Pemberdayaan Komunitas Zenius

Tujuan Pemberdayaan Komunitas – Materi Sosiologi Kelas 12

Kali ini kita akan membahas tentang pemberdayaan komunitas. Kenapa sih materi ini masuk dalam kurikulum kelas 12 dan apa pentingnya mempelajari ini? Temukan jawabannya di sini!

Halo Sobat Zenius, di artikel ini, gue mau ngebahas Materi Sosiologi Kelas 12 tentang tujuan pemberdayaan komunitas, hakikat dan sasarannya. Yuk baca artikel ini sampai selesai!

Bicara soal komunitas, apa sih yang terlintas di pikiran Sobat Zenius? Coba sebutkan apa yang dimaksud dengan komunitas dan jelaskan tujuannya?

Sebenarnya, komunitas itu terbentuk dari keadaan sosial. Misalnya nih, kelompok masyarakat yang bermigrasi dari desa dan kota untuk melakukan tujuan tertentu, seperti mencari kerja, berbisnis atau menempuh pendidikan.

Kondisi ini tentu berdampak pada perubahan sosial di desa kan? Misalnya, masyarakat kota yang kembali ke desa membawa budaya baru yang berpengaruh secara sosial. Sayangnya, nggak semua perubahan sosial itu bisa diterima oleh komunitas masyarakat di desa. Inilah pemberdayaan komunitas perlu dilakukan.

Ilustrasi tujuan pemberdayaan komunitas lokal di desa
Pemberdayaan komunitas untuk membuat komunitas lebih mandiri (dok. Tenor)

Baca juga: Masalah Ketimpangan Sosial di Masyarakat

Kenapa Kita Perlu Belajar Pemberdayaan?

Alasan pertama adalah untuk melatih skill praktis (practical skills). Satu di antara hakikat pemberdayaan komunitas lokal, memiliki tujuan agar masyarakat memiliki kemampuan yang bisa digunakan untuk beradaptasi.

Dari fungsi ini, elo akan fokus menganalisis kondisi masyarakat, mengkaji sumber daya yang dimiliki, apa yang masyarakat butuhkan, dan bagaimana kondisinya. Untuk mendukung skill ini, elo perlu pemahaman konsep sosiologi mulai dari materi pertama yaitu “Sosiologi Sebagai Ilmu” hingga “Ketimpangan Sosial”.

Alasan kedua, setelah SMA elo akan melanjutkan jenjang selanjutnya nih, entah itu bekerja atau kuliah. Nah, ketika elo menjadi mahasiswa di perguruan tinggi, elo akan menghadapi kehidupan mahasiswa yang di dalamnya ada program PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kedua kegiatan tersebut akan berhubungan dengan masyarakat, sehingga dibutuhkan skill pemberdayaan untuk menunjangnya.

Terakhir, kita adalah makhluk sosial yang gak akan jauh dari kegiatan bermasyarakat, termasuk dalam hal pekerjaan. Misalnya elo menjadi pimpinan yang akan mengembangkan karyawan, dan elo harus membuat training atau pelatihan untuk para karyawan. 

Dari kondisi ini, elo tentu sudah bisa menentukan apa tujuan pemberdayaan komunitas yang elo kerjakan. Yaitu untuk meningkatkan kualitas karyawan. Jadi, jelas ya, materi ini penting buat dipelajari sebagai bekal jangka panjang.

ilustrasi pentingnya mempelajari pemberdayaan komunitas zenius education
Pemberdayaan komunitas penting untuk dipelajari (Dok. Giphy)

Tujuan Pemberdayaan Komunitas

Untuk mengurai tujuan pemberdayaan komunitas, mari kita balik lagi ke perubahan sosial. Misalnya perubahan sosial yang terjadi di kota besar, sehingga masyarakat desa banyak yang melakukan urbanisasi.

Kondisi ini, lambat laun pasti berdampak pada perubahan sosial di desa, seperti kehilangan SDM. Nah, apa sih yang harus dilakukan supaya perubahan sosial tersebut bisa tetap stabil tanpa berdampak buruk?

Jawabannya dengan melakukan pemberdayaan komunitas. Tujuannya apa? Pemberdayaan dilakukan karena komunitas setempat ingin bertahan hidup. Jadi, kita membantu masyarakat supaya tetap berdaya dalam menghadapi perubahan sosial.

Kalau mau tahu lebih tentang tujuan dan alasan kenapa ada pemberdayaan, elo bisa langsung temukan jawabannya di video belajar Zenius secara gratis di sini.

Baca Juga: Teori Migrasi, Contoh, dan Dampaknya – Geografi Kelas 11

Apa Itu Pemberdayaan Komunitas?

