Explanation Text

Explanation Text – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Cara giving and asking for explanation, pengertian explanation text, struktur explanation text beserta contohnya, fitur bahasa yang digunakan dalam teks, hingga materi reading comprehension yang dilengkapi dengan latihan soal tersedia dalam artikel ini. Yuk, simak artikel ini dan jadi semakin ahli berbahasa Inggris!

Hai Sobat Zenius! Pernah nggak sih lo ngalamin bingung tentang suatu hal, lalu lo nggak bisa memecahkan kebingungan lo itu sendiri? Pasti pernah kan? Ketika mengalami hal seperti itu, salah satu jalan keluar yang paling mudah lo bisa bertanya ke orang lain yang lebih memahami hal tersebut supaya mendapat penjelasan yang jelas. Kalau bertanya memakai Bahasa Indonesia kan pasti lo semua sudah terbiasa nih. Nah, gimana supaya makin cakap dalam berbahasa kalau kali ini kita belajar meminta penjelasannya dalam Bahasa Inggris? Eh, tapi kalo kita jadi orang yang ditanyai gimana? Tenang, di artikel ini kita nggak hanya membahas tentang how to ask for an explanation, tapi juga how to give an explanation

Kalau disekolah, materi ini dibahas di kelas 11 dalam topik explanation text. Tujuan materi explanation text adalah untuk membantu Sobat semua meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris melalui kemampuan asking for an explanation dan  giving an explanation. Di artikel ini, lo juga akan diperkenalkan dengan yang namanya explanation text dan cara memahami text-ya.

Pasti udah nggak sabar untuk mulai penjelasannya kan? Kalau gitu, yuk kita mulai aja!

Apa itu Explanation

Untuk memulai pembahasan kita hari ini tentang explanation text, ada baiknya kita mengerti dulu nih apa itu explanation. Menurut Oxford Learner’s Dictionary, explanation adalah suatu pernyataan, fakta, atau situasi yang memberikan penjelasan tentang bagaimana sesuatu bisa terjadi. Atau singkatnya, explanation merupakan alasan kenapa sesuatu bisa terjadi. Misalnya, lo penasaran tentang bagaimana sebuah pelangi terbentuk. Nah, dalam sebuah explanation, lo akan mendapatkan penjelasan berupa alasan atau fakta-fakta yang menjelaskan tentang hal itu Sobat. Cukup jelas ya tentang pengertian explanation? Sekarang kita tengok ya cara untuk asking for an explanation dan  giving an explanation-nya.

Asking for an Explanation in English

Kalau explanation adalah sebuah penjelasan tentang bagaimana terjadinya suatu hal, maka asking for an explanation merupakan kegiatan meminta penjelasan itu. Kemampuan untuk asking for an explanation ini penting banget Sobat. Selain untuk mendukung proses berkomunikasi, kemampuan ini juga dapat mempermudah proses belajar lo.

Untuk bisa asking for an explanation, lo perlu tahu nih apa saja ungkapan-ungkapan atau expressions yang bisa lo gunakan. Coba tengok contoh expressions-nya dalam beberapa contoh dialog asking for an explanation singkat di tabel di bawah ini ya Sobat.

Giving explanation (Foto: unsplash.com by Mimi Thian)
Giving explanation (Foto: unsplash.com by Mimi Thian)
Anne: You have to sum all of the data then try to multiply it with the variable.
Jess: What do you mean?
Kalau diartikan, “What do you mean” berarti “apa maksudmu?” Ungkapan ini bisa lo gunakan ketika lo tidak memahami sesuatu yang orang lain katakan. 

