Explanation Text - Materi Bahasa Inggris Kelas 11 17

Explanation Text – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Halo, Sobat Zenius! Gimana kabarnya? Semoga baik-baik saja, ya! Di artikel ini, gue mau ngajak elo semua ngebahas materi explanation text kelas 11. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Pernah nggak sih elo ngalamin bingung tentang suatu hal, lalu nggak bisa memecahkan kebingungan itu sendiri? Ketika mengalami hal seperti itu, salah satu jalan keluar yang paling mudah elo bisa bertanya ke orang lain yang lebih memahami hal tersebut supaya mendapat penjelasan yang jelas.

Kalau bertanya memakai bahasa Indonesia kan pasti elo semua sudah terbiasa, nih. Nah, gimana supaya makin cakap dalam berbahasa kalau kali ini kita belajar meminta penjelasannya dalam Bahasa Inggris? Eh, tapi kalo kita jadi orang yang ditanyai gimana?

Tenang, di artikel ini kita nggak hanya membahas tentang how to ask for an explanation, tapi juga how to give an explanation dalam materi explanation text kelas 11, Sobat Zenius!

Penasaran, nggak, sih seperti apa materinya? Tanpa berlama-lama lagi, yuk, kita beralih ke pembahasannya!

Apa Itu Explanation Text?

Ilustrasi materi explanation text kelas 11.
Illustrasi berpikir mengenai explanation text (Dok. pixabay.com)

Sebenarnya, apa, sih, pengertian explanation text? Apa cuma teks yang berisi mengenai penjelasan aja?

Biar makin mudah memahami materi explanation text kelas 11, gue mau ngasih tahu pengertiannya dulu nih! 

Menurut Oxford Learner’s Dictionary, explanation adalah suatu pernyataan, fakta, atau situasi yang memberikan penjelasan tentang bagaimana sesuatu bisa terjadi. Atau singkatnya, explanation merupakan alasan kenapa sesuatu bisa terjadi.

Misalnya, elo penasaran tentang bagaimana sebuah pelangi terbentuk. Nah, dalam sebuah explanation, elo akan mendapatkan penjelasan berupa alasan atau fakta-fakta yang menjelaskan tentang hal itu Sobat Zenius.

Secara sederhana, explanation text merupakan sebuah teks yang berisi mengenai sebuah penjelasan secara detail. Biasanya, jenis teks ini berisi penjelasan tentang budaya, fenomena alam, masalah sosial, dan masih banyak lagi.

Oh iya, sebelum lanjut, buat elo yang belum download aplikasi Zenius, yuk klik banner di bawah ini. Pilih button yang sesuai dengan device yang elo gunakan ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Tujuan Explanation Text

tujuan explanation text
Ilustrasi orang sedang belajar (Dok Freepik.com)

Sekarang kita sudah tahu, nih, pengertian dari explanation text. Sebenarnya, apa, sih, tujuan dari jenis teks yang satu ini? Apakah untuk memberi penjelasan kepada orang mengenai suatu hal?

Yap, kurang lebih seperti itu. Selain itu, tujuan explanation text sendiri yaitu untuk memberitahu kepada para pembaca mengenai bagaimana sesuatu itu terjadi. Dengan demikian, maka pembaca dapat membayangkan dan memahami suatu teks tersebut.

Nggak cuma itu, tujuan yang lain juga untuk menjelaskan proses-proses yang terjadi yang berkaitan dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu peristiwa terjadi.

Kalau dilihat lagi, fokus dari pembahasan materi ini bukan terletak pada sebuah subjek, melainkan peristiwa atau kejadian tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Prepositional Phrase dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Ciri-Ciri Explanation Text

Nah, Sobat Zenius sekarang sudah mulai paham, nih, pengertian dan tujuan explanation text. Akan tetapi, setelah itu pasti elo masih bingung dan bertanya-tanya,

“Bagaimana gue bisa tahu kalau kalimat ini merupakan explanation text?”

Tenang, gue mau membagikan ciri-ciri explanation text kepada elo semua dalam pembahasan kali ini. Kira-kira apa saja cirinya?

  • Biasanya menggunakan Simple Present Tense
  • Memakai passive voice
  • Menggunakan noun phrase dan active verbs
  • Memakai chronological connector
  • Menggunakan adverbial phrase

Contoh Explanation Text

Sekarang, kita mulai masuk ke dalam pembahasan tentang contoh explanation text, nih, Sobat Zenius!

Seperti yang udah gue jelasin di awal artikel, dalam artikel ini gue mau memberikan contoh mengenai how to ask for an explanation dan juga how to give an explanation. Oleh karena itu, gue akan ngebagi dua contoh pada pembahasan kali ini.

