Misi Garuda

Latar Belakang dan Tujuan Misi Garuda – Materi Sejarah Kelas 12

Sobat Zenius, elo tau nggak sih ternyata negara kita Indonesia ini sebenarnya adalah negara yang cinta damai?

Buktinya Indonesia memiliki misi yang sengaja dibentuk untuk turut dalam menjaga perdamaian dunia. Misi itu disebut dengan Misi Garuda. Elo pasti penasaran kan kayak apa sih Misi Garuda itu? Nah, simak terus ya penjelasan gue!

Pasukan Misi Garuda
Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI dan Menlu berfoto bersama pasukan Garuda Indonesia (Dok. Setkab.go.id)

Misi Garuda

Apa yang dimaksud dengan misi garuda?

Misi Garuda merupakan salah satu bukti komitmen Indonesia sebagai anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk ikut terlibat dalam perdamaian dunia. Misi Garuda ini melibatkan Tentara Negara Indonesia (TNI) dan polisi sebagai anggotanya, dan diberi nama Kontingen Garuda atau Pasukan Garuda.

Tugas dari pasukan ini pada dasarnya adalah untuk membantu negara-negara yang sedang mengalami konflik. 

Peran Indonesia dalam Misi Garuda ini dilakukan untuk menjaga perdamaian di berbagai tempat di dunia atas nama organisasi PBB. Indonesia mulai berpartisipasi dalam kegiatan semacam ini sejak tahun 1957, tepatnya saat Indonesia masih berada di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno. Terdapat lebih dari 27 kontingen pasukan yang terbentuk beserta sub-kontingen pasukan hingga hari ini. Wah, keren banget kan?

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Baca Juga: Pengertian Sejarah Kontemporer Dunia dan Contoh Peristiwanya – Materi Sejarah Kelas 12

Latar Belakang Misi Garuda

Terus kira-kira ngapain sih Indonesia mau membentuk misi ini? Apa iya cuma karena Indonesia merupakan anggota PBB? Ternyata nggak cuma itu aja nih guys. 

Pembentukan Pasukan Garuda pada awalnya terjadi saat adanya konflik di Timur Tengah. Saat itu Inggris, Prancis dan Israel melakukan serangan gabungan terhadap Mesir. Nah, karena Indonesia merasa punya hutang budi nih terhadap Mesir, akhirnya Indonesia pun membantu dengan cara mendukung PBB untuk mengirimkan pasukan perdamaian demi membantu meredakan Krisis Suez yang terjadi di sana. 

Hal itu dilakukan sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih Indonesia kepada negara-negara Liga Arab terutama Mesir, karena negara yang pertama kalinya mengakui kemerdekaan Indonesia secara de jure dan negara yang gigih mendukung Indonesia saat terjadi sengketa dengan Belanda.

Indonesia membalas budi Mesir melalui mekanisme diplomasi di PBB yang mendukung agar PBB mengirimkan pasukan perdamaian untuk membantu meredakan krisis tersebut. Semenjak itu, Indonesia secara rutin berpartisipasi mengirimkan pasukan penjaga perdamaian di bawah naungan PBB dalam berbagai misi di ragam lokasi mancanegara.

Wah, ternyata negara kita adalah negara yang tahu balas budi guys!

Pasukan Garuda Misi Garuda
Pasukan Garuda (Dok. Wikimedia Commons) 

Baca Juga: Kelebihan dan Kelemahan Era Orde Baru Indonesia – Materi Sejarah Kelas 12

Tujuan Misi Garuda

Tujuan dari dibentuknya Misi Garuda ini adalah sebagai bukti konkret adanya keterlibatan Indonesia dalam usaha mewujudkan perdamaian dunia di berbagai belahan dunia. Pada akhirnya Pasukan Garuda ini memiliki tugas sebagai “Peace Keeping Force”atau disebut juga sebagai Pasukan Pemelihara Perdamaian di PBB.

Misi Garuda
Pasukan Garuda dan Pasukan Israel di Egypt-Israel (Dok. Wikimedia Commons) 

Tentu saja yang berusaha menjaga perdamaian dunia ini nggak cuma pasukan dari Indonesia, ya. Ada juga beberapa pasukan dari negara lain yang turut terlibat dalam Pasukan Pemeliharaan Perdamaian PBB seperti India, Australia, dan Kanada.

Indonesia sendiri sekarang telah menduduki peringkat ke-12 dari 125 negara yang mengirimkan pasukan mereka untuk terlibat di peace keeping operations milik PBB secara jumlah.

Uniknya lagi nih, ternyata salah satu mantan presiden Indonesia, yakni Susilo Bambang Yudhoyono menjadi satu-satunya presiden di dunia yang pernah tergabung dalam Kontingen Garuda seperti yang dilansir melalui Berita Satu. Ternyata, untuk mencapai tujuan perdamaian ini, Indonesia benar-benar totalitas dalam berkontribusi!

Baca Juga: Latar Belakang dan Tujuan Pembentukan SEATO – Materi Sejarah Kelas 12

Contoh Soal dan Pembahasan 

Buat ngukur pemahaman elo tentang materi yang udah gue sampaikan di atas, elo bisa jawab contoh soal berikut ya!

  1. Negara manakah yang pertama kali mendukung kemerdekaan Indonesia?

Jawaban: Mesir.

Pembahasan: Mesir merupakan negara yang pertama kalinya mengakui kemerdekaan Indonesia secara de jure dan negara yang gigih mendukung Indonesia saat terjadi sengketa dengan Belanda

  1. Bagaimana cara Indonesia turut serta dalam perdamaian dunia?

Jawaban: Membentuk Misi Garuda

Pembahasan: Misi Garuda merupakan bukti konkret adanya partisipasi Indonesia untuk mewujudkan perdamaian dunia. Sampai saat ini Misi Garuda masih aktif dalam perannya untuk menjaga perdamaian dunia

Gimana nih Sobat Zenius? Elo udah merasa tercerahkan belum? Tenang aja nih, kalau elo masih pengen ngepoin materi ini elo bisa langsung klik banner di bawah ini ya dan jangan lupa buat daftarin akun elo supaya nggak ketinggalan informasi-informasi menarik lainnya! See you guys!

Belajar sejarah di video materi Zenius tentang Misi Garuda

Referensi

SBY Satu-Satunya Kepala Negara Bekas Pasukan PBB – BeritaSatu (2012)

Bagikan Artikel Ini!