Variasi lainnya adalah “What does this mean?” Ungkapan ini bisa lo gunakan untuk menanyakan sesuatu yang nggak lo mengerti. Contohnya adalah ketika lo membaca sebuah instruksi yang sulit dipahami. Lo bisa bertanya ke temen lo dengan ungkapan “What does this instruction mean?
Anne: Yesterday, Mr. Listian gave this assignment to explain about the digestive process in humans but I couldn’t understand it myself. Could you explain this to me?
Jess: Sure, let me explain that to you.
“Could you explain this to me?” kalau diartikan, artinya “Bisakah kamu menjelaskan ini kepada ku?” Biasanya ungkapan ini digunakan untuk meminta suatu penjelasan tentang sebuah konsep. Kalau di dalam contoh, yang ditanyakan adalah tentang proses pencernaan manusia
Jess: All the people are screaming and running out of that store, what is going on?
Anne: I have no idea either.
Bisa menebak nggak nih apa kira-kira arti dari  “what is going on?”? Yak! Artinya kurang lebih “Apa yang terjadi?” atau “Ada apa sih?”.
Jess: I found my white dress turned blue this morning in the washing machine.
Anne: How come?
Ungkapan kali ini lumayan singkat ya Sobat. “How come?” kalau diartikan bisa berbunyi “Kok bisa?” atau “Kenapa?”.

Lo juga bisa menambahkan detail fenomena atau kejadiannya dalam ungkapan ini seperti “How come your white dress turned blue?” Artinya “Kok bisa dress putih mu jadi biru?”
Anne: April is really upset with me.
Jess: Why is April upset with you?
Cara lain untuk menanyakan sebuah explanation adalah dengan menggunakan kata tanya “why” atau “kenapa”. Penyusunan kalimat tanyanya pun bisa lo sesuaikan dengan konteks dan tenses yang perlu lo gunakan ya.

Baca Juga

Teknik Membaca Puisi – Materi Bahasa Indonesia Kelas 10

Materi Bahasa Indonesia Kelas 11: Cara Menganalisis dan Membuat Teks Ceramah

Materi Bahasa Indonesia Kelas 11: Konsep dan Struktur Teks Ceramah!

Giving Explanations in English

Tadi gue bilang bahwa asking for explanation itu memberikan inspirasi dalam penulisan explanation text. Nah selain itu, kemampuan dalam giving explanation in English juga nggak kalah pentingnya lho dalam penulisan explanation text. sekarang kita akan membahas tentang bagaimana sih caranya untuk giving explanation. Untuk memberikan explanation sendiri, lo bisa membagi tahapannya menjadi tiga nih Sobat, yaitu tahapan memulai, menjelaskan, dan memastikan. Supaya lebih jelas lo bisa tengok contoh dialog dibawah ini ya!

Struktur Explanation Text
Struktur Explanation Text

Seperti yang Sobat bisa lihat, explanation text diatas merupakan contoh teks yang tidak memiliki concluding statement atau closing ya Sobat

Explanation Text Features

Salah satu hal yang mencirikan sebuah explanation text adalah penggunaan fitur kebahasaannya. Apa saja fitur kebahasaan yang digunakan dalam teks ini? Unsur kebahasaan yang paling umum digunakan dalam explanation text adalah simple present tense dan passive voice in simple present. Pasti Sobat sudah pernah kan mendengar tentang tenses tersebut? Supaya tidak lupa, yuk kita bahas struktur kalimatnya.

Simple Present Tense

Karena yang umumnya disampaikan dalam explanation text merupakan sebuah fakta atau kejadian yang terjadi terus-menerus, maka tenses ini memang paling sering digunakan sobat. Struktur kalimatnya sendiri terdiri dari Subject + Infinitive/V1.Contoh penggunaan kalimatnya seperti dibawah ini nih.

“The winds cause waves on the surface of the ocean (and on lakes)”

Arti kalimat tersebut adalah “Angin menyebabkan ombak di permukaan laut (dan di danau)” Kalimat tersebut merupakan fakta nih Sobat, karena memang proses proses pembentukan ombak itu melalui tiupan angin. Itu sebabnya simple present tense digunakan dalam kalimat ini. Kalau dari struktur kalimatnya juga dapat diketahui kalau subject dari kalimat ini adalah the winds, lalu infinitive verb-nya adalah cause. Tetapi perlu diingat nih kalau di dalam simple present tense, jika subject nya singular (he, she, it) maka infinitive verb nya diikuti “s” atau “es” (watches, looks, studies, walks, etc.) ya.

