Zenius Siap Ngampus: Kenalan Sama KRS dan SKS

Zenius Siap Ngampus: Kenalan Sama KRS dan SKS 57
Zenius Siap Ngampus: Kenalan Sama KRS dan SKS 58
Klik untuk menonton siaran ulang Zenius Siap Ngampus: Kenalan sama KRS dan SKS bersama Nabila dan Nadhila!

Apa itu KRS?

Zenius Siap Ngampus: Kenalan Sama KRS dan SKS 59
Pengertian KRS (Dok. Zenius)

Buat kamu yang masih duduk di bangku pelajar mungkin belum familiar dengan istilah KRS. KRS adalah kependekan dari Kartu Rencana Studi. Di dalam KRS, Mahasiswa dapat menentukan mata kuliah apa yang akan diambil dalam satu semester.

Apa Saja yang ada di KRS?

KRS menunjukkan beberapa informasi penting seperti keterangan berikut:

  1. Mata Kuliah
  2. Jumlah SKS
  3. Kelas
  4. Nama Dosen
  5. Status Pengesahan

 

Apa itu SKS

SKS adalah kependekan dari Satuan Kredit Semester yang akan melengkapi KRS kamu tiap semester. Jumlah SKS menunjukkan bobot mata kuliah. Semakin besar angkanya, semakin berat bobot mata kuliah tersebut. Ingat nih, SKS adalah bobot mata kuliah, Bukan 1 Mata pelajaran 1 SKS ya melainkan lama waktu kuliah tersebut. Agar tidak keliru, yuk simak tabel dibawah ini: 

Keterangan: 1 SKS = 50 Menit/Minggu

Zenius Siap Ngampus: Kenalan Sama KRS dan SKS 60
Cara Menghitung SKS (Dok. Zenius)

Dengan demikian, total waktu mata kuliah agama adalah 50 menit per minggu dan Dasar Penulisan 200 menit per minggu. Ingat, ini waktu per minggu ya, bukan per hari. Jadi bisa saja Mata Kuliah Dasar Penulisan dilaksanakan dua kali seminggu pada hari yang berbeda.

Agar dapat lulus, kampus akan mewajibkan kamu untuk mengambil jumlah SKS tertentu. Biasanya syarat kelulusan adalah memenuhi 144 SKS. Kamu harus bisa mengatur waktu kamu agar dapat lulus dengan waktu yang kamu inginkan.

Aku pengen banget lulus dan dapet kerja nih! 1 semester ambil 30 SKS bisa?

Tergantung kebijakan kampus ya, tapi normalnya kampus hanya memperbolehkan kamu mengambil maksimal 24 SKS per semester. Maksimalkan waktu kamu di perkuliahan ya, jangan sampai kamu keluar cepat tapi pengalaman minim.

SKS di ITB

Di ITB, satu SKS setara dengan 3 jam perkuliahan perminggu dalam 1 semester reguler. Bobot tersebut meliputi:

  1. Satu jam kegiatan interaksi akademik terjadwal dengan staf pengajar;
  2. Satu jam kegiatan terstruktur yang dilakukan dalam rangka kegiatan kuliah;
  3. Minimal satu jam kegiatan mahasiswa secara mandiri/

Seorang mahasiswa yang mengambil satu mata kuliah A dengan beban mata kuliah sebanyak 3 SKS, minimal harus menyediakan waktu yang mempelajari mata kuliah A tersebut sebanyak 9 jam per minggu.

Untuk informasi lebih lanjut Zen sarankan untuk cek disini, ya!

Bagaimana cara mengisi KRS?

Zenius Siap Ngampus: Kenalan Sama KRS dan SKS 61
Beberapa kampus seperti UI menerapkan sistem siapa cepat dia dapat (Dok. Zenius)

1. Siap-siap rebutan!

Beberapa perguruan tinggi seperti ITB dan UI memberlakukan pengambilan mata kuliah dengan cara siapa cepat dia dapat. Jika kamu tergiur dengan mata kuliah tertentu, kamu harus bisa atur jadwal agar bisa mengambil mata kuliah tersebut.

