Indeks Harga – Materi Ekonomi Kelas 11

indeks harga

Halo, Sobat Zenius! Elo pasti pernah merasakan kenaikan harga bahan baku makanan ataupun bahan bakar, kan? Nah, dalam artikel ini gue mau mengajak elo semua buat membahas materi indeks harga dan inflasi kelas 11. 

Sebagai gambaran, elo pernah memperhatikan nggak kalau harga daging ayam biasanya akan mengalami kenaikan setiap kali mendekati Hari Raya Idul Fitri? Bukan hanya harga daging ayam, bahkan makanan pokok lainnya juga mengalami kenaikan dan akan menurun pada hari-hari tertentu.

Nah, kenaikan dan penurunan harga tersebut nggak hanya asal-asalan lho. Dibutuhkan yang namanya indeks untuk membandingkan beberapa variabel harga pada dua kurun yang berbeda.

indeks harga
Mengenal tentang indeks harga (sumber gambar: pixabay.com/geralt)

Apa Itu Indeks Harga?

Indeks harga adalah skala persentase yang digunakan untuk mengukur perubahan tingkat harga dari satu periode ke periode lainnya. Indeks harga ini sangat berguna untuk mengukur perubahan harga lho, guys.

Di beberapa negara, hal ini digunakan untuk mengukur inflasi. Masing-masingnya berfokus pada kumpulan harga barang/jasa dalam segmen ekonomi tertentu.

Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, indeks harga pertama kali digunakan untuk mengukur perubahan biaya hidup guna menentukan kenaikan upah yang diperlukan untuk mempertahankan standar hidup yang konstan.

Indeks ini kemudian digunakan secara ekstensif untuk memperkirakan perubahan harga dari waktu ke waktu. Selain itu, indeks juga digunakan untuk mengukur perbedaan biaya antar wilayah atau negara.

CFI juga menyebutkan bahwa indeks merupakan ukuran mengenai perubahan harga selama periode waktu tertentu, dan termasuk cara untuk menghitung inflasi dan deflasi.

Di Indonesia, indeks ini ditentukan dari hasil pengumpulan data oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dengan cara setiap barang/jasanya diberi bobot (weighted) berdasarkan tingkatan prioritasnya.

Barang/jasa yang berada pada tingkatan prioritas utama dengan kata lain paling penting, maka diberi bobot yang lebih besar. Sebaliknya, barang/jasa yang berada pada tingkat prioritas rendah atau kurang penting akan diberi bobot yang kecil.

Sebelum lanjut ke pembahasan jenis indeks harga, gue mau ngasih tahu elo semua kalau aplikasi Zenius sudah bisa di-download gratis lewat Play Store, App Store, dan App Gallery.

Melalui aplikasi, Sobat Zenius bisa sepuasnya menikmati fitur-fitur menarik untuk belajar, seperti simulasi ujian try out, ribuan video materi belajar, hingga adu asah otak dengan siswa lain lewat ZenCore.

Jadi, tunggu apa lagi? Klik banner di bawah ini buat download aplikasinya, ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Jenis jenis Indeks Harga

Dalam pembahasan materi indeks harga selanjutnya, kita akan kenalan sama jenis-jenisnya.

Indeks sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Jenis-jenis indeks harga
Jenis-jenis indeks harga (sumber gambar: unsplash.com/itchorr)

Indeks Harga Konsumen (IHK)

IHK menunjukkan perubahan harga barang/jasa yang dikonsumsi oleh konsumen dalam jangka waktu tertentu. Yap, tentu saja barang/jasa tersebut berubah-ubah dari waktu ke waktu. Hal ini karena datanya yang mengikuti pola konsumsi dari para konsumen.

Selain itu, ternyata IHK juga digunakan oleh BPS sebagai indikator inflasi yang terjadi di Indonesia lho, guys.

Indeks Harga Produsen (IHP)

Kalau tadi IHK merupakan perubahan harga pada konsumen, nah kalau IHP adalah perubahan harga barang/jasa yang dibeli oleh produsen atau pedagang besar, tentu saja dalam jangka waktu tertentu.

Kira-kira apa lagi yang membedakan antara IHK dan IHP? Yap, yang membedakannya lagi adalah IHP melakukan perhitungan tingkatan harga barang/jasa pada awal distribusi.

Sedangkan, IHK melakukan perhitungan barang/jasa yang sama tersebut pada tingkatan harga eceran.

Selain itu, IHP tidak ditentukan dalam satuan kecil, melainkan dalam ukuran yang besar atau borongan, seperti pada hasil pertambangan dan industri.

Indeks Harga Petani

Indeks ini merupakan harga yang harus dibayarkan dan diterima oleh petani, baik itu biaya produksi, hidup, maupun pajak dan upah. Wah, kok petani istimewa banget ya sampai ada kebijakan mengenai Indeks Harga Petani.

Eitss, jangan lupa ya kalau negara kita adalah negara agraris, dimana sebagian besar mata pencaharian masyarakatnya adalah bertani.

Itulah mengapa pemerintah menetapkan kebijakan seperti ini, karena kebijakan sekecil apapun akan sangat terasa bagi para petani.

Indeks Harga Implisit (Deflator GNP/Produk Nasional Bruto)

Jenis indeks harga yang terakhir adalah Indeks Harga Implisit. Apa sih indeks harga implisit itu? Indeks yang satu ini merupakan metode yang digunakan untuk membandingkan antara pertumbuhan ekonomi (Produk Nasional Bruto) nominal dengan pertumbuhan ekonomi (Produk Nasional Bruto) yang bersifat riil/nyata.

Indeks harga implisit memainkan peranan penting yang bisa digunakan sebagai acuan untuk menentukan tingkat inflasi yang akan terjadi.

Dengan begitu, maka GNP riil bisa dihitung secara maksimal.

Demikian artikel tentang materi indeks harga dan inflasi kelas 11. Semoga dengan adanya artikel ini Sobat Zenius jadi mudah memahaminya, ya!

Kalau elo mau belajar lagi tentang materi yang satu ini lebih dalam lagi, elo bisa banget buat akses video pembelajaran dari Zenius. Di dalam video pembelajaran terdapat materi yang dikemas dengan sangat menarik oleh tutor terpercaya dari Zenius.

Ditambah, elo juga akan disajikan contoh soal dan pembahasan sehingga membuat elo makin mengerti fundamental dari materinya.

Yuk, klik banner di bawah ini buat aksesnya!

indeks harga

Kemudian, buat Sobat Zenius yang mau terus berlatih melalui contoh soal dari setiap mata pelajaran, Zenius sudah menyediakan paket belajar yang bernama Aktiva.

Lewat paket Aktiva, elo bisa mengakses ribuan contoh soal beserta pembahasannya serta berkesempatan mengikuti ujian try out sekolah dan mengikuti sesi live class per minggunya.

Klik banner di bawah ini buat berlangganan dari sekarang!

indeks harga

Baca Juga Artikel Lainnya:

Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi
Lembaga Jasa Keuangan
Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya
 

Originally published: February 27, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!