Meneliti Kembali Setiap Bab Pada Laporan

Cara Melakukan Riset Kualitatif yang Benar dan Tepat

Dalam sebuah penelitian, seseorang harus memahami mengenai cara melakukan riset kualitatif yang benar dan tepat. Agar nantinya langkah-langkah dan hasil yang didapatkan dapat sesuai dengan harapan. Bahkan juga memberikan hasil yang maksimal.

Meneliti Kembali Setiap Bab Pada Laporan
Photo by Lukas from Pexels

Macam-Macam Cara Melakukan Riset Kualitatif

Terdapat berbagai macam cara melakukan riset kualitatif yang bisa kamu gunakan. Walaupun metodenya berbeda bila dibandingkan dengan melakukan riset kuantitatif, semuanya akan memberikan manfaat kepada para pemakainya. Dengan melakukan riset kualitatif, maka seseorang akan dapat mengetahui hasilnya dengan pasti. Berikut adalah penjelasan-penjelasannya.

1. Menentukan Tema dari Riset Kualitatif yang Akan Dilakukan

Melakukan Penulisan Informasi
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema dari riset kualitatif yang akan dilakukan tersebut. Sebelum memulai untuk melakukan penelitian, tentu hal yang paling penting adalah mencari tema terlebih dahulu. Dengan begitu, proses riset akan jauh lebih mudah dilakukan.

Setelah memperoleh tema, seorang peneliti akan menjadi lebih mudah ketika akan melakukan riset kualitatif tersebut. Karena peneliti hanya perlu mempersiapkan hal-hal seperti pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan ketika proses wawancara dan observasi lapangan.

2. Melakukan Pengangkatan Masalah

Melakukan Pengulangan Informasi
Photo by Katerina Holmes from Pexels

Melakukan pengangkatan masalah untuk melakukan riset kualitatif menjadi sebuah hal yang wajib untuk dilakukan. Setelah mendapatkan tema, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengangkat masalah yang akan dibahas. Semuanya harus dibuat dengan jelas dan tepat.

Pengangkatan masalah ini harus dibuat dengan baik dan teliti. Karena ini menyangkut mengenai keberhasilan penyampaian isinya pada laporan observasi nanti. Berbagai macam penjelasannya harus dicantumkan dalam lembaran kertas tersebut, supaya dapat terselesaikan dengan baik.

3. Membuat Daftar Pertanyaan untuk Diteliti dan Observasi

Jangan Lagi Melakukan SIstem Kebut Semalam
Photo by Marta Wave from Pexels

Hal selanjutnya yakni membuat daftar pertanyaan untuk kemudian diteliti dan diobservasi. Semuanya akan dilakukan dengan baik dan berdasarkan pada prosedur yang sudah ditentukan. Berbagai macam penjelasan juga sudah pasti telah diperoleh.

Daftar pertanyaan yang dibuat juga harus memuat banyak hal mengenai penelitian yang akan dilakukan. Mulai dari tema, judul, halaman persetujuan, daftar isi, isi observasi, hasil observasi, data-data yang digunakan dan masih banyak lagi lainnya.

4. Membuat Daftar Tujuan dan Manfaat Melakukan Observasi

Melakukan Pembacaan dengan Suara Keras
Photo by Katerina Holmes from Pexels

Dalam melakukan riset kualitatif, membuat daftar tujuan dan manfaat melakukan observasi juga menjadi hal penting. Ini biasanya terdapat pada halaman pertama. Pada bagian latar belakang yang diikuti dengan sedikit uraian mengenai hal umum dalam tema observasi tersebut.

Tujuan dan manfaat ini dicantumkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas. Terutama mengenai hal yang menyebabkan observasi tersebut dilakukan. Ini memang sangat penting untuk dilakukan dan dikerjakan sesuai dengan yang diperlukan juga.