Disisi lain, perguruan tinggi seperti Universitas Padjadjaran, lebih memberlakukan sistem KRS secara paket. Artinya, Unpad telah menyediakan mata kuliah sesuai dengan kebutuhan jurusanmu jadi kamu tidak perlu capek-capek rebutan.

2. Konsultasi Dengan Dosen

Ada kalanya mahasiswa bingung dengan mata kuliah yang akan dipilih. Jika kamu ragu dengan mata kuliah dan sks yang kamu ambil, kamu harus ikut bimbingan dengan dosen wali kamu di jadwal yang telah dosen wali kamu tentukan. Dosen wali akan memberi arahan mengenai mata kuliah yang kamu ambil serta saran penyesuaian KRS yang tepat dengan kondisi kamu. Kamu harus transparan dengan dosen jikalau kamu mengalami kesulitan agar dosen dapat membantu kamu dengan baik.

3. Penyesuaian KRS

Setelah berkonsultasi dengan dosen, biasanya mahasiswa bakal mikir-mikir ulang pilihan mereka. Butuh tidak ya mata kuliah yang kuambil saat ini? Apakah aku ambil 20 SKS atau maksimalkan jadi 24 SKS ya? Mata kuliah yang aku ambil dosennya seru ga ya? Biasanya kampus akan memberikan waktu selama kurang lebih seminggu agar kamu bisa mengubah KRS yang sudah disetujui dosen wali. Selama seminggu itu, kamu diperbolehkan untuk hadir ke kelas yang telah kamu pilih sebelumnya. Kalau ga cocok, kamu bisa menyesuaikan KRS kamu dan mengganti mata kuliah sesuai dengan yang kamu inginkan. Tentunya dengan persetujuan dosen, ya. 

4. Proses KRS Telah Selesai!

Proses memilih mata kuliah dan SKS selama masa registrasi KRS memang panjang, tapi itulah serunya kuliah. Bahkan dengan KRS kamu juga dapat mempererat pertemanan loh. Kamu bisa menghubungi teman sejurusan kamu dan tanya-tanya nih soal mata kuliah yang tertera atau bahkan kamu mau janjian sama geng kamu untuk berkuliah di kelas yang sama!

Zenius Siap Ngampus: Kenalan Sama KRS dan SKS 62
Langkah-langkah mengisi KRS dan SKS (Dok. Zenius)

Tips dan Trik Pilih Mata Kuliah Saat KRS

1. Pilih sesuai minat

Kalau kamu tidak mau, jangan dipaksa! Kedepannya kamu akan kesulitan kalau kamu gak suka pelajarannya. Tapi bukan berarti kamu bisa meninggalkan mata kuliah wajib, yang ada kamu tidak bisa lulus loh!

2. Cari temen

Percaya deh sama Zen, belajar bareng sama temen bakal membantu kamu banget. Kamu bisa mengerjakan tugas bareng, berbagi informasi, dan yang pasti bakal ada seseorang yang kamu bisa relate kalo ada masalah.

3. Tanya-tanya kakak tingkat

Kenalan sama kakak tingkat atau yang sering disebut kating banyak banget benefit-nya. Diantaranya kamu bisa tanya-tanya soal mata kuliah yang mau kamu ambil. Kamu bisa banget dapat testimoni dari para kakak tingkat apalagi perihal dosen. Jadi kamu gak harus berandai-andai ya, cukup tanya kating aja! 

Zenius Siap Ngampus: Kenalan Sama KRS dan SKS 63

Ingin tau lebih banyak seputar perkuliahan? Jangan mau ketinggalan! Yuk tonton Zenius Siap Ngampus setiap hari Selasa jam 16.30 WIB di aplikasi Zenius!

Baca Juga:

Sistem Bayar Kuliah di PTN Yang Wajib Kamu Tahu

Kenapa Bilangan Pangkat Nol Hasilnya Satu?

Ledakan Teknologi, Apakah Kita Siap?

Bagikan Artikel Ini!