Kelebihan dan Kelemahan Era Orde Baru Indonesia – Materi Sejarah Kelas 12

orde baru

Di materi Sejarah Kelas 12 ini, kita bakal bahas kelebihan dan kelemahan Era Orde Baru. Yuk, kita mulai pembahasan!

Piye kabare? Isih penak jamanku, to? Mungkin di antara elo semua, ada yang pernah denger slogan itu. Kalau dalam bahasa Indonesia, kira-kira artinya begini, “Gimana kabarnya? Masih enak zamanku, kan?” “Zamanku” yang dimaksud di sini, adalah Orde Baru, sebutan untuk pemerintahan Presiden Soeharto yang dimulai dari tahun 1966 sampai 1998.

Jadi, keadaan ekonomi yang sedang tidak baik-baik saja, serta cita-cita reformasi yang dianggap tidak sesuai harapan, membuat orang-orang membandingkan kondisi Indonesia sekarang dan zaman Orde Baru. 

Ilustrasi Orde Baru
Ilustrasi Orde Baru (Dok. Wikimedia Commons).

Nah, di artikel ini, gue bakalan kasih tahu apa aja sih kelebihan dan kelemahan di Era Orde Baru. Nantinya, gue pengen elo bandingin sendiri. Menurut elo, apakah bener kalau Orde Baru lebih enak dibanding zaman sekarang?

Oke, kita mulai, ya!

Kelebihan Orde Baru

Di zaman Orde Baru, situasi politiknya lebih stabil kalau dibandingin pemerintahan sebelumnya, yaitu Orde Lama atau era pemerintahan Presiden Soekarno. Bayangin aja, saat Orde Lama, udah terjadi pergantian kabinet sebanyak sembilan kali. Emangnya kenapa kalau situasi politik lebih stabil? Itu artinya, pemerintah bisa fokus ngurusin pertumbuhan ekonomi, daripada sibuk dengan pergantian kabinet atau pun kebijakan.

Nah, dengan begini, pertumbuhan ekonomi terjadi di era Orde Baru. Dengan masa jabatan yang panjang, yaitu selama 32 tahun, Presiden Soeharto bisa membuat kebijakan yang berkelanjutan, dengan target pertumbuhan ekonomi jangka panjang, atau biasa disebut sebagai Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita).

Kabinet pembangunan I era Orde Baru
Kabinet pembangunan I era Orde Baru (Dok. Wikimedia Commons).

Selanjutnya, Orde Baru juga memiliki hubungan politik luar negeri yang lebih baik. Kalau di era sebelumnya, yaitu Orde Lama, Indonesia keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di tahun 1965.

Markas PBB di Jenewa, Swiss
Markas PBB di Jenewa, Swiss (Dok. Wikimedia Commons).

Bayangin aja, kalau elo keluar dari grup WhatsApp keluarga aja bisa bikin dunia persilatan heboh, sekarang bayangin Indonesia keluar dari organisasi sebesar PBB. Nah, di era Orde Baru, Indonesia balik lagi jadi anggota PBB. Nggak cuma itu, Indonesia juga salah satu negara inisiator dari berdirinya ASEAN pada 8 Agustus 1967.

Nah, selain kelebihan, maka ada juga nih, kelemahan dari Orde Baru.

Baca Juga: Daftar Presiden Era Reformasi dan Kebijakannya – Materi Sejarah Kelas 12

Kelemahan Orde Baru

Di era Orde Baru, terdapat banyak pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), contohnya kayak serangkaian penembakan misterius (petrus), pembungkaman aktivis, Peristiwa Tanjung Priok, dan lain sebagainya. Kalau di era itu, elo adalah aktivis kampus yang ikut turun ke jalan buat berdemo dengan membawa spanduk bertuliskan “saking kacaunya negara ini, introvert jadi ikut turun ke jalan”, kayaknya bakal ngeri-ngeri sedap sih.

Selain itu, pemerintahan di era ini terkenal dengan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Kalau punya posisi oke di pemerintahan pada era Orde Baru ini, semua urusan lancar jaya! Nah, tadi gue sempet bilang kan, kalau terjadi pertumbuhan ekonomi di era ini. Masalahnya, pembangunan hanya terpusat di Pulau Jawa aja. Kalau sekarang banyak orang yang pengen mengadu nasib di Jakarta, mungkin ini salah satu penyebabnya: ketidaksetaraan pembangunan.

Baca Juga: Latar Belakang Pemerintahan Masa Reformasi – Materi Sejarah Kelas 12

belajar materi pelajaran sejarah di zenius

Contoh Soal

Sekarang, biar elo makin oke pemahamannya tentang materi ini, gue udah siapin satu soal yang bisa langsung elo sikat. Kerjain, yuk!

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:

  1. Pembangunan yang merata
  2. Transparansi dan akuntabilitas dari pemerintahan
  3. Stabilitas politik
  4. Pembangunan ekonomi, sehingga ada peningkatan kemakmuran
  5. Terbukanya pintu seluas-luasnya bagi pers

Yang termasuk kelebihan dari era Orde Baru adalah…

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

e. 4 dan 5

Pembahasan:

Situasi politik yang stabil dan terjadinya pertumbuhan ekonomi adalah kelebihan dari era Orde Baru. Kelemahan dari era ini adalah pembangunan yang hanya terpusat di Pulau Jawa, jeleknya transparansi dan akuntabilitas dari pemerintahan, dan tidak terbukanya pemerintahan kepada pers.

Jawaban: d.

***

Okay, kayaknya udah cukup pembahasan tentang kelebihan dan kelemahan era Orde Baru Indonesia. Sekarang, gimana pendapat elo tentang Orde Baru? Oh, ya, elo bisa cari tahu materi belajar lainnya di Zenius.

Enggak cuma Sejarah, elo bisa belajar materi lainnya secara lengkap, mulai dari Geografi, Biologi, Sejarah, dan masih banyak lagi. Elo bisa akses video belajar Zenius di sini secara GRATIS pake akun yang udah didaftarin di website atau lewat aplikasi Zenius. Selamat belajar!

Baca Juga: Kebijakan Ekonomi dan Pembangunan Masa Orde Baru – Materi Sejarah Kelas 12

Bagikan Artikel Ini!