5. Melakukan Pengumpulan Data yang Mendukung

Penganalisisan Data yang Digunakan
Image by GraphicMama-team from Pixabay

Untuk cara melakukan riset kualitatif selanjutnya yakni melakukan pengumpulan data-data yang mendukung dalam proses observasi tersebut. Adanya data ini akan sangat membantu dalam melakukan penelitian atau riset kualitatif satu ini. Karena memang data ini juga sangat diperlukan keberadaannya.

Adanya data yang mendukung ini dapat digunakan untuk membuat riset kualitatif dapat berjalan dengan lancar. Termasuk juga uraiannya akan menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan. Dengan adanya data tersebut, seseorang akan semakin mudah dalam menyusun deskripsi dalam laporannya.

6. Melakukan Penyaringan Data Kembali

9 Cara Cepat Menghafal yang Efektif Saat Belajar | Zenius
Image by Pexels from Pixabay

Setelah melakukan pengumpulan data-data yang diperlukan, maka selanjutnya adalah menyaring kembali data-data yang sudah terkumpul itu. kamu harus memilih data yang memang diperlukan dalam penelitian kualitatif tersebut untuk dapat melakukan penyaringan data-data yang diperoleh itu.

Penyaringan data ini sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut agar data yang digunakan tidak terlalu banyak, namun memang sangat diperlukan dalam melakukan penelitian tersebut. Setiap penelitian yang dilakukan, memang sangat perlu adanya data-data tersebut sebagai penunjangnya.

7. Melaksanakan Penganalisisan Data yang Diperoleh

Melakukan Semuanya dengan Teliti
Photo by energepic.com from Pexels

Tahap cara melakukan riset kualitatif selanjutnya adalah melaksanakan penganalisisan data yang diperoleh. Setelah mendapatkan data dan melakukan penyaringan kembali. Maka selanjutnya yakni menganalisis data-data tersebut, untuk kemudian digunakan dalam proses riset kualitatif ini dengan benar dan bijak tentunya.

Menganalisis data bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Seorang peneliti harus bekerja keras dan teliti dalam melakukan proses analisis ini. Karena jika seorang peneliti salah dalam melakukan analisis, maka tentu saja hasil yang diperoleh akan sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya.

8. Menjawab Pertanyaan Observasi

cara menyerap informasi
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Berikutnya adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan proses observasi. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan oleh seorang peneliti. Ini karena melakukan penelitian memang berfungsi untuk dapat memperoleh jawaban dari penelitian lapangan.

Dalam proses menanyakan pertanyaan ini, maka kamu nantinya akan memperoleh jawaban-jawaban yang dibutuhkan dalam proses penelitian ini tadi. Setelah proses satu ini selesai dilakukan, maka peneliti dapat sedikit bernafas lega karena tinggal beberapa hal lagi yang perlu untuk dilakukan.

9. Menyusun Laporan Observasi dari Riset Kualitatif Tersebut

Melakukan Pengerjaan Tugas Sedikit Demi Sedikit
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Terakhir yakni melakukan penyusunan laporan observasi dari riset kualitatif yang sudah dikerjakan. Proses penelitian ini memakan cukup banyak waktu. namun semuanya akan terbayarkan ketika hasilnya telah keluar dan bisa dilihat oleh semua orang.

Hal seperti ini memang sangat perlu untuk dilakukan, karena tidak semua orang bisa melakukannya dan mengerjakannya dengan baik dan benar. Dalam proses pembuatan laporan ini diperlukan tingkat ketelitian cukup tinggi. Untuk itu kamu harus melakukannya dengan hati dan pikiran yang tenang.

Sekian pembahasan mengenai cara melakukan riset kualitatif. Hal tersebut sangat berguna untuk dapat mengetahui banyak hal dari hasil penelitian yang telah dilakukan tersebut. Semua orang tentu saja sudah menantikan berbagai macam hal mengenai observasi tersebut.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Melakukan Riset Kuantitatif yang Benar dan Tepat
Cara Menyerap Informasi yang Baik
Cara Cepat Menghafal yang Mudah Dilakukan

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini