Seleksi Mandiri ITS | SMITS 2021 dari Jadwal, Syarat, dan Informasi Pendaftaran

Seleksi Mandiri ITS: Jadwal, Syarat, dan Informasi Pendaftaran

Artikel ini membahas tentang link, jadwal, syarat, dan alur pendaftaran Seleksi Mandiri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) atau SMITS 2021.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka penerimaan calon mahasiswa baru untuk jalur Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) di tahun ajaran 2020/2021 ini.

Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Tiga Jalur Penerimaan SMITS 2021

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membagi jalur penerimaan calon mahasiswanya melalui SKMP. SKMP tersebut adalah singkatan dari Seleksi Kemitraan, Mandiri dan Prestasi.

Baca Juga: Jadwal Ujian Mandiri 2021: UI, Undip, Unair, ITS, dan IPB

Berikut ini adalah penjelasan SKMP tersebut.

Seleksi Kemitraan

Seleksi Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.

Seleksi Mandiri

Seleksi Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Seleksi Prestasi

Seleksi Prestasi diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan mempunyai prestasi atau penghargaan pada kegiatan seperti dibawah ini:

– Juara lomba tingkat provinsi, nasional dan internasional
– Olimpiade Sains
– Lomba Karya Ilmiah
– Olahraga
– Seni
– Ketua OSIS
– Penghafal Kitab Suci

Seleksi Mandiri ITS | SMITS 2021 dari Jadwal, Syarat, dan Informasi Pendaftaran
Seleksi Mandiri ITS dari Jadwal, Syarat, dan Informasi Pendaftaran dari Zenius Education

Program Studi dan Daya Tampung SMITS 2021 atau SKMP di ITS

Jalur SKMP atau SMITS 2021 ini memang dibuka untuk semua program studi sarjana dan juga sarjana terapan yang diselenggarakan oleh ITS. ITS juga menerima calon mahasiswa dan non-eksakta untuk program studi:

– Desain Produk Industri
– Desain Interior
– Desain Komunikasi Visual
– Perencanaan Wilayah dan Kota

Ada syarat yang harus dipenuhi dari program studi di atas, yaitu harus mempunyai nilai UTBK SAINTEK / TKA SAINTEK.

Untuk program studi Manajemen Bisnis dan Studi Pembangunan, calon mahasiswa harus mempunyai nilai UTBK SOSHUM / TKA SOSHUM.

Di bawah ini adalah daftar lengkap fakultas beserta daya tampung pada masing-masing program studi di SMITS 2021.

Program Studi dan Daya Tampung SMITS 2021 atau SKMP di ITS 2021
Program Studi dan Daya Tampung SMITS 2021 atau SKMP di ITS 2021

Program Joint Degree dan International Undergraduate Program (IUP) ITS 2021

Jalur SKMP atau SMITS 2021 juga membuka peluang bagi teman-teman yang ingin mengambil program joint degree atau IUP. Sebelumnya kalian udah tau belum apa itu Program Join Degree dan IUP? Ini dia penjelasannya.

Joint Degree

Joint degree program atau Program Gelar Bersama adalah program kerja sama antara dua universitas yang menghasilkan satu gelar pada program studi dan jenjang yang sama.

International Undergraduate Program (IUP)

IUP merupakan program double degree S-1 yang ada di ITS. Dalam program ini, wisudawan tidak hanya menyandang Gelar Sarjana dari ITS, namun juga menyandang gelar dari Universitas luar negeri yang telah bekerja sama dengan ITS.

Di bawah ini adalah daftar lengkap fakultas beserta daya tampung pada masing-masing program studi di SMITS 2021 untuk Program Joint Degree dan International Undergraduate Program (IUP).

Program Join Degree dan IUP ITS 2021
Program Join Degree dan IUP ITS 2021

Persyaratan Khusus di Beberapa Prodi

Untuk kamu yang belum tau, ada beberapa program studi (prodi) yang sangat memerlukan suaru kompetensi spesifik yang terkait dengan kondisi mata.

Berikut di bawah ini dapat kamu perhatikan beberapa program studi di ITS yang mewajibkan calon mahasiswa yang diterima untuk memenuhi persyaratan kompetensi dan akan segera dilakukan cek kesehatan seperti tes buta warna pada saat proses daftar ulang.