Passive Voice in Simple Present

Dalam penulisan kalimat, kita biasanya mengenal yang namanya kalimat aktif dan kalimat pasif atau yang dalam Bahasa Inggris disebut active voice dan passive voice. Bunyi penggunaan active voice biasanya “I make breakfast every morning” sedangkan kalimat passive voice akan berbunyi “Breakfast is made by me every morning.” Perbedaannya apa? Yuk, kita cermati lagi lebih seksama kalimatnya.

passive voice

Selain kalimatnya yang menjadi lebih panjang, adapun perubahan subject kalimat dalam kalimat tersebut. Dalam active voice, subject atau yang melakukan pekerjaan adalah “I” dan object-nya atau yang dikenai pekerjaan adalah “breakfast”. Namun, ketika diubah menjadi passive voice, kata “breakfast” justru menjadi subjectnya yang ditulis di awal kalimat. Ciri-ciri passive voice lainnya adalah jika kalimat diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, maka akan ada kata kerja yang dikenai imbuhan “di-” dan penggunaan kata “oleh”. Contoh nya adalah “Sarapan dibuat oleh ku setiap pagi”.

Alasan digunakannya passive voice dalam explanation text adalah untuk memberikan penekanan pada suatu kata atau fenomena. Struktur kalimat dari Passive Voice in Simple Present adalah Subject + to be (is, am, are) + Past Participle / V3. Contohnya lainnya dari teks adalah seperti dibawah ini.

“Tsunamis (sometimes called tidal waves) are different from surface waves; they are usually caused by underwater earthquakes, volcanic eruptions, or landslides.”


Jika kalimat di atas diterjemahkan, maka akan berbunyi “Tsunami (kadang-kadang disebut gelombang pasang) berbeda dari gelombang permukaan; mereka biasanya disebabkan oleh gempa bumi bawah laut, letusan gunung berapi, atau tanah longsor.

Penulisan Huruf Kapital atau Capitalization

Alfabet (Foto: Pixabay.com by Gordon Johnson)
Alfabet (Foto: Pixabay.com by Gordon Johnson)

Hal penting lainnya dalam penulisan explanation text adalah penggunaan huruf kapital atau capitalization. Apa saja sih kata-kata yang perlu Sobat pastikan menggunakan huruf kapital pada awal katanya? Berikut daftarnya:

  1. Pronoun “I”
    Hayo, siapa yang masih sering nulis seperti ini “My friend and i are going to the beach”? Kalimat tersebut salah karena kata “I” tidak ditulis dalam huruf kapital Sobat. Jadi yang benar adalah “My friend and I are going to go to the beach.”.
  2. Kata pertama pada awal kalimat.
    Mungkin ini semua lo sudah tau ya, bahwa kata pertama di setiap kalimat selalu dimulai dengan huruf kapital. Contohnya, “The group work is very difficult. My friends and I worked really hard to do it.”
  3. Proper Noun atau Names
    Proper nouns merupakan kata benda yang spesifik. Biasanya dalam bentuk nama. Contohnya adalah nama orang (Matt, Josh, Silvia, Rose), nama kota (Japan, Indonesia, Amerika), Judul lagu (La Lisa, Dynamite), dan masih banyak nama-nama lainnya.
  4. Jabatan yang diikuti nama
    Nama sebuah jabatan tidak perlu ditulis dengan huruf kapital jika tidak diikuti nama, contoh nya “The president will be visiting the city soon.” Tetapi, jika diikuti nama, makan harus ditulis dengan huruf kapital seperti ini “President Joko Widodo will be visiting the city soon.”

