Perubahan Iklim

Perubahan Iklim – Materi Geografi Kelas 10

Hai guys, pernah nggak ngeluh, “Hari ini kok panas banget ya.” Atau, ngerasa kalau musim kemarau itu lama banget. Bahkan sampai malem pun udara rasanya masih panas aja, terus niatnya mau ke daerah Puncak nih buat ngadem, udah pakai jaket tebel tapi sampai di Puncak ternyata nggak dingin juga. 

Bingung nggak sih? Sebenernya apa sih yang terjadi sama bumi kita? Nah, kali ini gue mau ngajak elo buat bahas bareng tentang fenomena alam yang kita rasain itu, yaitu perubahan iklim. Yuk, simak!

Pengertian Perubahan Iklim

Jadi fenomena alam yang akhir-akhir ini sering kita alami itu disebabkan oleh adanya perubahan iklim. Apa sih yang dimaksud dengan perubahan iklim? 

Perubahan iklim merupakan kondisi terjadinya perubahan pola dan fenomena unsur iklim dalam periode jangka panjang yang mencakup iklim lokal, regional, maupun global. Kondisi ini dipicu adanya pemanasan global atau global warming. 

Pemanasan global merupakan meningkatnya suhu bumi termasuk suhu di atmosfer, suhu di daratan, maupun suhu di lautan yang sangat membahayakan aktivitas manusia. Nggak heran makanya sering banget ngerasain cuaca yang panasnya kayak “neraka jebol”.

Penyebab Perubahan Iklim

Seperti yang udah sempat gue singgung tadi, kalau perubahan iklim dipicu oleh adanya pemanasan global atau global warming, di mana terjadi peningkatan jumlah karbon dioksida dan juga gas-gas emisi atau biasa disebut juga gas rumah kaca. 

Mungkin elo nggak sadar nih kalau hasil  gas rumah kaca ini ternyata dari kegiatan atau aktivitas kita lho sebagai manusia, contohnya nih penebangan pohon, penggunaan bahan bakar fosil, pencemaran air, terutama di laut, dan juga industri pertanian. Gas rumah kaca yang biasa diproduksi dari hasil aktivitas manusia adalah metana, karbon dioksida (CO2), gas berfluorinasi CO2, dan dinitrogen oksida. 

Gas-gas tersebut menghalangi panas keluar, di mana gas-gas tersebut bersifat semi-permanen dan tidak merespon terhadap perubahan suhu, sehingga panasnya terperangkap dan memaksakan perubahan iklim atau dideskripsikan sebagai forcing climate change

Buat lebih jelasnya tentang keterkaitan perubahan iklim, pemanasan global dan efek rumah kaca, kalian bisa lihat video penjelasannya dengan klik banner di bawah ini

Perubahan Iklim - Materi Geografi Kelas 10 9

Perubahan Iklim
Apa yang Menyebabkan Terjadinya Perubahan Iklim (Arsip Zenius)

 

Dampak Perubahan Iklim

Terus kira-kira apa aja sih dampak dari perubahan iklim? Adanya perubahan iklim membawa beberapa dampak, antara lain:

Semakin Meningkatnya Suhu Bumi

Kalau elo ngeluh cuaca panas banget, ya emang itu yang sedang terjadi. Jadi salah satu dampak dari perubahan iklim adalah meningkatnya suhu bumi, nggak heran makanya kalau elo ngerasa kalau cuaca lagi panas nih.  

NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) ngelaporin kalau suhu rata-rata global telah meningkat sekitar 0,8 derajat Celcius selama 100 tahun terakhir.   

Perubahan Iklim
Data peningkatan suhu | Sumber: unep.org

                                                    

Kalian perlu tahu nih, kalau peningkatan suhu bumi dipengaruhi oleh tingkat karbon dioksida yang ada di atmosfer, hal ini terjadi karena penggunaan bahan bakar fosil terus meningkat setiap tahunnya.

Mencairnya Es di Kutub

Pernah nggak sih kalian denger atau liat di berita kalau semakin hari es di kutub semakin mencair? Nah, NASA  memperkirakan kalau Samudra Arktik pada dasarnya bebas dari es atau tidak ada es lagi di musim panas sebelum pertengahan abad. 

Kalau kalian mau tahu, kalian bisa lihat tentang bagaimana perubahan iklim mempengaruhi gletser, es laut, dan lapisan es benua di seluruh dunia saat ini di Global Ice Viewer.

Menaikkan Tinggi Permukaan Laut

Setiap tahunnya permukaan air laut semakin naik. Kenaikan tinggi permukaan laut disebabkan oleh dua faktor yang berhubungan dengan global warming, yaitu penambahan air dari lapisan es dan gletser yang mencair dan perluasan air laut saat menghangat. 