Asking for an Explanation in English

Giving explanation (Foto: unsplash.com by Mimi Thian)
Giving explanation (Dok. unsplash.com by Mimi Thian)
Anne: You have to sum all of the data then try to multiply it with the variable.
Jess: What do you mean?
Kalau diartikan, “What do you mean” berarti “apa maksudmu?” Ungkapan ini bisa elo gunakan ketika tidak memahami sesuatu yang orang lain katakan. 

Variasi lainnya adalah “What does this mean?” Ungkapan ini bisa elo gunakan untuk menanyakan sesuatu yang nggak elo mengerti. Contohnya adalah ketika membaca sebuah instruksi yang sulit dipahami. Elo bisa bertanya ke temen elo dengan ungkapan “What does this instruction mean?
Anne: Yesterday, Mr. Listian gave this assignment to explain about the digestive process in humans but I couldn’t understand it myself. Could you explain this to me?
Jess: Sure, let me explain that to you.
“Could you explain this to me?” kalau diartikan, artinya “Bisakah kamu menjelaskan ini kepada ku?” Biasanya ungkapan ini digunakan untuk meminta suatu penjelasan tentang sebuah konsep. Kalau di dalam contoh, yang ditanyakan adalah tentang proses pencernaan manusia
Jess: All the people are screaming and running out of that store, what is going on?
Anne: I have no idea either.
Bisa menebak nggak nih apa kira-kira arti dari  “what is going on?”? Yak! Artinya kurang lebih “Apa yang terjadi?” atau “Ada apa sih?”.
Jess: I found my white dress turned blue this morning in the washing machine.
Anne: How come?
Ungkapan kali ini lumayan singkat, ya, Sobat Zenius. “How come?” kalau diartikan bisa berbunyi “Kok bisa?” atau “Kenapa?”.

Elo juga bisa menambahkan detail fenomena atau kejadiannya dalam ungkapan ini seperti “How come your white dress turned blue?” Artinya “Kok bisa dress putih mu jadi biru?”
Anne: April is really upset with me.
Jess: Why is April upset with you?
Cara lain untuk menanyakan sebuah explanation adalah dengan menggunakan kata tanya “why” atau “kenapa”. Penyusunan kalimat tanyanya pun bisa elo sesuaikan dengan konteks dan tenses yang perlu elo gunakan, ya.

Giving Explanations in English

Why Summer Daylight is Longer than Winter Daylight

In the summer, the amount of daylight that we get is more than we get in winter. This is not because as many people think we are closer to the sun but because of the tilt of the earth.

The earth is actually closer to the sun in winter than it is in summer but you would be forgiven for thinking that this can not be true after looking out of your window on a cold and frosty morning.

It seems strange that as the earth gets closer to the sun during its orbit then the amount of daylight that we get decreases. But that is the case. It is the tilt of the earth that determines the amount of daylight that we get and so the length of time that for us the sun is above the horizon.

Source: ictteachers.co.uk via www.getenglishnow.org

Explanation Text Features

Salah satu hal yang mencirikan sebuah explanation text adalah penggunaan fitur kebahasaannya. Apa saja fitur kebahasaan yang digunakan dalam teks ini?

Unsur kebahasaan yang paling umum digunakan dalam explanation text adalah simple present tense dan passive voice in simple present. Pasti Sobat sudah pernah kan mendengar tentang tenses tersebut? Supaya tidak lupa, yuk kita bahas struktur kalimatnya.

Simple Present Tense

Karena yang umumnya disampaikan dalam explanation text merupakan sebuah fakta atau kejadian yang terjadi terus-menerus, maka tenses ini memang paling sering digunakan sobat.

Struktur kalimatnya sendiri terdiri dari Subject + Infinitive/V1.Contoh penggunaan kalimatnya seperti dibawah ini nih.

“The winds cause waves on the surface of the ocean (and on lakes)”

Arti kalimat tersebut adalah “Angin menyebabkan ombak di permukaan laut (dan di danau)” Kalimat tersebut merupakan fakta nih Sobat Zenius, karena memang proses proses pembentukan ombak itu melalui tiupan angin.

Itu sebabnya simple present tense digunakan dalam kalimat ini. Kalau dari struktur kalimatnya juga dapat diketahui kalau subject dari kalimat ini adalah the winds, lalu infinitive verb-nya adalah cause.

Tetapi perlu diingat kalau di dalam simple present tense, jika subject-nya singular (he, she, it) maka infinitive verb nya diikuti “s” atau “es” (watches, looks, studies, walks, etc.) ya.