Dari tadi kita ngomongin tentang pemberdayaan, tapi elo tahu gak sih arti dari pemberdayaan komunitas itu apa?

“Pemberdayaan komunitas merupakan serangkaian upaya dalam pembangunan sosial yang mendorong komunitas agar mampu mengidentifikasi masalah dan potensinya untuk memecahkan permasalahannya sendiri.”

Analoginya gini, setiap daerah memiliki potensinya masing-masing. Misalnya desa A memiliki potensi wisata alam yang cukup baik, tapi oleh masyarakat sekitarnya nggak dimanfaatkan optimal. Terlebih lagi dengan kehidupan ekonomi masyarakat sekitar yang rendah. 

Nah, tujuan pemberdayaan komunitas yang elo lakukan dari kondisi ini, salah satunya menyiapkan aset untuk mendatangkan investor untuk mengelola potensi di desa tersebut.

Sayangnya, seringkali masyarakat sekitar itu gak dilibatkan dalam proses pembangunan. Alhasil, mendatangkan investor bukanlah solusi yang tepat, justru bisa menimbulkan masalah baru seperti pencemaran lingkungan.

Jika kondisinya seperti ini, tujuan pemberdayaan komunitas yang elo lakukan berubah jadi menggugah keterlibatan masyarakat agar lebih aktif dan memiliki inisiatif. Jadi, kita hanya membantu supaya masyarakat desa A terlibat aktif membangun potensi daerahnya untuk dijadikan wisata alam. Peran kita hanya membantu dan mendorong mereka untuk memecahkan masalahnya sendiri.

hakikat pemberdayaan komunitas lokal memiliki tujuan agar masyarakat menjadi
Komunitas menjadi sasaran dalam pemberdayaan komunitas (dok. kemenparekraf.go.id)

Sekarang kalau elo ditanya, sasaran pemberdayaan komunitas itu siapa? Tentu saja jawabannya adalah komunitas. Nah, komunitas yang dimaksud itu siapa? Dalam sosiologi, elo perlu tahu perbedaan masyarakat (society) dan komunitas (community).

  • Masyarakat bersifat abstrak dan luas → masyarakat Indonesia dengan berbagai permasalahannya.
  • Komunitas bersifat spesifik dan dekat → komunitas desa A dengan permasalahan kurangnya inisiatif membangun desa wisata.

Oke, paham ya sampai sini? Intinya, hakikat pemberdayaan komunitas lokal memiliki tujuan agar masyarakat menjadi lebih aktif, berinisiatif, dan berdaya dalam membangun dan menyelesaikan masalahnya. Intinya, komunitas adalah aktor dalam suatu pembangunan.

Baca Juga: Pembangunan Ekonomi – Materi Ekonomi Kelas 11

Contoh Soal dan Pembahasan Pemberdayaan Komunitas

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi di atas, gue ada contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi. Cekidot!

Contoh Soal: Paradigma pembangunan yang melatarbelakangi bidang pemberdayaan komunitas adalah ….

  1. Paradigma ekonomi klasik
  2. Developmentalis
  3. Paradigma pembangunan top-down
  4. Paradigma pembangunan kontemporer
  5. Pembangunan holistik dan economic-based

Jawaban: Paradigma pembangunan kontemporer.

Pembahasan: Elo harus ingat kalau hakikat dari pemberdayaan komunitas adalah masyarakat terlibat aktif dalam pembangunan. Dari pilihan di atas: paradigma ekonomi klasik, developmentalis, dan paradigma pembangunan top-down bersifat satu arah, di mana masyarakat sebagai objek, bukan aktornya. Sedangkan, pembangunan kontemporer merupakan pembangunan yang suara dan kepentingan masyarakatnya juga didengar dan bahkan menjadi basis dari tujuan pembangunan.

*****

Gimana Sobat Zenius, sampai sini udah paham kan tentang pemberdayaan komunitas? Buat elo yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini menggunakan akun yang sudah elo daftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

materi pelajaran sosiologi zenius

Khusus buat elo yang ingin meningkatkan nilai rapor, sekaligus menambah pemahaman elo pada semua materi pelajaran kelas 10, 11, 12, elo bisa bergabung ke paket belajar Zenius Aktiva Sekolah.

Di paket ini, elo akan diberikan akses ke ribuan video materi belajar premium, try out hingga live class yang bisa bikin elo makin jago menghadapi ujian. Yuk, cari tahu info lengkapnya dengan klik banner di bawah ini.

indeks harga

Originally Published: December 31, 2021
Updated By: Rizaldi Abror

Bagikan Artikel Ini!