Komunitas Guru ZenRu: Tempat Berbagi Pengalaman Mengajar

komunitas guru zenru

Hai Bapak/Ibu guru, adakah yang sudah bergabung atau ikut dalam sebuah komunitas guru?

Selain menjadi tempat berdiskusi dengan sesama, komunitas guru juga bisa membantu mengembangkan kemampuan profesional Bapak/Ibu guru. Mulai dari mengembangan metode belajar, mendapatkan informasi terkini tentang perubahan kurikulum atau sistem pendidikan, dan berbagi pengalaman mengajar dengan guru lain. Tentunya ada banyak manfaat lainnya dari mengikuti sebuah komunitas guru.

Sadar akan pentingnya sebuah komunitas bagi guru, Zenius untuk Guru (ZenRu) juga hadir dalam bentuk komunitas. Tidak hanya memberikan fitur-fitur pendukung proses pembelajaran, Zenius untuk Guru juga menjadi wadah bagi guru untuk saling bertukar pikiran dan meningkatkan kinerja dalam mengajar.

Mau tahu lebih lanjut tentang komunitas guru ZenRu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Komunitas Guru ZenRu?

Komunitas guru Zenius untuk Guru hadir sebagai sahabat guru Indonesia. Melalui komunitas guru ini, Bapak/Ibu bisa berbagi informasi mengenai berbagai hal dalam pendidikan, bercerita, serta berdiskusi dengan sesama tenaga pendidik di seluruh Indonesia.

ZenRu berusaha memahami kesulitan-kesulitan yang Bapak/Ibu guru temui saat mengajar. Mulai dari sulitnya mencari bahan ajar, mendapatkan soal yang berkualitas, serta kurangnya sarana bertukar pikiran. Melalui beragam layanan yang ada, ZenRu ingin memberikan solusi bagi Bapak/Ibu guru untuk mengatasi masalah tersebut.

komunitas guru zenru

Berbagai informasi seputar lokakarya, webinar, dan kegiatan menarik lainnya dari Zenius untuk Guru juga bisa Bapak/Ibu dapatkan melalui komunitas guru ZenRu yang ada di Facebook, Instagram, dan Telegram. Tidak hanya kanal Telegram umum yang berisi puluhan ribu guru di seluruh Indonesia, Bapak/Ibu guru juga bisa bergabung ke dalam komunitas guru rumpun mata pelajaran ZenRu. Dalam komunitas rumpun, Bapak/Ibu bisa berkumpul bersama para guru yang mengampu mata pelajaran sama. Diantaranya:

  1. Komunitas guru ZenRu umum
  2. Grup Rumpun Mata Pelajaran Matematika
  3. Grup Rumpun Mata Pelajaran Sains
  4. Grup Rumpun Mata Pelajaran Sosial
  5. Grup Rumpun Mata Pelajaran Bahasa

Manfaat Bergabung Komunitas Guru ZenRu

Bergabung dalam sebuah komunitas guru bisa memberi berbagai manfaat, terlebih untuk pengembangan diri pribadi Bapak/Ibu guru. Selain yang telah disebutkan di atas, berikut ini adalah beberapa manfaat yang Bapak/Ibu guru rasakan saat ikut dalam komunitas guru ZenRu.

  1. Membangun Relasi

Bergabung dalam suatu komunitas memungkinkan Bapak/Ibu guru bertemu dengan orang baru dengan latar belakang yang beragam. Relasi baru yang terjalin bisa membantu pengembangan karir Bapak/Ibu sebagai guru.

  1. Menambah dan Berbagi Pengetahuan

Sebagai tempat bertukar pikiran, tentunya komunitas guru bisa menambah pengetahuan Bapak/Ibu. Sesama anggota akan saling berbagi ilmu yang dimiliki, sehingga berbagai informasi tentang pendidikan bisa didapatkan dengan lebih mudah.

  1. Mendapatkan Inspirasi

Beragam latar belakang yang ada dalam komunitas guru bisa membantu Bapak/Ibu dalam mengembangkan inspirasi mengajar. Tidak hanya itu, inspirasi yang didapatkan juga bisa untuk pengembangan diri atau untuk kehidupan sehari-hari. 