Passive Voice in Simple Present

Dalam penulisan kalimat, kita biasanya mengenal yang namanya kalimat aktif dan kalimat pasif atau yang dalam Bahasa Inggris disebut active voice dan passive voice.

Bunyi penggunaan active voice biasanya “I make breakfast every morning” sedangkan kalimat passive voice akan berbunyi “Breakfast is made by me every morning.

Perbedaannya apa? Yuk, kita cermati lagi lebih seksama kalimatnya.

passive voice

Selain kalimatnya yang menjadi lebih panjang, adapun perubahan subject kalimat dalam kalimat tersebut.

Dalam active voice, subject atau yang melakukan pekerjaan adalah “I” dan object-nya atau yang dikenai pekerjaan adalah “breakfast”.

Namun, ketika diubah menjadi passive voice, kata “breakfast” justru menjadi subjectnya yang ditulis di awal kalimat.

Ciri-ciri passive voice lainnya adalah jika kalimat diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, maka akan ada kata kerja yang dikenai imbuhan “di-” dan penggunaan kata “oleh”. Contoh nya adalah “Sarapan dibuat oleh ku setiap pagi”.

Alasan digunakannya passive voice dalam explanation text adalah untuk memberikan penekanan pada suatu kata atau fenomena.

Struktur kalimat dari Passive Voice in Simple Present adalah Subject + to be (is, am, are) + Past Participle / V3. Contohnya lainnya dari teks adalah seperti dibawah ini.

“Tsunamis (sometimes called tidal waves) are different from surface waves; they are usually caused by underwater earthquakes, volcanic eruptions, or landslides.”

Jika kalimat di atas diterjemahkan, akan berbunyi “Tsunami (kadang-kadang disebut gelombang pasang) berbeda dari gelombang permukaan; mereka biasanya disebabkan oleh gempa bumi bawah laut, letusan gunung berapi, atau tanah longsor.”

Baca Juga: Contoh Adjective Phrase Beserta Rumus dan Pengertian – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Penulisan Huruf Kapital atau Capitalization

Alfabet (Foto: Pixabay.com by Gordon Johnson)
Alfabet (Foto: Pixabay.com by Gordon Johnson)

Hal penting lainnya dalam penulisan explanation text adalah penggunaan huruf kapital atau capitalization.

Apa saja sih kata-kata yang perlu Sobat pastikan menggunakan huruf kapital pada awal katanya? Berikut daftarnya:

  1. Pronoun “I”
    Hayo, siapa yang masih sering nulis seperti ini “My friend and i are going to the beach”? Kalimat tersebut salah karena kata “I” tidak ditulis dalam huruf kapital Sobat. Jadi yang benar adalah “My friend and I are going to go to the beach.”.
  2. Kata pertama pada awal kalimat.
    Mungkin ini semua lo sudah tau ya, bahwa kata pertama di setiap kalimat selalu dimulai dengan huruf kapital. Contohnya, “The group work is very difficult. My friends and I worked really hard to do it.”
  3. Proper Noun atau Names
    Proper nouns merupakan kata benda yang spesifik. Biasanya dalam bentuk nama. Contohnya adalah nama orang (Matt, Josh, Silvia, Rose), nama kota (Japan, Indonesia, Amerika), Judul lagu (La Lisa, Dynamite), dan masih banyak nama-nama lainnya.
  4. Jabatan yang diikuti nama
    Nama sebuah jabatan tidak perlu ditulis dengan huruf kapital jika tidak diikuti nama, contoh nya “The president will be visiting the city soon.” Tetapi, jika diikuti nama, makan harus ditulis dengan huruf kapital seperti ini “President Joko Widodo will be visiting the city soon.”

Reading Comprehension Practice

Dalam latihan soal pemahaman bacaan, pertanyaan-pertanyaan yang biasanya diberikan terkait isi explanation text adalah sebagai berikut:

  1. What is the purpose of the text?/ What does the writer write the text for?
    Pertanyaan ini menanyakan tentang tujuan dari penulisan sebuah explanation text. Cara menjawab pertanyaan ini adalah dengan memperhatikan informasi apa saja yang disampaikan melalui bacaan dan kemudian menarik kesimpulan tujuannya dari informasi tersebut.
  2. What is the best title for the text?
    Terkadang Sobat akan diminta untuk memilih judul yang paling cocok untuk explanation text yang disajikan. Cara memilih judul ini hampir sama dengan mencari tujuan dari teks, yaitu dengan memperhatikan informasi yang ada pada teks.
  3. The following statements are true according to the text, except.
    Soal seperti di atas ini meminta teman-teman untuk menemukan pernyataan yang tidak sesuai dengan teks, namun terkadang ada pun soal yang meminta Sobat untuk menemukan pernyataan yang benar. Cara mudah mengerjakan soal ini adalah dengan mencari kata kunci dari pernyataan dan kemudian mencocokan kesesuaian informasinya dengan yang ada di dalam teks.
  4. The word “….” in the paragraph … has the closest meaning to …

