sifat golongan via

Memahami Sifat Unsur Golongan VI A : Materi Kimia 12 SMA

Sobat Zenius, elo masih ingat dengan pembahasan  tabel periodik unsur di kelas 10, kan? Seperti yang sudah kita pelajari, tabel periodik adalah tabel yang memuat berbagai macam unsur kimia ini terbagi menjadi beberapa golongan. 

Kali ini, kita akan membahas tentang golongan VI A. Nah, ternyata  oksigen yang kita hirup sehari-hari merupakan salah satu unsur yang masuk ke dalam unsur golongan VI A.

Apa sih golongan VI A? Terus, kenapa oksigen termasuk ke dalam golongan itu? 

Nah, gue akan membahas unsur-unsur golongan VI A,  penggolongannya, dan juga sifat-sifatnya. Selain itu, gue juga akan ngasih elo contoh soal di akhir artikel ini. Makanya, elo simak artikel ini sampai akhir ya!

Unsur Golongan VI A

Sobat Zenius, golongan VI A merupakan golongan pada tabel periodik yang terletak di kolom ke-16. Golongan ini juga bisa disebut golongan 16. Di dalam golongan VI A, terdapat 6 unsur kimia, yaitu oksigen, sulfur, selenium, tellurium, polonium, dan livermorium. 

Kenapa unsur-unsur ini masuk ke dalam golongan VI A?

Kalo kita jabarkan konfigurasi elektron dari masing-masing unsur, kita akan mendapatkan 6 elektron di lapisan kulit atom terluar. Selain itu, unsur-unsur golongan ini juga memiliki kulit valensi yang lengkap atau hampir lengkap sehingga dikategorikan sebagai unsur golongan A. 

unsur golongan via
Unsur Golongan VI A (Arsip Zenius)

Masing-masing unsur golongan VI A juga memiliki sifat yang berbeda, misalnya jari-jari atom dan energi ionisasinya

struktur atom
Struktur Atom Oksigen dan Sulfur (Arsip Zenius)

Elo harus ingat bahwa semakin banyak elektron yang dimiliki oleh suatu unsur, semakin banyak pula kulit atomnya. Nah, kulit atom yang banyak ini bisa membuat jari-jari atomnya juga semakin besar.

Hal berbeda berlaku pada energi ionisasi unsurnya. Semakin besar jari-jari atom pada suatu unsur, semakin kecil energi ionisasi unsurnya. Kenapa bisa? 

Energi ionisasi merupakan suatu energi yang dibutuhkan untuk melepas elektron. Ketika suatu unsur memiliki jari-jari yang besar, jarak elektron terluar dengan inti atom pun semakin jauh. Hal ini juga membuat ikatan antar ion semakin rendah. 

Oleh karena itu, atom tersebut nggak perlu energi ionisasi yang besar untuk melepaskan satu atau dua elektron dari kulit terluarnya. 

jari-jari atom dan energi ionisasi
Sifat dalam Sistem Periodik Unsur (Arsip Zenius)

Sifat Fisika Golongan VI A

Sebagaimana unsur kimia lainnya, unsur-unsur golongan VI A juga memiliki sifat fisis dan kimia. Secara fisik, mayoritas unsur golongan VI A berwujud  gas atau padatan pada suhu kamar, kecuali sulfur yang berwujud cair. 

Berbicara soal kepadatan, unsur-unsur golongan VI A juga memiliki kepadatan yang tinggi pada suhu kamar. Jari-jari atom masing-masing unsur juga relatif kecil karena mereka memiliki muatan inti yang tinggi dan jumlah kulit elektron yang relatif sedikit. 

Selain itu, unsur-unsur golongan VI A juga memiliki titik lebur dan titik didih yang relatif tinggi

Unsur-unsur golongan VI A yang bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari adalah oksigen dan sulfur

sifat fisika unsur golongan via
Sifat Fisika Unsur Golongan VI A (Arsip Zenius)

Sifat Kimia Golongan VI A

Golongan VI A merupakan golongan nonlogam, kecuali polonium yang merupakan logamoid. Golongan VI A juga merupakan golongan yang reaktif. Reaktivitas yang dimiliki masing-masing unsur membuat setiap unsur cenderung membentuk senyawa dengan unsur yang golongan lain, terutama logam.