  1. Melepas Stress

Berkomunikasi dan berbagi cerita dengan sesama guru tentang masalah mengajar, kondisi kelas, dan lain sebagainya bisa mengurangi stress dan membuat Bapak/Ibu guru tidak merasa sendirian.

  1. Membentuk Kepribadian

Mengenal berbagai latar belakang anggota komunitas guru bisa melatih Bapak/Ibu guru dalam menghadapi dan berkomunikasi dengan berbagai karakteristik yang dimiliki seseorang. Secara perlahan hal itu bisa membentuk kepribadian Bapak/Ibu guru.

Kegiatan Komunitas Guru ZenRu

Secara rutin, Zenius untuk Guru mengadakan lokakarya, seminar daring, webinar teks, dan diskusi seputar dunia pendidikan dan pengajaran. Informasi tentang kegiatan menarik lainnya bisa Bapak/Ibu guru dapatkan melalui komunitas guru ZenRu ini.

Tidak hanya berdiskusi seputar pendidikan, Bapak/Ibu guru juga bisa ikuti kuis dan permainan yang seru di komunitas guru ZenRu. Setiap minggunya, komunitas Zenius untuk Guru di Telegram mengadakan kuis atau permainan lain yang bisa Bapak/Ibu guru ikuti. Salah satunya seperti permainan sambung kata yang dilakukan Bapak/Ibu guru di Telegram rumpun mata pelajaran Bahasa.

Tim ZenRu membagikan satu kata “Pemuda”, kemudian Bapak/Ibu guru diminta untuk meneruskan kata tersebut menjadi sebuah kalimat atau paragraf yang lengkap. Para guru pun antusias mengikuti permainan tersebut. Selain sebagai hiburan, permainan tersebut juga melatih pemilihan kosakata dan kemampuan Bapak/Ibu guru dalam merangkainya menjadi satu cerita yang utuh. Inilah cerita yang dihasilkan Bapak/Ibu guru di Telegram grup rumpun ilmu Bahasa, yang awalnya bermula dari kata “Pemuda”.

***

Pemuda bercermin ketika larut malam, tetapi ia terkejut saat tiba-tiba muncul sesosok wanita berparas cantik tersenyum sambil menunjukkan daftar nama. Dia berkata “siapakah engkau?”

komunitas guru
Ilustrasi pemuda bercermin (Foto dari Freepik)

Kemudian wanita itu menjawab, “Aku adalah cintamu.” Sosok itu ternyata wanita yang sudah lama tidak bertemu dengan ku,aku sangat merindunya. Namun sosok itu tiba-tiba saja menghilang. 

Aku mencarinya di setiap sudut kamar, tetapi tidak kunjung ku temukan sosok tersebut. Entah kemana harus ku mencari. Suara hati berkata, “Mungkin ini menjadi pertanda kita tidak mungkin untuk bersatu”. 

Lalu aku mencoba mengingat-ingat kembali tempat yang paling sering kita kunjungi berdua, sepanjang jalan kenangan di tepi danau ketika kita bercerita tentang angan ,asa, dan mimpi bersama. 

Kala itu sambil tersenyum, aku menggenggam tangan dan mengucap kata-kata manis. Tetapi semua itu adalah semu, entahlah aku tak tahu, mungkinkah angan-angan itu akan jadi nyata.

***  

Kreatif sekali ya Bapak/Ibu guru yang membuat cerita di atas. Bagi Bapak/Ibu guru yang ingin mendapatkan informasi kegiatan untuk meningkatkan kompetensi mengajar, mengikuti keseruan permainan, serta mendapatkan manfaat lainnya, Bapak/Ibu bisa bergabung di komunitas guru Zenius untuk Guru. Yuk, gabung sekarang dan jangan lewatkan beragam kegiatan menarik yang ada! Gabung komunitas guru ZenRu, di sini >> Komunitas Zenius untuk Guru

Baca Juga Artikel Lainnya

Cara Mudah Mengajar Online Bagi Guru

Peran Guru dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)

Perjuangan Guru Mengajar di Masa Pandemi

Bagikan Artikel Ini!