Mengenal Asam Karboksilat - Materi Kimia Kelas 12 33

Mengenal Asam Karboksilat – Materi Kimia Kelas 12

Lo tau gak, kalo lo bisa menemukan asam di berbagai hal, mulai dari asam yang terkandung di dalam es Marimbak–eh, Marimas maksud gue, sampe yang terkandung dalam sabun yang lo pake buat mandi? Nah, yang gue sebutin barusan itu adalah contoh penggunaan asam karboksilat dalam kehidupan sehari-hari.

Weits, apaan tuh, asam karboksilat? Tenang, sekarang gue bakal jelasin ke lo mulai dari pengertiannya, struktur dan tata namanya, sifatnya, contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Let’s get started!

Pengertian Asam Karboksilat

Asam karboksilat atau yang disebut juga dengan asam alkanoat merupakan senyawa organik hasil turunan senyawa alkana. Struktur asam karboksilat sendiri terdiri atas gugus karboksil–gabungan dari gugus karbonil (-CO-) dan hidroksil (-OH). Dari sekian turunan senyawa alkana, asam karboksilat ini yang paling asam, lho, dengan kegunaan yang terbilang sangat luas, makanya banyak dikembangkan dalam dunia industri.

Asam Karboksilat ini bisa dituliskan dalam rumus umum R-COOH dengan R alkil.

Rumus umum asam karboksilat Zenius

Tata Nama Asam Karboksilat

Ada dua penamaan yang bakal gue jelasin untuk asam karboksilat, yaitu IUPAC atau International Union of Pure and Applied Chemistry dan nama trivial atau nama umumnya.

IUPAC

Ketika menulis nama asam karboksilat menggunakan sistem IUPAC, nama senyawanya harus diawali dengan “asam” dan diakhiri dengan “oat”. Misal jumlah karbonnya ada 3, biasanya bakal kita sebut propana, kan? Tapi kali ini, “a” diganti dengan “oat”, menjadi propanoat. Kalo karbonnya ada 4, jadinya butanoat. Kalo 6, heksanoat, dan seterusnya.

Kemudian perlu diingat, bagian -COOH selalu jadi nomer 1, paling ujung dalam rantai senyawanya. Biar gak bingung ngebayanginnya, langsung liat contohnya aja, yuk!

Tata nama asam karboksilat Zenius

Pada soal pertama, bagian C2 H5 masih bisa kita pecah lagi menjadi -CH2-CH3.

Tata nama asam karboksilat Zenius

Habis lo pecah, sekarang tentuin rantai induknya–alias rantai yang paling panjang. Inget ya, bagian -COOH harus paling pertama, jadi ujung depan rantainya selalu di mulai dari situ. Setelah menentukan rantai induk, lo bisa kasih nomer-nomer buat jadi penanda. Bagian yang diluar rantai induk gimana, dong? Yang di luar akan jadi cabang. Kalau cabangnya 1 disebut metil, kalau 2 disebut etil. Disini kita punya satu cabang metil yang ada di nomer 3. Maka, nama senyawanya adalah:

Asam – 3 (letak cabang) – metil pentanoat (berdasarkan jumlah gugus dalam rantai induk).

Gue ada satu contoh lagi nih.

Tata nama asam karboksilat Zenius

Untuk senyawa ini, kita punya satu cabang etil dan 2 cabang metil (dimetil). Gimana, dong nulisnya? Perlu dicatat, yang lo tulis duluan etilnya, ya! Jadi, nama senyawa ini menjadi:

Asam – 4 – etil – 2, 2 – dimetil heksanoat.

Trivial atau Umum

Nama trivial atau umum itu biasanya berdasarkan sumber ketika pertama dipelajari oleh para ahli kimia organik dan digunakan sebelum IUPAC ada. Kalo dalam penamaan ini, caranya kurang lebih sama, tapi nama sesuai jumlah karbon dalam rantai induk dan penulisan letak cabangnya berbeda.

Nama trivial asam karboksilat zenius

Kita coba namain senyawa-senyawa yang tadi pake penamaan trivial, yuk!

Tata nama asam karboksilat Zenius

Asam – β – metil valerat.

Tata nama asam karboksilat Zenius

Asam – γ – etil – α, α – dimetil kaproat.

Zenius juga udah ada video belajar tentang tata nama asam karboksilat nih, check this out!

Sifat Kimia Asam Karboksilat

Asam karboksilat punya beberapa sifat yang bikin dia tuh senyawa yang unik, beda dari yang lain. Apa aja, ya?

  • Asam karboksilat apabila dibandingkan dengan senyawa turunan alkana lain dengan massa molekul relatif yang sama, asam karboksilat memiliki titik didih paling tinggi. Agar lebih jelas, lo bisa pelajari contoh perbandingan yang dipaparkan di video ini.
  • Asam karboksilat dengan R (alkil) ≤ 4 dapat larut dalam air, sedangkan yang R > 4 tidak larut dalam air. Lo bisa lihat prosesnya di video ini.
  • Asam karboksilat dengan R cenderung panjang lebih mudah larut dalam alkohol dibanding dalam air. Kok bisa? Simak di video belajar Zenius ini, ya!

Contoh Kegunaan Asam Karboksilat

Si asam organik karboksilat ini punya segudang kegunaan dalam kehidupan kita, makanya kayak gue bilang tadi, banyak dikembangkan dan digunakan dalam dunia industri. Dalam industri makanan, asam organik ini digunakan untuk membuat cuka, membuat perasa makanan, dan pengawet. Di industri farmasi digunakan untuk membuat obat-obat seperti aspirin. Sabun dan parfum yang bikin lo wangi itu juga pake asam karboksilat, lho. Ada pula kehadiran asam karboksilat dalam karet, lilin, pembasmi hama, dan rayon.

Contoh Soal Asam Karboksilat

Tentukan nama IUPAC dan trivial dari isomer-isomer berikut!

1.

Contoh soal asam karboksilat Zenius

2.

Mengenal Asam Karboksilat - Materi Kimia Kelas 12 34

Pembahasan:

1.

Mengenal Asam Karboksilat - Materi Kimia Kelas 12 35

IUPAC: Asam – 2 – etil – 2 – metil butanoat
Trivial: Asam – α – etil – α – metil butirat

2.

Mengenal Asam Karboksilat - Materi Kimia Kelas 12 36

IUPAC: Asam butanoat
Trivial: Asam butirat

Wah, gak kerasa kita udah di penghujung pembahasan materi asam karboksilat. Semoga kalian udah lebih paham ya, sekarang! Anyways, kalo masih ada yang bingung, kamu bisa langsung tanya di kolom komentar!

Baca juga:

Pengertian Biokimia dan Contohnya – Materi Kimia Kelas 12

Mengenal Senyawa Hidrokarbon – Materi Kimia Kelas 11

Larutan Asam: Materi Kimia Kelas 11

Referensi

Wardaya College. Asam Karboksilat & Ester. Diakses melalui situs https://www.wardayacollege.com/belajar-kimia/kimia-organik/karbonil-karboksil/asam-karboksilat-ester/

Ilmu Kimia. Kegunaan Asam Karboksilat. Diakses melalui situs https://www.ilmukimia.org/2017/01/kegunaan-asam-karboksilat.html

Bagikan Artikel Ini!