Unsur-unsur golongan VI A cenderung membentuk senyawa kovalen yang stabil dengan unsur nonlogam dan senyawa ionik dengan logam. Beberapa contoh senyawa yang terbentuk dari unsur golongan VI A adalah belerang dioksida (SO2) dan selenium dioksida (SeO2) yang dapat digunakan sebagai bahan baku industri. 

Kalau berbicara soal sifat asam dan basanya, unsur-unsur golongan VI A bisa bersifat asam atau basa tergantung pada keadaan senyawanya. Sebagai contoh, asam sulfat (H2SO4) dan asam selenat (H2SeO4) memiliki sifat asam yang kuat. Sementara itu, belerang hidrogen (H2S) memiliki sifat asam yang lemah. 

sifat kimia unsur golongan via
Sifat Kimia Unsur Golongan VI A (Arsip Zenius)

Contoh Soal

Setelah elo pahami materi golongan VI A di atas, gue mau elo uji pemahaman elo dengan mengerjakan contoh soal berikut ini ya!

Jika diketahui jari-jari atom secara berurutan dari yang paling kecil adalah O, S, Se, Te, Po, maka urutan energi ionisasi dari yang paling besar adalah ….

a. Po, Te, S, O, Se

b. Po, Te, Se, S, O

c. S, Se, Te, Po, O

d. O, Te, S, Se, Po

e. O, S, Se, Te, Po

Pembahasannya:

Soal ini gampang banget! Elo bisa cek lagi grafik energi ionisasi di atas. Tapi, gue juga mau elo paham konsepnya. 

Besar jari-jari atom menunjukkan berapa banyak kulit yang dimilikinya. Semakin banyak elektron yang dimiliki, semakin banyak juga kulit atomnya. Nah, kalo elektron-elektron ini semakin jauh dari inti atomnya, interaksi antar ion pada atom tersebut juga semakin lemah

Ion yang ada pada inti atom adalah proton, sementara ion di kulit atom adalah elektron. Dari sana, tercipta suatu interaksi antar ion yang umumnya adalah tarik-menarik

Ketika elektron semakin jauh dari proton, interaksi di antara keduanya pun semakin lemah. Interaksi yang lemah ini membuat elektron akan lebih mudah dilepaskan dari atom. Ketika elektron mudah dilepaskan dari atom, energi ionisasi yang dibutuhkan oleh atom pun juga semakin sedikit. 

Berbeda kondisinya pada atom yang memiliki jari-jari atom yang kecil. Ketika jarak antar ion semakin kecil, interaksi di antara keduanya juga semakin kuat. Oleh karena itu, membutuhkan energi ekstra atau energi ionisasi yang besar untuk melepaskan elektron dari atom.

Jadi, jawaban untuk soal di atas adalah (E) O, S, Se, Te, Po.

Gimana? Gampang kan kerjain soal tentang golongan VI A? Atau elo butuh contoh soal yang lebih menantang? Tenang, ada kok! Elo tinggal download aplikasi Zenius untuk dapetin soal-soal dan video pembahasannya.

Elo juga bisa belajar materi golongan VI A atau materi kimia lainnya. Tinggal klik banner dan ketik materi yang diinginkan di kolom pencarian ya.

Memahami Sifat Unsur Golongan VI A : Materi Kimia 12 SMA 9

Nah, supaya pemahaman elo makin dalam, ikuti terus review materi dan kerjakan berbagai latihan soal di Zenius, yuk. Ada berbagai paket yang bisa elo beli sesuai kebutuhan elo. Klik banner di bawah ini untuk info selengkapnya!

Langganan Zenius

Pembahasan gue tentang materi golongan VI A kelas 12 sampai sini dulu ya! Kalau elo ada pertanyaan, bisa langsung tulis di kolom komentar. 

Sampai bertemu di artikel selanjutnya. Semangat terus ya, Sobat Zenius!

Penulis: Trisnajaya Shalsabila

Bagikan Artikel Ini!