batas luas wilayah laut indonesia zenius education

Luas dan Batas Wilayah Laut Indonesia – Materi Geografi Kelas 10

Berita mengenai kapal asing yang ditenggelamkan dan ditangkap di perairan Indonesia udah sering kita dengar, tapi elo tahu nggak sih alasannya kenapa? Oke, elo harus tahu mengenai luas dan batas wilayah laut Indonesia. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Halo Sobat Zenius! Elo pernah mendengar atau membaca berita tentang kapal asing yang ditenggelamkan di perairan laut Indonesia nggak? Contohnya seperti berita yang satu ini:

berita penenggelaman kapal di batas wilayah laut Indonesia zenius
Berita penenggelaman kapal di batas wilayah laut Indonesia (Dok. medan.tribunnews.com)

Apakah kemudian elo bertanya, “Kenapa sih kok harus ditenggelamkan atau ditangkap? Nggak boleh banget ya? Memangnya kapal itu masuk ke wilayah apa sih?” Kalau elo ada pikiran yang penuh dengan pertanyaan seperti itu, cocok nih, karena kita akan bahas tentang perairan laut Indonesia di sini. Cekidot!

Baca Juga: Jenis-Jenis Tanah di Indonesia dan Persebarannya – Materi Geografi Kelas 10

Batas Wilayah Laut Indonesia

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, elo harus paham dulu nih tentang batas wilayah laut Indonesia yang terbagi menjadi beberapa bagian berdasarkan aturan yang dibuat oleh PBB dalam United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS). Wilayah perairan laut Indonesia terdiri dari laut teritorial, zona ekonomi eksklusif (ZEE), batas landas kontinen, dan laut bebas.

baras wilayah laut indonesia zenius education
Zona maritim dan hukum laut di internasional (Dok. Wikimedia Commons)

Laut Teritorial

Kita bahas laut teritorial dulu ya, guys. Nah, coba elo perhatikan zona laut teritorial pada gambar di atas. Laut teritorial terletak pada garis pantai terluar hingga sejauh 12 mil ke lautan. Di zona ini, aturan politis suatu negara berlaku banget nih. Kedalaman penuh juga dimiliki oleh negara tersebut. Intinya, apa yang ada di zona itu ya milik negara tersebut, termasuk ikan-ikan di dalamnya.

Contohnya pada kasus kapal asing yang ditenggelamkan. Kalau ada kapal asing yang masuk ke batas wilayah laut Indonesia dan berada di laut teritorial, wah udah sih kapal itu langsung ditangkap dan ditenggelamkan. Ibarat ada orang yang masuk ke rumah kita tanpa izin, tiba-tiba masuk nyelonong aja gitu, bahkan masuknya nggak lewat pintu. Jelas kita marah dong? Nah, sama seperti kasus penenggelaman kapal di laut Indonesia.

Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

Selanjutnya kita masuk ke zona ekonomi eksklusif (ZEE). Batas ZEE ini diukur dari garis pantai terluar suatu negara hingga sejauh 200 mil laut. Kalau tadi kan laut teritorial hanya sampai 12 mil laut, nah ZEE ini batasnya lebih jauh lagi. Elo bisa lihat pada gambar di atas tentang batas ZEE yang terbentang dari base line hingga sejauh 200 mil laut. Kebayang ya setelah lihat gambarnya?

Di zona ini, aturan politis udah mulai nggak berlaku. Sesuai sama namanya, zona ini dikhususkan untuk kegiatan ekonomi, contohnya lalu lintas perdagangan dan pertambangan. Jadi, kalau ada kapal asing yang masuk wilayah tersebut ya urusannya udah bukan sama negara lagi, tapi sama pihak yang sedang melakukan urusan ekonomi di situ.

Batas Landas Kontinen

Sebelum laut bebas, kita juga perlu mengenal yang namanya batas landas kontinen (continental slope). Batas ini merupakan dasar laut di luar wilayah teritorial hingga kedalaman 200 meter yang kemungkinan masih bisa digunakan untuk eksplorasi sumber daya alam (SDA).

Contohnya ketika ada SDA yang bisa dimanfaatkan di wilayah batas landas kontinen seperti cadangan minyak dan kekayaan laut lainnya, nah Indonesia masih bisa memanfaatkannya.

Laut Bebas

Zona ini adalah lautan lepas, di mana suatu negara udah nggak ada urusan lagi nih sama zona ini. Dengan kata lain udah nggak ada aturan politis suatu negara yang berlaku di sini. Nah, aturan yang berlaku di sini diatur oleh Badan Otoritas Internasional.

Baca Juga: Jenis-Jenis Tanah di Indonesia dan Persebarannya – Materi Geografi Kelas 10

Jadi, Berapakah Luas Wilayah Laut Indonesia?

Oke, kalau sekarang ada pertanyaan mengenai luas wilayah laut Indonesia, maka gue akan mencoba merincikannya di sini. Kita semua tahu kalau Indonesia merupakan negara kepulauan, baik yang besar maupun yang kecil jumlahnya mencapai 17.508 pulau.

Berdasarkan hasil UNCLOS pada 10 Desember 1982 yang diadakan di Montego Bay, Jamaica, luas wilayah laut Indonesia mencapai 3.257.357 km2 dengan laut teritorial sesuai dengan aturan yang udah gue tulis sebelumnya, yaitu sejauh 12 mil dari garis pantai.

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lautnya yang luas
Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lautnya yang luas (Dok. Wikimedia Commons)

Nah, karena luas dan jumlah pulaunya yang mencapai puluhan ribu, Indonesia dijuluki sebagai Archipelagic State. Keren! Hal seperti ini udah seharusnya menjadi acuan bagi kita untuk membangun, mengelola, menjaga, dan mendukung optimasi potensi daerah kepulauan.

Baca Juga: Perubahan Iklim – Materi Geografi Kelas 10

Contoh Soal Batas Wilayah Laut Indonesia

Oke, uraian materi udah gue sampaikan di atas nih. Kurang lengkap rasanya kalau elo meninggalkan halaman ini tanpa latihan soal dulu. Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi batas wilayah laut Indonesia, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Soal 1

Perairan Indonesia terbagi menjadi laut teritorial dan ZEE. Pemberlakuan zonasi perairan tersebut berpengaruh pada ….

a. Keamanan perairan antar pulau terancam.

b. Luas perairan di Indonesia semakin sempit.

c. Sumber daya di dalamnya milik negara.

d. Pulau-pulau terluar mudah dikuasai negara lain.

e. Kapal asing bebas melintas di perairan Indonesia.

Jawab: c. Sumber daya di dalamnya milik negara.

Pembahasan: Pembagian perairan laut teritorial dan ZEE oleh UNCLOS akan mempengaruhi sumber daya alam yang akan dimiliki oleh negara tersebut. Kapal asing yang nggak memiliki izin dilarang melintasi wilayah tersebut, sehingga keamanan wilayah perairan tetap terjaga.

Contoh Soal 2

Batas laut yang merupakan kedaulatan penuh atas udara, laut, dan tanah di bawahnya disebut juga ….

a. Landasan kontinen.

b. Laut teritorial.

c. Zona Ekonomi Eksklusif.

d. Laut neritik.

e. Laut lepas.

Jawab: b. Laut teritorial.

Pembahasan: Ciri ciri laut teritorial adalah memiliki batas sejauh 12 mil laut dari garis pantai pada saat surut dan merupakan kedaulatan penuh atas udara, laut, dan tanah di bawahnya karena aturan politis berlaku di sini.

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang luas dan batas wilayah laut Indonesia? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

materi pelajaran geografi zenius

Referensi

Ekonomi Biru: Solusi Pembangunan Daerah Berciri Kepulauan Studi Kasus Kabupaten Kepulauan Anambas – Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri (2013)

Bagikan Artikel Ini!