universitas di jawa

10 PTN Terbaik di Jawa yang Bisa Jadi Pilihan Sobat Zenius!

Siapa yang berencana ingin melanjutkan kuliah di salah satu universitas di Jawa? Kalau Sobat Zenius salah satunya, sebaiknya pahami terlebih dahulu, nih, apa saja universitas yang ada di Jawa.

Seperti yang elo ketahui, pulau Jawa menjadi salah satu pusat pemerintahan yang di dalamnya terdapat banyak sekali universitas ternama. Rata-rata, PTN di pulau Jawa menjadi idaman bagi semua orang, dan mungkin bagi elo sendiri, Sobat Zenius!

Nah, tapi apakah Sobat Zenius sudah tahu apa saja, sih, nama-nama universitas di Jawa, khususnya yang PTN?

Bagi elo yang sedang mencari informasi terkait itu, gue akan merangkumnya secara terperinci buat elo dalam artikel ini.

Penasaran? Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Daftar Universitas Negeri di Jawa

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

universitas di jawa
Universitas Gadjah Mada. Credit Image by ugm.ac.id

Siapa yang tidak mengenal universitas yang satu ini? Sobat Zenius pasti sudah tahu universitas ternama yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. UGM menjadi banyak incaran orang-orang setelah lulus dari jenjang pendidikan SMA.

Bagaimana tidak, UGM menawarkan 18 fakultas dan 69 program studi yang bisa Sobat Zenius pilih, mulai dari Fakultas Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran hingga Fakultas Teknik.

Terlebih, kampus ini dulu pernah ditempati oleh salah satu orang nomor satu di Indonesia, yaitu Joko Widodo.

Bagi Sobat Zenius yang tertarik masuk ke UGM, sebaiknya mulai pelajari UTBK ataupun UTUL UGM (Ujian Tulis UGM).

2. Universitas Indonesia (UI)

universitas di jawa
Universitas Indonesia. Credit Image by ui.ac.id

Universitas Indonesia atau biasa disingkat menjadi UI menjadi salah satu universitas terbaik di Jawa. Menurut data dari Webometrics, UI menempati nomor satu sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Kampus UI sendiri terletak di dua daerah, yaitu Depok dan Jakarta Pusat. Sebagai salah satu PTN di Jawa Barat, UI menawarkan fasilitas yang memukau bagi para mahasiswanya, mulai dari beasiswa hingga sarana olahraga.

Bagi elo yang tertarik untuk masuk ke universitas di Jawa yang satu ini, sebaiknya elo mulai pelajari contoh soal SIMAK UI dari sekarang.

3. Universitas Padjadjaran (Unpad)

10 PTN Terbaik di Jawa yang Bisa Jadi Pilihan Sobat Zenius! 41
Universitas Padjajaran. Credit Image by library.unpad.ac.id

Sobat Zenius berdomisili di Bandung? Kalau iya, pasti sudah nggak asing lagi, dong, dengan universitas yang satu ini. Yap, Universitas Padjadjaran atau Unpad menjadi salah satu PTN favorit di Jawa Barat. 

Unpad sendiri mempunyai tiga kampus yang letaknya berbeda-beda, yaitu kampus Jatinangor, kampus Dipatiukur, dan kampus Pangandaran. Unpad menyediakan beragam fakultas dan program studi seperti kedokteran gigi, teknik geologi, ilmu budaya, hingga ilmu sosial dan ilmu politik.

Baca Juga: 20+ Jurusan SNMPTN Sepi Peminat di Universitas Top, Ada yang Jadi Incaran Lo?

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

10 PTN Terbaik di Jawa yang Bisa Jadi Pilihan Sobat Zenius! 42
Institut Pertanian Bogor. Credit Image by ipb.ac.id

Selain Unpad, PTN di Jawa Barat yang perlu Sobat Zenius ketahui adalah Institut Pertanian Bogor atau biasa disingkat menjadi IPB.

Universitas di Jawa Barat yang satu ini menempati urutan ketiga universitas terbaik di Indonesia melalui Webometrics.

Kampus IPB sendiri terletak di Jl. Raya Dramaga, Kota Bogor, Jawa Barat. Ada banyak sekali program studi atau prodi yang bisa elo pilih, yaitu manajemen, ilmu komputer, ilmu gizi, bisnis, teknik sipil dan lingkungan, statistika dan sains data hingga teknologi pangan.

Buat elo yang tertarik untuk masuk ke IPB, ada baiknya mulai mempelajari Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer atau UTM-BK. UTM-BK sendiri merupakan salah satu jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh IPB.

5. Institut Teknologi Bandung (ITB)

universitas di jawa terbaik
Institut Teknologi Bandung. Credit Image by itb.ac.id

Kalau tadi kita ngomongin IPB, kali ini kita beralih ke ITB. Sobat Zenius pasti juga sudah tahu sama universitas yang satu ini. Yap, presiden ketiga di Indonesia, Alm. B.J. Habibie, pernah berkuliah di ITB.

ITB merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di Jawa Barat. Kampus ITB sendiri berlokasi di Jl. Ganesa No.10, Lb Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung Jawa Barat.

