Pankreas - Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Pankreas

Pankreas – Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Pankreas – Materi Biologi Kelas 11

Halo Sobat Zenius!

Elo tahu nggak sih bagaimana proses pencernaan makanan yang kita konsumsi?

Pankreas - Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Pankreas
Ilustrasi orang sedang makan (sumber:Healthline)

Sepotong makanan yang kita konsumsi akan menempuh perjalanan panjang yang berawal dari mulut, ke pembuluh makanan, lambung, usus halus, usus besar, dan berakhir pada rektum serta anus. 

Tiap organ pencernaan menjalankan fungsi tertentu, misalnya mulut sebagai tempat masuknya makanan, lambung sebagai tempat pencernaan kimiawi pertama berlangsung, pencernaan secara kimiawi selanjutnya terjadi di usus halus yang dibantu oleh enzim-enzim dari pankreas, empedu, dan hati. 

Selanjutnya makanan yang sudah terserap nutrisinya di usus halus akan membusuk di usus besar dan menjadi feses. Feses akan tersimpan di rektum sebelum dikeluarkan melalui anus. Wah perjalanan yang cukup panjang bukan? 

Nah di artikel ini gue akan bahas lebih dalam mengenai salah satu organ yang berperan penting dalam pencernaan kita, organ ini yang bertanggung jawab dalam memproduksi enzim dan membuat hormon pencernaan, organ apakah itu? Yup, pankreas. Kali ini gue akan bahas secara lengkap mengenai pankreas. Baca sampai selesai ya sob! 

Pengertian Pankreas

Pankreas adalah organ yang bertugas untuk menghasilkan enzim pencernaan yang mana enzim inilah yang bertanggung jawab dalam mengurai dan melarutkan molekul makanan seperti gula, lemak, protein, dan karbohidrat menjadi unit yang lebih kecil sehingga bisa diserap dan digunakan tubuh.

Pankreas - Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Pankreas
Ilustrasi enzim (Arsip Zenius)

Tidak hanya menghasilkan enzim pencernaan, pankreas juga berperan untuk memproduksi hormon insulin dan glukagon yang berperan sebagai pengatur kadar gula darah. Hormon bekerja dengan membawa pesan kimiawi melalui darah, selain itu hormon yang dihasilkan pankreas juga berfungsi dalam mengatur nafsu makan, menstimulasi asam lambung, dan memberitahu perut kapan harus kosong.

Pankreas - Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Pankreas
Ilustrasi Pankreas (Arsip Zenius)

Pankreas terletak di belakang rongga perut tepatnya di dekat organ hati dan usus kecil. Pankreas berbentuk meruncing dan ukuran panjangnya kira-kira 15 centimeter mulai dari duodenum (usus halus) sampai limpa. Pankreas  terdiri dari 3 bagian yaitu:

  1. Bagian kepala pankreas. Kepala pankreas memiliki struktur paling lebar dan terletak di sebelah kanan rongga abdomen.
  2. Bagian badan. Ini merupakan bagian utama pankreas, terletak di belakang lambung.
  3. Bagian ekor pankreas, yaitu bagian meruncing pada pankreas. Bagian ini terletak di rongga abdomen dan menyentuh limpa.

Baca Juga:

Organ-Organ Ekskresi Pada Manusia

Enzim yang Dihasilkan Pankreas dan Fungsinya

Seperti yang gue ulas di atas kalo pankreas ini memiliki 2 fungsi utama, yakni pankreas sebagai kelenjar pencernaan dan pankreas sebagai kelenjar hormon. 

Fungsi Pankreas Sebagai Kelenjar Pencernaan ( Fungsi Eksokrin Pankreas )

Sebagai kelenjar pencernaan, pankreas berfungsi menghasilkan enzim pencernaan. Enzim ini termasuk tripsin, kemotripsin, amilase, dan lipase. Berikut fungsi dari enzim-enzim tersebut:

  • Enzim amilase: enzim ini berperan sebagai pemecahan polisakarida, misalnya memecah pati menjadi gula agar dapat digunakan oleh tubuh sebagai energi. 
  • Enzim lipase: berperan dalam pemecahan lemak dalam makanan. Saat tubuh tidak memiliki cukup enzim lipase, maka tubuh akan kesulitan dalam menyerap lemak dan vitamin penting yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, dan E.
  • Tripsinogen: bentuk tidak aktif dari enzim tripsin. Enzim tripsin berperan dalam pemecahan protein dalam makanan dan membantu melindungi pencernaan dari kuman yang hidup di usus. Protein yang nggak tercerna dapat mengakibatkan reaksi alergi pada  beberapa orang.

Fungsi Pankreas Sebagai Kelenjar Hormon ( Fungsi Endokrin Pankreas )

Selain fungsi eksokrin, pankreas juga memiliki fungsi endokrin, yaitu memproduksi dan melepas hormon ke dalam peredaran darah. Dua hormon utama yang dihasilkan adalah insulin dan glukagon. Berikut fungsi hormon yang dihasilkan pankreas:

  • Insulin

Hormon insulin berguna untuk mengikat glukosa dari darah dan dibawa ke berbagai jaringan tubuh untuk bisa digunakan sebagai energi. Ketika kadar darah terlalu tinggi, pankreas akan mengeluarkan hormon ini untuk menurunkan glukosa darah.

