ac.id/id/pendidikan/akreditasi)

Bagikan Artikel Ini!