Buat yang penasaran apa saja prodi di ITB, elo bisa lihat daftarnya di bawah ini:

  • Arsitektur
  • Perencanaan wilayah dan kota (PWK)
  • Kewirausahaan
  • Manajemen
  • Farmasi klinik dan komunitas
  • Sains dan teknologi farmasi
  • Biologi
  • Mikrobiologi
  • Rekayasa pertanian
  • Rekayasa perhutanan
  • Desain interior
  • Desain komunikasi visual
  • Dan masih banyak lagi

6. Universitas Diponegoro (Undip)

universitas di jawa
Universitas Diponegoro. Credit Image by psikologi.undip.ac.id

Kalau elo berdomisili di Semarang sudah pasti nggak bakalan asing sama salah satu universitas yang satu ini. Yap, Universitas Diponegoro atau Undip merupakan salah satu universitas di Jawa Tengah yang berkualitas dan sudah terakreditasi A.

Di Undip, ada banyak sekali fakultas yang bisa elo temui, seperti Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, dan lain-lain.

Hampir kebanyakan prodi di Undip sudah mendapatkan akreditasi A. Contohnya, jurusan Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Sastra Indonesia, Manajemen, Ilmu Ekonomi, dan lain-lain.

Kampus Undip sendiri terletak di kota Semarang Jawa Tengah. Lokasi kampusnya terbagi dua daerah, yaitu Undip Tembalang dan Pleburan.

Baca Juga: Mengenal Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS)

7. Universitas Sebelas Maret (UNS)

10 PTN Terbaik di Jawa yang Bisa Jadi Pilihan Sobat Zenius! 43
Universitas Sebelas Maret. Credit Image by uns.ac.id

Beralih ke Kota Solo, elo akan menemukan salah satu kampus negeri di Jawa Tengah terbaik yang bernama Universitas Sebelas Maret atau biasa disingkat UNS. Lokasi kampus UNS terletak di Jl. Ir. Sutami No. 36, Kentingan, Kec. Jebres, Kota Solo Jawa Tengah.

Di UNS, Sobat Zenius bisa pilih berbagai macam prodi terbaik, mulai dari Sastra Arab, Sastra Indonesia, Perencanaan Wilayah dan Kota, Pendidikan Dokter, hingga Ilmu Ekonomi.

Saat ini, melalui Webometrics, UNS menempati peringkat ke-13 sebagai universitas terbaik di Indonesia di atas Universitas Diponegoro yang menempati urutan ke-14.

8. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

universitas di jawa
Universitas Jenderal Soedirman. Credit Image by unsoed.ac.id

PTN di Jawa Tengah selanjutnya yang perlu Sobat Zenius ketahui adalah Universitas Jenderal Soedirman atau biasa disingkat Unsoed. 

Unsoed terletak di Jl. Profesor Dr. HR Boenyamin No. 708, Dukuhbandong, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Di Unsoed, Sobat Zenius juga bisa memilih berbagai macam prodi:

  • Peternakan
  • Pendidikan Dokter
  • Farmasi
  • Kesehatan Masyarakat
  • Keperawatan
  • Ilmu Gizi
  • Teknik Industri
  • Teknik Geologi
  • Kimia
  • Matematika
  • Fisika
  • Dan masih banyak lagi

9. Universitas Brawijaya (UB)

10 PTN Terbaik di Jawa yang Bisa Jadi Pilihan Sobat Zenius! 44
Universitas Brawijaya. Credit Image by ub.ac.id

Nggak cuman di Jawa Tengah, Sobat Zenius juga bisa mencari universitas negeri di Jawa Timur, lho! 

Universitas Brawijaya atau biasa disingkat menjadi UB bisa menjadi pilihan yang tepat buat elo. Universitas di Jawa Timur yang satu ini menyajikan berbagai macam prodi seperti Agribisnis, Agroteknologi, Kehutanan, Peternakan, Teknik Elektro, Teknik Mesin hingga Ilmu Komunikasi.

UB sendiri terletak di Kota Malang, Jawa Timur.

10. Universitas Airlangga (Unair)

10 PTN Terbaik di Jawa yang Bisa Jadi Pilihan Sobat Zenius! 45
Universitas Airlangga. Credit Image news.unair.ac.id

Nggak cuman UB, elo juga bisa pilih Universitas Airlangga jika tertarik untuk menempuh pendidikan di Jawa Timur. Universitas Airlangga atau Unair menjadi salah satu PTN terbaik di Jawa Timur.

Bagaimana tidak, melalui Webometrics, Unair menempati urutan ke-6 universitas terbaik di Indonesia.

Buat elo yang belum tahu, Unair sendiri memiliki tiga kampus yang terletak di Surabaya, terdiri dari kampus A, kampus B, dan kampus C.

Kampus A Unair terletak di Jl. Prof Dr. Moestopo, lalu kampus B di Jl. Airlangga, dan kampus C di Jl. Mulyorejo, Surabaya Timur.

Bagi Sobat Zenius yang tertarik masuk Unair, ada beberapa jurusan atau prodi seperti:

  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi
  • Psikologi
  • Ilmu Keperawatan
  • Ilmu Politik
  • Ilmu Hukum
  • Sastra Indonesia
  • Kedokteran Hewan
  • Sejarah
  • Dan lain-lain

Baca Juga: Selma UB 2021: Ingin Masuk Universitas Brawijaya? Yuk Ikut Seleksi Mandiri SMUB 2021!

Nah, itu dia 10 universitas di Jawa terbaik yang perlu elo ketahui, Sobat Zenius. Bagi elo yang saat ini udah memasuki kelas 12, alangkah baiknya mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK atau seleksi jalur mandiri dari universitas incaran.

Beruntungnya, saat ini Sobat Zenius sudah bisa belajar UTBK melalui Zenius, lho! Elo akan banyak sekali mendapatkan contoh-contoh soal UTBK dan dibimbing langsung oleh ahlinya nanti.

Tetap semangat buat mengejar PTN impian ya, Sobat Zenius!

Bagikan Artikel Ini!