  • Glukagon

Hormon glukagon berperan memberikan cadangan energi ketika tubuh membutuhkan energi ekstra. Kelebihan glukosa dalam tubuh akan disimpan sebagai glikogen di jaringan hati dan otot. Pankreas akan mengeluarkan hormon ini ketika kadar glukosa darah terlalu rendah. Caranya adalah dengan memecah hormon glikogen untuk meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh.

  • Gastrin dan amylin 

Hormon gastrin berperan dalam merangsang perut untuk menghasilkan asam lambung. Sedangkan hormon amyin berperan untuk membantu mengontrol tingkat nafsu makan serta pengosongan perut.

Penyebab Pankreas yang Rusak

Terdapat beragam penyakit atau gangguan pankreas di antaranya adalah pankreatitis akut, pankreatitis kronis, pankreatitis herediter, diabetes, hingga kanker pankreas. Penyakit pankreas ini terjadi karena berbagai alasan, misalnya pada pankreatitis akut, penyebab paling umum dari penyakit ini adalah batu empedu. Penyebab lainya bisa dipicu melalui kondisi keturunan, konsumsi alkohol kronis, obat-obatan, infeksi, kelainan hormon, dan penyebab lain yang tidak diketahui.

Bagaimana cara mengetahui kondisi kesehatan pankreas? Ada berbagai metode yang digunakan untuk mengevaluasi pankreas, diantaranya adalah tes darah, tes radiografi, tes ERCP (Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography) hingga eksplorasi bedah perut.

Namun, ternyata kita bisa mengetahui tanda jika kita mengalami gangguan pankreas, dilansir dari Halodoc, nyeri di perut bagian atas adalah gejala umum yang terjadi ketika seseorang mengalami gangguan kesehatan pada pankreas. Nyeri tersebut  menyebar ke punggung dan terasa lebih sakit saat elo makan dan minum. Berikut ini merupakan  beberapa tanda alami kalau elo sedang mengalami gangguan pankreas:

  • Mual
  • Muntah
  • Diare 
  • Tinja berminyak
  • Penurunan berat badan
  • Demam dan Denyut nadi cepat
  • Penyakit kuning

Cara Sederhana Jaga Kesehatan Pankreas

Elo sudah paham kan betapa pentingnya pankreas ini bagi tubuh kita? Gue yakin kalau elo emang benar-benar paham, elo pasti sadar dan kedepannya bakal lebih hati-hati lagi dalam mengatur pola hidup terutama pada hal-hal yang akan mengakibatkan gangguan pada organ pankreas. Nah, ini ada beberapa cara sederhana yang bisa elo lakuin untuk memelihara kesehatan organ pankreas:

  1. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Kita bisa menjaga pankreas melalui sejumlah makanan yang kita konsumsi seperti sayuran silangan (brokoli, kol,  kubis, dll), lemon, kiwi, bawang putih, dan tahu.
  2. Rutin olahraga. Penelitian mengatakan bahwa orang obesitas lebih mungkin terkena batu empedu, yang mana itu menempatkan mereka pada resiko lebih besar untuk terkena pankreatitis akut. Berolahraga dapat membantu menjaga berat badan dan mengurangi resiko penyakit pankreatitis.
  3. Berhenti merokok. Berbagai penelitian mengaitkan merokok dengan pankreatitis akut. Jadi salah satu cara mengurangi risiko penyakit ini adalah dengan berhenti merokok. 
  4. Kurangi kalau bisa stop minum minuman beralkohol. Banyak penelitian menunjukan bahwa konsumsi alkohol yang tinggi akan meningkatkan risiko terkena penyakit pankreatitis. 

Sekian pembahasan gue tentang pankreas, semoga dengan membaca artikel ini elo akan lebih aware lagi akan pentingnya menjaga kesehatan organ pencernaan terutama menjaga kesehatan pankreas.

Kalau elo pengen belajar lebih dalam tentang pankreas, elo bisa klik banner di bawah ini, disana terdapat materi lengkapnya Sob! Pastiin elo udah log in akun Zenius ya.

Pankreas - Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Pankreas - Materi Biologi Kelas 11 17

Kalau elo mau belajar lebih dalam mengenai materi organ pencernaan manusia yang lainnya, di Zenius kita menyediakan berbagai pilihan paket belajar yang bisa elo pilih sesuai kebutuhan. Apa aja yang bakal elo dapet? Dengan berlangganan Zenius Aktiva Sekolah, elo bakal dapetin ratusan soal, akses ribuan video  premium, dan bisa ngikutin live class dari Zenius. Klik link di bawah ini untuk lebih lengkapnya! 

Pankreas - Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Pankreas - Materi Biologi Kelas 11 18

Baca Juga: 

Mengenal sistem dan organ pencernaan

Gangguan sistem pencernaan pada manusia

Penulis: Adjie Sumantri

Refrensi: 

Johns Creek Dermatology and Family Medicine. Diakses pada 2022. Why It’s Important to Keep Your Pancreas Healthy.

Everyday Health. Diakses pada 2022. 5 Ways to Prevent Pancreatitis and Exocrine Pancreatic Insufficiency.

Bagikan Artikel Ini!