Pengertian Sejarah Kontemporer Dunia dan Contoh Peristiwanya – Materi Sejarah Kelas 12

Sejarah Kontemporer Dunia dan Contoh Peristiwanya

Halo, Sobat Zenius! Pada artikel kali ini, gue akan coba jelasin tentang konflik-konflik yang terjadi pada sejarah kontemporer dunia. Well, pasti elo semua bertanya-tanya apa itu sejarah kontemporer? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak sampai artikel ini sampai habis. Sebab, gue akan jelasin mulai dari pengertian sejarah kontemporer dunia hingga contoh peristiwanya.

Sejarah Kontemporer Dunia

Menurut Nansy Rahman (2020), sejarah kontemporer dunia adalah sejarah mutakhir yang jejak-jejak peristiwanya masih relatif dekat dan sejarahnya masih bisa dirasakan kehadirannya oleh kita sekarang. Lalu, apa saja konflik-konflik yang terjadi pada sejarah kontemporer dunia? Apa yang menjadi penyebabnya? 

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh peristiwa kontemporer dunia yang perlu elo ketahui!

1. Apartheid di Afrika Selatan

sejarah kontemporer dunia politik apartheid
Politik Apartheid. (Dok. History.com)

Salah satu contoh peristiwa kontemporer dunia yang perlu elo ketahui yakni Politik Apartheid di Afrika Selatan. Politik Apartheid merupakan politik pemisahan penduduk berdasarkan ras yang diterapkan di Afrika Selatan sejak tahun 1948 hingga 1993. 

Saat itu, penduduk Afrika Selatan dibagi menjadi empat golongan yaitu kulit putih (keturunan Eropa), suku bangsa bantu (suku asli bangsa Afrika), kulit berwarna (berdarah campuran), dan orang Asia (orang Pakistan dan India). 

Tak hanya itu, banyak aturan-aturan lainnya yang memicu marahnya penduduk Afrika Selatan. Aturan-aturan tersebut antara lain:

  1. Undang-Undang Larangan Nikah Campur
  2. Undang-Undang Registrasi Penduduk
  3. Undang-Undang Wilayah Kelompok

Untuk menghentikan Politik Apartheid, lahirlah gerakan African National Congress (ANC) yang dipimpin oleh Nelson Mandela. Well, meskipun tidak mudah, namun perjuangannya telah membuahkan hasil. Pasalnya, pada tanggal 21 Februari 1991 Presiden Frederik Willem de Klerk resmi mengumumkan penghapusan sistem Politik Apartheid di hadapan sidang parlemen Afrika Selatan. 

2. Perang Sudan III

Sejarah Kontemporer Dunia perang sudan
Perang Sudan. (Dok. Wikimedia Commons)

Perang Sudan III merupakan perang saudara yang terjadi sejak 15 Desember 2013 hingga 22 Februari 2020 di Sudan Selatan.

Konflik ini dilatarbelakangi oleh tuduhan kudeta dari Presiden Kiir serta konsolidasi kekuasaan. Sehingga, terjadilah pemberontakan, perpecahan, hingga konflik etnis dan genosida. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Trilogi Pembangunan – Materi Sejarah Kelas 12

3. Konflik Yugoslavia

Konflik Yugoslavia merupakan perang antar saudara yang terjadi sejak 31 Maret 1991 hingga 12 November 2001. Negara Yugoslavia sendiri berdiri sejak tahun 1918-2003 yang terdiri dari enam negara bagian, yakni: 

  1. Bosnia dan Herzegovina
  2. Kroasia
  3. Makedonia
  4. Slovenia
  5. Serbia
  6. Vojvodina dan Kosovo

Saat itu, Yugoslavia dipimpin oleh Josip Broz Tito dan menjelma menjadi negara yang makmur dan terbuka kepada anggota Blok Barat maupun Blok Timur. Namun, setelah wafatnya Josip Broz Tito, Yugoslavia mulai dilanda krisis ekonomi hingga berujung perang saudara. Selain itu, banyaknya etnis yang tinggal di Yugoslavia pun menjadi penyebab timbulnya konflik SARA.

Hingga akhirnya di tahun 2003, Yugoslavia mengubah namanya menjadi Serbia dan Montenegro sebagai cara untuk memberikan otonomi luas kepada masing-masing negara bagian. 

Baca Juga: Penyebab dan Dampak Krisis Moneter 1998 – Materi Sejarah Kelas 12

4. Konflik India-Pakistan

Sejarah kontemporer dunia berikutnya yakni berasal dari kawasan Asia Selatan nih, guys! Kalau ngomongin Asia Selatan, pastinya gak akan lepas dengan negara-negara seperti India, Pakistan, Bangladesh, dan lainnya. 

Nah, salah satu konflik yang terjadi yakni mengenai perbatasan India-Pakistan. Konflik ini terjadi di daerah Kashmir sejak 15 Maret 2011 hingga sekarang. Peristiwa ini latar belakangi oleh ketegangan antara penduduk India yang mayoritas beragama Hindu dengan Pakistan yang mayoritas beragama Islam. 

5. Krisis Bangladesh

Sejarah kontemporer dunia krisis bangladesh
Krisis Bangladesh. (Dok. Wikimedia Commons)

Masih berada di kawasan Asia Selatan, peristiwa kontemporer dunia kali ini tentang krisis Bangladesh. Krisis Bangladesh merupakan konflik yang terjadi antara Pakistan Timur dengan Pakistan Barat pada 26 Maret-16 Desember 1971. 

Krisis Bangladesh terjadi wilayah Pakistan Timur atau sekarang disebut dengan Bangladesh. Penyebabnya sendiri dipicu oleh beberapa hal antara lain kontroversi bahasa, kesenjangan sosial, perbedaan politik, perbedaan ideologi, hingga perbedaan budaya.

Baca Juga: Latar Belakang dan Tujuan Dibentuknya OPEC – Materi Sejarah Kelas 12

Nah, itu dia guys beberapa contoh peristiwa yang terjadi pada sejarah kontemporer dunia. Kalau mau tahu peristiwa lainnya, elo bisa langsung kunjungi aplikasi Zenius, ya! 

Sekarang, coba deh elo sebutin konflik-konflik sejarah kontemporer dunia lainnya yang elo ketahui. Yuk, komen di bawah!

Sejarah Kontemporer Dunia dan Contoh Peristiwanya
Bagikan Artikel Ini!