Inisiator Pemberdayaan Komunitas dan LSM

Fungsi LSM dan Inisiator Pemberdayaan Komunitas – Materi Sosiologi Kelas 12

Hai Sobat Zenius! Kali ini gue mau ngajak elo cari tahu tentang pelaku pemberdayaan komunitas. Sebelumnya pastiin dulu elo udah baca tentang apa yang dimaksud dengan pemberdayaan komunitas biar elo bisa makin paham ketika baca penjelasan gue nanti.

Oke, jadi gini, dalam pemberdayaan komunitas, ada beberapa pihak yang bisa terlibat, salah satunya yang mau gue bahas kali ini adalah LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat. Nah, biar makin tercerahkan nih, simak terus penjelasan gue di bawah ini ya!

Apa yang Dimaksud dengan LSM?

Tak kenal maka tak sayang. Jadi elo harus kenalan dulu nih sama LSM, apa itu lembaga swadaya masyarakat? LSM merupakan lembaga yang sengaja dibentuk oleh masyarakat secara sukarela, tanpa paksaan karena merupakan keinginan dari masyarakat itu sendiri.

Lembaga ini biasanya bergerak di bidang kegiatan tertentu sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dilakukan secara swadaya.

Hebatnya, pembentukan LSM ini tidak berorientasi pada mencari laba atau keuntungan karena dibentuk berdasarkan asas sukarela tanpa adanya harapan untuk memperoleh keuntungan yang besar.

Baca Juga: Tujuan Pemberdayaan Komunitas

Peran LSM dalam Pemberdayaan Komunitas Lokal 

Lembaga Swadaya Masyarakat, memiliki peran yang penting dalam pemberdayaan komunitas lokal. Apa aja sih perannya?

  1. Sebagai fasilitator, di mana Lembaga Swadaya Masyarakat menyediakan setiap kebutuhan yang diperlukan komunitas dalam aktivitas pemberdayaan.
  2. Sebagai mitra, artinya Lembaga Swadaya Masyarakat digandeng menjadi mitra dari penyelenggaraan aktivitas untuk memberdayakan suatu komunitas.
  3. Sebagai advokat, adalah sebagai pendamping dari suatu komunitas lokal.
  4. Sebagai penyelenggara, artinya Lembaga Swadaya Masyarakat yang memprakarsai aktivitas untuk memberdayakan komunitas lokal.

Meskipun Lembaga Swadaya Masyarakat tadi dikatakan merupakan lembaga atau organisasi yang tidak berorientasi pada keuntungan, tapi kalau elo misalnya mau bikin acara untuk memberdayakan suatu komunitas misalnya, elo harus pastiin Lembaga Swadaya Masyarakat yang elo ajak untuk jadi mitra atau bisa juga fasilitator, mempunyai ketersinggungan atau berkaitan dengan bidang yang sesuai dengan acara yang elo bikin.

Misalnya elo mau bikin acara untuk memberdayakan kelompok ibu-ibu petani di sebuah desa, maka elo bisa memilih mitra Lembaga Swadaya Masyarakat yang sesuai dengan bidang tersebut. Artinya elo harus mempertimbangkan struktur sosial dari Lembaga Swadaya Masyarakat tersebut. 

Permberdayaan Masyarakat Lokal oleh LSM
Pemberdayaan masyarakat lokal oleh LSM (Arsip Zenius)

Contoh LSM

Di Indonesia sendiri ada beberapa LSM yang didirikan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan beberapa fokus bidang yang berbeda-beda. Gue akan ngasih tahu elo beberapa contoh LSM tersebut.

  1. Save The Children Indonesia

Save The Children Indonesia merupakan LSM yang menyediakan pelatihan dan sumber daya untuk membangun dan memberdayakan komunitas dimana terdapat anak-anak.

Contoh LSM di Indonesia
Save The Children Indonesia (Dok. savethechildren.or.id)
  1. WALHI

WALHI atau Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, merupakan lembaga yang berfokus pada pemberdayaan lingkungan hidup. 

WALHI adalah salah satu LSM di Indonesia
WALHI (Dok. walhi.or.id)
  1. PBHI

PBHI atau Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi, merupakan lembaga yang bergerak untuk memberi bantuan hukum kepada masyarakat yang mengalami tindak kekerasan atau kejahatan. 

  1. CSR atau Corporate Social Responsibility

Nah, kalau CSR ini merupakan suatu program yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan menengah hingga besar, yang diwajibkan untuk berkontribusi pada negara dan masyarakat.

Jadi, kalau ditanya apa kegunaan program corporate social responsibility, jawabannya adalah memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan pada masyarakat dan negara.

Contoh corporate social responsibility biasanya adalah bantuan dana untuk pemberdayaan masyarakat perusahaan atau lokal, pelestarian lingkungan sekitar, beasiswa untuk pelajar di sekolah-sekolah sekitar perusahaan tersebut, atau pelajar yang bertempat tinggal di sekitar perusahaan tersebut.

Kira-kira elo bisa nggak nyontohin perusahaan mana nih yang suka ngasih beasiswa ke pelajar?

Baca Juga: Tujuan Pemberdayaan Komunitas – Materi Sosiologi Kelas 12

Contoh Soal Inisiator Pemberdayaan dan Pembahasannya

  1. Berikut ini yang merupakan “komunitas” dalam konsep pemberdayaan komunitas dalam sosiologi adalah ….

A. Komunitas pecinta reptil

B. Kelompok kesenian tradisional

C. Warga desa sukatani

D. Komunitas belajar fotografi

E. Mobile gamers

Jawab: C. Warga Desa Sukatani

Pembahasan: Konsep “komunitas” dalam konteks pemberdayaan komunitas tidak sama dengan perkumpulan hobi atau sekumpulan orang yang tertarik pada sesuatu, seperti fotografi, komunitas tari, sepeda, bahkan video game. Artian komunitas di sini lebih kepada sekelompok masyarakat yang khusus, memiliki ciri serupa, dan dekat.

Itu tadi guys, materi yang bisa gue bagi ke kalian kali ini, jangan lupa ya biar elo makin paham elo bisa mampir ke video pembelajarannya dengan klik banner di bawah ini, dan jangan lupa buat daftarin akun elo biar nggak ketinggalan info menarik lainnya. See you!

Pelajari materi Sosiologi di video materi belajar Zenius

Baca Juga: Upaya Mengatasi Ketimpangan Sosial – Materi Sosiologi Kelas 12

Bagikan Artikel Ini!