Letak geografis wilayah Indonesia materi Karakteristik Keruangan Indonesia untuk Geografi kelas 11

Letak Geografis, Astronomis, dan Strategis Wilayah Indonesia – Materi Geografi Kelas 11

Sobat Zenius, elo pernah nggak sih dengar bahwa Indonesia punya sebutan sebagai Zamrud Khatulistiwa? Nah, hal ini ada hubungannya dengan letak geografis wilayah Indonesia, nih.

Sebelumnya, elo tahu kan apa itu batu zamrud? Itu lho, batu permata yang terkenal akan warna hijaunya yang khas. Nih, bentuk batunya seperti ini.

Gambar dan ilustrasi batu zamrud hijau atau emerald.
Batu Zamrud atau Emerald. (Arsip Zenius)

Wah, kira-kira kenapa ya Indonesia bisa disebut sebagai Zamrud Khatulistiwa? Usut punya usut, itu karena negara Indonesia yang terletak di tengah garis khatulistiwa ini, terlihat indah layaknya batu zamrud bila dilihat dari atas sana.

Selain sebutan tersebut, di mata dunia, Indonesia punya sebutan lain lho seperti paru-paru dunia, negara maritim, negara agraris, heaven of Earth, dan lain sebagainya. 

Jadi penasaran deh, sebutan-sebutan tersebut ada hubungannya nggak ya sama letak Indonesia?

Nah, untuk mencari tahu jawabannya, kali ini kita bakal membedah serba-serbi letak geografis wilayah Indonesia, dilihat secara astronomis, geografis, dan geologis.

Mari kita mulai dengan pembahasan letak geografis wilayah Indonesia secara geografis, yuk.

Letak Geografis Wilayah Indonesia

Wilayah Indonesia secara geografis itu strategis banget, lho. Nih, coba lihat deh, gambar letak geografis wilayah Indonesia. Menurut elo, berapa ya kira-kira luas dan letak wilayah indonesia berdasarkan peta?

Letak geografis wilayah Indonesia sangatlah strategis dan memiliki keuntungan serta keunggulan.
Letak geografis wilayah Indonesia. (Arsip Zenius)

Dari situ, elo bisa membayangkan luas dan letak wilayah indonesia. Sebagai catatan, berikut ini luas daratan Indonesia pada tahun 2000, 2002, 2007, dan 2015.

TahunLuas (km2)
20001.922.570
20021.890.754
20071.910.931,32
20151.913.578,68

Sedangkan, luas lautan Indonesia mencapai 6.653.341,439 km2. Wah, besar banget ya wilayah lautan kita dibanding wilayah daratannya.

Makanya, nggak kaget kalau Indonesia itu disebut sebagai negara maritim, alias sebuah negara dengan wilayah laut yang luas.

Ngomong-ngomong, Sobat Zenius tahukah bagaimana letak wilayah Indonesia menurut Deklarasi Djuanda? Deklarasi tersebut mengatur soal batas laut Indonesia yang luas tadi.

Menurut deklarasi itu, Indonesia memiliki batas wilayah laut sejauh 12 mil laut dari garis pantai Indonesia, dan ditambah lagi dengan laut yang berada di antara kepulauan Indonesia, tanpa menghitung jarak dari garis pantainya.

Sekarang, coba Sobat Zenius lihat peta tadi lagi, deh. Berdasarkan peta tersebut, Indonesia ini bisa dibilang di tengah-tengah ya. Di atasnya ada benua Asia dan di bawahnya ada benua Australia.

Lalu di samping-sampingnya, ada samudera. Yap, wilayah Indonesia terletak diantara dua samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. 

Nah, Indonesia memiliki letak yang strategis karena dihimpit oleh empat hal tadi, benua Asia, benua Australia, Samudera Pasifik, dan Samudra Hindia.

Bisa dibayangkan, tentu ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan berkat letak strategis wilayah indonesia ini

Berikut ini beberapa contoh keuntungan dari letak wilayah indonesia.

  • Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional.
  • Indonesia memiliki berbagai keanekaragaman budaya, yang juga dipengaruhi bangsa-bangsa asing yang singgah untuk berdagang.
  • Indonesia memiliki dua musim, yang mempermudah pertanian dan kehidupan manusia secara umum.

Jadi, kalau seandainya Sobat Zenius suatu saat ditanya “letak strategis wilayah Indonesia dilihat dari aspek geografis yaitu…”, elo bisa mengacu pada kenyataan bahwa wilayah Indonesia diapit dua samudra besar dan dua benua ya.

Selanjutnya, kita bahas soal letak astronomis wilayah Indonesia.

Baca Juga: Luas dan Batas Wilayah Laut Indonesia

Letak Astronomis Wilayah Indonesia

Kalau ngomongin soal letak suatu wilayah secara astronomis, tentunya nggak akan lepas sama yang namanya garis lintang dan garis bujur.

Yap, garis vertikal dan horizontal yang elo bisa lihat baik di peta maupun bola dunia. Secara astronomis, berikut ini ilustrasi letak Indonesia.

