Peran Pemuda dalam Perjuangan Menuju Kemerdekaan – Materi Sejarah Kelas 12

peran pemuda menuju kemerdekaan zenius education

Peran pemuda sangat berpengaruh bagi sejarah bangsa Indonesia, mulai dari masa kolonial, proklamasi, revolusi, orde baru, hingga reformasi. Penasaran apa saja yang dilakukan para pemuda Indonesia? Cari tahu di sini, yuk!

Apa sih yang dimaksud dengan pemuda? Kenapa pemuda seringkali dikaitkan sebagai penggerak bangsa? Ada apa dengan para pemuda? Apakah kita termasuk pemuda?

Ngomong-ngomong tentang pemuda, mayoritas akan mengartikan bahwa pemuda itu ya anak muda atau orang-orang yang usianya masih muda. Nggak salah juga sih, kalau kita lihat Undang-Undang tentang Kepemudaan, pada Pasal 1 poin 1 tertulis bahwa:

Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.

Kalau kita tengok lagi catatan sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan, kita bisa tahu bahwa dalam setiap langkahnya, pasti ada peran pemuda yang memperjuangkan kemerdekaan tersebut. Para pemuda memiliki peran penting dalam mengubah arah sejarah bangsa Indonesia sejak masa kolonial, proklamasi, revolusi, orde baru, hingga reformasi.

Peran Pemuda dalam Perjuangan Menuju Kemerdekaan

Jauh sebelum Indonesia merdeka, masyarakat kita belum tahu kalau kita itu satu kesatuan. Ketika Belanda masuk ke daerah-daerah di Indonesia untuk menjajah, maka akan ada perlawanan di tiap daerahnya. Masing-masing daerah ada pemimpin perjuangannya seperti Sultan Hasanuddin dari Kerajaan Gowa, Kapitan Pattimura dari Maluku, dan Pangeran Diponegoro dari Jawa. Nah, mereka hanya berjuang sendiri-sendiri untuk mempertahankan daerahnya.

Jadi, mereka itu belum paham kalau daerahnya termasuk dalam wilayah Indonesia—dulu namanya Hindia Belanda ya. Terlebih lagi, Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang membuat mereka semakin yakin kalau antar daerahnya terpisah—udah beda negara lah ya pikir mereka. Selain itu, Belanda juga pintar untuk membuat orang-orang dari daerah yang satu pindah ke daerah yang lain. Istilahnya adalah devide et impera atau politik adu domba yang memecah kelompok besar menjadi kelompok-kelompok kecil, sehingga lebih mudah ditaklukkan.

Pada tahun 1908, semua itu berubah, dengan kata lain Indonesia udah nggak memikirkan daerahnya masing-masing. Mereka udah tahu kalau daerahnya termasuk dalam wilayah Hindia Belanda. Sehingga, mulai muncul pergerakan nasional untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat Hindia Belanda.

peran pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia zenius education
Pemuda Indonesia mulai memikirkan kesatuan Hindia Belanda. (Arsip Zenius)

Peran Pemuda Intelektual dalam Organisasi Budi Utomo

Contoh peran pemuda dalam perjuangan menuju kemerdekaan adalah berdirinya Budi Utomo. Ngomongin Budi Utomo (Boedi Oetomo) artinya kita ngomongin tentang kebangkitan nasional. Kok gitu? Jadi, pada tahun 1848, Belanda butuh banyak dokter nih untuk mengobati orang cacar. Kalau mereka impor dokter dari Belanda, pasti biayanya akan lebih mahal dan jumlahnya juga terbatas. Sehingga, mereka mendirikan kursus dokter yang berlokasi di Weltevreden atau RSPAD Gatot Subroto.

Berawal dari situlah terbentuk Dokter Djawa School pada 1853 dan STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada 1889. Hingga akhirnya melahirkan kaum intelektual. Nah, para pemuda STOVIA itulah yang selanjutnya mengulurkan tangan untuk meningkatkan kecerdasan dan kemajuan kehidupan bangsa melalui organisasi Budi Utomo yang diprakarsai Dr. Wahidin Sudirohusodo pada 20 Mei 1908.

budi oetomo zenius education
Berdirinya Budi Utomo sebagai awal mula kebangkitan Indonesia. (Arsip Zenius)

Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan nasional pertama yang nggak bersifat politik di Hindia Belanda dan merupakan awal mula kebangkitan bangsa Indonesia yang ada peran pemuda di dalamnya. Kehadiran Budi Utomo membangkitkan rasa persatuan bangsa, hingga akhirnya melahirkan banyak organisasi lainnya.

Timeline dan penjelasan lebih lengkap mengenai Budi Utomo bisa elo tonton di video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini!

belajar materi pelajaran sejarah di zenius

Baca juga: Peran Perempuan di Balik Sumpah Pemuda

Perhimpunan Pelajar yang Melahirkan Ikrar Sumpah Pemuda

Terinspirasi dari Budi Utomo, salah satu organisasi yang lahir setelahnya dari kalangan pelajar dan mahasiswa Hindia Belanda adalah Perhimpunan Indonesia (PI) atau Indonesische Vereeniging, yang dibentuk oleh Mohammad Hatta dan Tjipto Mangoenkoesoemo sekitar tahun 1920-an. PI inilah yang merupakan organisasi pertama dengan menggunakan nama “Indonesia”. Sebelumnya, PI bernama Indische Vereeniging atau Perhimpunan Belanda pada tahun 1908 yang diprakarsai oleh Sutan Kasayangan dan R. N. Noto Suroto di Leiden, Belanda.

