Pengertian Complex Sentence dan Contoh Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

materi complex sentence bahasa inggris kelas 11

If you are hungry…

Sobat Zenius, bingung nggak sama kata itu? Nah, itu salah satu contoh kata bagian dari pembelajaran complex sentence.

Gini, kalau ada orang yang ngobrol sama elo terus dia bilang begitu, gimana? Pasti elo nungguin sampe dia bakal selesai ngomong kan? Ya iya lah! Rasanya nggak enak banget itu gantung kayak hubungan! Cukup hubungan elo aja deh yang digantung, percakapan mah jangan…

Ilustrasi bingung di tengah percakapan complex sentence (Arsip Zenius)
Ilustrasi bingung di tengah percakapan complex sentence (Arsip Zenius)

Sebagai pendengar yang baik, kita nungguin nih maksudnya dia ngomong, “Kalau elo lapar…”. Masa berhenti gitu aja? Apa dia mau ngajak makan, nyuruh makan, atau beliin makanan? 

Nah, itu namanya dependent clause kalau di Bahasa Inggris. Dan itu emang kalimat yang nggak bisa berdiri sendiri, ibaratnya harus ada penopang lainnya deh biar bisa berdiri sendiri dan jadi kalimat bernama complex sentence. Hah? Apa lagi tuh? Yuk, langsung aja cari tahu di sini!

Pengertian Complex Sentence

Sederhananya tuh gini, di complex sentence nanti bakal ada independent atau main clause dan juga dependant atau subordinate clause. Ini rumusnya:

Rumus complex sentence (Arsip Zenius).
Rumus complex sentence (Arsip Zenius)

Sebelum belajar tentang complex sentence, yuk cari tahu tentang komponennya dulu di sini!

Independent clause (IC) itu kalimat yang bisa dibilang lengkap karena mempunyai subjek, kata kerja, dan bisa berdiri sendiri. Contohnya nih “She drinks mineral water”.

Nah, kalau dependant clause (DC) itu kebalikan dari IC, yaitu kalimat yang ibaratnya sih “belum selesai”. Wah, udah kayak hubungan aja ya… Lanjut! Si DC ini juga terdiri dari subjek dan kata kerja, tapi nggak bisa berdiri sendiri. Contohnya “Because she is thirsty”.

Dan kata kunci di DC ini pasti ada conjunctions atau kata penghubungnya. Contohnya ada because, if, after, although, though, unless, until, when, while, dan lainnya. Biar lebih paham, elo bisa lihat materinya di sini

Keliatan nggak sih bedanya? Kalau IC, kalimatnya singkat, jelas, dan bisa dimengerti kalau maksudnya si cewek itu lagi minum air mineral. Tapi kalau DC, kalimatnya singkat dan nggak bisa dimengerti maksudnya apa, kok tiba-tiba dia haus?

Nah, complex sentence itu kombinasi antara IC dan DC. Jadi, kedua kalimat di atas tuh sebenernya bisa dimengerti kalau digabungin. Ini dia jadinya:

She drinks mineral water because she is thirsty.

Gimana? Gampang kan?

Baca Juga: Explanation Text – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Contoh Complex Sentence

Ilustrasi percakapan menggunakan complex sentence (Arsip Zenius)
Ilustrasi percakapan menggunakan complex sentence (Arsip Zenius)

Udah paham pengertiannya? Nah, langsung aja yuk coba bedah bareng contoh complex sentence di sini.

Contoh pertama, kalau IC ada di kalimat awal, bentuknya bakal begini:

“I could eat twice faster while I was a junior high school student.

I will visit my sister after I cook some sausages.

“I want to join the basketball team because I’m very good at it.

Elo tinggal perhatiin aja kalau ada kalimat jelas yang terdiri dari subjek dan kata kerja di awal, terus dilanjut sama kata penghubung dan kalimat penjelas di akhir, voila! Jadi deh, complex sentence!

Eh, tapi bisa ditukar nggak sih posisinya jadi DC yang di depan? Bisa banget, dong! Bentuknya bakal kayak gini nanti:

While I was a junior high school student, I could eat twice faster.”

After I cook some sausages, I will visit my sister.”

Because I’m very good at it, I want to join the basketball team.”

Nah, perbedaannya nih, kalau DC ditaruh di depan, sudah pasti banget ada koma setelahnya, terus baru deh ada IC di belakangnya. 

Oh iya, materi ini bisa elo tonton juga lewat video, lho, kalau mau lebih jelasnya. Langsung aja nih, klik banner di bawah buat nonton videonya. Semangat belajarnya, ya!

Baca Juga: Cause and Effect Beserta Rumus dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11 

Belajar bahasa inggris di video materi Zenius

Contoh Soal dan Pembahasannya

Itu dia salah satu materi yang bakal lo temuin di kelas 11 pelajaran Bahasa Inggris. Biar semakin menguasai, coba isi contoh soal complex sentence di sini yuk! Ada jawaban sama pembahasannya juga nih.

Contoh Soal 1

I eat fried rice…. Pilihlah satu klausa di bawah ini untuk melengkapi kalimat tersebut agar menjadi complex sentence yang benar:

a. I am hungry

b. I feel so hungry

c. She cooks it for me

d. Because I am hungry

Pembahasan:

I eat fried rice merupakan jenis independent clause yang memiliki subjek yaitu I, kata kerja yaitu eat, dan bisa berdiri sendiri atau dimengerti dengan mudah maksudnya. Berarti, yang dibutuhkan untuk melengkapinya adalah dependent clause yang mengandung kata penghubung. Dari keempat pilihan tersebut, hanya satu jawaban yang memiliki kata penghubung dan tidak bisa berdiri sendiri yaitu Because I am hungry. Jadi, jawabannya adalah d.

Contoh Soal 2

Manakah di bawah ini yang merupakan rumus dari pembuatan complex sentence?

a. Dependent clause + dependent clause

b. Dependent clause + independent clause

c. Noun clause + dependent clause

d. Independent clause + noun clause

Pembahasan:

Rumus dari complex sentence yaitu terdiri dari gabungan independent serta dependent clause. Tidak ada klausa lainnya di dalamnya. Jadi, jawabannya adalah b.

Itu dia pembahasan tentang materi complex sentence, Sobat Zenius! Elo udah paham belum nih? Biar semakin menguasai, coba deh nonton salah satu video menarik dari Zenius tentang ngerjain PR bareng. Menarik banget, lho! Ini dia videonya.

Baca Juga: Mengenal Konsep Noun Phrase dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Bagikan Artikel Ini!