Asking and giving suggestion (Arsip Zenius)

Asking and Giving Suggestion – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Di kesempatan kali ini gue akan membahas tentang materi Asking and Giving Suggestion yang merupakan bagian dari materi Advice and Suggestions untuk bahasa Inggris Kelas 11. Sebelumnya jawab pertanyaan di bawah ini ya!

Kalian tipe yang mana nih?

View Results

Loading ... Loading ...

Pasti pernah kan temen elo cerita tentang sebuah masalah, lalu meminta saran atau nasihat dari elo? Atau mungkin elo yang sering minta saran dari orang lain? Kali ini kita akan membahas bagaimana cara memberikan advice(nasihat) dan suggestion(saran) dalam bahasa Inggris dalam materi asking and giving suggestion

Sebelum masuk pembahasan, biar makin semangat, kita mulai dulu dengan melihat sebuah contoh nasihat hidup dari Grant Cardone, seorang pengusaha properti dan penulis sukses asal Amerika. 

“I suggest that you become obsessed about the things you want; otherwise, you are going to spend a lifetime being obsessed with making up excuses as to why you didn’t get the life you wanted.”

― Grant Cardone, The 10X Rule: The Only Difference Between Success and Failure

Coba kita lihat nasihat di atas bersama-sama ya. Di sini kita diberi nasihat untuk ‘terobsesi’ dengan hal yang memang kita sukai, kalau tidak, kita akan menghabiskan hidup ‘terobsesi’ membuat berbagai alasan kenapa kita tidak bisa mendapatkan hidup yang diinginkan.

Wah nasihat yang bagus ya. Memang terkadang kita perlu ambil waktu sejenak untuk berhenti dari kesibukan saat ini dan pikirkan, apa sih sebenarnya hal yang kita sukai dan ingin dalami? 

Sekarang kita kembali lagi ke  materi asking and giving Suggestion bahasa Inggris. Kalau elo perhatikan, nasihat tersebut dimulai dengan klausa “I suggest…”. Itu adalah salah satu contoh expression atau ungkapan yang bisa elo pakai ketika ingin memberikan nasehat atau saran dalam bahasa Inggris.

Supaya lebih paham berbagai ungkapan yang berhubungan dengan asking dan giving advice dan suggestions, yuk kita pelajari materi ini bersama!

Asking and Giving Suggestion or Advice

Asking and Giving Suggestion
Video belajar asking and giving suggestion (Arsip Zenius)

Asking and giving suggestion adalah ungkapan yang kita gunakan untuk meminta dan memberikan saran atau rekomendasi dalam bahasa Inggris. Kira-kira berdasarkan definisi tersebut apa ya tujuan dari asking and giving suggestion maupun advice?

Ya, tujuannya adalah untuk memberi tahu apa opsi terbaik yang sebaiknya dilakukan agar dapat menyelesaikan sebuah masalah, menghindari bahaya, atau sekedar memilih hal terbaik. Nah, dalam bahasa Inggris, ada banyak ungkapan yang bisa digunakan ketika memberi dan meminta saran. Langsung saja kita lihat contoh-contohnya ya.

Important note: Advice adalah uncountable noun atau kata benda yang tidak bisa dihitung, maka bentuk plural advice tetaplah advice tanpa ‘s’.

Asking Suggestion/Meminta Saran

How do you ask for a suggestion? Gimana cara elo meminta saran ke orang lain? Sebenarnya ada banyak sekali cara meminta saran baik secara eksplisit maupun implisit, namun di bawah ini beberapa ungkapan yang sering digunakan:

  • What should I do?
  • Do you have any advice/suggestions?
  • What’s your advice/suggestion?
  • What do you suggest?
  • If you were me, what would you do?
  • Can you give me any advice/suggestions?
  • I need your advice/suggestion.

Giving Suggestion/Memberi Saran

  • I suggest that…
  • You should/ought to…
  • If I were you, I would…
  • It would be better if you…
  • I would recommend you…
  • Why don’t you….

Contoh Soal Asking and Giving Suggestion

Nah, sekarang kan kita udah tahu nih gimana cara memberi saran atau nasihat, coba yuk kita beri saran atau rekomendasi kepada Haruka dan Lisa di bawah ini dengan bahasa Inggris, komen saran lo di kolom komentar ya! 