    Soal semacam di atas biasanya menanyakan tentang arti sebuah kata yang ada di dalam kalimat. Terkadang, kata-kata yang ditanyakan ini mungkin asing buat teman-teman. Nah, supaya tetap bisa mengerjakan, teman-teman bisa terlebih dahulu menemukan kalimat yang menggunakan kata yang ditanyakan di dalam teks. Setelah itu teman-teman bisa mempelajari konteks nya dengan cara membaca satu hingga dua kalimat sebelumnya. Jika sudah mendapatkan konteksnya, elo bisa deh menyimpulkan atau mengasumsikan arti kata tersebut .

  5. The general statement of the passage is in paragraph ….
    Pertanyaan seperti ini sering ditanyakan untuk mengecek pemahaman Sobat Zenius tentang struktur explanation text.
    Yang perlu elo ingat adalah bahwa general statement umumnya terletak di paragraf pertama yang berisi pengertian atau penjelasan suatu fenomena secara umum. Setelah general statement akan dilanjutkan dengan sequential explanation. Bagian ini bisa terdiri lebih dari satu kalimat ya. Terakhir adalah bagian conclusion atau closing. Tidak sebua explanation text memiliki bagian ini, tetapi jika ada, maka letaknya selalu ada di paragraf terakhir.

Latihan Soal Reading Comprehension

Supaya semakin paham, Sobat Zenius bisa coba mengerjakan latihan soal di bawah ini, ya. Pastikan elo sudah memilih jawaban sebelum mengecek kunci jawabannya.

Reading Comprehension
Reading Comprehension
  1. What is the purpose of the text?
    A.
    To tell the reader about where they can find waves
    B. To tell the reader about what causes waves
    C. To tell the reader about how to watch the waves movement
  2. The general statement of the passage is in paragraph ….
    A. 1
    B. 2
    C. 3
  3. The following statements are true according to the text, except.
    A. We can make wave miniature ourselves
    B.Tsunami is the same with surface waves
    C. The energy transferred by the wind to the water causes waves

Kunci Jawaban

  1. B. To tell the reader about what causes waves
  2. A. 1
  3. B. Tsunami is the same with surface waves

Yeay! Selamat elo sudah belajar tentang cara giving and asking for explanation dan juga tentang explanation text.

Semoga apa yang gue berikan di artikel ini membantu elo dalam belajar dan mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris, ya.

Kalau Sobat Zenius mau belajar materi Explanation Text kelas 11, dan materi bahasa Inggris lainnya melalui video pembelajaran, elo bisa langsung klik banner di bawah ini, ya! Nantinya akan diajarkan langsung oleh tutor bahasa Inggris dari Zenius, lho!

invitation letter

Nah, khusus buat Sobat Zenius yang ingin meningkatkan prestasi belajar, biar nilai rapor elo makin bagus, elo bisa berlangganan Zenius Aktiva sekarang!

Di Zenius Aktiva, elo bakal dibimbing langsung sama tutor di live class, ikutan try out dan latihan soal intensif biar makin jago jawab soal ujian, hingga diberi akses ke ribuan video belajar premium, lho. Jadi, elo bakal makin paham sama semua materi belajar kelas 10, 11, 12 dalam waktu singkat.

Yuk, cek info Zenius Aktiva dengan klik banner di bawah ini, sekarang!

Explanation Text - Materi Bahasa Inggris Kelas 11 18

Baca Juga: Pengertian Complex Sentence dan Contoh Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Kalo ada pertanyaan, silakan disampaikan melalui kolom komentar. Sekian dari gue, see you in the next article!

Originally published: November 29, 2021
Updated by: Maulana Adieb & Rizaldi Abror

Referensi

Haryono, S. S. (2020). Modul Bahasa inggris kelas XI KD 3. Retrieved November 25, 2021, from http://repositori.kemdikbud.go.id/22092/1/XI_Bahasa-Inggris_KD-3.8_4.8_Final.pdf.

limbu, L. taruk. (2017, December 12). Explanation text; definition, generic structures, purposes, language features. BRITISH Course. Retrieved November 25, 2021, from http://britishcourse.com/explanation-text-definition-generic-structures-purposes-language-features.php.

Bagikan Artikel Ini!