Biaya Pendidikan Jalur Mandiri SKMP ITS / SMITS 2021

Uang Kuliah

Jika kamu nanti berhasil lolos dengan melalui jalur SKMP ITS / SMITS 2021 ini, biaya yang kamu harus keluarkan per semester akan dibagi menjadi 3 kategori dan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa.

Indeks kemampuan ekonomi orang tua ditentukan pada saat daftar ulang. Kategori dan tarid Uang Kuliah dapat dilihat di bawah ini.

– Kategori 1: Rp. 7.500.000
– Kategori 2: Rp. 10.000.000
– Kategori 3: Rp. 12.500.000

Uang kuliah di atas berlaku untuk semua program studi ya, kecuali:

– Program Kelas Internasional (IUP): Rp. 25.000.000
– Program Joint Degree:
– Joint Degree Teknik Sistem Perkapalan: Rp. 20.000.000
– Joint Degree Teknik Perkapalan: Rp. 30.000.000
– Joint Degree Teknik Mesin: Rp. 30.000.000

Uang Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)

Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) untuk jalur mandiri SMITS 2021 yang dibayarkan sekali selama terdaftar sebagai mahasiswa dan/atau mahasiswi.

Bagi pendaftar yang diterima melalui seleksi Prestasi tidak dikenakan kewajiban membayar SPI ya. SPI tiap program studi ditentukan dan dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini:

Persyaratan Khusus di Beberapa Program Studi ITS 2021
Persyaratan Khusus di Beberapa Program Studi ITS 2021

Pendaftaran Jalur Mandiri ITS

Untuk kamu yang berminat masuk ke ITS melalui jalur mandiri, hal-hal di bawah ini harus kamu perhatikan ya:

Persyaratan dan Ketentuan SKMP ITS / SMITS 2021

1. Pendaftar adalah siswa SMA/MA/SMK-sejenis lulusan 2019, 2020, atau 2021 yang telah memiliki no peserta UTBK atau no peserta ujian Kemampuan Akademik ITS.

2. Bagi pendaftar yang salah satu pilihan prodinya adalah Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual atau Desain Interior DIHARUSKAN mengunggah PORTOFOLIO.

3. Bagi pendaftar yang akan mendaftar melalui Seleksi Kemitraan, selain persyaratan di atas, juga berlaku ketentuan sebagai berikut:

– Pendaftar adalah utusan instansi mitra yang tercantum dalam daftar mitra ITS. Daftar mitra ITS adalah mitra yang telah melakukan kerjasama dengan ITS yang ditandai dengan adanya MoU dan MoA antara mitra dengan ITS.

– Setelah melakukan pendaftaran, peserta harus mengirimkan bukti pendaftaran kepada instansi terkait, selanjutnya instansi tersebut DIWAJIBKAN mengirimkan rekap calon peserta SKM yang direkomendasikan melalui laman berikut : link paling lambat 1×24 jam setelah batas akhir pendaftaran.

– Pendaftar yang namanya tidak masuk dalam “Daftar peserta yang direkomendasikan instansi mitra ITS” tidak dianggap sebagai peserta Program Kemitraan.

4. Bagi pendaftar Seleksi Prestasi DIHARUSKAN mengunggah bukti sertifikat prestasi dan penghargaan.

Tata Cara Pendaftaran SKMP ITS / SMITS 2021

Buat kamu yang berminat, pendaftaran SKMP tahun 2021 akan dilakukan secara online melalui web ITS yaitu https://smits.its.ac.id/.

Untuk tata cara pendaftaran Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi (SKMP):

1. Melalui web ITS https://smits.its.ac.id dan memilih menu Pendaftaran Online » Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi, kemudian melakukan pendaftaran KAP, PIN dan Kode Pembayaran.

Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid. Selanjutnya calon peserta mendapatkan slip pembayaran yang dikirim melalui email berisi Kode Pembayaran, KAP dan PIN.

Kode Akses Pendaftaran (KAP) sepanjang 12 digit, PIN Pendaftaran sepanjang 16 digit, dan Kode Pembayaran sepanjang 18 digit.

PERHATIAN: KAP dan PIN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja setelah dilakukan pembayaran.

Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.

2. Dengan menggunakan Kode Pembayaran, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000 atau Rp. 1.000.000 (bagi pendaftar yang memilih prodi IUP) melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN.

(Perhatian: Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun).

– Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BNI Syariah dapat dilihat pada link https://smits.its.ac.id/docs/pembayaran_mandiri_bni_bri_bni_syariah_upd.pdf.

– Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri Syariah dapat dilihat pada link ini https://smits.its.ac.id/docs/pembayaran_mandiri_syariah.pdf

3. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) di website https://smits.its.ac.id dan memilih menu Pendaftaran Online » Seleksi Kemitraan dan Mandiri.

Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:

– Slip pembayaran.
– Nomer peserta UTBK atau nomer peserta ujian Kemampuan Akademik ITS
– Nilai rapor semester 1 s/d 6
– Nilai rapor yang dimasukkan adalah nilai pengetahuan.
– Nilai matematika yang dipakai adalah matematika peminatan (bagi siswa IPS nilai matematika yang dipakai adalah matematika wajib).
– Deskripsi Diri (1 halaman A4 berisi penjelasan tentang prestasi, keaktifan di masyarakat, ketrampilan, atau keunggulan yg dimiliki oleh calon mahasiswa).
– Bukti Prestasi (bila ada)
– Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (bagi pendaftar yang memilih prodi IUP)
– File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 500 KB.

4. Calon peserta harus melakukan Login dengan memasukkan PIN dan KAP yang tercantum dalam slip pembayaran.

5. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS.

6. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.

7. Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 4 (empat) program studi dari daftar program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan).

8. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.

9. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.

Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi (SKMP) tahun 2021.

Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa untuk daftar ulang bila diterima nantinya.

Jadwal Jalur Mandiri SKMP ITS / SMITS 2021

Untuk kamu yang berminat mengikuti SMITS 2021 ini, ini adalah jadwal yang telah ditetapkan mengutip dari laman website ITS:

– Pendaftaran SKMP: 8 Mei – 16 Juni 2021
– Pengumuman Hasil SKMP: 2 Juli 2021
– Pendaftaran Ulang: 5 – 7 Juli 2021

Syarat Pendaftaran Ulang Jalur Mandiri SKMP ITS / SMITS 2021

Untuk kamu para calon mahasiswa dan mahasiswi yang dinyatakan lulus SKP diwajibkan banget untuk segera melakukan pengisian data secara online dengan cara mengisi biodata dan juga mengunggah dokumen yang disyaratkan melalui laman website https://sipmaba.its.ac.id dan melakukan daftar ulang.

Untuk persyaratan dan prosedur pengisian data sipmaba dan daftar ulang, nanti akan di informasikan pada saat pengumuman hasil SKMP keluar.

Jadwal Pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik (TKA)

Untuk kamu yang berminat, kamu bisa cek pendaftaran TKA yang dijadwalkan akan dibuka tanggal 3 Mei – 15 Juni 2021 (pendaftaran akan di tutup jika kuota tes telah terpenuhi).

TKA akan dilakukan dalam beberapa gelombang dengan jadwal sebagai berikut:

– Gelombang 1: 2 – 3 Juni 2021
– Gelombang 2: 7 – 10 Juni 2021
– Gelombang 3: 14 – 17 Juni 2021
– Gelombang 4: 19 – 20 Juni 2021

Informasi Kontak Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Program Pascasarjana dan Profesi Insinyur

Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik
email: kasubdit.p3@its.ac.id

Program Sarjana dan Vokasi
Direktorat Pendidikan
Tel. +62 813-5764-4598 (khusus WA dan informasi terkait penerimaan mahasiswa baru, dilayani pada jam kerja 08.00 – 16.00)
email: admisi@its.ac.id

Contact for Non-Indonesian Nationality Applicants:
email: intadmission@its.ac.id

Nah, itu dia informasi tentang SMITS 2021 untuk kamu semua yang kepingin banget masuk ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui jalur mandiri. Untuk kamu yang berminat atau mungkin masih bingung dengan artikel di atas, boleh banget buat komen di bawah ini ya.

Ikuti juga pelaksanaan Ujian Mandiri dari Kampus Lain:

UM IPB 2021: Pendaftaran, Jadwal, dan Syarat Ujian Mandiri UTM-BK IPB (Lengkap)

UM UGM 2021: Ujian Tulis (UTUL) dan Jalur Prestasi

UM UNAIR 2021: Informasi Pendaftaran dan Jadwal Terlengkap

SPMB UNS 2021: Pendaftaran dan Jadwal Lengkap

Informasi Lengkap SMUP UNPAD 2021

Bagikan artikel ini: