Kenapa Kapal Selam Mudah Tenggelam? - Zen15 9

Kenapa Kapal Selam Mudah Tenggelam? – Zen15

Zen15 sesi Kapal Selam
Klik gambar untuk mengeksplor seluruh materi Zen15.

Sebelumnya kita telah membahas jenis-kenis kedalaman laut. Sekarang, di artikel ini kita akan membahas kapal selam yang telah digunakan manusia untuk menjelajah berbagai macam kehidupan di dalam laut.

Mengapa Kapal Selam Bisa Tenggelam?

Kapal selam tenggelam, mengapung, atau melayang ya?

Kapal yang satu ini bisa dibilang multitalented. Karena selain bisa mengapung, dia juga bisa melayang, bisa juga hampir tenggelam.

Sekarang coba kamu ambil sendok plastik dan taruh di wadah yang berisi air. Apakah yang akan terjadi?

Sendok tersebut tentu akan mengapung karena massa jenis sendok tersebut lebih rendah dari massa air. Di kapal selam ada yang namanya tabung balas yang terletak di bawah. Tabung gas tersebut memiliki udara. Jika ingin menenggelamkan diri, maka udara di dalam tabung tersebut akan diisi oleh air.

ilustrasi bagian dalam kapal selam
Ilustrasi bagian dalam submarine (Dok. Julio Dian)

Kalau sudah diisi air, cara naiknya gimana? kan udaranya sudah gak ada, Zen.

Nah, kapal selam tersebut juga sudah dilengkapi dengan udara yang nantinya akan memompa air keluar dari dalam badan kapal. Selain itu, udara tersebut juga mengandung oksigen yang membantu kru di dalam kapal untuk bernafas.

Maka dari itu, tabung udara dalam kapal selam sangatlah penting, karena jika air terus masuk kedalam, maka kapal akan perlahan semakin tenggelam dan jika oksigen habis, kecil kemungkinan untuk orang yang berada didalam dapat bertahan hidup.

Detail kelas Zen15

Masih punya banyak pertanyaan? Gemes pengen diskusi tapi gak tau dimana? Kan ada Zen15! Dari Senin sampai Jum’at pukul 15:00, Zen15 akan membahas berbagai topik unik yang seru dan edukatif, kamu juga dapat tanya jawab langsung dengan tutor-tutor asik Zenius secara Gratis! Yuk langsung aja download aplikasinya!

Jadwal selengkapnya Zen15
Bagikan artikel ini