Asking and Giving Suggestion or Advice Example
Contoh asking for suggestion (Arsip Zenius)

Materi asking and giving suggestion nggak bakal lengkap tanpa cara menerima dan menolaknya. Sebelum lanjut ke situ, download dulu yuk aplikasi Zenius untuk dapatkan pengalaman belajar yang lebih seru. Klik di bawah ini ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Accepting and Rejecting Advice

Ketika kita mendapatkan saran, rekomendasi, maupun nasehat, tentu ada kalanya kita mau menerima atau menolak saran tersebut dikarenakan berbagai alasan. Kira-kira apa ya ungkapan yang bisa kita gunakan?

Accepting Advice

  • Thank you for your advice/suggestion.
  • That’s a (good/great/brilliant/etc) idea.
  • Oh, I’ll do that, thank you.
  • You’re right.
  • Okay, I’ll try.

Rejecting Advice

  • I don’t think that’s a good idea.
  • I can’t do that.
  • Do you have any other suggestions/advice?
  • I’m not sure about that.

Sebelum mengakhiri artikel kali ini, gue kasih contoh soal tentang asking and giving advice and suggestion di bawah ini untuk cek kemampuan elo.

Lina: Doni, why do you look so sad?
Doni: I got a bad score on the last test. What should I do, Lina?
Lina: Why don’t you watch a live class from Zenius to learn better?
Doni: Oh yeah, that’s a good idea. I’ll try to do that. Thank you Lina!
Lina: You’re welcome Doni.

  1. What does Doni thank Lisa for?

a. Doni thanks Lina because he had a great score on last test

b. Doni thanks Lina because she was being able to pass the test

c. Doni thanks Lina, because she is giving a suggestion to dony

d. Doni thanks Lina because she is accepting his offer

  1. According to the conversation of Doni and Lina above, which expression shows giving suggestion?

a. Doni, why do you look so sad?

b. What should I do, Lina?

c. Why don’t you watch a Live Class from Zenius to learn better?

d. I’ll try to do that.

Pembahasan:

Untuk soal nomor 1 pertanyaannya adalah tentang kenapa Doni berterima kasih pada Lina. Kalau elo baca, elo akan sadar kalau Doni meminta saran pada Lina dengan bertanya “What should I do”.

Nah, kalau udah dimintain saran tentu Lina jawab dengan memberikan saran atau nasihat. Itulah alasan Doni berterima kasih pada Lina. Jadi pilihan yang tepat untuk soal nomor 1 adalah opsi C ya.

Untuk soal nomor 2, elo harus paham nih kalimat-kalimat apa saja yang digunakan untuk memberikan saran. Coba deh elo baca lagi penjelasan asking and giving suggestion di atas. Ingat ya, saran yang kamu berikan nggak harus dalam bentuk pernyataan, lho bisa juga pertanyaan.

Okay, langsung aja ya gue kasih tau jawabannya adalah opsi c. Meskipun diakhiri dengan tanda tanya namun tujuan ungkapan tersebut adalah memberikan rekomendasi pada Doni.

Sobat Zenius, kita baru saja membahas tentang ‘Advice and Suggestion, tepatnya asking and giving suggestion, yang merupakan materi Bahasa Inggris kelas 11. Supaya belajar elo lebih seru, I would like to suggest that you watch Zenius videos about ‘Advice and Suggestions’. Klik banner di bawah ini ya!

Pelajari materi Bahasa Inggris di video materi belajar Zenius
Lanjut belajar yuk!
Asking and Giving Suggestion
Asking and Giving Suggestion

Wow, langsung terpakai ya ungkapan yang baru saja kita bahas hari ini. Selain video yang menarik dan lengkap banget, elo juga bisa ikut live class bersama tutor Zenius yang seru abis. Nikmati itu semua dengan beli paket belajar Zenius!

Asking and Giving Suggestion - Materi Bahasa Inggris Kelas 11 9
Yuk beli paketnya sekarang!


*****

Bagaimana pemahaman kalian soal materi asking and giving suggestion, sobat Zenius? Kalau elo punya pertanyaan maupun pernyataan, boleh banget langsung aja komen di kolom komentar. Pasti gue jawab kok. Oke deh kita sudahi dulu artikel kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya, ciao!

Originally published: August 6, 2021
Updated by Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!