latar belakang masa reformasi

Latar Belakang Pemerintahan Masa Reformasi – Materi Sejarah Kelas 12

Hai, Sobat Zenius! Elo semua pasti tahu tentang tragedi trisakti 1998, kan? Yap, peristiwa tersebut merupakan salah satu peristiwa kelam yang pernah ada di Indonesia. Eitts, tapi kita nggak akan ngomongin tentang kejadian tersebut, ya! Artikel ini akan jelasin soal transisi era Orde Baru ke masa Reformasi nih, guys!

Masa Reformasi sendiri nantinya akan berkaitan dengan Tragedi Trisakti 1998 yang menuntut Presiden Soeharto untuk turun dari jabatannya. So, bagaimana latar belakang lahirnya masa Reformasi? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Pemerintah Masa Reformasi

Sebelum membahas mengenai latar belakang lahirnya pemerintahan Reformasi, ada baiknya elo mengenal dahulu nih, perbedaan Orde Baru dan Reformasi. Pada dasarnya, kalau melihat sejarah politik di Indonesia, maka bisa membaginya menjadi lima masa. 

Pertama, masa Kemerdekaan dari tahun 1946-1949. Kedua, masa Parlementer dari tahun 1949-1959. Ketiga, masa Demokrasi terpimpin dari tahun 1959-1965. Keempat, masa Orde Baru dari tahun 1965-1998. Terakhir, yakni era Reformasi yang berlangsung dari tahun 1998 hingga sekarang. 

Nah, era Reformasi adalah masa peralihan dari Orde Baru ke pemerintahan selanjutnya yang dimulai sejak turunnya Presiden Soeharto di tahun 1998.

Baca Juga: Mengenal GNB (Gerakan Non-Blok) – Materi Sejarah Kelas 12

Latar Belakang Pemerintah Masa Reformasi

Well, latar belakang lahirnya pemerintah Reformasi disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya dipicu oleh adanya dampak krisis finansial Asia 1997. Hal ini menyebabkan kondisi ekonomi di Indonesia melemah sehingga menyebabkan banyak ketidakpuasan masyarakat. 

Namun, sebenarnya ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah juga disebabkan oleh faktor lainnya, nih! Di antaranya karena terjadinya penyelewengan Pancasila dan kekuasaan serta adanya KKN. 

Eitts, KKN yang dimaksud bukan kuliah kerja nyata ya, guys! Tapi, KKN di sini merujuk pada tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Selain itu, era pemerintahan Soeharto juga dianggap cukup jawasentris.

Pada masa Orde Baru kebebasan pers juga sangat dibatasi dan dikontrol oleh pemerintah. Selain itu, terdapat juga krisis sosial di mana masyarakat terbagi menjadi dua kelas yaitu kaum elit dan rakyat biasa. Bahkan, hubungan antar umat beragama sempat terganggu hingga timbul serangkaian kerusuhan bernuansa SARA. 

Seperti aksi membakar 9 gereja Kristen yang dilakukan oleh umat Islam pada bulan Oktober 1996 silam. Sangat disayangkan, akibat aksi ini sebanyak lima orang telah tewas. Kejadian serupa pun terjadi di berbagai wilayah lainnya seperti di Tasikmalaya dan Kalimantan Barat.

Pada saat itu, keadaan sosial budaya di Indonesia menjadi sangat kacau. Ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah juga mendorong munculnya perilaku negatif di masyarakat. Selain itu, masyarakat pun menjadi mudah dihasut untuk melakukan tindak anarkis. 

Berbagai penyimpangan yang telah dilakukan oleh masa pemerintahan presiden Soeharto membuat rakyat kecewa. Akhirnya, kebencian rakyat sudah tak dapat dipendam lagi nih, guys! Ditambah lagi, banyak aksi-aksi mahasiswa yang menuntut presiden Soeharto untuk turun dari posisinya. 

Tragedi Trisakti 1998

Hingga akhirnya terjadilah demo aksi mahasiswa pada tanggal 12 Mei 1998 yang disebut juga sebagai Tragedi Trisakti 1998. Aksi demo ini juga memanas karena menewaskan empat mahasiswa. 

soeharto latar belakang masa reformasi
Pengunduran diri Presiden Suharto pada tanggal 21 Mei 1998 (Dok. Commons.wikimedia.org)

Karena memanas, akhirnya pada tanggal 21 Mei 1998 Presiden Soeharto memutuskan untuk turun dari jabatannya dan menunjuk wakilnya yaitu B.J. Habibie sebagai pengganti. Sejak saat itu, pemerintahan yang tadinya otoriter, nepotisme, dan korupsi mulai diubah menjadi pemerintahan yang lebih terbuka. 

Baca Juga: Latar Belakang dan Tujuan Dibentuknya NATO – Materi Sejarah Kelas 12

Contoh Soal Masa Reformasi

  1. Presiden yang memerintah era Reformasi adalah ….

A. Soeharto

B. Soekarno

C. Mohammad Roem

D. Abdurrahman Wahid

E. Syafruddin Prawiranegara

Jawaban dan Pembahasan:

Abdurrahman Wahid menjadi presiden dari tahun 1999-2001. Maka jawaban yang tepat adalah B. Abdurrahman Wahid. 

Baca Juga: Latar Belakang Politik Apartheid dan Dampaknya – Materi Sejarah Kelas 12

So, itu dia guys, latar belakang lahirnya masa Reformasi. Setelah menyimak artikel di atas, pasti kita semua sepakat bahwa pemerintahan Orde Baru memang sebaiknya diganti. Namun, apa jadinya ya, kalau sampai sekarang era Orde Baru masih berlangsung? Yuk, coba komen di bawah! 

Latar Belakang Pemerintahan Masa Reformasi - Materi Sejarah Kelas 12 9
Bagikan Artikel Ini!