Letak astronomis wilayah Indonesia berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya wilayah Indonesia terletak di antara  6º LU – 11º LS dan 95º BT - 141º BT.
Letak astronomis wilayah Indonesia. (Arsip Zenius)

Berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya wilayah Indonesia terletak di antara 6º LU – 11º LS dan 95º BT – 141º BT. 

Sebagai catatan, LU merujuk pada lintang utara, LS merupakan lintang selatan, dan BT adalah bujur timur.

Nah, letak astronomis tersebut memiliki pengaruh terhadap Indonesia. Apa saja ya?

Berdasarkan garis lintangnya, Indonesia berada di lintang rendah, dengan sebagian besar wilayahnya berada di belahan dunia selatan. 

Selain itu, Indonesia memiliki iklim tropis dengan dua musim saja, yaitu musim panas dan musim hujan. Kelembaban udara Indonesia rata-rata tinggi, dengan curah hujan yang juga tinggi.

Dengan kondisi tersebut, begitu banyak aneka ragam hayati dapat tinggal di Indonesia.

Kalau berdasarkan garis bujur, Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu berbeda nih, Sobat Zenius. Ada WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur).

Elo kedapatan zona waktu yang mana, Sobat Zenius? Jawab di kolom komentar ya!

Baca Juga: Konsep, Prinsip, dan Pendekatan Geografi

Letak Geologis Wilayah Indonesia

Dilihat dari sudut pandang geologis, Indonesia dibagi menjadi tiga daerah dangkalan yaitu dangkalan Sunda, daerah dangkalan Sahul, dan daerah peralihan.

Selain itu, Indonesia juga berada di pertemuan tiga lempeng tektonik besar, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Makanya, nggak kaget kalau Indonesia memiliki banyak sekali gunung aktif.

Letak geologis wilayah Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng dan di dangkalan.
Letak geologis wilayah Indonesia. (Arsip Zenius, Dok. Wikipedia)

Letak geologis tersebut membawa keuntungan dan kerugian bagi Indonesia. Keuntungan dari letak geologis wilayah indonesia adalah Indonesia memiliki banyak gunung api yang bisa menjadi tempat wisata, tanahnya pun subur berkat sisa letusan gunung api di masa lalu, serta kaya akan berbagai batuan, logam, dan mineral.

Namun, situasi geologis tersebut membuat Indonesia rawan gempa bumi, serta harus was-was terhadap letusan gunung api yang bisa terjadi kapan saja. Tentunya, bencana ini sangat merugikan, membuat kerusakan dan menimbulkan korban jiwa.

Baca Juga: Apa Itu Bencana dan Mengapa Bencana Dapat Terjadi?

Contoh Soal Karakteristik Keruangan Indonesia

Wah, kita sudah membahas letak wilayah Indonesia berdasarkan berbagai aspek nih. Sekarang, kita coba review beberapa contoh soal yang cukup sering muncul, yuk.

Berdasarkan letak astronomis Indonesia termasuk ke dalam wilayah…

  1. Iklim tropis.
  2. Iklim sedang.
  3. Iklim dingin.
  4. Iklim kutub.
  5. Iklim kering.

Pembahasan:

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, secara letak astronomis wilayah indonesia berada pada 6º LU – 11º LS dan 95º BT – 141º BT. Sehingga, Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis. Jadi, jawabannya adalah A.

Secara geografis wilayah Indonesia terletak diantara dua samudra yaitu…

  1. Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik.
  2. Samudra Hindia dan Samudra Pasifik
  3. Samudra Hindia dan Samudra Atlantik.
  4. Samudra Atlantik dan Samudra Antartika.
  5. Samudra Arktik dan Samudra Pasifik

Pembahasan:

Indonesia diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Maka, jawaban yang tepat adalah B.

Jelaskan mengenai penyebab keberagaman menurut letak strategis wilayah Indonesia!

Berkat letaknya yang strategis, Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional. Kegiatan tersebut nggak hanya memberikan dampak ekonomi, namun juga dampak sosial budaya, dimana pedagang asing membawa pengaruh budaya yang membuat budaya Indonesia semakin beragam.

*******

Belajar tentang Letak Geografis Indonesia

Oke Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat mengenai karakteristik keruangan wilayah Indonesia.

Kalau elo ingin mempelajari letak geografis wilayah Indonesia dan materi Geografi lainnya dengan lebih dalam dan asyik, coba deh nonton video materi di Zenius dan akses soal-soalnya.

Letak Geografis, Astronomis, dan Strategis Wilayah Indonesia - Materi Geografi Kelas 11 9

Pastikan elo log in akun Zenius elo ya supaya bisa akses video dan soalnya. Sampai di sini dulu artikel kali ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Referensi:

8 Julukan Indonesia di Mata Dunia: Negara Nyiur hingga Heaven of Earth – Suara (2021)

Geografi – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (n.d.)

Karakteristik Keruangan Indonesia – Zenius (n.d.)

Letak Geologis Indonesia – Kompas.com (2020)

Bagikan Artikel Ini!