Apa Itu Prepositional Phrase dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Pengertian Contoh Prepositional Phrase Zenius Education

Hai, Sobat Zenius! Elo pernah dengar tentang prepositional phrase, nggak? Well, mungkin elo masih asing nih, dengan prepositional phrase. Tapi, kalo penggunaan kata depan di dalam Bahasa Indonesia elo pasti tahu, kan? 

Nggak hanya di dalam Bahasa Indonesia, tapi di dalam Bahasa Inggris kita juga mengenal kata depan, lho. Nah, kira-kira gimana ya, bentuk kata depan di dalam Bahasa Inggris? Yuk, kita coba pelajari mulai dari pengertian hingga contoh preposition phrase!

Pengertian Prepositional Phrase

Contoh Apa Itu Prepositional Phrase Zenius Education
Apa itu Prepositional Phrase? (Arsip Zenius)

Prepositional phrase is a group of words that contains a preposition and its modifiers. It acts as an adverb, adjective or noun, so it can be an adverbial phrase, noun phrase or adjective phrase. 

Nah, kalau diartikan maka pengertian prepositional phrase merupakan sekelompok kata yang terdiri dari preposisi dan modifiers. Prepositional phrase juga bekerja sebagai adverb, kata deskriptif, dan kata benda sehingga bisa menjadi adverbial phrase, noun phrase or adjective phrase.

Nah lho, pasti elo jadi bingung deh setelah membaca definisi prepositional phrase di atas. Tapi, tenang aja, sekarang bakal gue jelaskan dengan menggunakan contoh kalimat di bawah ini, ya!

“I found the neighbor’s cat inside my house.”

So, kira-kira menurut elo yang mana nih, yang termasuk prepositional phrase?

Kalau elo menjawab inside, yap betul banget! Pasalnya, preposition phrase kalau di dalam bahasa Indonesia merupakan kata depan. Jadi, nggak mungkin jawabannya cat, house, dan lainnya, kan? Sehingga dapat disimpulkan yang termasuk kata depan adalah “inside”  yang berarti di dalam. 

Prepositional phrase juga memiliki struktur nih guys, yaitu sebagai berikut:

Preposition + modifiers

Contoh kalimatnya yakni:

The missing girl was found alone under the bridge. Pada kalimat tersebut yang termasuk preposition adalah under sedangkan bridge termasuk noun.

Baca Juga: Asking and Giving Suggestion – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Fungsi dan Contoh Prepositional Phrase

contoh dan pengertian prepositional phrase zenius
Apa saja fungsi prepositional phrase? (Dok. Pexels)

Fungsi prepositional phrase yaitu sebagai adverb, adjective, dan nouns. Untuk lebih jelasnya, coba elo lihat penjelasan dan contoh prepositional phrase di bawah ini. 

1. Fungsi Prepositional Phrase Sebagai Adverb

Salah satu fungsi prepositional phrase yakni sebagai adverb nih, guys! Coba deh elo lihat contoh kalimat prepositional phrase di bawah ini!

  • The missing girl was found alone under the bridge
  • The refugees were rushed inside the plane

2. Fungsi Prepositional Phrase Sebagai Adjective

Selain sebagai adverb, prepositional phrase juga dapat digunakan sebagai adjective yang berfungsi untuk mendeskripsikan sesuatu. Berikut contoh prepositional phrase

  • The leader of the clan is known to be brave
  • The woman in the purple dress was disguising herself

3. Fungsi Prepositional Phrase Sebagai Nouns

Meski nggak umum, tapi prepositional phrase juga bisa digunakan sebagai nouns, lho! Berikut contoh prepositional phrase: 

  • The best time to study is after you wake up
  • After the ceremony will be a good time for us to meet 

Baca Juga: Pengertian Complex Sentence dan Contoh Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Contoh Soal Prepositional Phrase

apa itu prepositional phrase dan contohnya
Kalian bisa coba mengerjakan soal prepositional phrase di bawah ini! (Dok. Pixabay)
  1. Which sentence has a prepositional phrase?

A. He doesn’t pass the exam because he didn’t study.

B. My brother is a cheetah. He runs extremely fast.

C. Fina got a new car with a bombastic audio.

D. I have been losing my mind.

E. Dio likes to eat Indian food.

Jawaban:

Prepositional phrase adalah frasa yang terdiri dari preposition dan object of preposition dan biasa berfungsi sebagai adjective dan adverb. Sehingga, jawaban yang tepat adalah C. Karena kata with a bombastic audio di sini menjelaskan prepositional phrase sebagai adjective.

2. An Orang Utan got …. Now, it is being taken care ….

Fill in the blanks with the correct phrases!

A. The village; the government.

B. By the government; to the village.

C. To the house; by the government.

D. Into the village; by the local government.

E. By the local government; into the village.

Jawaban:

Kalimat tersebut harus dilengkapi dengan prepositional phrase. Kalimat pertama ada verb got’ maka prepositional phrase yang tepat untuk menjelaskan verbnya yaitu into the village.

Kalimat kedua, preposisinya digunakan untuk menjelaskan subjek yang melakukan aksinya maka preposisional phrase yang tepat yaitu by the local government.

Maka, jawaban yang tepat adalah D. Into the village; by the local government.

Baca Juga: Explanation Text – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Yeay, selesai juga nih materi tentang prepositional phrase. Gimana nih guys, elo semua pasti udah paham kan tentang materi ini? Tapi, kalau masih mau mendalami tentang fungsi dan contoh-contoh lainnya dari prepositional phrase elo bisa langsung kunjungi aplikasi Zenius, ya! Untuk lebih mudahnya lagi, elo bisa langsung klik banner di bawah ini.

Pelajari materi Bahasa Inggris di video materi belajar Zenius
Bagikan Artikel Ini!