Reading Comprehension Practice

Dalam latihan soal pemahaman bacaan, pertanyaan-pertanyaan yang biasanya diberikan terkait isi explanation text adalah sebagai berikut:

  1. What is the purpose of the text?/ What does the writer write the text for?
    Pertanyaan ini menanyakan tentang tujuan dari penulisan sebuah explanation text. Cara menjawab pertanyaan ini adalah dengan memperhatikan informasi apa saja yang disampaikan melalui bacaan dan kemudian menarik kesimpulan tujuannya dari informasi tersebut.
  2. What is the best title for the text?
    Terkadang Sobat akan diminta untuk memilih judul yang paling cocok untuk explanation text yang disajikan. Cara memilih judul ini hampir sama dengan mencari tujuan dari teks, yaitu dengan memperhatikan informasi yang ada pada teks.
  3. The following statements are true according to the text, except.
    Soal seperti di atas ini meminta teman-teman untuk menemukan pernyataan yang tidak sesuai dengan teks, namun terkadang ada pun soal yang meminta Sobat untuk menemukan pernyataan yang benar. Cara mudah mengerjakan soal ini adalah dengan mencari kata kunci dari pernyataan dan kemudian mencocokan kesesuaian informasinya dengan yang ada di dalam teks.
  4. The word “….” in the paragraph … has the closest meaning to …

    Soal semacam di atas biasanya menanyakan tentang arti sebuah kata yang ada di dalam kalimat. Terkadang, kata-kata yang ditanyakan ini mungkin asing buat teman-teman. Nah, supaya tetap bisa mengerjakan, teman-teman bisa terlebih dahulu menemukan kalimat yang menggunakan kata yang ditanyakan di dalam teks. Setelah itu teman-teman bisa mempelajari konteks nya dengan cara membaca satu hingga dua kalimat sebelumnya. Jika sudah mendapatkan konteksnya, lo bisa deh menyimpulkan atau mengasumsikan arti kata tersebut .

  5. The general statement of the passage is in paragraph ….
    Pertanyaan seperti ini sering ditanyakan untuk mengecek pemahaman Sobat tentang struktur explanation text. Yang perlu lo ingat adalah bahwa general statement umumnya terletak di paragraf pertama yang berisi pengertian atau penjelasan suatu fenomena secara umum. Setelah general statement akan dilanjutkan dengan sequential explanation. Bagian ini bisa terdiri lebih dari satu kalimat ya Sobat. Terakhir adalah bagian conclusion atau closing. Tidak sebua explanation text memiliki bagian ini, tetapi jika ada, maka letaknya selalu ada di paragraf terakhir.

Latihan Soal Reading Comprehension

Supaya semakin paham, Sobat bisa coba mengerjakan latihan soal dibawah ini ya. Pastikan lo sudah memilih jawaban lo sebelum mengecek kunci jawabannya ya.

Reading Comprehension
Reading Comprehension
  1. What is the purpose of the text?
    A.
    To tell the reader about where they can find waves
    B. To tell the reader about what causes waves
    C. To tell the reader about how to watch the waves movement
  2. The general statement of the passage is in paragraph…
    A. 1
    B. 2
    C. 3
  3. The following statements are true according to the text, except.
    A. We can make wave miniature ourselves
    B.Tsunami is the same with surface waves
    C. The energy transferred by the wind to the water causes waves

Kunci Jawaban

  1. B. To tell the reader about what causes waves
  2. A. 1
  3. B. Tsunami is the same with surface waves

Penutup

Yeay! Selamat ya lo sudah belajar tentang cara giving and asking for explanation dan juga tentang explanation text. Semoga apa yang gue berikan di artikel ini membantu lo dalam belajar dan mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris lo ya. Kalo ada pertanyaan, silahkan disampaikan melalui kolom komentar.

Sekian dari gue, see you in the next article!

Referensi

Haryono, S. S. (2020). Modul Bahasa inggris kelas XI KD 3. Retrieved November 25, 2021, from http://repositori.kemdikbud.go.id/22092/1/XI_Bahasa-Inggris_KD-3.8_4.8_Final.pdf.

limbu, L. taruk. (2017, December 12). Explanation text; definition, generic structures, purposes, language features. BRITISH Course. Retrieved November 25, 2021, from http://britishcourse.com/explanation-text-definition-generic-structures-purposes-language-features.php.

Bagikan Artikel Ini!