Para pelajar tersebut menyuarakan betapa pentingnya suatu kemerdekaan dan semangat kebangsaan melalui berbagai tulisan di surat kabar. Berbagai pergerakan yang dilakukan oleh PI hingga kancah internasional membuat Belanda semakin merasa terancam.

Dari Perhimpunan Indonesia, kemudian lahirlah berbagai organisasi pemuda serupa yang membawa semangat kedaerahan, seperti Jong Sumatera dan Jong Celebes. Hingga akhirnya, peran pemuda di Nusantara dan Belanda itulah yang kemudian bermuara pada kesimpulan Kongres Pemuda II berupa Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Baca juga: Peran Perempuan di Balik Sumpah Pemuda

Peran Pemuda Menuju 17 Agustus 1945

Kolonialisme bisa dibilang meningkatkan standar hidup di Pulau Jawa. Tapi, ketimpangan antara pemilik modal dan rakyat terlihat nyata. Banyak sekali kemiskinan dan kematian akibat kelaparan. Dari situlah muncul semangat dan tekad pemuda Indonesia untuk melepaskan masyarakat dari belenggu kemiskinan dan penjajahan.

Contohnya pada masa penjajahan Jepang, Perdana Menteri Jepang, Kuniaki Koiso, ngasih janji manis kemerdekaan untuk Indonesia pada 24 Agustus. Alasannya supaya Jepang mendapatkan simpati rakyat Indonesia untuk memenangkan Perang Pasifik.

Tapi, pada 15 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Hal itu karena dua kota penting di Jepang, Nagasaki dan Hiroshima di bom atom oleh tentara sekutu. Pada saat itulah terjadi kekosongan kekuasaan di Indonesia dan dimanfaatkan oleh para pemuda untuk memproklamasikan kemerdekaan.

Sayangnya, ada perbedaan pendapat nih antara pemuda dan golongan tua pada 15-16 Agustus. Para pemuda pengen banget nih proklamasi dipercepat mumpung lagi kosong kekuasaan, sedangkan golongan tua nggak mau proklamasi dilakukan secara terburu-buru, jadi mau didiskusikan dulu dengan anggota PPPKI. Akhirnya, pada 16 Agustus 1945, para pemuda menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok untuk mempercepat proklamasi. Setelah berdiskusi, Soekarno-Hatta sepakat untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia keesokan harinya, yaitu pada 17 Agustus 1945.

peran pemuda untuk proklamasi kemerdekaan zenius education
Peran pemuda dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. (Arsip Zenius)

Dari kejadian ini, kita bisa mengetahui bahwa pemicu kemerdekaan Indonesia ada dua, yaitu kekalahan Jepang atas sekutu dan perbedaan pendapat muda vs tua yang mengakibatkan penculikan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok.

Materi selengkapnya mengenai pemicu kemerdekaan bisa elo tonton di video belajar Zenius di sini.

Baca juga: Persiapan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia – Materi Sejarah Kelas 11

Contoh Soal dan Pembahasan

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi di atas, gue ada contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Soal

Peran pemuda dalam perjuangan menuju kemerdekaan sangatlah besar. Salah satunya yaitu adanya penculikan Soekarno-Hatta oleh pemuda pada 16 Agustus 1945 yang dikenal dengan istilah ….

A. Bandung Lautan Api.

B. Peristiwa Tiga Daerah.

C. Peristiwa Rengasdengklok.

D. Janji Kaiso.

E. Tragedi Semanggi.

Jawab: C. Peristiwa Rengasdengklok.

Pembahasan: Peristiwa penculikan Soekarno-Hatta pada tanggal 16 Agustus 1945 oleh pemuda dengan tujuan mempercepat proklamasi dikenal dengan istilah Peristiwa Rengasdengklok, karena keduanya diculik ke Rengasdengklok.

Nah, gue punya satu pertanyaan lagi nih. Elo kan termasuk bagian dari pemuda. Kira-kira apa sih yang bisa dilakukan oleh anak muda untuk memenuhi peran pemuda di Indonesia pada era sekarang ini atau zaman now?

*****

Pemuda memegang peranan signifikan dalam perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia. Bahkan, setelah kemerdekaan Indonesia pun masih banyak peran pemuda pada masa Orde Baru seperti menentang naiknya Soeharto (lagi) dalam pemilu 1998. Selain itu, ada juga peran pemuda pada masa reformasi. Meskipun Orde Baru udah berganti, tapi saat itu masih banyak muncul permasalahan, seperti ketidakpercayaan mahasiswa terhadap pemerintahan B. J. Habibie dan anggota DPR/MPR.

Baca juga: Latar Belakang dan Tujuan Misi Garuda – Materi Sejarah Kelas 12

Referensi:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan — DPR (2009).

Bagikan Artikel Ini!