Pergeseran Musim dan Perubahan Curah Hujan

Perubahan iklim, curah hujan, suhu, kelembapan, dan intensitas unsur iklim lainnya mengakibatkan pergeseran musim dan juga perubahan curah hujan. Hal ini juga berdampak pada para petani yang sangat bergantung dengan musim untuk melakukan pertanian. Potensi gagal panen yang dialami petani pun meningkat karena kemarau panjang dan hama yang berhubungan dengan cuaca.

Dampak untuk Kesehatan Manusia

Perubahan iklim tidak hanya berdampak pada lingkungan saja, tapi juga berdampak bagi manusia, yaitu pada perilaku, fisik, dan mentalnya. 

Perubahan iklim yang menimbulkan cuaca ekstrem, memunculkan beberapa perubahan perilaku dan mental manusia, seperti meningkatnya alergi dan risiko sakit jantung.

Baca Juga: Materi Pencemaran Lingkungan dan Dampaknya Bagi Ekosistem

Cara Menanggulangi Perubahan Iklim

Nah, setelah tahu berbagai dampak dari perubahan iklim, elo yakin nih mau diem aja? Emang tahan dengan panasnya bumi kita? Tenang aja guys, ada beberapa cara yang bisa elo lakukan untuk menanggulangi perubahan iklim. Apa aja ya? Yuk, simak!

Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Elo bisa mulai menanggulangi perubahan iklim dari diri kita sendiri dulu. Misalnya bisa lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Terus, kalau elo emang cuma mau ke warung deket rumah juga bisa jalan kaki, sekalian olahraga biar sehat.

Pilih Barang yang Hemat Energi

Nggak susah kan buat elo sekarang untuk dapetin barang-barang hemat energi. Barang-barang hemat energi ini dapat mengurangi adanya pemanasan global yang memicu perubahan iklim. Selain itu, juga harus bijaksana dalam penggunaan barang-barang elektronik lainnya seperti AC.

Bijaksana dalam Menggunakan Tisu dan Kertas

Mungkin terkesan sepele ya? Tapi elo tahu kan tisu dan kertas terbuat dari apa? Yap, dari kayu yang asalnya dari pohon.

Makanya, elo harus bijaksana dalam penggunaan tisu dan kertas alias nggak boleh menyia-nyiakan penggunaan keduanya. Di zaman yang sudah serba digital ini elo bisa menggunakan teknologi, misalnya aplikasi catatan untuk menulis. 

Turut Serta Dalam Gerakan Tanam Pohon

Tanamlah pepohonan sebisa kalian. Nggak usah nanem pohon yang gede-gede kayak di hutan. Cukup dengan menanam pohon di halaman rumah bisa jadi salah satu cara untuk menanggulangi perubahan iklim. Seperti yang diketahui, pohon dapat menghasilkan oksigen yang tentu juga berguna untuk manusia. Selain itu bisa juga kan, untuk memperindah rumah kita. 

Contoh Soal dan Pembahasan

  1. Gas-gas efek rumah kaca jika dibiarkan semakin meningkat maka akan menimbulkan….

A. Penurunan air laut

B. Peningkatan suhu bumi

C. Penebalan lapisan atmosfer

D. Peningkatan kualitas hidup

Jawaban: B. Peningkatan suhu bumi

Pembahasan: Gas yang terdapat pada rumah kaca akan mengikat panas yang ada. Misalnya gas  metana, karbon dioksida (CO2), gas berfluorinasi CO2, dan dinitrogen oksida. 

Gas-gas tersebut menghalangi panas keluar, di mana gas-gas tersebut bersifat semi-permanen dan tidak merespon terhadap perubahan suhu sehingga panasnya terperangkap dan menimbulkan peningkatan suhu bumi. 

Itu tadi guys, yang bisa kita bahas kali ini. Sekarang elo udah pada tahu kan pentingnya menjaga bumi? Dan ternyata kita bisa mulai kok dari cara sederhana yang bisa dimulai dari diri sendiri. Nah, kalau masih penasaran sama materi ini, elo langsung aja akses aplikasi Zenius. Nggak cuma geografi aja, elo bisa belajar matematika, sosiologi, fisika, ekonomi, kimia, sejarah, biologi, dan lainnya. Pokoknya lengkap, deh. Buat yang belum punya akun, yuk buruan daftar!

Baca Juga: Faktor dan Proses Pembentukan Tanah – Materi Geografi Kelas 10

Pengertian Erosi, Faktor, dan Prosesnya – Materi Geografi Kelas 10

Pengertian Tektonisme, Proses, dan Dampaknya – Materi Geografi Kelas 10

Bagikan Artikel Ini!